Widget HTML #1

Resume LK KB 2 Modul Evaluasi Pembelajaran Materi Konsep dan Penerapan Penilaian Autentik

Hai Sobat PPG PAI yang berbahagia, berikut GuruPenyemangat.com sajikan contoh lembar kerja yang berisikan resume LK KB 1 Modul Evaluasi Pembelajaran Materi Konsep dan Penerapan Penilaian Autentik.

LK berikut dilengkapi dengan denah atau peta konsep yang bisa Sobat jadikan referensi untuk memenuhi tugas pendalaman materi PPG PAI baik prajabatan maupun dalam jabatan.

Resume LK KB 2 Modul Evaluasi Pembelajaran Materi Konsep dan Penerapan Penilaian Autentik
Resume LK KB 2 Modul Evaluasi Pembelajaran Materi Konsep dan Penerapan Penilaian Autentik. Designed by GuruPenyemangat.com

PENDALAMAN MATERI
(Lembar Kerja Resume Modul)

Nama Mahasiswa

Kelas

LPTK

Dosen Pengampu

A. Judul Modul : EVALUASI PEMBELAJARAN

B. Kegiatan Belajar : KONSEP DAN PENERAPAN PENILAIAN AUTENTIK (KB 2)

C. Refleksi

1 Konsep (Beberapa istilah dan definisi) di KB  

CIRI-CIRI PENILAIAN AUTENTIK:

 Penilaian dilakukan dengan mengumpulkan bukti-bukti hasil belajar yang telah dicapai oleh peserta didik; 

 Penilaian dilakukan dengan menggunakan banyak teknik yang mampu menunjukkan hasil belajar siswa; 

 Penilaian dilakukan terhadap seluruh aspek peserta didik, terutama kemampuan peserta didik dalam menerapkan pengetahuan dan keterampilannya dalam kehidupan nyata di sekitarnya;

 Penilaian yang dilakukan secara komprehensif untuk menilai dari masukan, proses dan keluaran yang mengukur hasil belajar peserta didik meliputi ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan, baik itu di dalam kelas maupun di luar kelas. 

PENILAIAN BERORIENTASI HOTS

 Soal HOTS merupakan instrumen pengukuran yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi, yaitu kemampuan berpikir yang tidak hanya sekadar mengingat (recall), menyatakan kembali (restate), atau merujuk tanpa melakukan pengolahan (recite).

 umumnya soal HOTS mengukur dimensi metakognitif, tidak sekadar mengukur dimensi faktual, konseptual, atau prosedural saja. Dimensi metakognitif menggambarkan kemampuan menghubungkan beberapa konsep yang berbeda, menginterpretasikan, memecahkan masalah (problem solving), memilih strategi pemecahan masalah, menemukan (discovery) metode baru, berargumen, dan mengambil keputusan yang tepat. 

LANGKAH-LANGKAH PENYUSUNAN SOAL-SOAL HOTS 

 Menganalisis KD yang dapat dibuat soal-soal HOTS. Guru-guru secara mandiri atau melalui forum KKG/MGMP dapat melakukan analisis terhadap KD yang dapat dibuatkan soal-soal HOTS. 

 Menyusun kisi-kisi soal. Kisi-kisi penulisan soal diperlukan untuk memandu guru dalam: 1) memilih KD yang dapat dibuat soal-soal HOTS 2) merumuskan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) 3) memilih materi pokok yang terkait dengan KD yang akan diuji 4) merumuskan indikator soal 5) menentukan level kognitif 6) Menentukan bentuk soal dan nomor soal 

 Menulis butir pertanyaan sesuai dengan kisi-kisi soal Kaidah penulisan butir soal HOTS pada umumnya sama dengan kaidah penulisan butir soal pada umumnya, perbedaan terletak pada aspek materi, sedangkan pada aspek konstruksi dan bahasa relatif sama. 

 Merumuskan soal Soal yang dirumuskan bisa dalam bentuk essay atau tes objektif. Pilihan ganda adalah salah satu bentuk tes objektif yang sering digunakan dalam ujian yang bersifat nasional, karena penilaiannya dijamin objektif. Sebagaimana dijelaskan pada KB-1 bahwa soal pilihan ganda ada beberapa bentuk, yaitu pilihan ganda biasa, pilihan ganda asosiatif, pilihan ganda kasuistik, dan pilihan ganda kompleks.

PENILAIAN SIKAP (AFEKTIF)

Sikap adalah perasaan (suka atau tidak suka) yang terkait dengan kecenderungan seseorang dalam merespon sesuatu/objek. Sikap merupakan ekspresi dari nilai-nilai atau pandangan hidup yang dimiliki oleh seseorang. Sikap dapat dibentuk, sehingga terjadinya perilaku atau tindakan yang diinginkan. Sikap terdiri dari tiga komponen, yakni : afektif, kognitif, dan konatif.

Komponen afektif adalah perasaan yang dimiliki oleh seseorang atau penilaiannya terhadap sesuatu objek. Komponen kognitif adalah kepercayaan atau keyakinan seseorang mengenai objek. komponen konatif adalah kecenderungan atau kesiapan untuk berperilaku atau berbuat dengan cara-cara tertentu berkenaan dengan kehadiran objek sikap.

PENILAIAN KETERAMPILAN

Keterampilan yang menjadi kompetensi inti ke-4 merupakan kemampuan siswa yang berkaitan dengan keterampilan melakukan aktivitas fisik, seperti melakukan ibadah shalat, wudhu, tayamum, atau keterampilan motorik lainnya.

Untuk melakukan penilaian kinerja, ada beberapa langkah yang harus ditempuh, yaitu: identifikasi semua langkah-langkah penting yang 61 diperlukan, tentukan perilaku kemampuan-kemampuan spesifik yang harus dikuasai, usahakan untuk membuat kriteria-kriteria kemampuan yang akan diukur, definisikan dengan jelas kriteria kemampuan yang akan diukur, urutan kriteria-kriteria kemampuan yang akan diukur berdasarkan urutan yang dapat diamati.

2 Daftar materi pada KB yang sulit dipahami

 Dalam penulisan soal HOTS, dibutuhkan penguasaan materi ajar, keterampilan dalam menulis soal (konstruksi soal), dan kreativitas guru dalam memilih stimulus soal sesuai dengan situasi dan kondisi daerah di sekitar satuan pendidikan.

 Soal beragam dimaksudkan agar dapat memberikan informasi yang lebih rinci dan menyeluruh tentang kemampuan peserta tes, dapat menjamin prinsip objektif dan dapat menggambarkan kemampuan peserta didik sesuai dengan keadaan yang sesungguhnya.

 kemampuan untuk memecahkan masalah (problem solving), keterampilan berpikir kritis (critical thinking), berpikir kreatif (creative thinking), kemampuan berargumen (reasoning), dan kemampuan mengambil keputusan (decision making). Berarti bukan sekedar berpikir dalam taraf menghafal atau mengingat

 Penilaian hasil belajar diharapkan dapat membantu peserta didik untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS), karena berpikir tingkat tinggi dapat mendorong peserta didik untuk berpikir secara luas dan mendalam tentang materi pelajaran.

3 Daftar materi yang sering mengalami miskonsepsi dalam pembelajaran

Tipe dan Contoh Soal yang Dibuat belum mencapai kriteria HOTS

Adapun miskonsepsi yang sering terjadi dalam pembelajaran ialah pembuatan bahan evaluasi berupa soal pilihan ganda maupun essai yang masih berada dalam kriteria LOTS. Alhasil, soal yang dihadirkan hanya berupa pemahaman, pengetahuan, dan aplikasi berdasarkan teori-teori yang jawabannya semua ada di buku siswa maupun Google. Hal ini pun menyebabkan daya ingat siswa hanya sementara, karena mereka sifatnya menghafal teori, bukan melakukan pemecahan masalah, atau pun penerapan materi pembelajaran secara kontekstual.

Tidak Menulis butir pertanyaan sesuai dengan kisi-kisi soal

Kaidah penulisan butir soal HOTS pada umumnya sama dengan kaidah penulisan butir soal pada umumnya, perbedaan terletak pada aspek materi, sedangkan pada aspek konstruksi dan bahasa relatif sama. Namun miskonsepsi yang sering berkembang dalam pembelajaran ialah, soal dibuat tanpa memperhatikan kisi-kisi soal maupun kartu soal. Alhasil, seringkali siswa mengeluh kepada guru karena soal yang dijadikan alat tes tidak sesuai dengan materi pelajaran yang dipelajari di kelas. Maka darinya, sebelum pembuatan butir-butir pertanyaan dilakukan, terlebih dahulu perlu dibuat kisi-kisi soal dengan memperhatikan indikator dan bab pelajaran yang bakal dijadikan dasar dari kisi-kisi soal.

Download LK KB 2 Modul Evaluasi Pembelajaran Materi Konsep dan Penerapan Penilaian Autentik Format .doc (Word)

Berikut disajikan link unduhan tugas pendalaman materi dengan format .doc. Silakan klik tombol download lalu tunggu beberapa saat:

LK KB 2 Evaluasi Pendidikan 76kb

Semoga bermanfaat
Salam.

Lanjut Baca:

👉Download Resume LK KB 1 Modul Evaluasi Pembelajaran

👉Download Resume LK KB 2 Modul Evaluasi Pembelajaran

👉Download Resume LK KB 3 Modul Evaluasi Pembelajaran

👉Download Resume LK KB 4 Modul Evaluasi Pembelajaran

👉Contoh Analisa Bahan Ajar Jurnal Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran PPG PAI

👉Contoh Analisa Bahan Ajar Jurnal Pengembangan Soal HOTS

👉Analisa Bahan Ajar Langkah-langkah dan Teknik Evaluasi Hasil Belajar PAI

👉Analisa Bahan Ajar Pembelajaran Remedial Sebagai Suatu Upaya dalam Mengatasi Kesulitan Belajar

👉Contoh Tugas Analisa Materi Modul Evaluasi Pendidikan Materi Konsep dan Penerapan Penilaian Autentik

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Guru Profesional, Guru Penggerak, Blogger, Public Speaker, Motivator & Juragan Emas.

Posting Komentar untuk "Resume LK KB 2 Modul Evaluasi Pembelajaran Materi Konsep dan Penerapan Penilaian Autentik"