Widget HTML #1

Contoh Analisa Bahan Ajar Jurnal Pengembangan Soal HOTS

Berikut GuruPenyemangat.com sajikan contoh analisa bahan ajar modul evaluasi pembelajaran dengan materi jurnal pengembangan soal HOTS untuk memenuhi tugas PPG PAI.

Silakan disimak:

ANALISA BAHAN AJAR “PENGEMBANGAN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILLS UNTUK PENGKATEGORIAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH GEOMETRI SISWA SMP”

Contoh Analisa Bahan Ajar Jurnal Pengembangan Soal HOTS
Contoh Analisa Bahan Ajar Jurnal Pengembangan Soal HOTS. Designed by GuruPenyemangat.com

TULISLAH 5 KONSEP DAN DESKRIPSINYA YANG ANDA TEMUKAN DI DALAM BAHAN AJAR.

1. Karakteristik Soal HOTS

Karakteristik soal yang dimaksud yaitu apa saja hal-hal yang harus terpenuhi agar soal termasuk kategori soal HOTS seperti kurikulum yang digunakan, kompetensi apa yang hendak diukur, bentuk soal yang dikembangkan, danmasih banyak lagi. Dalam hal ini yang perlu diperhatikan ketika menyusun soal HOTS antara lain karakteritistik soal, indikator soal, dan langkah-langkah penyusunan soal. Untuk lebih jelasnya yaitu sebagai berikut: Adapun karakteristik soal HOTS adalah sebagai berikut: Mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi. Berbasis permasalahan konteks-tual. Bentuk soal beragam (dalam hal ini soal yang dikembangkan adalah soal uraian).

2. Konsep Analyze (C4) dalam Soal HOTS

Analyze (menganalisis) yaitu memisahkan materi menjadi bagian-bagian penyusunannya dan me-nentukan hubungannya, baik antar bagian maupun secara keseluruhan. Pada level menganalisis siswa lebih ditekankan pada berpikir kritis secara operasional. Level analisis terdiri dari kemampuan atau keterampilan mem-bedakan, mengorganisasikan, dan menghubungkan. Differentiating (membedakan) terjadi ketika siswa mem-bedakan bagian yang tidak relevan dan yang relevan atau dari bagian yang penting ke bagian yang tidak penting dari suatu materi yang diberikan. Organizing (mengorganisasikan) menentukan bagaimana suatu bagian elemen tersebut cocokdan dapat berfungsi bersama-sama di dalam suatu struktur. Attributing (menghubungkan) terjadi ketika siswa dapat me-nentukan inti atau menggaris bawahi suatu materi yang di-berikan. Kata Kerja Operasional yang digunakan yaitu mem-bandingkan,mengkritisi mengurutkan, membedakan, dan menentukan.

3. Konsep Evaluasi (C5) dalam Soal HOTS

Evaluate (mengevaluasi) yaitu membuat keputusan berdasarkan kriteria yang standar, seperti mengecek dan mengkritik. Cheking (mengecek) terjadi ketika siswa mengecek ketidakkonsistenan proses atau hasil, menentukan proses atau hasil yang memiliki ke-konsistenan internal suatu prosedur yang diterapkan. Critiquing (mengkritisi) terjadi ketika siswa mendeteksi hasil dan beberapa kriteria luas atau keputusan yang sesuai dengan prosedur masalah yang diberikan. Kata Kerja Operasional yang digunakan yaitu meng-evaluasi, memilih/menyeleksi, menilai,menyanggah, mem-berikan pendapat.

4. Konsep Expert Review

Expert Review adalah teknik untuk memperoleh masukan atau saran dari para ahli untuk pe-nyempurnaan instrumen tes. Pada tahap uji coba pakar (expert review) disini atau biasanya disebut uji validitas, produk yang telah didesain kemudian dicermati, dinilai dan dievaluasi oleh pakar atau ahli. Para pakar atau validator menelaah konten, konstruks dan bahasa dari masing-masing prototype. Berdasarkan hasil validasi dari validator penelitikemudian dilakukan analisis terhadap hasil tersebut. Jika hasil analisis menunjukkan: (a) Valid tanpa revisi, maka kegiatan selanjutnya adalah field test; (b) Valid dengan ada revisi, maka kegiatan selanjutnya adalah merevisi terlebihdahulu, kemudian langsung field test (c) Tidak valid, maka dilakukan revisi sehingga diperoleh prototype baru, kemudiankembali pada kegiatan expert review atau penilaian ahli.

5. Konsep Uji Coba Lapangan (Field Test)

Pada tahap ini komentar atau saran-saran serta hasil uji coba pada prototype pertama dijadikan dasar untuk merevisi desain prototype pertama. Hasil revisidiujicobakan ke subjek penelitian dalam hal ini sebagai field test. Uji coba pada tahapini produk yang direvisi tadi diujicobakan kepada siswa yang menjadi subjek uji coba. Selanjutnya data yang diperolehdari uji coba tahap ini (field test) dianalisis reliabilitas, tingkat kesukaran,dan dayapembedanya.Bila memenuhi kriteria tes maka dilanjutkan ke tahap selanjutnya.Jika tidak, maka dilakukan revisi dan uji lapangan (field test) kembali, sehingga didapatkan final prototype yang sesuai dengan kriteria yang diinginkan.

LAKUKAN EVALUASI DAN REFLEKSI ATAS PEMAPARAN MATERI PADA BAHAN AJAR.

Evaluasi yang bisa dipetik dari pemaparan bahan ajar di atas yaitu: Kaidah penulisan butir soal HOTS sedikit berbeda dengan kaidah pe-nulisan butir soal pada umumnya. Perbedaannya terletak pada aspek materi, sedangkan pada aspek konstruksi dan bahasa relatif sama. Dari aspek materi, pembuat soal perlu membuat ilustrasi, fenomena, atau pengalaman yang relevan sebagai pemantik bagi siswa untuk mendalami soal tersebut baik itu pada level analisis, sintesis maupun analisa. Dengan demikian, dalam penulisan soal HOTS diperlukan pemahaman lebih lanjut tentang karakteristik soal HOTS itu sendiri, juga bagian-bagian penting dari HOTS.

Adapun Refleksi yang bisa dipetik dari pemaparan bahan ajar di atas yaitu: Dalam mengembangkan suatu produk contohnya soal HOTS maka perlu diperhatikan apa saja karakteristik yang memenuhi kategori soal HOTS seperti: a) Karakteristik soal HOTS b) Indikator soal HOTS c) Langkah-langkah penyusunan soal HOTS. Selain itu pula, terdapat beberapa tahapan dalam prosedur pengembangan kategori soal HOTS yaitu sebagai berikut: a) Tahap Preliminary b) Tahap Self Evaluation c) Tahap Prototyping (Validasi, Evaluasi, dan Revisi) d) Tahap Uji Coba Lapangan (Field Test). Dengan demikian, kegiatan pengembangan soal HOTS perlu dilakukan langkah-langkah yang sistematis supaya apa yang diinginkan bisa tercapai, terutama dalam hal mendapatkan hasil evaluasi yang diharapkan.

TULISLAH KELEBIHAN DAN KEKURANGAN TERKAIT DENGAN PENJELASAN MATERI PADA BAHAN AJAR.

Kelebihan:

1. Pemaparan materi pada bahan ajar disajikan dengan lugas, padat, serta sistematis sehingga memudahkan pembaca dalam memahami poin-poin pengembangan soal HOTS secara lebih lanjut.

2. Materi pada bahan ajar dilengkapi dengan subjudul dan sub-sub judul sebagaimana langkah-langkah atau tahapan penelitian ilmiah, sehingga membantu pembaca dalam memahami arah dari pembuatan soal HOTS.

Kekurangan:

1. Pemaparan materi yang disajikan pada bahan ajar terlalu umum, sehingga ada beberapa poin yang dirasa kurang penjelasannya.

2. Bahan ajar yang disajikan masih terfokus kepada materi dan konsep secara teoritis saja, belum didukung dengan penyajian contoh-contoh berbasis fenomena maupun permisalan untuk membantu pembaca.

3. Pada bahan ajar belum disajikan peta konsep maupun deskripsi umum dalam bentuk tabel yang sejatinya bisa memudahkan pembaca dalam memahami konsep soal HOTS.

KAITKAN ISI BAHAN AJAR DENGAN NILAI MODERASI BERAGAMA.

Salah satu keunggulan dalam penulisan soal berbasis HOTS ialah; guru bisa memilih stimulus yang menarik dan kontekstual. Bila kita kaitkan keunggulan ini dengan nilai-nilai moderasi beragama, maka dalam penerapannya kita bisa menyajikan soal berbasis masalah dan fenomena aktual terutama yang berkaitan dengan toleransi. Dengan demikian, selain soal yang kontekstual, jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut juga bisa menjadi dasar tentang sejauh mana implementasi sikap moderasi beragama dan pemahaman siswa saat ini. Beda dengan ketika kita hadirkan soal seperti “sebutkan pengertian toleransi” atau “sebutkan contoh-contoh toleransi”. Pada soal semacam itu belum bisa diselipkan nilai-nilai moderasi beragama yang berbasis aktual, karena soalnya pun masih terkesan terlalu teoritis dan hanya menekankan aspek kognitif dengan level pengetahuan dan pemahaman saja.

Lanjut Baca:

👉Download Resume LK KB 1 Modul Evaluasi Pembelajaran

👉Download Resume LK KB 2 Modul Evaluasi Pembelajaran

👉Download Resume LK KB 3 Modul Evaluasi Pembelajaran

👉Download Resume LK KB 4 Modul Evaluasi Pembelajaran

👉Contoh Analisa Bahan Ajar Jurnal Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran PPG PAI

👉Contoh Analisa Bahan Ajar Jurnal Pengembangan Soal HOTS

👉Analisa Bahan Ajar Langkah-langkah dan Teknik Evaluasi Hasil Belajar PAI

👉Analisa Bahan Ajar Pembelajaran Remedial Sebagai Suatu Upaya dalam Mengatasi Kesulitan Belajar

👉Contoh Tugas Analisa Materi Modul Evaluasi Pendidikan Materi Konsep dan Penerapan Penilaian Autentik

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Guru Profesional, Guru Penggerak, Blogger, Public Speaker, Motivator & Juragan Emas.

Posting Komentar untuk "Contoh Analisa Bahan Ajar Jurnal Pengembangan Soal HOTS"