Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Proposal Santunan Anak Yatim di Bulan Muharram Tinggal Edit, Berbagi Kebahagiaan di Tahun Baru Islam

Proposal Santunan Anak Yatim di Bulan Muharram
Proposal Santunan Anak Yatim di Bulan Muharram. Dok. GuruPenyemangat.com

Hai Sobat Guru Penyemangat, pernah dengan istilah Idul Yatama? Ya, istilah ini cukup masyhur di kalangan masyarakat muslim di momentum bulan Muharram.

Bulan Muharram adalah penanda awal Tahun Baru Islam, khususnya pada 1444 Hijriah. Banyak komunitas, instansi, maupun pihak sekolah yang memanfaatkan bulan Muharram untuk melaksanakan kegiatan yang bermanfaat seperti berbagi rezeki dengan anak yatim.

Ya, berbagi sejatinya tidak perlu menunggu kaya, kan? Dan di tahun yang baru umat Islam sudah pasti bergembira dan bersuka cita. Tidak ada salahnya bagi kita untuk ikut berbagi kebahagiaan bersama anak yatim di desa atau yayasan panti asuhan terdekat.

Nah untuk mendukung niat baik ini telah disediakan contoh proposal santunan anak yatim di bulan Muharram tinggal edit yang lengkap.

Mari disimak terlebih dahulu ya:

Proposal Santunan Anak Yatim di Bulan Muharram Lengkap

PROPOSAL KEGIATAN
SANTUNAN ANAK YATIM 10 MUHARRAM
TAHUN BARU ISLAM 1444 HIJRIAH

[KOP INSTANSI/KOMUNITAS]

NAMA INSTANSI/KOMUNITAS
ALAMAT
MUHARRAM 1444 HIJRIAH/2022 MASEHI

A. Latar Belakang Kegiatan

Bulan Muharram adalah bulan agung nan mulia yang menjadi permulaan bulan di Tahun Baru Islam, khususnya 1444 Hijriah. Pada bulan ini terdapat begitu banyak keistimewaan. Bulan Muharram sendiri adalah Syahrullah, yaitu bulannya Allah sebagaimana yang diterangkan dalam hadis Imam Muslim bahwa puasa terbaik setelah Ramadhan ialah puasa di bulan Allah (Muharram).

Dahulu sebelum syariat puasa Ramadhan diturunkan, puasa Muharram adalah kewajiban bagi umat muslim. Namun setelah turun perintah puasa Ramadhan, puasa Muharram menjadi sunnah. Saat ini, sunnah utama dari puasa Muharram ialah pada tanggal 10 Muharram, sebagai bentuk rasa syukur atas peristiwa ditenggelamkannya pasukan Fir’aun dan diselamatkannya umat Nabi Musa AS oleh Allah SWT.

Selain berpuasa, amalan utama lainnya yang masyhur dilakukan di kalangan umat muslim adalah menyantuni anak yatim. Tidak ada perintah khusus tentang kewajiban santunan anak yatim maupun fakir miskin di bulan Muharram, namun sebagai muslim yang cerdas kita perlu memanfaatkan bulan yang suci nan mulia ini dengan melakukan amalan-amalan kebaikan.

Meski begitu, di masyarakat muslim ada pula istilah Idul Yatama yang berarti Hari Raya Anak Yatim atau lebarannya anak yatim yang bertepatan dengan bulan Muharram. Meskipun istilah tersebut hanyalah sebatas ungkapan kegembiraan menyambut Tahun Baru Islam dengan berbagi kepada anak yatim, namun penguatan amalan ini juga disadarkan dalam kitab Tanbihul Ghafilin bi-Ahaditsi Sayyidil Anbiyaa-i wal Mursalin. Di sana disebutkan bahwa:

مَنْ صَامَ يَوْمَ عَاشُورَاءَ مِنَ الْمُحَرَّمِ أَعْطَاهُ اللَّهُ تَعَالَى ثَوَابَ عَشْرَةِ آلافِ مَلَكٍ ، وَمَنْ صَامَ يَوْمَ عَاشُورَاءَ مِنَ الْمُحَرَّمِ أُعْطِيَ ثَوَابَ عَشْرَةِ آلَافِ حَاجٍّ وَمُعْتَمِرٍ وَعَشْرَةِ آلافِ شَهِيدٍ ، وَمَنْ مَسَحَ يَدَهُ عَلَى رَأْسِ يَتِيمٍ يَوْمَ عَاشُورَاءَ رَفَعَ اللَّهُ تَعَالَى لَهُ بِكُلِّ شَعْرَةٍ دَرَجَةً

Artinya:

"Barangsiapa berpuasa para hari Asyura (tanggal 10) Muharam, niscaya Allah akan memberikan seribu pahala malaikat dan pahala 10.000 pahala syuhada’. Dan barangsiapa mengusap kepala anak yatim pada hari Asyura, niscaya Allah mengangkat derajatnya pada setiap rambut yang diusapnya.".

Arti kitab tersebut yaitu peringatan bagi orang orang yang lalai dengan hadits hadits penghulu para nabi dan rasul yang ditulis oleh Imamul Huda Abu Laits as Samarqandi. Adapun maksud dari ungkapan “mengusap kepala anak yatim” menurut Ibnu Hajar al-Haitami merupakan kalimat kiasan yang berarti mengasihi, mencintai, dan mengayomi anak yatim.

Terlebih lagi pada momentum 10 Muharram kita disunnahkan untuk melaksanakan puasa Asyura, maka kegiatan santunan anak yatim menjadi lebih lengkap dan lebih hikmat jika dibarengi dengan buka bersama anak yatim. Berbuat kebaikan di bulan yang agung nan mulia, niscaya Allah akan lipatgandakan pahala dan kebaikan tersebut di sisi-Nya.

Menyimak keutamaan bulan Muharram dan keistimewaan hari Asyura di atas, kami para panitia bermaksud untuk menggelar kegiatan Santunan Anak Yatim dan Buka Bersama di Hari Asyura 10 Muharram 1444 Hijriah.

B. Nama Kegiatan

Nama kegiatan yang diusung ialah “ Santunan Anak Yatim dan Buka Bersama di Hari Asyura 10 Muharram 1444 Hijriah”

C. Tema Kegiatan

Tema kegiatan Santunan Anak Yatim kali ini yaitu; “Semangat berbagi kebaikan dan merengkuh keberkahan di Tahun Baru Islam.”

D. Tujuan Kegiatan

Berikut tujuan diadakannya kegiatan Santunan Anak Yatim dan Buka Bersama di Hari Asyura 10 Muharram 1444 Hijriah:

  1. Menyambut Tahun Baru Islam dengan memperbanyak kegiatan yang bermanfaat
  2. Memetik hikmah dan keutamaan bulan Muharram dan Hari Asyura
  3. Meningkatkan rasa kepedulian terhadap sesama muslim dan anak yatim piatu
  4. Menguatkan ukhuwah islamiyyah antar sesama muslim
  5. Menyalurkan niat baik masyarakat muslim yang ingin berbagi kebahagiaan
  6. Memotivasi masyarakat muslim khususnya dari kalangan orang-orang yang kaya untuk menyempatkan diri berbagi di bulan Muharram yang mulia.

E. Bentuk Kegiatan

Adapun bentuk kegiatan Santunan Anak Yatim dan Buka Bersama di Hari Asyura 10 Muharram 1444 Hijriah ini terdiri atas:

  1. Berbagi Paket Sembako
  2. Berbagi Takjil Berbuka Puasa Asyura 10 Muharram
  3. Berbagi Santunan
  4. Berbagi Pakaian Layak Pakai

F. Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Waktu dan tempat pelaksanaan dari kegiatan Santunan Anak Yatim dan Buka Bersama di Hari Asyura 10 Muharram 1444 Hijriah adalah:

Hari, Tanggal : 08 Agustus Tahun 2022

Waktu : 17.00 WIB – selesai

Tempat : Yayasan Panti Asuhan dan Desa Setempat

G. Pelaksana

Kegiatan Santunan Anak Yatim dan Buka Bersama di Hari Asyura 10 Muharram 1444 Hijriah tahun ini dilaksanakan oleh segenap panitia dan didukung oleh relawan.

H. Sasaran dan Target Kegiatan

Sasaran kegiatan Santunan Anak Yatim dan Buka Bersama di Hari Asyura 10 Muharram 1444 Hijriah adalah anak yatim di desa setempat dan yayasan. Adapun target yang ingin dicapai ialah, panitia berusaha menyantuni 100 orang anak yatim dan fakir miskin yang tersebar di desa terdekat. Terlebih dahulu akan dilakukan pendataan dengan mengonfirmasikannya kepada pimpinan desa setempat.

I. Sumber Dana

  1. Donatur
  2. Sponsor

J. Susunan Panitia

- Terlampir I

K. Estimasi Biaya

Berikut adalah estimasi sekaligus target biaya yang diperlukan:

1. Spanduk Kegiatan @Rp200.000 x 1= Rp200.000,-

2. Paket Sembako @Rp100.000 x 100 orang= Rp10.000.000,-

3. Uang Santunan @Rp100.000 x 100 orang= Rp10.000.000,-

4. Takjil @Rp5.000 x 100 orang= Rp500.000,-

5. Nasi Kotak @Rp20.000 x 100 orang = Rp2.000.000,-

6. Amplop @Rp20.000 x 1 pack= Rp20.000,-

7. Transportasi @Rp200.000= Rp200.000,-

Total biaya yang dibutuhkan= Rp22.920.000,-

Terbilang: Dua Puluh Dua Juta Sembilan Ratus Dua Puluh Ribu Rupiah

L. Penutup

Demikianlah proposal kegiatan Santunan Anak Yatim dan Buka Bersama di Hari Asyura 10 Muharram 1444 Hijriah. Kami selaku panitia mengharapkan dukungan dari semua pihak demi menyukseskan kegiatan seraya memetik keberkahan yang terselip di dalam bulan Muharram dalam momentum Tahun Baru Islam.

Semoga dengan ridho Allah SWT, kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik, didukung oleh bantuan dan partisipasi aktif dari semua pihak, serta mendapat limpahan keberkahan dari Allah SWT.

Demikianlah proposal ini kami buat agar dapat menjadi pertimbangan Bapak/Ibu.

Nama Kota,   Juli 2022  

Panitia Pelaksana

*Catatan: Draft susunan panitia kegiatan terlampir dalam dokumen. Untuk estimasi biaya, silakan sesuai dengan kebutuhan acara.

Boleh Baca: Raga Tema Kegiatan Santuna Anak Yatim di Bulan Muharram yang Bagus dan Berkesan

Download Proposal Santunan Anak Yatim Bulan Muharram .doc

Untuk memudahkan para panitia kegiatan, berikut GuruPenyemangat.com telah siapkan dokumen Word berupa naskah proposal kegiatan santunan anak yatim di bulan Muharram tinggal edit.

Draft proposal kegiatan anak yatim dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam ini bisa dijadikan referensi oleh pihak sekolah, komunitas, atau instansi yang ingin beramal khususnya di momentum 10 Muharram 1444 Hijriah.

Silakan klik tombol download lalu tunggu beberapa detik untuk mendapatkan dokumennya:

Proposal Anak Yatim Muharram 50kb

***

Boleh Baca: Contoh Proposal Kegiatan Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram Tinggal Edit

Demikianlah seutas sajian Guru Penyemangat tentang contoh proposal kegiatan santunan anak yatim di bulan Muharram tinggal edit.

Semoga bermanfaat ya
Salam.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

2 komentar untuk "Proposal Santunan Anak Yatim di Bulan Muharram Tinggal Edit, Berbagi Kebahagiaan di Tahun Baru Islam"

Berkomentarlah sesuai dengan postingan artikel. Mohon maaf, link aktif di kolom komentar tidak akan disetujui.

Diperbolehkan mengutip tulisan di blog Guru Penyemangat tidak lebih dari 30% dari keseluruhan isi (1) artikel dengan syarat menyertakan sumber. Mari bersama-sama kita belajar menghargai karya orang lain :-)

Promo Cashback & Voucher Shopee