Widget HTML #1

Download Resume LK KB 4 Modul Evaluasi Pembelajaran Materi Asesmen Nasional

Hai Sobat PPG PAI yang berbahagia, berikut GuruPenyemangat.com sajikan contoh lembar kerja yang berisikan resume LK KB 4 Modul Evaluasi Pembelajaran Materi Asesmen Nasional.

LK berikut dilengkapi dengan denah atau peta konsep yang bisa Sobat jadikan referensi untuk memenuhi tugas pendalaman materi PPG PAI baik prajabatan maupun dalam jabatan.

Download Resume LK KB 4 Modul Evaluasi Pembelajaran Materi Asesmen Nasional
Download Resume LK KB 4 Modul Evaluasi Pembelajaran Materi Asesmen Nasional. Designed by GuruPenyemangat.com

PENDALAMAN MATERI
(Lembar Kerja Resume Modul)

Nama Mahasiswa

Kelas :

LPTK

Dosen Pengampu :

A. Judul Modul : EVALUASI PEMBELAJARAN

B. Kegiatan Belajar : ASESMEN NASIONAL (KB 4)

C. Refleksi

1 Konsep (Beberapa istilah dan definisi) di KB  

Literasi membaca didefinisikan sebagai kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks tertulis untuk mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia serta untuk dapat berkontribusi secara produktif kepada masyarakat. 

Literasi Numerasi adalah kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia.

KOMPONEN ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM)

Konten pada Literasi Membaca menunjukkan jenis teks yang digunakan, dalam hal ini dibedakan dalam dua kelompok yaitu teks informasi dan teks fiksi. Pada Numerasi konten dibedakan menjadi empat kelompok, yaitu Bilangan, Pengukuran dan Geometri, Data dan Ketidakpastian, serta Aljabar.

Tingkat kognitif menunjukkan proses berpikir yang dituntut atau diperlukan untuk dapat menyelesaikan masalah atau soal.

Proses kognitif pada Literasi Membaca dan Numerasi dibedakan menjadi tiga level.

Pada Literasi Membaca, level tersebut adalah menemukan informasi, interpretasi dan integrasi serta Konten Mata Pelajaran Kompetensi mendasar: literasi membaca dan Numerasi Konten Mata Pelajaran evaluasi dan refleksi.

Pada Numerasi, ketiga level tersebut adalah pemahaman, penerapan, dan penalaran.

Konteks menunjukkan aspek kehidupan atau situasi untuk konten yang digunakan. Konteks pada AKM dibedakan menjadi tiga, yaitu personal, sosial budaya, dan saintifik.

PEMANFAATAN HASIL AKM

Menguasai Konten. Laporan hasil AKM dapat dimanfaatkan untuk menguasai konten sebagai implikasi pembelajaran lintas mata pelajaran. Pelaporan tingkat kompetensi dapat dimanfaatkan guru berbagai mata pelajaran untuk menyusun strategi pembelajaran yang efektif dan berkualitas.

Menguasai Literasi dan Numerasi

ASESMEN SURVEY KARAKTER

Asesmen survei karakter adalah asesmen yang dirancang untuk mengukur capaian peserta didik dari hasil belajar sosial-emosional berupa pilar karakter untuk mencetak Profil Pelajar Pancasila.

Profil pelajar Pancasila adalah beriman, bertakwa, berakhlak mulia, bernalar kritis, mandiri, kreatif, gotong royong, dan berkebhinekaan global.

Sasaran Asesmen Survei Karakter adalah siswa di seluruh sekolah, tapi bersifat sampel dan dipilih secara random. 

Penilaian ini dapat memberikan informasi terkait kesiapan siswa dalam menghadapi kompetensi global dengan membawa karakter yang baik dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

ASESMEN SURVEI LINGKUNGAN

Asesmen survei lingkungan adalah penilaian yang dilakukan untuk mengevaluasi dan memetakan aspek pendukung kualitas pembelajaran di lingkungan sekolah.

Survey lingkungan belajar merupakan instrumen yang digunakan untuk mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas maupun di tingkat satuan Pendidikan.

Secara sederhana, survei lingkungan belajar menilai kondisi dan iklim sekolah serta aspek-aspek yang mendukung pembelajaran termasuk guru dan murid itu sendiri.

Jadi pada survei lingkungan belajar, yang menjadi peserta bukan hanya murid, tetapi guru juga berpartisipasi pada survei ini.

2 Daftar materi pada KB yang sulit dipahami

Siswa di tingkat Mahir sudah mampu mengevaluasi dan merefleksi resep guru.

Hasil AKM dilaporkan dalam empat kelompok yang menggambarkan tingkat kompetensi yang berbeda. Urutan tingkat kompetensi dari yang paling kurang adalah: 1) Perlu Intervensi Khusus, 2) Dasar, 3) Cakap, 4) Mahir.

Siswa di tingkat Perlu Intervensi Khusus masih kesulitan untuk memahami resep secara utuh. Siswa diasah kemampuan literasi membacanya tidak hanya dengan membuat cireng, namun juga membuat catatan singkat/rangkuman sederhana mengenai cara membuat cireng berdasarkan resep dari guru.

Tingkat kognitif menunjukkan proses berpikir yang dituntut atau diperlukan untuk dapat menyelesaikan masalah atau soal.

3 Daftar materi yang sering mengalami miskonsepsi dalam pembelajaran

Hasil AKM Dianggap Sebagai Penentu Kelulusan Siswa

Salah satu hal yang menjadi miskonsepsi dalam pembelajaran ialah hasil AKM maupun Asesmen Nasional yang dianggap sebagai penentu kelulusan siswa. Dari anggapan yang salah ini, maka muncullah banyak sekali market atau pasar yang menjual buku kiat-kiat lulus AKM, dan semisalnya. Hal seperti itu yang kemudian menggiring pemahaman publik bahwa AKM berpengaruh terhadap kelulusan, padahal sebenarnya tidak. Hasil AKM dipergunakan untuk memetakan kondisi sekolah, yang nantinya bisa terlihat di rapor mutu. Dari rapor mutu inilah kemudian sekolah bisa melakukan perbaikan-perbaikan alias refleksi.

Pengisian Survei Lingkungan Belajar yang Tidak Sesuai dengan Fakta di Sekolah

Adapun miskonsepsi lainnya yang sering muncul dalam pembelajaran ialah pengisian survei lingkungan belajar yang tidak sesuai dengan fakta di sekolah. Hal ini terjadi terutama di kalangan para guru. Mereka beranggapan bahwa survei lingkungan belajar tidak terlalu penting, sama halnya dengan PMP yang jumlah butir pertanyaannya bahkan lebih dari 500-san. Karena pengisian survei tidak sesuai dengan fakta, alhasil sekolah tersebut tidak mendapatkan bantuan chromebook atau bantuan-bantuan lainnya karena dianggap sudah lengkap sesuai dengan hasil survei yang diisi.

Download LK KB 4 Modul Evaluasi Pembelajaran Materi Asesmen Nasional Format .doc (Word)

Berikut disajikan link unduhan tugas pendalaman materi dengan format .doc. Silakan klik tombol download lalu tunggu beberapa saat:

LK KB 4 Evaluasi Pendidikan 52kb

Semoga bermanfaat
Salam.

Lanjut Baca:

👉Download Resume LK KB 1 Modul Evaluasi Pembelajaran

👉Download Resume LK KB 2 Modul Evaluasi Pembelajaran

👉Download Resume LK KB 3 Modul Evaluasi Pembelajaran

👉Download Resume LK KB 4 Modul Evaluasi Pembelajaran

👉Contoh Analisa Bahan Ajar Jurnal Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran PPG PAI

👉Contoh Analisa Bahan Ajar Jurnal Pengembangan Soal HOTS

👉Analisa Bahan Ajar Langkah-langkah dan Teknik Evaluasi Hasil Belajar PAI

👉Analisa Bahan Ajar Pembelajaran Remedial Sebagai Suatu Upaya dalam Mengatasi Kesulitan Belajar

👉Contoh Tugas Analisa Materi Modul Evaluasi Pendidikan Materi Konsep dan Penerapan Penilaian Autentik

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Guru Profesional, Guru Penggerak, Blogger, Public Speaker, Motivator & Juragan Emas.

Posting Komentar untuk "Download Resume LK KB 4 Modul Evaluasi Pembelajaran Materi Asesmen Nasional"