Widget HTML #1

Download Contoh Proposal Kegiatan MPLS di SD, SMP, SMA Tahun 2023 Tinggal Edit [Word]

Hai Sobat Guru Penyemangat, sudah bersiap menyambut kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah alias MPLS di sekolah pada tahun ini?

Entah itu di jenjang SD, SMP, SMA, SMK, SMPIT, SMAIT, hingga MA sederajat, agaknya kegiatan MPLS menjadi rutinitas yang tidak bisa ditinggalkan.

Dahulu barangkali MPLS lebih dikenal dengan istilah MOS (Masa Orientasi Sekolah) yang kesannya agak menakutkan karena di sanalah situasi di mana kakak kelas bakal “balas dendam” kepada adik kelas yang baru.

Contoh Proposal Kegiatan MPLS Tinggal Edit
Contoh Proposal Kegiatan MPLS Tinggal Edit. Designed by GuruPenyemangat.com

Namun sekarang semua sudah berubah, dan kita sudah berada di era Merdeka Belajar. Maka darinya, perundungan sudah dihapuskan dan tugas para panitia saat ini ialah mencoba untuk meracik kegiatan MPLS yang seru, asyik, edukatif, dan menyenangkan.

Berikut contoh proposal kegiatan MPLS yang bisa dijadikan pedoman bagi sekolah jenjang SD, OSIS di jenjang SMP, SMA, MA hingga SMK tinggal download.

Mari disimak:

PROPOSAL KEGIATAN MPLS SEKOLAH

KOP SEKOLAH ATAU KOP OSIS

PEMERINTAH KABUPATEN [NAMA KABUPATEN]
DINAS PENDIDIKAN KEBUDAYAAN RISET DAN TEKNOLOGI
SMP/SMA NEGERI/SWASTA [NAMA SEKOLAH]
TAHUN 2023

A. Latar Belakang Kegiatan

MPLS atau yang lebih akrab dengan singkatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah adalah serangkaian kegiatan seputar pengenalan sarana dan prasarana sekolah, program sekolah, konsep pengenalan diri, pembinaan awal kultur/budaya sekolah, hingga pengenalan cara belajar.

Kegiatan MPLS ini memiliki sasaran yaitu siswa baru yang masuk kelas 1 SD, SMP, SMA/SMK/MA sederajat.

Sejatinya dahulu MPLS masih bernama MOS, tepatnya pada tahun 2000-an, kegiatan pengenalan sekolah ini lebih dikenal dengan sebutan MOS atau Masa Orientasi Sekolah.

Namun, seiring dengan berjalannya waktu dan pengembangan demi pengembangan, diubah menjadi MPLS sejak tertuang dalam Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016, tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru.

Tidak hanya berkenalan dengan beragam fasilitas yang ada di sekolah, MPLS juga mengajak siswa untuk lebih dekat kepada kepada kakak kelas, guru, ataupun tenaga kependidikan lainnya. Dalam MPLS juga diterangkan secara cukup mendetail mengenai kegiatan rutin sekolah, norma yang berlaku, budaya yang ada, serta sistem dan tata tertib yang wajib dipatuhi.

Terkait dengan kapan waktu penyelenggaraan, sejatinya MPLS hanya diadakan pada hari dan jam pelajaran sekolah. Durasinya paling lama adalah tiga hari pada minggu pertama awal tahun pelajaran baru.

Ada berbagai tujuan yang bisa didapat oleh siswa baru dari kegiatan MPLS, mulai dari siswa dapat mengenali potensi peserta didik baru melalui formulir profil peserta didik yang terdiri dari identitas, riwayat kesehatan, potensi atau bakat, sifat atau perilaku dan profil orang tua atau wali murid, menumbuhkan motivasi, semangat, dan materi cara belajar efektif untuk peserta didik, hingga mengembangkan interaksi positif antar peserta didik dan warga sekolah lainnya.

Maka darinya, kami selaku panitia kegiatan bermaksud untuk menyelenggarakan kegiatan MPLS tepatnya untuk tahun pelajaran 2023/2024.

B. Tujuan Kegiatan

Berikut tujuan diadakannya kegiatan MPLS di sekolah:

  1. Menggali potensi peserta didik baru dengan berbagai karakter dan minat mereka
  2. Menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif untuk peserta didik baru
  3. Menumbuhkan perilaku positif, jujur, mandiri, menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, disiplin, hidup bersih dan sehat
  4. Membantu peserta didik beradaptasi dengan aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah
  5. Mengembangkan interaksi positif antar peserta didik dan warga sekolah lainnya
  6. Meningkatkan rasa percaya diri dan mengasah keterampilan siswa

C. Nama Kegiatan

Adapun nama kegiatan ini adalah “MPLS Tahun Pelajaran 2023/2024” yang digelar untuk mengenalkan peserta didik baru tentang sekolah.

D. Tema Kegiatan

Adapun tema kegiatan MPLS tahun 2023 yaitu: “Melalui MPLS, Kita Wujudkan Profil Pelajar Pancasila yang Berdedikasi dan Berakhlak Mulia.”

Boleh Baca: Kumpulan Ide dan Tema Kegiatan MPLS di Sekolah yang Keren, Kreatif, dan Edukatif

E. Jenis Kegiatan

Jenis kegiatan MPLS tahun 2023 meliputi Pengenalan Dewan Guru dan Warga Sekolah, Penyampaian Visi Misi dan Keunggulan Sekolah, Pengenalan Lingkungan Sekolah, Materi Tentang Tata Tertib, Peraturan Sekolah, Pengenalan Ekstrakulikuler, Kegiatan Kerja Bakti, dan Game Edukatif.

F. Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Waktu dan tempat pelaksanaan dari kegiatan MPLS adalah:

Hari, Tanggal : 10-12 Juli Tahun 2023

Waktu : 07.30 WIB – selesai

Tempat : Lapangan dan Ruang Kelas Sekolah

G. Pelaksana

Kegiatan MPLS Tahun 2023 dilaksanakan oleh panitia OSIS yang berkolaborasi dengan beberapa ekstrakulikuler di sekolah.

H. Peserta

Siswa-siswi baru sekolah.

I. Sumber Dana

1. Dana BOS

2. Kas OSIS

3. Sponsor/Donatur

J. Susunan Panitia

Terlampir I

K. Rincian Dana

Terlampir II

L. Penutup

Penyelenggaraan kegiatan MPLS Sekolah Tahun 2023 dalam rangka mengenalkan peserta didik baru dengan lingkungan sekolah, meningkatkan solidaritas, kreativitas dan solidaritas siswa diharapkan untuk didukung oleh semua pihak.

Semoga dengan ridho Allah SWT, kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik dengan didukung oleh bantuan dan partisipasi aktif dari semua pihak demi suksesnya rangkaian kegiatan. 

Demikianlah proposal ini kami buat agar dapat menjadi pertimbangan Bapak/Ibu.

Nama Kota,   Juni 2023  

Panitia Pelaksana

Boleh Baca: Materi Kegiatan MPLS Tentang Kurikulum Merdeka

Download Proposal Kegiatan MPLS di Sekolah Format Word Tinggal Edit

Untuk memudahkan segenap panitia, Guru Penyemangat telah menyiapkan link alias tautan unduhan dokumen Word (.doc) proposal kegiatan MPLS Sekolah tinggal edit.

Di dalam proposal ini sudah tersusun urutan format proposal yang umum mulai dari latar belakang proposal MPLS, tema kegiatan hingga lampiran-lampiran mengenai estimasi biaya dan struktur panitia kegiatan.

Namun bila menurut Sobat Guru Penyemangat rincian anggarannya terlalu besar, maka silakan sesuaikan dengan kondisi pendanaan dan sekolah.

Adapun biaya anggaran proposal yang bisa ditekan salah satunya ialah hadiah perlombaan dan juga konsumsi. Karena MPLS adalah acara selingan di awal sekolah dan sekadar hiburan yang bermanfaat, maka hadiahnya bisa diganti dengan buku dan piagam.

Lebih dari pada itu, settingan kertasnya pula sudah diatur dengan margin kiri 3 dan sisanya 2.5 dengan format kertas A4.

Tersedia pula kolom tanda tangan panitia sekaligus pembina OSIS yang sudah dibuat secara rapi menggunakan tabel. Dengan demikian Sobat Guru Penyemangat hanya perlu menambahkan kop sekolah maupun kop OSIS. Sebaiknya cantumkan pula kop panitia pada setiap lampiran ya.

Silakan klik tombol download berikut dan tunggu beberapa saat untuk mendapatkan dokumen Word proposal kegiatan MPLS Tahun 2023:

Proposal MPLS 53kb

***

Boleh Baca: Download Surat Undangan Pemateri MPLS Tinggal Edit

Demikianlah tadi sajian Guru Penyemangat tentang contoh proposal kegiatan MPLS dalam rangka pengenalan terhadap lingkungan di sekolah.

Proposal ini bisa Sobat gunakan untuk pengajuan dana, memberikannya kepada donatur, hingga musyarawah kegiatan baik pada jenjang SD, SMP, MTs, SMA, maupun SMK.

Semoga bermanfaat dan semoga sukses ya.
Salam.

Lanjut Baca: Kumpulan Teka-Teki MPLS Beserta Jawabannya

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Guru Profesional, Guru Penggerak, Blogger, Public Speaker, Motivator & Juragan Emas.

Posting Komentar untuk "Download Contoh Proposal Kegiatan MPLS di SD, SMP, SMA Tahun 2023 Tinggal Edit [Word]"