Widget HTML #1

Contoh Proposal Kegiatan 1 Muharram Tinggal Edit, Cocok untuk Acara di Sekolah, Masjid atau Instansi

Contoh Proposal Kegiatan 1 Muharram
Contoh Proposal Kegiatan 1 Muharram. Dok. GuruPenyemangat.com

Hai Sobat Guru Penyemangat, sudah menyiapkan proposal kegiatan untuk menyambut 1 Muharram 1445 Hijriah?

Ketika Tahun Baru Islam tiba, ketika itu pula kita dirasa perlu untuk menyambutnya dengan rasa bahagia dan sukacita. Bahagia di sini bukan berarti larut dalam euforia melainkan bahagia dalam syukur.

Momentum Tahun Baru Islam adalah kesempatan yang amat baik bagi semua pihak untuk bermuhasabah diri, melakukan instrospeksi diri, serta menyiapkan strategi terbaik untuk menambah bekal pemberat timbangan amal di akhirat nanti.

Maka dari itulah, perlu bagi komunitas, sekolah, maupun pengurus masjid untuk menyelenggarakan kegiatan peringatan Tahun Baru Islam sebagai salah satu bentuk syiar islam.

Nah berikut disajikan contoh proposal kegiatan Tahun Baru Islam 1 Muharram tinggal edit yang cocok digelar di sekolah, masjid maupun instansi.

Mari disimak ya:

Contoh Proposal Kegiatan Muharram di Sekolah, Instansi, atau Masjid

PROPOSAL KEGIATAN
PERINGATAN TAHUN BARU ISLAM
1 MUHARRAM 1445 HIJRIAH

KOP SEKOLAH/INSTANSI/MASJID

PEMERINTAH KABUPATEN [NAMA KABUPATEN]
DINAS PENDIDIKAN KEBUDAYAAN RISET DAN TEKNOLOGI
SD/SMP/SMA NEGERI/SWASTA [NAMA SEKOLAH/INSTANSI/MASJID]
TAHUN 2023

A. Latar Belakang Kegiatan

Tahun baru Islam adalah momentum yang spesial bagi umat muslim di seluruh dunia. Bulan Muharram adalah awal dimulainya Tahun Baru Islam, tepatnya 1445 Hijriah. Ada banyak keutamaan dan keistimewaan di bulan Muharram, seperti puasa Tasu’a, puasa Asyura, hingga amal ibadah lainnya bernilai pahala berlipat ganda, karena Muharram adalah syahrullah atau bulannya Allah.

Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam Al-Qur’an Surah At-Taubah ayat 36:

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۚ ذَٰلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ ۚ فَلَا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ ۚ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِينَ كَافَّةً كَمَا يُقَاتِلُونَكُمْ كَافَّةً ۚ وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ مَعَ الْمُتَّقِينَ

Artinya:

Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa.

Bulan Muharram merupakan salah satu dari empat bulan mulia dalam Islam. Maka darinya, adalah hal yang sangat baik bagi instansi maupun lembaga untuk bisa menghadirkan kegiatan dan acara bermanfaat dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam. Hal tersebut adalah bentuk dari syiar Islam sekaligus jalan dakwah dengan objek generasi muda islam dan masyarakat pada umumnya.

Berkenaan dengan istimewanya bulan Muharram sebagai bulan pertama dalam Tahun Baru Islam 1445 Hijriah, kami selaku panitia berencana untuk menggelar kegiatan Gebyar Muharram dengan harapan mampu menjadi perantara syiar Islam demi meraih keutamaan di bulan yang mulia ini.

B. Nama Kegiatan

Nama kegiatannya adalah ”Gebyar Muharram”. Rangkaian acaranya terdiri atas tausiyah Islam, pawai, dan beberapa tangkai lomba Islam.

C. Tema Kegiatan

“Membangun generasi Islam akhir zaman yang berakhlak mulia dan bersemangat dalam berhijrah sejak muda.”

D. Tujuan Kegiatan

Menggelar peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriah tahun 2023 adalah wujud dari semangat kita selaku umat muslim agar lebih semangat mendekatkan diri kepada Allah. Berikut tujuan kegiaan Gebyar Muharram:

1. Meningkatkan ukhuwah islamiyyah antar sesama siswa, guru, dan warga sekolah.

2. Menjadi sumber motivasi kepada generasi penerus agar sealu memegang teguh tali agama Allah dan dapat membentengi diri dengan keimanan dan ketakwaan yang kuat.

3. Menguatkan pemahaman dan pengetahuan siswa tentang urgensi muhasabah diri di tahun yang baru.

4. Menjadi sarana syiar Islam dalam rangka mengenalkan bulan Muharram beserta keutamannya.

E. Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Waktu dan tempat pelaksanaan dari kegiatan ini adalah:

HariTanggal: Rabu-Sabtu 03-06 Agustus Tahun 2023

Waktu: 08.00 WIB – selesai

Tempat: Lapangan/Mushalla Sekolah

F. Pelaksana

Kegiatan Gebyar Muharram 1445 Hijriah dilaksanakan oleh panitia Rohis yang bekerja sama dengan OSIS sekolah dan beberapa orang guru pembina.

G. Peserta

Segenap siswa dan dewan guru.

H. Sumber Dana

1. Dana BOS

2. Kas Masjid/Musholla

3. Sponsor/Donatur

I. Susunan Panitia

- Terlampir I

J. Rincian Dana

- Terlampir II

K. Penutup

Pelaksanaan kegiatan Gebyar Muharram dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1445 Hijriah diharapkan mendapat bantuan dan dukungan dari semua pihak, baik secara materi maupun non-materi. Besar harapan kami untuk dapat menjadikan rangkaian acara Gebyar Muharram sebagai penguat syiar Islam, utamanya untuk kebermanfaatan siswa di sekolah.

Demikianlah proposal Gebyar Muharram 1445 Hijriah kami sampaikan. Atas kerjasama Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.

Nama Kota,   Juli 2023

Panitia

*Catatan: Agar proposal lebih detail dan lengkap, Sobat boleh menambahkan rundown atau jadwal acara kegiatan secara lengkap dengan tabel. Kolomnya biasanya terdiri atas nomor, hari/tanggal, acara, waktu kegiatan dan penanggung jawab kegiatan. Jika kegiatannya dilaksanakan di masjid atau di sekolah, maka cukup sesuaikan cover dan estimasi biayanya.

Boleh Baca: Kumpulan Tema Kegiatan Muharram yang Bagus dan Berkesan

Download Proposal 1 Muharram .doc

Untuk memudahkan Sobat panitia dalam mengajukan permintaan dana, berikut Guru Penyemangat sudah siapkan file dokumen Word yang berisikan proposal kegiatan 1 Muharram Tahun Baru Islam 1445 Hijriah tinggal edit.

Di dalam dokumen sudah disajikan estimasi biaya, lampiran susunan panitia dan kolom tanda tangan panitia maupun penanggung jawab kegiatan.

Nah silakan klik tombol download lalu tunggu beberapa detik untuk mendapatkan dokumen dengan format .doc:

Proposal Kegiatan Muharram 26kb

***

Demikianlah sajian Guru Penyemangat tentang contoh proposal kegiatan peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriah tinggal edit yang cocok sebagai referensi pengajuan dana di sekolah, instansi maupun masjid.

Semoga bermanfaat ya
Salam.

Lanjut Baca: 30 Ide Kegiatan dan Lomba Menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriah

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Guru Profesional, Guru Penggerak, Blogger, Public Speaker, Motivator & Juragan Emas.

Posting Komentar untuk "Contoh Proposal Kegiatan 1 Muharram Tinggal Edit, Cocok untuk Acara di Sekolah, Masjid atau Instansi"