Widget HTML #1

Download Modul Penguatan Profil Pancasila Jenjang PAUD Kurikulum Merdeka Terbaru

Dear Sobat Guru PAUD. Penguatan Profil Pancasila menjadi materi karakter yang wajib untuk diajarkan kepada anak-anak.

Terang saja, nilai-nilai Pancasila adalah muatan sekaligus harapan utama dari implementasi Kurikulum Merdeka.

Modul Penguatan Profil Pancasila Jenjang PAUD
Modul Penguatan Profil Pancasila Jenjang PAUD

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa Kurikulum 2013 sudah mulai mengarah kepada penguatan karakter, namun menyikapi era digitalisasi seperti saat sekarang ini, penguatan nilai-nilai berprofil Pancasila menjadi pembaruan tersendiri.

Berikut ada modul sebagai panduan guru PAUD dalam rangka projek penguatan profil Pancasila berbasis Kurikulum Merdeka.

Mari disimak ya:

Modul Penguatan Profil Pancasila PAUD Kurikulum Merdeka Terbaru Pegangan Guru

Sobat Guru Penyemangat, Buku Panduan Projek Penguatan Pelajar Pancasila ini menyajikan pembelajaran dengan pendekatan yang dinamis dialogis.

Sejak membuat perencanaan, anak sudah dilibatkan untuk menentukan projek, guru berperan memantik ide dan mendampingi selama proses pembelajaran.

Guru tidak memaksakan kehendaknya. Anak ditempatkan sebagai pribadi yang berdaya dan mempunyai kemauan kuat.

Diterangkan oleh Jalongo (2007: 84), motivasi seseorang akan terbentuk karena ketertarikannya. Oleh karena itu menjadi tantangan bagi guru untuk dapat menciptakan lingkungan dan suasana belajar yang menarik bagi/untuk anak.

Pembelajaran yang dirancang hendaknya kontekstual, dekat dengan kehidupan nyata di sekitarnya sehingga menumbuhkan ketertarikan anak.

Pembelajaran berbasis projek membutuhkan ketelitian, kesabaran dan konsentrasi dengan tetap memperhatikan kegembiraan bermain.

Pembelajaran tersebut dimaksudkan agar anak terampil, tidak mudah putus asa, dapat bekerja sama, dan dapat memecahkan permasalahan dengan cara yang kreatif.

Kegiatan-kegiatan dalam pembelajaran berbasis projek ini memanfaatkan alam semesta dan berbagai sumber belajar, supaya anak dapat menghargai ciptaan Tuhan.

Anak terkoneksi dengan dirinya sendiri, orang tua, teman dan alam semesta, sehingga tercipta kehidupan yang harmonis.

Modul Penguatan Profil Pancasila PAUD Kurikulum Merdeka
Modul Penguatan Profil Pancasila PAUD Kurikulum Merdeka

Buku ini memberikan contoh penerapan pendekatan projek yang di dalamnya mengandung muatan Profl Pelajar Pancasila.

Beragam teori dan metode yang sudah dijabarkan di kelima buku lain akan terlihat implementasinya di Buku Projek Penguatan Profl Pelajar Pancasila.

Kegiatan projek yang dicontohkan memang masih dalam tahapan menyambut perayaan hari besar nasional, keagamaan, maupun tradisi budaya setempat.

Akan tetapi, pendekatan projek ini sebenarnya juga dapat dikemas rancangan pembelajaran.

Bab 1 memberikan gambaran tentang profl pelajar Pancasila dan apa hubungannya dengan capaian pembelajaran.

Untuk mewujudkan dimensi profl pelajar yang mandiri, berkebinekaan global, bergotong royong, guru dapat mengembangkan melalui desain pembelajaran di mana anak dapat mengenal identitas dirinya, budayanya, dan mengenal apa itu Pancasila.

Kemendikbud menetapkan tema-tema projek yang perlu diterapkan pada satuan pendidikan di seluruh Indonesia.

Tema-tema tersebut adalah: (1) Aku Sayang Bumi; (2) Aku Cinta Indonesia; (3) Bermain dan Bekerja Sama; dan (4) Imajinasiku.

Bab 2 lebih banyak memberikan gambaran bagaimana profil pelajar Pancasila dan apa itu pendekatan pembelajaran berbasis projek.

Dalam pendidikan, pendekatan projek dimaknai sebagai investigasi mendalam tentang suatu topik yang menarik untuk dipelajari.

Investigasi ini biasanya dilakukan oleh kelompok kecil anak dalam suatu kelas atau bisa juga keseluruhan kelas, dan terkadang juga dilakukan oleh anak secara individual.

Alur pembelajaran projek ini untuk membantu guru untuk memahami bahwa dalam kegiatan projek, ada kegiatan yang harus dilakukan sebelum, saat, dan setelah projek.

Tahapan-tahapan projek ini membutuhkan kesabaran, ketekunan, dan kreativitas. Guru perlu mengantisipasi apabila proses pembelajaran saat projek tidak berjalan sesuai dengan yang direncanakan karena hal tersebut dapat menjadi proses pembelajaran yang bermakna.

Melalui pembelajaran projek ini, anak difasilitasi untuk dapat membangun pengetahuannya sendiri.

Bab 3 memberikan contoh tentang kegiatan-kegiatan projek sesuai tema besar yang telah ditentukan dan dilaksanakan dalam rangka perayaan tradisi budaya lokal dan momen-momen tertentu.

Misalnya, perayaan Hari Bumi, Hari Ibu, Hari Ayah, Hari Kemerdekaan RI, Hari Kebangkitan Nasional, ulang tahun sekolah, dan perayaan tradisi budaya lokal, seperti Sekaten, Saparan, Galungan, Kuningan, dsb.

A. Tema Aku Sayang Bumi Pembelajaran

Pada tema Aku Sayang Bumi ini bertujuan untuk mengenalkan anak pada perubahan iklim global serta bagaimana mencari solusi kreatif yang bisa dilakukan oleh anak.

B. Tema Aku Cinta Indonesia

Anak-anak perlu mengenal dan mempelajari seni budaya mereka masing-masing agar mereka bangga menjadi anak Indonesia dan keberadaan seni budaya tersebut tetap lestari.

C. Tema Bermain dan Bekerja Sama

Pembelajaran dalam tema “Bermain dan Bekerja Sama” ini bertujuan untuk mengajak anak berinteraksi dengan teman yang beragam sehingga dapat menghormati orang lain yang berbeda dengan dirinya, mampu bekerja sama, mau berbagi dan tidak membeda-bedakan teman.

Anak bisa hidup rukun dan damai di mana pun dia berada.

D. Tema Imajinasiku

Melalui imajinasi dan bermain, anak belajar untuk mengenali dunianya. Imajinasi membantu perkembangan kognitif dan sosial pada anak.

Oleh karena itu, pada tema Imajinasiku ini anak distimulasi dengan serangkaian kegiatan yang bisa membangkitkan rasa ingin tahu dan memperkuat imajinasinya.

Proses pembelajaran dengan pendekatan projek membutuhkan peran orang tua dan masyarakat. 

Oleh karena itu, perlu membangun kesepakatan dan kesepahaman antara orang tua dengan sekolah.

Sekolah sebaiknya mensosialisasikan kepada orang tua tentang pembelajaran berbasis projek dan hal-hal apa yang perlu disinergikan antara pihak sekolah dan orang tua.

Misalnya, dari segi pelibatan orang tua saat kegiatan projek untuk menjadi narasumber ataupun membantu memfasilitasi.

Bab 4 Penutup; Buku Panduan Guru Projek Penguatan Profl Pelajar Pancasila ini disusun berdasarkan kurikulum yang memerdekakan, baik bagi anak maupun guru.

Kurikulum merdeka memberi ruang seluas-luasnya kepada tiap sekolah untuk menerjemahkan sesuai dengan kondisi masing-masing daerahnya serta memberi ruang kepada anak untuk tumbuh dan berkembang sesuai dengan potensinya.

Download Modul Penguatan Profil Pancasila PAUD Kurikulum Merdeka PDF

Nah, GuruPenyemangat.com telah menyediakan link download yang berisi dokumen PDF modul projek penguatan Profil Pancasila untuk pegangan guru PAUD.

Silakan klik tombol download lalu tunggu beberapa saat untuk mendapatkan dokumennya:

Modul Pelajar Pancasila PAUD 8,76Mb

***

Demikianlah segenap sajian Guru Penyemangat tentang modul penguatan Profil pancasila jenjang PAUD berbasis Kurikulum Merdeka sebagai pegangan guru.

Semoga bermanfaat
Salam.

Lanjut Baca:

Modul Capaian Pengembangan Pembelajaran PAUD Kurikulum Merdeka PDF

Modul Capaian Pembelajaran Elemen Jati Diri Jenjang PAUD Kurikum Merdeka PDF

Modul Belajar dan Bermain Berbasis Buku Jenjang PAUD Kurikulum Merdeka PDF

Modul Capaian Dasar-Dasar Literasi dan STEAM Jenjang PAUD Kurikulum Merdeka PDF

Modul Capaian Nilai-Nilai Agama dan Budi Pekerti Jenjang PAUD Kurikulum Merdeka PDF

Modul Projek Penguatan Profil Pancasila Jenjang PAUD Kurikulum Merdeka PDF

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Guru Profesional, Guru Penggerak, Blogger, Public Speaker, Motivator & Juragan Emas.

Posting Komentar untuk "Download Modul Penguatan Profil Pancasila Jenjang PAUD Kurikulum Merdeka Terbaru"