Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Modul PAUD Tentang Nilai Agama dan Budi Pekerti Kurikulum Merdeka

Setujukah Sobat Guru Penyemangat bahwa nilai-nilai agama dan budi pekerti itu perlu dibiasakan sejak dini, terutama pada jenjang PAUD?

Sepertinya kita semua setuju ya Sobat. Nilai-nilai agama itu bukanlah karakter yang bisa dipahami hanya dengan menghafal teori atau pun beberapa kali percobaan.

Sejatinya nilai-nilai agama dan budi pekerti perlu dibiasakan baik dalam dunia pembelajaran, bermain, hingga pergaulan anak sehari-hari.

Modul PAUD Tentang Nilai Agama dan Budi Pekerti Kurikulum Merdeka
Modul PAUD Tentang Nilai Agama dan Budi Pekerti Kurikulum Merdeka.

Maka dari itulah, seiring dengan peralihan muatan pembelajaran menuju Kurikulum Merdeka, diperlukan perubahan arah mengajar yang berorientasi kepada karakter dan Profil Pancasila.

Nah, ini ada modul pegangan guru PAUD tentang capaian elemen nilai agama dan budi pekerti berbasis Kurikulum Merdeka tinggal download.

Mari disimak ya:

Modul Capaian Pembelajaran Elemen Nilai Agama dan Budi Pekerti Jenjang PAUD

Sobatku, sejatinya Pendidikan Anak Usia Dini diharapkan mampu menstimulasi perkembangan dan pertumbuhan anak melalui lingkungan belajar yang kondusif, menarik, dan menyenangkan bagi anak.

Oleh karena itu, perlu dihadirkan pembelajaran yang sesuai dengan tahapan dan aspek perkembangan anak usia dini.

Salah satu aspek perkembangan yang perlu disiapkan di samping perkembangan kognitif anak adalah penanaman nilai agama dan moral (budi pekerti).

Nilai agama dan budi pekerti akan menjadi ruh setiap aspek perkembangan anak sebagaimana tujuan pendidikan nasional, yaitu berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab.

Aspek penghayatan pada nilai agama dan moral bertujuan untuk menyiapkan anak untuk menerima dan melaksanakan prinsip-prinsip dan konsep Ketuhanan dan relasinya dengan makhluk Tuhan lainnya.

Buku pedoman bagi pendidik ini diharapkan dapat menjadi panduan bagi guru PAUD dalam memfasilitasi anak untuk mengembangkan aspek agama dan moralnya.

Modul PAUD Tentang Nilai Agama dan Budi Pekerti
Modul PAUD Tentang Nilai Agama dan Budi Pekerti

Pedoman ini memberikan informasi tentang tahapan perkembangan anak dan juga desain pembelajaran dengan inklusi nilai agama dan moral.

Buku ini disusun dalam format yang sederhana dan aplikatif, serta mudah diikuti, sehingga isinya diharapkan mudah diimplementasikan oleh seluruh pendidik dan pemerhati PAUD di seluruh Indonesia.

Buku Panduan Guru Capaian Pembelajaran Elemen Nilai Agama dan Budi Pekerti untuk Satuan PAUD dirancang sebagai inspirasi bagi guru untuk mengintegrasikan nilai agama dan budi pekerti dalam kegiatan pembelajaran.

Pada bab pertama disajikan bahasan singkat tentang pandangan anak terhadap nilai agama dan budi pekerti.

Pemahaman guru tentang aspek perkembangan anak sangat penting dalam mendampingi anak mengasah pemahaman nilai agama dan budi pekerti.

Bab kedua membahas Capaian Pembelajaran Elemen Nilai Agama dan Budi Pekerti dan penjabarannya dalam berbagai kegiatan.

Bab tiga membahas kegiatan yang terintegrasi termasuk desain, media, dan metode.

Bab empat memberikan inspirasi tentang pelaksanaan kegiatan pembelajaran dengan mengintegrasikan nilai agama dan budi pekerti.

Bab lima menutup sajian buku ini dengan asesmen meliputi jenis, contoh, dan reļ¬‚eksi.

Capaian pembelajaran (CP) tidak secara langsung diturunkan ke dalam kegiatan pembelajaran anak, tetapi perlu diturunkan melalui tujuan pembelajaran atau tujuan kegiatan. Nilai-nilai atau perilaku spesifik yang diharapkan terstimulasi di antaranya sebagai berikut:

Anak dapat melaksanakan kegiatan ibadah sesuai agama dan kepercayaannya seperti berdoa sebelum dan sesudah kegiatan, membaca kitab suci, dan ritual keagamaan lainnya.

Anak mengenali dan meneladani sifat-sifat Tuhan dan menunjukkan perilaku baik yang menggambarkan agama dan kepercayaannya, misalnya mengucapkan kata terpuji seperti kalimat syukur, salam, tolong, terima kasih, maaf, dan permisi.

Anak juga berlatih berbicara santun, menunjukkan kasih sayang dan empati.

Anak mengenal dan menghormati perbedaan agama dan kepercayaan antara dirinya dan orang lain, anak dapat membangun sikap menghargai dan menciptakan kerukunan dengan teman yang berbeda agama.

Anak dapat mengenali persamaan dan perbedaan antara dirinya dan orang lain dalam menjalankan agama dan kepercayaannya.

Anak menunjukkan sikap menyayangi sesama makhluk hidup ciptaan Tuhan.

Anak menjaga kebersihan dan merawat diri serta lingkungan dan alam sekitar sebagai karunia Tuhan YME.

Lebih daripada itu, Tujuan pembelajaran nilai agama dan budi pekerti bisa dikembangkan seluas-luasnya sesuai kebutuhan satuan PAUD berdasarkan visi, misi, dan karakteristik satuan PAUD yang dituangkan dalam Kurikulum Operasional Sekolah (KOS).

Untuk menggali nilai-nilai agama dan budi pekerti pada setiap topik pembelajaran, guru perlu melibatkan anak sedini mungkin dalam menggali tema atau topik pembelajaran, sehingga anak terbiasa mencari dan menyampaikan ide sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya kepada guru atau teman.

Sangat penting bagi guru untuk menstimulasi munculnya ide anak melalui berbagai alat atau cara, seperti:

a. membacakan buku cerita,

b. melakukan kunjungan langsung ke suatu tempat,

c. bercerita tentang tokoh keagamaan,

d. memanfaatkan media audio visual (cerita, nyanyian, gerak dan lagu),

e. menghadirkan narasumber sesuai topik yang dibahas, dan

f. menyajikan dongeng, video, dan ilustrasi gambar.

Adapun panduan selengkapnya bisa dibaca pada modul panduan guru dalam capaian pembelajaran elemen nilai-nilai agama dan budi pekerti.

Download Modul Elemen Nilai Agama dan Budi Pekerti Jenjang PAUD PDF

Untuk menyukseskan guru dalam menggapai capaian pembelajaran elemen nilai Agama dan Budi Pekerti untuk siswa jenjang PAUD, berikut telah disediakan link unduhan dokumen PDF modul ajarnya sebagai pegangan.

Dengan memiliki Modul Capaian Pembelajaran Elemen Nilai Agama dan Budi Pekerti Jenjang PAUD ini, guru PAUD bisa memanfaatkannya sebagai pedoman pengajaran selama satu tahun penuh berbasis Kurikulum Merdeka.

Silakan klik tombol download untuk mendapatkan dokumen PDF-nya ya Sobat:

Modul PAUD Agama dan BP 14,9 Mb

***

Demikianlah sajian GuruPenyemangat.com tentang dokumen PDF Modul Capaian Pembelajaran Elemen Nilai Agama dan Budi Pekerti Jenjang PAUD berbasis Kurikulum Merdeka terbaru.

Semoga bermanfaat
Salam.

Lanjut Baca:

Modul Capaian Pengembangan Pembelajaran PAUD Kurikulum Merdeka PDF

Modul Capaian Pembelajaran Elemen Jati Diri Jenjang PAUD Kurikum Merdeka PDF

Modul Belajar dan Bermain Berbasis Buku Jenjang PAUD Kurikulum Merdeka PDF

Modul Capaian Dasar-Dasar Literasi dan STEAM Jenjang PAUD Kurikulum Merdeka PDF

Modul Capaian Nilai-Nilai Agama dan Budi Pekerti Jenjang PAUD Kurikulum Merdeka PDF

Modul Projek Penguatan Profil Pancasila Jenjang PAUD Kurikulum Merdeka PDF

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Download Modul PAUD Tentang Nilai Agama dan Budi Pekerti Kurikulum Merdeka"

Promo Cashback & Voucher Shopee