Widget HTML #1

Download LK KB 4 Modul Al-Qur'an dan Hadis Materi Kedudukan dan Fungsinya Terhadap Al-Qur'an

 Hai Sobat PPG PAI yang berbahagia, berikut GuruPenyemangat.com sajikan contoh lembar kerja yang berisikan resume tugas pada bagian modul KB 4 Modul Al-Qur'an dan Hadis Materi Kedudukan dan Fungsinya Terhadap Al-Qur'an.

LK berikut dilengkapi dengan denah atau peta konsep yang bisa Sobat jadikan referensi untuk memenuhi tugas pendalaman materi PPG PAI baik prajabatan maupun dalam jabatan.

LK Resume Modul Modul Al-Qur'an dan Hadis KB 4
LK Resume Modul Modul Al-Qur'an dan Hadis KB 4. Designed by GuruPenyemangat.com

PENDALAMAN MATERI
(Lembar Kerja Resume Modul)

NAMA MAHASISWA : 

KELAS      : 

LPTK            : 

DOSEN PENGAMPU : 

A.   Judul Modul    : AL-QUR’AN DAN HADIS 

B.   Kegiatan Belajar : KEDUDUKAN HADIS DAN FUNGSINYA   TERHADAP AL-QU’RAN (KB 4) 

C.   Refleksi

1 Konsep (Beberapa istilah dan definisi) di KB

URGENSI KEBERADAAN HADIS 

   Secara umum hadis (sunnah) merupakan penjelas 

(bayân) terhadap makna Al-Qur’an yang umum, global dan mutlak. 

   Al-Qur’an menyebutkan dalam banyak ayat terkait kewajiban untuk memercayai dan menerima segala yang disampaikan oleh Rasul kepada umatnya untuk dijadikan pedoman hidup. Perintah ini ditunjukkan dalam QS. Ali ‘Imran (3): 23 dan 179, QS. Al-Nisa (4): 59 dan 136, QS. Al-Maidah (5): 92, QS. Al-Nur (24): 54, QS. Al-Hasyr (59): 7 dan banyak lagi yang lainnya. 

   hadis sendiri dalam beberapa riwayat secara tersurat menegaskan pentingnya hadis dalam kehidupan. 

   ijmak ulama bahwa hadis ditetapkan sebagai sumber hukum kedua dalam syariat Islam. Beberapa peristiwa yang menjadi argumentasi hal tersebut di antaranya saat Umar Ibn Khattab yang menegaskan kepada hajar aswad bahwa keberadaannya hanyalah batu yang secara logika tidak layak untuk dimuliakan. Tetapi karena Rasul mengecupnya, maka ia mengikuti sunnah. 

   nalar logis akal menunjukkan kebutuhan manusia terhadap hadis. Al-Qur’an sebagai sumber hukum yang global membutuhkan seperangkat penjelas dan perinci agar pesannya sampai kepada komunikan (manusia). 

RAGAM FUNGSI HADIS BESERTA CONTOHNYA 

   Bayan Taqrir. Posisi hadis sebagai penguat 

(taqrir/ta’kid) keterangan Al-Qur’an. Ia memantapkan dan mengokohkan apa yang telah ditetapkan dalam 

Al-Qur’an, sehingga maknanya semakin terang benderang. 

   Bayan tafsir yaitu hadis berfungsi sebagai penjelas terhadap Al-Qur’an. Fungsi inilah yang terbanyak pada umumnya dilakukan hadis terhadap AlQur’an. Bayan tafsir ini terdiri dari tiga macam, yaitu sebagai berikut: 

   Tafshil al-Mujmal Hadis memberi penjelasan secara terperinci pada ayat-ayat Al-Qur’an yang masih global, baik menyangkut masalah ibadah maupun hukum. Sebagian ulama menyebutnya bayan tafshil atau bayan tafsir. 

   Takhshish al-`Amm Pada fungsi ini, hadis mengkhususkan (mengecualikan) ayat-ayat Al-Qur’an yang bersifat umum. Sebagian ulama menyebut fungsi ini dengan bayan takhshish. 

   Taqyid al-Muthlaq Maksud dari taqyid al-Muthlaq adalah hadis berfungsi membatasi kemutlakan ayatayat Al-Qur’an. Al-Qur’an pada sebagian ayatnya menunjukkan ketentuan yang bersifat mutlak. Pada kondisi ini, hadis setema yang spesifik berperan membatasinya, sehingga sebagian ulama menyebut fungsi ini dengan bayân taqyîd. 

   Bayan Tasyri’ Yang dimaksud bayan tasyri‘ yaitu hadis berfungsi menciptakan hukum syariat yang belum dijelaskan oleh Al-Qur’an atau dalam Al-Qur’an hanya terdapat pokok-pokoknya saja. ‘Abbas Mutawalli 

Hamadah menyebut fungsi ini dengan “za’id ‘ala kitab al-karim”. 

   Bayan Nasakh Hadis pada fungsi adalah membatalkan atau menghapus ketentuan yang terdapat dalam Al-

Qur’an. Para ulama berbeda pendapat. Di antara mereka ada yang mengakui fungsi ini dan ada juga yang menolaknya. Berada pada barisan pertama adalah golongan Mu’tazilah, Hanafiyah dan mazhab Ibn Hazm al-Zahiri. Sementara yang tergolong pada barisan kedua adalah Imam al-Syafi’i dan sebagian besar pengikutnya, kelompok Khawarij dan mayoritas mazhab Zahiriyyah. 

2 Daftar materi pada KB yang sulit dipahami

 Hadis tentang hukum syuf’ah, hukum merajam wanita pezina yang masih perawan, haramnya menikahi dua wanita bersaudara (antara isteri dengan bibinya) dan hukum tentang hak waris bagi seorang anak 

 Sebenarnya, para ulama berbeda pendapat tentang fungsi hadis sebagai dalil pada sesuatu hal yang tidak disebutkan dalam Al-Qur’an. Mayoritas mereka berpendapat bahwa hadis berdiri sendiri sebagai dalil hukum. Sementara yang lain berpendapat bahwa hadis menetapkan dalil yang terkandung atau tersirat secara implisit dalam teks Al-Qur’an. 

 Hadis berfungsi membatasi kemutlakan ayat-ayat AlQur’an. Al-Qur’an pada sebagian ayatnya menunjukkan ketentuan yang bersifat mutlak. Pada kondisi ini, hadis setema yang spesifik berperan membatasinya, sehingga sebagian ulama menyebut fungsi ini dengan bayân taqyîd. 

3 Daftar materi yang sering mengalami miskonsepsi dalam pembelajaran

Akhir-akhir ini terutama di media televisi maupun digital mulai marak muncul para aktivis yang mencoba membenturkan antara dalil Qu’ran yang kemudian membingungkan orang awam. Contohnya seperti pernyataan bahwa tidak ada detail waktu sholat fardhu di Al-Qur’an secara spesifik. Hal ini pernah diungkapkan oleh Rocky Gerung, praktisi yang fokus di bidang filsafat. Pernyataan tersebut tentu merupakan salah satu miskonsepsi dalam pembelajaran, terutama dari materi Bayan tafsir, karena ada sumber hukum kedua dalam islam yaitu hadis yang di sini berperan sebagai penjelas ayat-ayat al-Qur’an.

Download LK KB 4 Modul Al-Qur'an dan Hadis Materi Kedudukan dan Fungsinya Terhadap Al-Qur'an Format .doc (Word)

Berikut disajikan link unduhan tugas pendalaman materi dengan format .doc. Silakan klik tombol download lalu tunggu beberapa saat:

LK KB 4 Qurdis 20kb

Semoga bermanfaat
Salam.

Lanjut Baca:

👉Download Resume LK KB 1 Modul Al-Qur'an dan Hadis

👉Download Resume LK KB 2 Modul Al-Qur'an dan Hadis

👉Download Resume LK KB 3 Modul Al-Qur'an dan Hadis

👉Download Resume LK KB 4 Modul Al-Qur'an dan Hadis

👉Contoh Analisis Kriteria Keshahihan Hadis

👉Tugas Analisa Bahan Ajar Jurnal Tafsir, Takwil, Terjemah dan Ruang Lingkup Pembahasannya

👉Contoh Tugas Analisa Bahan Ajar Materi Metodologi Tafsir Lengkap

👉Tugas Analisa Bahan Ajar Materi Kriteria Keshahihan Hadis Menurut Al-Khatib Al-Baghdadi

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Guru Profesional, Guru Penggerak, Blogger, Public Speaker, Motivator & Juragan Emas.

Posting Komentar untuk "Download LK KB 4 Modul Al-Qur'an dan Hadis Materi Kedudukan dan Fungsinya Terhadap Al-Qur'an"