Widget HTML #1

Begini Cara Membuat Piagam Penghargaan di Canva dengan Jumlah Banyak Sekaligus

Begini Cara Membuat Piagam Penghargaan di Canva dengan Jumlah Banyak Sekaligus
Begini Cara Membuat Piagam Penghargaan di Canva dengan Jumlah Banyak Sekaligus. Designed by GuruPenyemangat.com

Hai Sobat Guru Penyemangat, apakah Sobat pernah ingin membuat piagam atau sertifikat penghargaan dalam jumlah banyak sekaligus?

Ya, rata-rata piagam penghargaan itu memiliki desain yang sama. Yang berbeda hanyalah nama pemenang, kelas, atau pun alamat.

Sekarang, dengan menggunakan platform Canva kita juga bisa membuat sertifikat dengan jumlah halaman banyak sekaligus sesuai dengan kebutuhan dan kehendak Sobat.

Apakah gratis? Tentu saja.

Berikut GuruPenyemangat.com sajikan langkah-langkah membuat piagam atau sertifikat penghargaan di Canva dalam jumlah banyak.

Mari disimak ya:

Cara Membuat Piagam Penghargaan Di Canva

Sebelum ingin membuat banyak sertifikat dengan nama-nama yang berbeda, Sobat bisa terlebih dahulu membuat desain awal sertifikat di Cana dengan nama kosong. Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka Canva.com

Langkah pertama, Sobat silakan aktifkan Wi-Fi atau data seluler lalu kemudian akseslah situs Canva.com melalui Google, atau Sobat bisa pula membuka aplikasi Canva yang sebelumnya sudah diunduh via Android. Namun agar pekerjaan lebih cepat, mudah, dan efisien, aku sarankan Sobat menggunakan laptop, notebook atau PC saja.

2. Buat Desain dengan Ukuran Kertas yang Diinginkan

Langkah kedua, silakan Sobat klik opsi buat desain yang ada di pojok kanan atas seperti gambar berikut:

Menu Buat Desain di Canva. Screenshot by GuruPenyemangat.com

Setelah klik "Buat Desain", nanti akan ada pilihan ukuran desain, salah satunya ialah "Dokumen A4" yang biasanya banyak digunakan oleh orang-orang pada umumnya. Meski begitu, ukuran dokumen A4 yang ada di Canva awalnya adalah opsi "Potrait" alias tegak.

Jika Sobat ingin membuat sertifikat penghargaan dengan mode "Landscape" alias persegi panjang, maka Sobat klik ukuran khusus, lalu masukkan ukuran "A4" 297x210 mm, kemudian klik "Buat Desain Baru" seperti gambar berikut:

Ukuran dokumen atau kertas A4 di Canva
Ukuran dokumen atau kertas A4 di Canva. Screenshot by GuruPenyemangat.com

3. Memulai Desain Piagam dan Lakukan Kostumisasi

Setelah mengklik "Buat Desain Baru", Sobat akan melihat layar kertas kosong dengan ukuran kertas A4 landscape maupun potrait sesuai dengan pilihan ukuran yang Sobat sudah pilih. Langkah selanjutnya ialah memulai desain sertifikat sesuai dengan kebutuhan.

Langkah tercepat, Sobat bisa memanfaatkan contoh template desain piagam yang fiturnya ada di sebelah kiri layar desain. Silakan masukkan kata kunci sertifikat atau piagam, lalu pilih desain yang cocok dengan kebutuhan Sobat seperti gambar berikut:

Memulai Membuat Desain Piagam dengan Memanfaatkan Fitur template atau desain yang ada di Canva.
Memulai Membuat Desain Piagam dengan Memanfaatkan Fitur template atau desain yang ada di Canva. Screenshot by GuruPenyemangat.com

Untuk memasukkan logo atau gambar pada sertifikat, Sobat bisa memanfaatkan fitur Unggahan yang ada di pojok kiri atas pada daftar menu seperti gambar berikut:

Memanfaatkan Fitur Unggahan untuk Upload Logo Sertifikat
Memanfaatkan Fitur Unggahan untuk Upload Logo Sertifikat. Screenshot by GuruPenyemangat.com

Jika ingin membuat sertifikat dalam jumlah yang banyak, Sobat tidak perlu menduplikasi halaman piagam melainkan bisa memanfaatkan fitur "Buat Banyak".

Begini Cara Membuat Sertifikat di Canva dalam Jumlah Banyak Sekaligus

1. Pilih Fitur Buat Banyak

Setelah Sobat selesai mendesain piagam di Canva, silakan cari fitur "Buat Banyak" yang ada di pojok kiri bawah tools menu Canva seperti gambar berikut:

Fitur Buat Banyak yang ada di pojok kiri paling bawah. Screenshot by GuruPenyemangat.com

Jika "Buat Banyak" tidak muncul, maka silakan Sobat klik fitur Aplikasi kemudian pada kolom pencarian, masukkan kata kunci Buat Banyak.

2. Memasukkan Data Nama-nama di Piagam

Langkah selanjutnya, Sobat akan menemui tampilan laman Canva seperti berikut:

Memasukkan Data Nama-nama di Piagam
Memasukkan Data Nama-nama di Piagam. Screeshot by GuruPenyemangat.com

Nah apa yang sekarang bisa kita pilih? Ada dua ospi untuk memasukkan nama-nama peserta atau pemenang di sertifikat penghargaan. Kita bisa memasukkan data secara manual, atau kita pula bisa mengetik datanya terlebih dahulu di Microsoft Excel kemudian mengunggahnya ke Canva.

Memasukkan Data Secara Manual

Tersedia Kolom di Canva untuk Memasukkan Data Secara Manual
Tersedia Kolom di Canva untuk Memasukkan Data Secara Manual. Screenshot by GuruPenyemangat.com

Sobat bisa memasukkan data pada satu kolom saja di kolom nama. Sobat bisa memasukkan nama beserta gelar. Jika ingin ada 2 kolom, maka Sobat bisa memasukkan kolom nama sekolah atau nama instansi seperti gambar berikut:

Membuat Daftar Nama untuk Sertifikat Sekaligus. Screenshot by GuruPenyemangat.com

Pada tampilan awal, ada 20 kolom yang tersedia di Canva, namun jika Sobat ingin menambah kolom, cukup klik kolom terakhir, lalu tekan tombol arah panah bawah. Dengan begitu, maka secara otomatis kolomnya akan bertambah.

Boleh Baca: Cara Membuat Spanduk Penerimaan Peserta Didik Baru di Canva

Memasukkan Data Melalui Unggah CSV

Langkah kedua ini tidak berbeda jauh dengan langkah pertama, namun kita membuatnya di Microsoft Excel. Cara ini bisa menjadi lebih mudah dan sangat membantu bila Sobat sebelumnya sudah punya data yang tersimpan dalam file.

Caranya, Sobat cukup membuka dokumen Excel, kemudian membuat tabel daftar nama-nama peserta yang akan dimasukkan ke dalam sertifikat, kemudian save dengan format CSV seperti gambar berikut:

Membuat Daftar Nama Sertifikat di Excel dan Save Format CSV
Membuat Daftar Nama Sertifikat di Excel dan Save Format CSV. Screenshot by GuruPenyemangat.com

Setelah data selesai disimpan dalam format CSV, maka Sobat bisa kembali ke laman Canva. Pada opsi "Buat Banyak" tadi, silakan pilih menu Unggah CSV, lalu unggah dokumen nama-nama yang tadi sudah diketik. Kemudian akan muncul tampilan seperti ini:

Tampilan dokumen CSV di Canva Setelah Diunggah
Tampilan dokumen CSV di Canva Setelah Diunggah. Screenshot by GuruPenyemangat.com

3. Klik Kanan di Elemen yang Ingin Diganti dengan Nama-Nama Peserta

Setelah data selesai dibuat atau diunggah, langkah selanjutnya ialah Sobat klik kanan pada elemen "Nama" sebagai tempat nama-nama peserta di sertifikat penghargaan.

4. Hubungan Data

Langkah selanjutnya, silakan Sobat pilih opsi hubungkan data, lalu klik "daftar nama" yang sudah Sobat buat seperti gambar berikut:

Menghubungkan Data di Canva untuk Membuat Sertifikat dalam Jumlah Banyak Sekaligus
Menghubungkan Data di Canva untuk Membuat Sertifikat dalam Jumlah Banyak Sekaligus. Screenshot by GuruPenyemangat.com

Setelah melakukan klik pada data tadi, maka secara otomatis akan muncul tab baru yang berisi salinan piagam penghargaan dengan jumlah halaman sesuai dengan jumlah peserta yang Sobat input.

Boleh Baca: Begini Cara Mempercepat dan Memperlambat Video di Canva

4. Unduh Sertifikat

Setelah step by step dilakukan, silakan Sobat periksa kembali sertifikatnya entah ada kesalahan penulisan nama, gelar atau semisalnya. Atau, Sobat pula bisa menambahkan QR Qode pada setiap sertifikat dengan menyisipkan tautan atau pun kode unik. Caranya bisa disimak pada link berikut: Begini Cara Membuat QR Code Sendiri di Canva Agar Desainmu Lebih Elegan

Jika sudah dirasa sesuai dan cocok, silakan klik opsi "Bagikan" yang ada di pojok kanan atas layar Canva, kemudian pilih unduh. Silakan unduh dalam format PDF supaya desain piagam atau sertfikat penghargaan bisa dicetak per halaman.

***

Demikianlah segenap sajian GuruPenyemangat.com tentang cara membuat piagam penghargaan atau sertifikat di Canva dengan jumlah banyak sekaligus yang dapat memudahkan aktivitas Sobat.

Berikut pula sudah disediakan tutorial videonya:

***

Semoga bermanfaat
Salam.

Lanjut Baca: Begini Cara Presentasi Slide Canva Menggunakan HP Sebagai Remote-nya, Keren Abis!

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Guru Profesional, Guru Penggerak, Blogger, Public Speaker, Motivator & Juragan Emas.

Posting Komentar untuk "Begini Cara Membuat Piagam Penghargaan di Canva dengan Jumlah Banyak Sekaligus"