Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Begini Cara Presentasi Slide Canva Menggunakan Remote Handphone

Hai Sobat, apakah Sobat Guru Penyemangat adalah seorang pembicara yang sering melakukan presentasi menggunakan pointer alias remote presentasi?

Tidak hanya seorang speaker seperti guru, dosen, hingga pejabat publik, para siswa maupun mahasiswa di era sekarang pun sudah cukup sering melakukan presentasi.

Namun sebagai pengalaman khususnya dari pribadi Guru Penyemangat, saat presentasi memang sebaiknya kita menggeser atau memindahkan slide presentasi sendiri supaya nanti lebih mudah untuk memanajemen waktu berbicara serta juga tidak merepotkan orang lain.

Maka dari itulah aku juga sampai membeli remote alias pointer presentasi yang dicolokkan di laptop.

Hanya saja terkadang kita bisa jadi terlupa untuk membawa pointer, dan tidak menutup kemungkinan bahwa gara-gara kelupaan membawa remote presentasi beberapa dari kita merasa kurang pede dan nyaman saat menyampaikan materi.

Cara Presentasi Slide Canva Menggunakan Remote Handphone
Cara Presentasi Slide Canva Menggunakan Remote Handphone. Dok. GuruPenyemangat.com

Tapi sekarang, Sobat bisa berbahagia karena kita bisa menjadikan Smartphone sebagai remote presentasi secara instan.

Apa benar bisa? Tentu saja.

Berikut disajikan langkah-langkah melakukan presentasi slide Canva dengan menjadikan handphone sebagai remote-nya.

Mari disimak ya:

Cara Menjadikan Handphone sebagai Remote Presentasi Canva

Jujur ya Sobat, kalau kita sedang melakukan presentasi tanpa memegang mikrofon atau pun pointer rasanya ada yang kurang, atau bahkan malah merasa kurang percaya diri.

Kalo aku pribadi, rasa-rasanya perlu ada yang dipegang, entah itu pena, pensil, segumpal kertas, hingga semisalnya.

Beruntungnya, sekarang saat melakukan presentasi slide Canva secara online, ternyata kita juga bisa menjadikan Handphone sebagai remote alias pengendali jarak jauh.

Hal ini sangat efektif dan mudah untuk dilakukan, yang penting Sobat memiliki kuota internet dan akses internet yang memadai.

Nah berikut langkah-langkah melakukan presentasi slide Canva dengan menggunakan handphone sebagai remote kontrolnya:

1. Buka Canva.com via Laptop

Hal pertama yang kita lakukan ialah membuka situs Canva melalui laptop. Apa tidak bisa menggunakan handphone saja? Bisa sih, tapi jikalau demikian artinya kita perlu menyiapkan dua handphone.

Di sini Guru Penyemangat menyarankan menggunakan laptop karena biasanya laptop yang kita hubungkan ke infokus alias LCD proyektor untuk menampilkan slide presentasi, sedangkan Smarthphone Sobat akan bertindak sebagai remote alias pengendali jarak jauh.

2. Pilih Slide Presentasi yang Ingin Ditampilkan

Setelah mengakses Canva melalui laptop atau notebook, sekarang saatnya Sobat memilih slide presentasi yang ingin ditampilkan.

Caranya yaitu; pada halaman dashboard Canva, Sobat tinggal scroll ke bawah sedikit, karena tampilan desain slide terbaru ada di halaman muka.

Jikalau belum ditemukan, Sobat bisa memilih menu proyek yang ada di sebelah kiri Canva, atau bisa pula memanfaatkan fitur pencarian yang ada di halaman depan Canva.

Andaikan desainnya belum ada, Sobat bisa membuat presentasi terlebih dahulu di Canva.

Lalu, bagaimana bila kita sudah punya slide presentasi yang telah dibuat di PowerPoint? 

Sobat bisa mengunggah slide PowerPoint ke Canva secara instan. Caranya, Sobat tinggal menyeret file presentasi, lalu menaruhnya di halaman depan Canva. Tunggu beberapa saat, nanti slide presentasi akan secara otomatis terunggah.

Boleh Baca: Begini Cara Menyimpan Slide Presentasi Canva sebagai PPT

3. Pilih Opsi Tampilkan

Saat slide sudah siap untuk dipresentasikan, Sobat langsung saja klik opsi “Tampilkan” yang ada di pojok kanan atas, tepatnya di samping tulisan “Bagikan”.

Nantinya akan ada 4 jenis tampilan presentasi mulai dari Tampilkan Layar Penuh, Tampilan Presenter, Tampilkan dan Rekam, serta Putar Otomatis. Sobat pilih saja opsi “Tampilkan Layar Penuh”, lalu klik lagi tombol “Tampilkan” pada bagian kanan bawah layar.

4. Pilih Opsi “Bagikan Kendali Jarak Jauh”

Setelah slide presentasi ditampilkan dengan layar penuh, arahkan kursor Sobat ke pojok kanan bawah, kemudian klik tanda titik tiga “---” dan setelah itu pilih opsi “Bagikan Kendali Jarak Jauh”.


Setelah diklik, silakan Sobat klik “Salin Tautan” kemudian bisa di-paste di Handphone. Nah, agar lebih cepat, Sobat bisa membuka situs WhatsApp Web agar link-nya bisa langsung dikirim via WA.

Boleh Baca: Cara Membuat MicroBlog di Canva

5. Buka Link Presentasi via Handphone

Tautan sudah didapat, sekarang Sobat bisa langsung menggunakan handphone sebagai remote kontrolnya. Saat link dibuka, tampilan HP Sobat akan ada tombol arah ke kiri dan ke kanan, lalu ada pula tombol pintasan ajaib yang berisi emotion menarik. Tampilannya seperti ini:

Fitur Pengendali Jarak Jauh Canva diakses via Handphone
Fitur Pengendali Jarak Jauh Canva diakses via Handphone. Dok. GuruPenyemangat.com

O ya, remote bisa digunakan saat ada notifikasi lampu hijau di handphone dengan tulisan “tersambung”, yang artinya tampilan layar laptop tetap harus dalam mode presentasi layar penuh.

Saat Sobat melakukan minimize presentasi atau membuka Tab baru maka remote akan terjeda dan akan berfungsi kembali ketika mode presentasi Canva dinyalakan di laptop.

Jika Sobat masih bingung, silakan simak tutorialnya via YouTube berikut:

***

Boleh Baca: Cara Membuat Bilangan Pangkat dan Rumus di Canva

Nah itulah tadi seutas sajian Guru Penyemangat mengenai langkah-langkah melakukan presentasi slide Canva dengan menjadikan Handphone sebagai pointer alias remote-nya.

Kelebihannya ialah, Sobat bisa menggunakan remote dari jarak sejauh apa pun, soalnya pointer ini memakai sinyal internet, bukan inframerah atau Bluetooth.

Demikianlah sajian Guru Penyemangat kali ini, semoga bermanfaat ya.

Salam.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk " Begini Cara Presentasi Slide Canva Menggunakan Remote Handphone"

Promo Cashback & Voucher Shopee