Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat QR Code Sendiri di Canva Agar Desain Grafismu Lebih Elegan

Hai, Sobat Guru Penyemangat. Sudah akrab dengan QR Code hari ini? Kita bisa membuatnya di Canva juga lho!

Di era digital seperti saat sekarang ini, QR Code bisa menjadi salah satu sarana untuk membuat urusan bisnis dan pekerjaan menjadi lebih mudah, tampil menawan serta elegan.

QR Code adalah singkatan dari Quick Respon Code atau biasa dikenal dengan istilah barcode. Bentuknya berupa kotak kecil dengan garis putus-putus tak beraturan yang berisi informasi penting.

Cara Membuat QR Code di Canva
Cara Membuat QR Code di Canva. Dok. GuruPenyemangat.com

Bila Sobat sering berkecimpung di bidang promosi di media cetak maupun digital, maka rasanya penting bagi Sobat untuk memiliki kode QR.

Berikut ada cara membuat QR Code sendiri di Canva untuk menyisipkan link Google Maps, Google Form, dan keperluan bisnis lainnya.

Mari disimak ya:

Langkah-langkah Membuat QR Code di Canva Secara Online

Melalui Canva kita bisa menyisipkan QR Code di setiap desain grafis apa pun dengan mudah. Dan yang terpenting adalah Sobat bisa mengunduhnya secara gratis.

Berikut cara membuat QR Code di Canva:

1. Buka Canva.com

Langkah pertama, silakan Sobat buka situs Canva.com pada PC atau buka aplikasi Canva yang ada di Smartphone.

Ketika sudah tampil halaman Canva, sebaiknya Sobat langsung melakukan login agar desain bisa tersimpan otomatis dan proses download menjadi lebih cepat.

2. Pilih Template Sesuai Kebutuhan

Langkah kedua, Sobat langsung saja memilih template di Canva sesuai keinginan dan kebutuhan desain. Apakah itu template untuk instagram, postingan Facebook, atau undangan, kita bisa memilihnya dengan memasukkan kata kunci di laman pencarian template.

3. Buka Fitur QR Code

Setelah halaman Canva sukses dimuat, silakan Sobat periksa fitur Canva yang terpampang di sebelah kiri layar PC atau di sebelah bawah layar Android. Carilah fitur QR Code.

Fitur QR Code pada Laman Canva
Fitur QR Code pada Laman Canva. Screenshot by GuruPenyemangat.com

Jika belum ketemu, maka pilihlah opsi “lainnya”, dan jika ingin lebih cepat maka Sobat tinggal mengetik keyword “QR Code” pada kolom pencarian aplikasi Canva.

4. Masukan URL yang Ingin Dibuat Barcode

Langkah selanjutnya yaitu Sobat langsung saja memasukkan link informasi untuk dijadikan kode QR, kemudian klik Buat Kode.

Membuat QR Code Sendiri di Canva
Membuat QR Code Sendiri di Canva. Dok. GuruPenyemangat

Link-nya bisa diisi alamat Google Maps untuk mempercantik undangan pernikahan, tautan Google Form, tautan API WhatsApp, alamat media sosial, website, dan sebagainya.

5. Desain QR Code Agar Lebih Elegan

Agar lebih cantik dan menawan, Sobat bisa mengedit kode QR sesuka hati dan sesuai kebutuhan. Di Canva kita bisa membuat beberapa kode QR dalam satu desain, bisa mewarnainya, dan menaruh elemen-elemen lain untuk menarik perhatian audien.

6. Unduh atau Bagikan QR Code

Setelah desain selesai dibuat, Sobat bisa membagikan QR Code dalam bentuk link Canva atau bisa juga men-download-nya untuk kemudian dicetak.

Adapun cara men-download QR Code di Canva yaitu Sobat langsung saja klik menu “Bagikan”, lalu carilah pilih fitur “Unduh”. Tersedia format PDF, JPG, dan PNG yang mudah untuk di-print.

***

Nah, bagaimana dengan tutorial di atas, rasanya cukup mudah, kan?

Jika Sobat masih cukup bingung dengan langkah-langkah di atas, silakan simak video tutorial membuat QR Code di Canva yang sudah Guru Penyemangat siapkan:

Boleh Baca: Cara Mendapatkan Akun Canva Pro tapi Gratis!

Cara Scan QR Code Tanpa Aplikasi, Sukses dalam Hitungan Detik

Cara Scan QR Code Tanpa Aplikasi
Cara Scan QR Code Tanpa Aplikasi. Dok. GuruPenyemangat.com

Setelah tadi Sobat Guru Penyemangat berhasil membuat kode QR, maka sekarang kita bisa menguji apakah kode tersebut sukses atau malah gagal.

Apakah melakukan Scan QR Code butuh aplikasi? Sebenarnya tidak perlu, karena sekarang browser seperti Google Chrome sudah menyediakan fitur Google Lens untuk melakukan scan QR atau scan barcode secara cepat bahkan dalam hitungan detik.

Boleh Baca: Cara Bikin Mind Map di Canva dengan Template Aesthetic

Bagaimana caranya?

Nah, begini langkah-langkah scan QR Code tanpa aplikasi dalam hitungan detik:

1. Buka Browser Google Chrome

Langkah pertama yang Sobat lakukan ialah silakan buka browser Chrome yang ada di Smartphone Sobat.

2. Klik Icon Camera pada Laman Pencarian Chrome

Langkah kedua, Sobat silakan klik icon atau gambar kamera yang posisinya berada di sebelah icon rekam audio sebagaimana yang tersaji pada gambar berikut:

Sobat akan langsung diarahkan menuju laman Google Lens. Jika muncul notifikasi izinkan akses gambar, video, atau audio dari Chrome, silakan Sobat setujui terlebih dahulu.

*perhatian: Jika belum ada icon kamera di browser Chrome Sobat, silakan lakukan update terlebih dahulu melalui Google Playstore

3. Scan QR Code yang Diinginkan

Ketika kamera handphone sudah aktif, silakan Sobat arahkan posisi kamera menuju QS Code atau barcode yang ingin di-scan.

Harap diperhatikan bahwa diperlukan sinyal internet yang cukup stabil. Jika scan berhasil, maka akan muncul URL yang disisipkan pada QR Code tersebut dan Sobat Guru Penyemangat cukup menekan tombol Shutter alias gambar barcode.

Scan Barcode Tanpa Aplikasi
Scan Barcode Tanpa Aplikasi. Dok. GuruPenyemangat.com

Berhasil! Sobat akan diarahkan ke tautan atau link yang ada di QR Code tersebut.

Nah, bila bingung dengan langkah-langkah berikut, silakan tonton video tutorial scan QR Code tanpa aplikasi yang sudah Guru Penyemangat siapkan.

Boleh Baca: Kenapa Video di Canva Download-nya Lama? Begini Solusinya

***

Demikianlah tadi rangkaian sajian Guru Penyemangat tentang cara mudah untuk membuat QR Code sendiri menggunakan aplikasi Canva yang lengkap dengan cara scan barcode.

Mudah-mudahan bermanfaat ya
Salam.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat QR Code Sendiri di Canva Agar Desain Grafismu Lebih Elegan"