Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Begini Cara Mempercepat Video di Canva dengan Mudah, Bisa Diperlambat Juga

Hai Sobat Guru Penyemangat, apakah saat ini Sobat sedang bingung tentang bagaimana caranya mempercepat video di Canva?

Ya, baru-baru ini tepatnya ketika artikel ini ditulis, Canva kembali meng-upgrade fitur edit video. Sekarang pada opsi edit video kita bisa menemukan fitur penghapus latar belakang video, efek filter, fitur penyesuaian video, fitur pemotong durasi video, hingga fitur untuk menambah kecepatan pemutaran video.

Cara Mempercepat Video di Canva
Cara Mempercepat Video di Canva. Dok. GuruPenyemangat.com

Nah pada postingan kali ini GuruPenyemangat.com bakal menyajikan langkah-langkah mempercepat dan memperlambat video di Canva dengan mudah.

Mari disimak ya:

Cara Mempercepat Video di Canva

Selain mengatur durasi pemutaran dengan sistem pangkas, sekarang di Canva kita pula bisa mempercepat video dengan mudah.

Nah berikut langkah-langkah yang bisa Sobat tempuh:

1. Buka Canva.com

Langkah pertama, silakan Sobat akses Canva.com melalui laptop dan jika menggunakan Smartphone silakan buka aplikasi Canva yang sebelumnya sudah diunduh dari Google Playstore.

O ya, jikalau app Canva di HP sudah lama belum di-update sebaiknya Sobat perbaharui terlebih dahulu karena fitur mempercepat video di Canva adalah fitur yang belum lama dirilis.

2. Pilih Desain Video

Laman Canva sudah terbuka, sekarang saatnya Sobat memilih desain video yang ingin digunakan. Sobat bisa memilih beberapa opsi desain video mulai dari ukuran lanscape 1920x1080, portrait, video untuk media sosial, reels instagram, dan sebagainya.

Silakan sesuaikan desain video sesuai dengan keinginan Sobat. Selain itu, perlu diketahui bahwa semakin besar rasio video maka akan semakin besar ukuran dan semakin lama proses download-nya.

3. Pilih atau Unggah Video

Langkah berikutnya, Sobat bisa memilih rekomendasi video yang ada di Canva. Di sebelah kiri dashboard Canva ada fitur video yang berisikan ragam pilihan video dengan berbagai tema. Sobat bisa memilih video yang disukai dengan mengetik kata kunci.

Selain itu ada pula fitur unggah video. Hal ini jikalau Sobat ingin mengedit dan melakukan kostumisasi terhadap video hasil buatan sendiri, entah itu untuk keperluan konten maupun tugas pembelajaran.

4. Pilih Fitur Pemutaran

Saat video sudah berhasil diunggah atau dipilih, sekarang Sobat klik terlebih dahulu video yang ada di halaman desain kemudian pilih opsi “Pemutaran” yang ada di pojok tengah atas desain (jika menggunakan laptop) atau pada tengah bawah (jika menggunakan HP).

5. Atur Kecepatan Video Sesuai Keinginan

Ketika fitur pemutaran sudah dipilih, maka Sobat akan dihadapkan dengan fitur kecepatan video x mulai dari kecepatan 0.25 hingga 2. Silakan Sobat sesuaikan saja dengan kebutuhan.

6. Bagikan atau Unduh Video

Setelah kecepatan video berhasil diubah, Sobat bisa mempercantik desain video dengan menambahkan audio, tulisan, elemen, grafik, hingga icon-icon menarik lainnya.

Jikalau desain dianggap sudah selesai, Sobat bisa membagikan video dalam bentuk tautan hanya lihat, tautan bisa edit, atau tautan bisa komentar dengan memilih opsi “Bagikan” kemudian menyalin link video tersebut.

Selain itu, Sobat pula bisa mengunduh alias men-download video dalam format MP4 dengan cara klik tombol “Bagikan” kemudian pilih unduh dengan format MP4.

Saat mengunduh video, perlu diperhatikan bahwa sebaiknya Sobat tidak meninggalkan halaman desain, tidak berpindah ke tab baru, dan tidak pula me-minimize halaman desain.

Hal ini dilakukan supaya proses download video di Canva bisa berjalan lebih cepat. O ya, pastikan pula sinyal internetnya stabil.

Boleh Baca: Cara Memasukkan Video YouTube di Canva, Tidak Perlu Download

Untuk tutorial lebih jelas, Sobat bisa menonton video berikut ya:

Pertanyaan yang sering muncul:

Apakah fitur penambah kecepatan video di Canva bisa dinikmati oleh pengguna akun Canva gratisan?

Jawaban:

Bisa, karena fitur ini tidak ada logo mahkota yang berarti bukan fitur premium.

Kenapa fitur penambah kecepatan video di Canva tidak ada di app Canva Smartphone saya?

Jawaban:

Sobat perlu memperbaharui aplikasi Canva melalui Google Playstore.

Video di Canva bisa dipercepat, apakah bisa diperlambat pula?

Jawaban:

Bisa. Video di Canva bisa dipercepat hingga 2x lipat. Jika Sobat ingin memperlambat video, silakan ubah angka rasio kecepatan menjadi 0.25, 0.5 atau 0.75.

***

Boleh Baca: Ketinggalan Remote Presentasi? Begini Cara Menjadikan HP sebagai Remote Presentasi Slide Canva

Demikianlah seutas sajian GuruPenyemangat.com tentang langkah-langkah mempercepat video di Canva dengan mudah.

Semoga bermanfaat ya
Salam.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Begini Cara Mempercepat Video di Canva dengan Mudah, Bisa Diperlambat Juga"

Promo Cashback & Voucher Shopee