Widget HTML #1

Begini Cara Membuat Pasir Kucing Sendiri yang Mudah dan Murah

Hai Sobat Cat Lovers! Terdapat banyak cara membuat pasir kucing sendiri yang mudah dan murah bisa Sobat coba.

Terlebih Sobat adalah seorang pemelihara kucing dan mau yang terbaik buat anabulnya. Tentu, pasir kucing menjadi salah satu bahan pokok untuk menampung kotoran si kesayangan Sobat.

Hal ini agar kotoran tidak berceceran dimana-mana. Jika kotoran kucing berceceran maka menyebabkan bau dan tentunya membuat lingkungan rumah tidak nyaman lantaran baunya tersebut.

Jalan salah satunya yaitu menggunakan pasir kucing. Sebenarnya, terdapat banyak jenis merk pasir kucing bisa Sobat pilih.

Setiap produk tentu hadir dengan kelebihan serta keunggulan masing-masing. Namun, jika ingin lebih menghemat budget, Sobat bisa membuat pasir kucing buatan sendiri.

Apakah lebih repot membuat pasir sendiri? Mungkin terdengar demikian, namun ini bisa menekan pengeluaran, lho. Sobat hanya membutuhkan beberapa bahan saja lalu tinggal membuat pasir kucingnya. Artikel kali ini memberikan cara membuat pasir kucing dengan langkah mudah saja.

Cara Membuat Pasir Kucing Sendiri yang Mudah dan Murah

Membuat Pasir Kucing Sendiri Mudah dan Murah
Membuat Pasir Kucing SendiriMudah dan Murah. Dok. GuruPenyemangat.com

Sobat bisa menerapkan cara membuat pasir kucing sendiri yang mudah dan murah hanya dengan proses simpel dan tidak membutuhkan banyak waktu. Membuat pasir kucing tentu lebih menghemat budget dan tenaga Sobat sendiri.

Membuat pasir kucing juga lebih berkualitas dan terhindar dari kandungan yang bisa membuat kucing sakit atau hal negatif lainnya. Fungsi dan kegunaan dari pasir kucing adalah sebagai wadah guna menampung segala kotoran kucing supaya tidak berceceran pada saat buang air atau pup.

Sehingga kucing peliharaan sobat terbiasa buang air di tempat atau tempat telah diisi pasir. Bukan hanya itu, kesehatan kucing tetap terpelihara serta kondisi rumah tak memicu aroma dan bau tak sedap kotoran kucing.

Nah, Sobat untuk menghemat budget bisa membuat pasir kucing sendiri. Untuk membuatnya pun cukup mudah dan tidak sulit sobat lakukan. Langsung saja, berikut ini beberapa cara dan langkah simpel hanya membuat pasir kucing yang berkualitas bagus bahan organik:

1. Membuat Organik Kertas Bekas

Membuat pasir kucing bisa menggunakan bahan organik yakni kertas bekas. Jika sobat mempunyai kucing peliharaan dan ingin membuat kucing sendiri yang berkualitas.

Langkahnya mudah hanya membutuhkan waktu cepat. Bahan organik seperti kertas bekas menjadi bahan organik pertama dan paling banyak orang pilih untuk membuat pasir kucing.

Berikut adalah langkah-langkah membuat pasir kucing dengan bahan organik kertas bekas:

  • Tahap pertama, Sobat siapkan kertas bekas.
  • Lalu Sobat bisa potong-potong kertas tersebut dengan ukuran kecil menggunakan gunting.
  • Setelah itu, Sobat masukkan dalam tempat telah disiapkan dan tuangkan air hangat. Pastikan sudah ditambahkan pula sabun cuci piring.
  • Selanjutnya rendam beberapa menit hingga menjadi bubur.
  • Kemudian bahan baku yang sudah menjadi bubur, buang airnya.
  • Lalu isi air bersih dan tambahkan 1 sendok teh soda serta aduk hingga rata.
  • Buang air kembali, lalu peras bubukan kertas tersebut hingga kering.
  • Selanjutnya hancurkan hingga terlihat butiran kecil serta jemur hingga kering.
  • Apabila butiran bubur kertas sudah benar-benar kering, maka siap digunakan sebagai alternatif tempat pasir kucing.

Jika sobat ingin menyetok pasir kucing dari kertas bekas, bahan yang dibutuhkan harus banyak juga. Maka dari itu, pastikan memang tersedia stok kertas yang banyak, ya, Sobat.

2. Serbuk Kayu

Serbuk kayu bisa dijadikan sebagai bahan guna membuat pasir kucing dengan mudah. Bukan hanya itu, Sobat juga bisa mendapatkan serbuk kayu secara gratis dari tempat potong kayu. Bisa juga sobat membeli di tempat petshop terdekat.

Berikut langkah dalam membuat pasir kucing dengan bahan serbuk kayu:

  • Siapkan serbuk kayu sesuai kebutuhan.
  • Selanjutnya saring atau bersihkan dari benda-benda lain, seperti batu kecil, paku, serbuk potongan kaca, rumput, dan sebagainya.
  • Simpan serbuk yang telah dibersihkan ke dalam wadah.
  • Jika ada ukuran serbuk kayu besar, potong samping ukuran kecil.
  • Selanjutnya jemur di tempat terkena sinar matahari.
  • Serbuk kayu telah siap digunakan guna bahan pembuatan pasir kucing.

Membuat Pasir Kucing Alami

Cara membuat pasir kucing yang pertama tadi dengan bahan organik. Lalu kini giliran sobat membuat pasir kucing bahan alami.

Seperti dari pasir gumpal dan dikombinasikan dengan tambahan tanaman wangi sehingga pasir kucing tetap harum. Sobat bisa ambil pasir gumpal tersebut berada di sekitar rumah maupun bisa beli di toko petshop terdekat.

Sebelum membuat pasir kucing, terdapat beberapa hal harus diperhatikan pada bahan pasir dan juga tanaman wangi dijadikan sebagai bahan.

Dimana sobat harus memisahkan pasir dari debu, rumput mati, atau benda lainnya. Usai membersihkan, cuci dengan air bersih hingga tak terlihat ada benda menempel.

Berikut cara membuat pasir kucing alami:

  • Siapakan pasir yang sudah Sobat cuci.
  • Sediakan tanaman wangi.
  • Siapkan wadah untuk tempat penyimpanan pasir kucing.
  • Potong tanaman wangi tersebut dengan ukuran kecil.
  • Masukkan pasir ke dalam tempat dibuat 1 lapisan.
  • Kini selanjutnya bisa menaburi tanaman wangi dengan ukuran 1 lapisan juga.
  • Lakukan hingga tepat benar penuh.
  • Tinggal tutup saja.
  • Diamkan selama 1 hari.
  • Selanjutnya setelah Sobat diamkan 1 hari, maka pasir kucing telah siap digunakan.

Fungsi Pasir Kucing

Pasir kucing berperan penting guna tempat penyimpanan kotoran kucing seperti buang air. Pasir kucing tersebut bisa Sobat bersihkan dan diganti pasir baru dalam kurun waktu 1 minggu paling tidak dua kali. Akan tetapi, itu juga menyesuaikan dari seberapa kerap kucing membuang kotoran dan kondisi polusi udara.

Jika kucing sering membuang air dan aroma kecium terus menerus, maka pasir kucing harus sobat ganti.

Jika pasir kucing tidak rutin Sobat ganti, maka akan ada bakteri. Dimana bakteri ini bisa membuat kucing terkena penyakit kucing mulai dari kulit gatal atau merah-merah, bulu rontok, dan masih banyak lagi.

3 cara membuat pasir kucing sendiri yang mudah dan murah bisa sobat coba di rumah dan lakukan sekarang juga. Selain Sobat bisa menghemat uang, pasir kucing buatan sendiri bisa lebih memuaskan Sobat di rumah.

Semoga bermanfaat ya
Happy Cat!

Lanjut Baca: Begini Cara Mencuci Pasir Kucing Agar Tidak Bau

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Guru Profesional, Guru Penggerak, Blogger, Public Speaker, Motivator & Juragan Emas.

Posting Komentar untuk "Begini Cara Membuat Pasir Kucing Sendiri yang Mudah dan Murah"