Widget HTML #1

Begini Cara Mencuci Pasir Kucing Agar Tidak Bau

Begini Cara Mencuci Pasir Kucing Agar Tidak Bau
Begini Cara Mencuci Pasir Kucing Agar Tidak Bau.

Hai Sobat Cat Lovers, apakah saat ini Sobat sedang kebingungan untuk mencuci pasir kucing supaya nanti tidak bau pesing?

Cara mencuci pasir kucing agar tidak bau tentu harus dilakukan dengan langkah dan teknik yang benar.

Ya, ketika sobat memelihara kucing di rumah, hal paling penting yang harus sobat lakukan adalah menjaga kebersihan. Selain kebersihan dari badan dan tempat tidurnya, Sobat juga perlu memperhatikan dimana dia membuang kotorannya.

Maka dari itu, pasir kucing merupakan salah satu dari banyaknya perlengkapan yang harus sobat miliki. Karena apa, sebab memiliki fungsi untuk menampung saat anabul membuang kotoran. Sehingga kucing tidak membuang air atau pup sembarangan.

Membicarakan seputar pasir kucing, ada beragam jenis pasir yang dapat Sobat pilih. Dimana setiap jenis pasir kucing memiliki peran dan keunggulan masing-masing. Artikel kali ini akan memberikan teknik dan langkah benar dalam hal membersihkan pasir kucing agar tak meninggalkan bau sedikitpun.

Tutorial dan Cara Mencuci Pasir Kucing agar Tidak Bau 

Apakah sobat sudah tahu bagaimana cara mencuci pasir kucing agar tidak bau? Mungkin bagi sebagian orang ada yang belum mengetahui teknik serta langkah benar dalam mencuci kucing pasir.

Maka dari itu, bagai Sobat pemula baru memelihara kucing perlu tahu tekniknya. Kucing sebagai hewan peliharaan yang paling banyak orang gemari. Sebab kucing memiliki daya tarik tersendiri bagi orang-orang.

Mulai dari kegigihannya beraktivitas, keimutannya, hingga hal lainnya. Hal itulah membuat orang lebih mengagumi kucing daripada hewan peliharaan lainnya. Tentu ketika memelihara kucing, hal paling sobat khawatirkan mengenai kotorannya. Solusinya yaitu menggunakan perlengkapan pasir kucing.

Apakah Boleh Pasir Kucing Dijemur?

Pertanyaan seputar apakah pasir kucing boleh dijemur masih menjadi hal yang kerap dibingungkan oleh sebagian pemilik anabul? Jawabannya yakni boleh saja karena agar pasir kucing cepat kering dan bisa sobat gunakan kembali. Jemurlah di bawah sinar matahari secara langsung, ya.

Pasir kucing gunanya untuk menampung kotoran kucing. Jadi dengan menggunakan perlengkapan ini maka kucing tidak akan membuang kotoran secara sembarangan.  Agar kucing tetap nyaman, sobat perlu tahu cara benar dalam mencuci pasir kucing.

Berikut langkah benarnya:

1. Pisahkan Kotoran Kucing dari Pasir

Langkah pertama dalam mencuci kucing pasir adalah memisahkan kotoran kucing dari pasir. Pisahkan dengan cara yang benar juga agar. Ketika memisahkan kotoran gunakan sapu tangan agar tangan Sobat tidak kotor, ya.

2. Rendam Pasir Kucing

Ketika Sobat sudah memisahkan kotoran kucing dari pasir. Kini langkah selanjutnya yaitu rendam pasir kucing dengan air dan biarkan beberapa saat. Jadi agar kotoran kucing yang ada di pasir naik.

3. Bilas Air

Kemudian Sobat harus melakukan langkah ketiga yakni direndam dan dibilas menggunakan air, pasir kucing siap dicuci. Pada umumnya yang digunakan guna membersihkan pasir kucing yakni cairan desinfektan.

Akan tetapi jika sobat tidak memilikinya, bisa menggunakan bahan lain seperti sabun. Terpenting pasir terbebas dari kuman sehingga tidak menyebabkan penyakit pada kucing imut sobat.

4. Menjemur Pasir Kucing

Setelah pasir sudah dicuci dengan desinfektan, kini giliran sobat untuk menjemur pasir kucing. Salah satu alternatif yang Sobat bisa lakukan, yakni menggunakan kasa yang bisa Sobat beli dari toko bangunan terdekat.

Bisa juga sobat menggunakan tempat lain yang penting bisa digunakan untuk menjemur di bawah sinar matahari. Jika sudah kering dan bersih, maka pasir bisa digunakan lagi di liter box kucing.

Baca Juga: Review Pasir Kucing Markotop

Informasi Tambahan Jenis Pasir Kucing

Setelah Sobat tahu cara mencuci pasir kucing agar tidak bau kini sebagai informasi tambahan ketahui juga jenis dari pasir kucing. Saat Sobat memelihara kucing dalam ruangan, tentu harus mempersiapkan pasir untuk mereka di litter box atau dalam kotak untuk buang hajat.

Setiap jenis pasir kucing memiliki kelebihan dan keunggulan masing-masing, ya. Agar tidak bingung lagi, berikut jenis pasir kucing.

1. Pasir Gumpal

Pasir gumpal atau pasir gumpal wangi merupakan jenis pasir kucing paling ditemui. Kebanyakan pemilik anabul memang lebih memilih dan menggunakan pasir jenis ini untuk kotoran kucing.

Sesuai namanya, pasir gumpal atau bentonite akan menggumpal saat terkena air kencing anabul. Bukan hanya itu, biasanya pasir gumpal dibuat dengan aroma wangi. Bagusnya dari jenis pasir kucing gumpal adalah daya serapnya yang tinggi, memiliki aroma beragam, serta kotoran mudah sobat diambil dan dibuang.

2. Pasir Zeolit

Pasir zeolit terbuat dari batuan zeolit yang sudah dipecahkan menjadi bagian-bagina kecil. Mengenai ukuran pecahannya juga sangat beragam, mulai dari halus hingga besar. Pasir zeolit ini bisa digunakan berulang kali.

Sebab bisa sobat cuci. Selain itu, pasir zeolit juga lebih hemat, lho. Tak heran jika banyak orang memilih jenis pasir kucing satu ini.

Keramahan lingkungan ini bisa dipakai berulang kali bagi penggunanya. Namun kekurangan dari jenis pasir zeolit adalah cenderung menimbulkan debi, kurang menyerap bau.

Baca Juga: Rekomendasi Pasir Kucing Zeolit Beserta Kelebihannya

3. Pasir Kristal

Pasir kristal ini bentuknya seperti kristal. Dimana jenis pasir kucing ini menyerap daya serap tinggi. Tidak menimbulkan bau juga. Selain itu juga tidak berdebu. Namun bagi pengguna juga akan merasakan kekurangan dari jenis pasir ini antara lain rentan tertelan oleh kucing, pasir memiliki sisi tajam sekaligus mudah menempel di kaki anabul kesayangan Sobat.

4. Pasir Alami

Pasir alami juga sebagai jenis pasir kucing dengan daya tarik mudah Sobat dapatkan. Harganya juga lebih murah jika Sobat bandingkan dengan jenis pasir kucing yang lain. Pasir alami ini merupakan kombinasi antara tanah, pasir pantai, atau pasir lembut sudah diayak.

Pasir alami ini hanya saja tidak bisa menyerap bau, tidak bisa digunakan berulang lagi, serta tidak menyerap kotoran secara baik. Sehingga pasir akan basah.

5. Pasir Tofu

Jenis terakhir pasir kucing adalah berpasir tahu, serbuk kayu, atau pasir organik. Pasir tofu merupakan salah satu pasir organik terbuat dari olahan kedelai.

Tidak hanya pasir tofu, ada pasir organik lainnya yakni serbuk kayu, gandum, dan kertas. Pasir tofu bisa menyerap bau secara alami, bebas debu sehingga tak mengganggu pernapasan.

Sudah tahu bukan cara mencuci pasir kucing agar tidak bau dengan teknik serta langkah benar serta informasi tambahan yakni mengenai jenis pasir kucing.

Sobat bisa membeli yang sesuai dengan kebutuhan anabul di rumah. Pastikan dia bisa tetap nyaman selama membuang kotoran.

Boleh Baca: Rekomendasi Garukan Kucing Terbaik

***

Demikianlah seutas sajian Guru Penyemangat tentang langkah-langkah mencuci pasir kucing agar tidak bau.

Semoga bermanfaat
Salam

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Guru Profesional, Guru Penggerak, Blogger, Public Speaker, Motivator & Juragan Emas.

Posting Komentar untuk "Begini Cara Mencuci Pasir Kucing Agar Tidak Bau"