Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Sambutan Wali Murid Acara Perpisahan Kelas 6 SD dan 9 SMP Singkat

Hai Sobat Wali Murid Guru Penyemangat, sudah siapkah Sobat untuk menyampaikan sambutan atau pidato di acara perpisahan sekolah?

Biasanya sambutan wali murid pada acara perpisahan kelas 6 SD maupun kelas 9 SMP itu ditentukan secara mendadak, bahkan mungkin hanya sekitar 1-2 jam sebelum acara.

Meski demikian, sebagai perwakilan orang tua siswa, tentu kita sudah memiliki bayangan, kesan, serta pesan-pesan yang kiranya perlu disampaikan kepada pihak sekolah.

Contoh Sambutan Wali Murid Acara Perpisahan
Contoh Sambutan Wali Murid Acara Perpisahan. Dok. GuruPenyemangat.com

Bersamaan dengan itu pula, wali murid juga pasti ingin memberikan apresiasi kepada para guru dan pihak sekolah karena telah mendidik anak-anak dengan baik hinggalah mereka lulus.

Nah, berikut GuruPenyemangat.com siapkan contoh sambutan wali murid untuk acara perpisahan kelas 6 SD dan 9 SMP yang singkat.

Mari disimak ya:

Kata Sambutan Wali Murid Perpisahan Kelas 6 SD

Kata Sambutan Wali Murid Perpisahan Kelas 6 SD
Kata Sambutan Wali Murid Perpisahan Kelas 6 SD. Dok. GuruPenyemangat.com

Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh
Selamat Pagi dan Salam Sejahtera untuk Kita Semua

Alhamdulillahirobbil’alamin. Assalatu wassalamu ‘ala rasulillah, wa ‘ala alihi wasohbihi wa mawwalah.

Yang terhormat, Bapak/Ibu Kepala SD/SDIT/MI Negeri/Swasta
Yang saya hormati, Bapak/Ibu Dewan Guru Beserta Segenap Karyawan
Yang saya hormati, Bapak/Ibu Wali Murid dan Segenap Tamu Undangan
Serta anak-anak yang saya banggakan;

Pertama dan yang paling utama, marilah kita bersyukur kepada Allah SWT atas segala nikmat, terutama nikmat kesehatan dan kesempatan hingganya kita bisa berkumpul di ruangan ini dalam rangka kegiatan Pelepasan Siswa Kelas 6 Tahun 2022.

Shalawat dan salam tiada lupa mari kita kirimkan kepada Nabi Muhammad SAW. Semoga dengan seringnya bershalawat kita akan mendapatkan pertolongan beliau di Hari Kiamat nanti.

Bapak, Ibu, serta anak-anak yang berbahagia;

Pada kesempatan yang mulia ini, izinkanlah saya untuk menyampaikan sepatah dua patah kata mewakili segenap wali murid kelas 6 khususnya yang hadir bersama-sama kita pada hari ini.

Adalah kebahagiaan yang besar bagi kami karena di hari yang spesial ini bisa melihat wajah ceria anak-anak kami, penerus kami, serta penerus bangsa ini.

Dari raut wajah mereka, sejatinya kami sebagai orang tua murid sudah menebak bahwa anak-anak bersemangat dan memiliki kenangan yang banyak selama belajar di sini.

Mereka berbahagia karena telah berjumpa dengan teman-teman baru, berjumpa dengan Bapak dan Ibu Guru, berjumpa dengan calon orang-orang hebat, serta mendapatkan ilmu dan pengetahuan baru.

Bapak, Ibu, serta para siswa yang berbahagia;

Sejenak mari kita mundur menuju kisah pada 6 tahun lalu. Saya jadi ingat dengan hari pertama kali saya mengantarkan anak tercinta untuk mendaftar di sekolah ini. Wajahnya di kala itu sungguh malu-malu, belum bisa baca tulis dengan baik, pun demikian dengan berbicara dan bergaul.

Rekan-rekan wali murid di sini pun rasanya punya cerita yang sama dengan saya. Bila kita pikir-pikir, waktu begitu cepat berlalu dan tiada terasa telah ada perubahan yang signifikan dari anak-anak, baik di bidang pengetahuan, keterampilan hingga perilaku.

Bapak, Ibu, serta para siswa yang berbahagia;

Sebagai orang tua, kami menyadari betul tentang sulitnya mendidik anak, tambah lagi di era digitalisasi yang penuh dengan tantangan ini. Maka dari itulah, dari lubuk hati terdalam, saya mewakili wali murid ingin mengucapkan terima kasih kepada Bapak/Ibu Dewan guru.

Tanpa guru, anak kami bukanlah apa-apa, anak kami tidak akan bisa apa-apa. Bila kami adalah orang tua mereka di rumah, maka sejatinya para gurulah yang menjadi orang tua di sekolah.

Sedangkan pada saat ini, anak-anak kami yang telah menerima ilmu dan pengajaran dari Bapak/Ibu akan kembali berlabuh, berlabuh menuju lautan yang lebih luas dengan tantangan ombak yang lebih terjal, yaitu jenjang SMP.

Boleh Baca: 8 Rekomendasi Hadiah Perpisahan Sekolah, Spesial untuk Guru

Bapak/Ibu Dewan Guru yang saya hormati;

Selama enam tahun mengajar, rasanya anak-anak kami tentu pernah berbuat salah, menyakiti hati Bapak/Ibu guru, kurang patuh dan hormat, serta berperilaku yang kurang beradab.

Atas sikap mereka, kami meminta maaf dan kami pun yakin Bapak/Ibu Dewan Guru sudah memaafkan mereka sejak jauh-jauh hari.

Dan pada akhir sambutan ini, kami kembali meminta doa dan restu Bapak/Ibu guru untuk anak-anak kami sehingga bisa dilancarkan perjuangannya untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Apalah artinya ilmu, bila sang pengajar tidak ikhlas dalam menyampaikannya. Dan apalah arti kepintaran, bila seorang pelajar tidak beradab kepada gurunya.

Bapak, Ibu, serta para siswa yang berbahagia;

Demikianlah sambutan yang bisa saya sampaikan pada kesempatan ini. Mohon maaf atas segenap khilaf dan salah.

Saya akhiri;
Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Boleh Baca: 10 Inspirasi Hadiah untuk Guru dari Orang Tua Murid pada Acara Perpisahan Sekolah

Contoh Sambutan Wali Murid Perpisahan Kelas 9 SMP

Contoh Sambutan Wali Murid Perpisahan Kelas 9 SMP
Contoh Sambutan Wali Murid Perpisahan Kelas 9 SMP. Dok. GuruPenyemangat.com

Bismillah
Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh
Alhamdulillah, wa syukurillah. Hamdan katsiron thoyyiban mubarokan fiih.

Yang terhormat, Bapak/Ibu Kepala SMP Beserta Wakilnya
Yang saya hormati, Bapak/Ibu Kepala TU SMP Beserta Segenap Karyawan
Yang saya hormati, Bapak/Ibu Ketua Komite Sekolah Beserta Perangkatnya
Yang saya hormati, Bapak/Ibu Dewan Guru SMP Negeri/Swasta
Yang saya hormati, Bapak/Ibu Wali Murid Kelas 9 dan Segenap Tamu Undangan
Serta siswa-siswi yang berbahagia;

Puji dan syukur marilah kita panjatkan atas kehadirat Allah SWT, Tuhan Semesta Alam yang telah memberikan kita nikmat sehat dan nikmat sempat sehingga kita semua bisa berkumpul di ruangan ini, di panggung yang indah ini dalam rangka mengikuti kegiatan perpisahan siswa kelas 9 SMP…

Shalawat berhiaskan salam tiada lupa kita sampaikan kepada Rasulullah Teladan Umat, Nabi Muhammad SAW. Semoga dengan rajinnya bershalawat kita akan mendapatkan pertolongan beliau di Hari Kiamat nanti.

Bapak, Ibu, serta siswa-siswi yang berbahagia;

Pada kesempatan yang mulia ini, izinkanlah saya selaku perwakilan wali sekaligus orang tua siswa untuk menyampaikan sambutan dalam rangka pelepasan siswa kelas 9 SMP.

Tidak terasa, tiga tahun sudah anak-anak kita berlabuh di lautan ilmu di lingkungan SMP Negeri/Swasta. Sungguh perjuangan yang tidaklah mudah bagi para siswa untuk terus belajar, berpikir, mengasah keterampilan, serta memperbaiki adab.

Tambah lagi di zaman serba digital ini. Tantangan kian sulit. Sebagai orang tua, kami pun cukup kesulitan dalam menghadapi perubahan era, terutama dari sisi komunikasi, pertumbuhan media sosial, hingga peralihan sistem pembelajaran.

Di sebalik kesulitan-kesulitan itu, akhirnya kami turut menyadari bahwa mendidik anak zaman sekarang itu tidaklah mudah. Generasi Z dan generasi Alpha adalah harapan baru bagi kemajuan pendidikan di negeri ini, dan harapan tersebut senantiasa diperjuangkan tanpa lelah oleh para guru.

Boleh Baca: 50 Ucapan Terima Kasih untuk Guru yang Menyentuh Hati

Bapak, Ibu, serta para siswa yang berbahagia;

Saya mewakili segenap wali murid dan anak-anak kelas 9 secara khusus ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak/Ibu dewan guru.

Sebagai orang tua siswa di sekolah, bukanlah hal yang gampang untuk mendidik anak-anak kami, memperbaiki karakter mereka, serta terus memotivasi mereka dalam menggapai impian.

Tambah lagi dua tahun terakhir dunia ini diuji oleh pandemi, maka sungguhlah penuh perjuangan bagi para pahlawan tanpa tanda jasa untuk tetap menyelenggarakan pendidikan yang layak untuk anak-anak kami.

Bersamaan dengan itu pula, kami pula ingin mengucapkan terima kasih kepada pihak sekolah karena telah menerima anak kami, menyediakan anak kami ruang kelas yang nyaman untuk belajar, melengkapi media-media pembelajaran, hingga terus menghadirkan kegiatan edukatif.

Kami yakin dan percaya bahwa setiap kegiatan yang dilakukan dan diikuti oleh anak-anak kami di sekolah sangat bermanfaat dan menjadi bekal bagi mereka untuk menjadi generasi masa depan idaman.

Boleh Baca: Kumpulan Ucapan Kelulusan Sekolah, Lengkap dengan Doa dan Harapan

Bapak, Ibu, serta para siswa yang berbahagia;

Sebelum sambutan ini saya akhiri, saya mewakili para orang tua siswa pula ingin meminta maaf atas segala kesalahan dan kekhilafan anak kami yang mungkin pernah menggoreskan luka di hati Bapak/Ibu.

Kami berharap agar Bapak/Ibu Dewan Guru senantiasa mengikhlaskan segenap ilmu yang diajarkan sehingga menjadi berkah bagi keberlanjutan kehidupan anak-anak kami.

Terakhir, kami pun meminta doa restu kepada pihak sekolah dan Bapak/Ibu Dewan guru terhadap anak-anak kami yang sebentar lagi akan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Semoga segenap siswa-siswi SMP Negeri/Swasta akan menjadi orang yang berguna bagi dirinya sendiri, keluarganya, agamanya, hingga nusa dan bangsa.

Bapak, Ibu, serta para siswa yang berbahagia;

Demikianlah sambutan yang bisa saya sampaikan pada kesempatan ini. Mohon maaf atas segala khilaf dan salah.

Saya akhiri;
Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Boleh Baca: Teks MC Perpisahan Sekolah Kelas 9 SMP

***

Demikianlah tadi seutas sajian Guru Penyemangat tentang contoh sambutan wali murid kelas 6 SD dan kelas 9 SMP yang bisa disampaikan pada acara perpisahan sekolah.

Semoga bermanfaat ya
Salam.

Lanjut Baca: 10 Rekomendasi Hadiah Online untuk Teman yang Baru Lulus Sekolah

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Contoh Sambutan Wali Murid Acara Perpisahan Kelas 6 SD dan 9 SMP Singkat"

Promo Cashback & Voucher Shopee