Widget HTML #1

Contoh Format Penilaian Praktek Sholat Lengkap Format Word dan Excel

Contoh Format Penilaian Praktek Sholat Lengkap Format Word dan Excel
Contoh Format Penilaian Praktek Sholat Lengkap Format Word dan Excel. Designed by GuruPenyemangat.com

Hai Sobat Guru Penyemangat, apakah saat ini Sobat sedang mencari format penilaian praktik sholat untuk kebutuhan anak kelas 6 SD, SMP, atau perlombaan?

Ya, dalam praktik sholat ada penilaian khusus yang bisa menjadi dasar bagi kita untuk menyimpulkan apakah sesuai atau tidak dengan hukum dan syariat yang berlaku.

Sholat merupakan tiang agama, dan sholat pula merupakan amalan yang pertama kali akan dihisab di hari kiamat nanti.

Maka dari itulah, kegiatan perlombaan maupun ujian praktik sholat amat penting dilakukan baik di TK, di SD, SMP, SMA, maupun di jenjang yang lebih tinggi.

Nah berikut GuruPenyemangat.com sajikan contoh format penilaian praktek sholat lengkap untuk anak SD, SMP, SMA format Word dan Excel.

Mari disimak ya:

Download Format Penilaian Praktek Sholat yang Simpel

Pada dasarnya Sobat bisa mengambil beberapa aspek alias kriteria dalam menilai praktik sholat baik di jenjang SD maupun jenjang yang lebih tinggi.

Berikut kriteria yang dimaksud:

1. Adab Sholat

Dalam ujian praktik sholat, adab adalah hal yang sangat penting. Adab berkaitan dengan cara seorang peserta didik dalam memulai sholat. Misalnya apakah ia tenang, atau malah tertawa dan terkesan main-main.

2. Gerakan Sholat

Kriteria penilaian praktek sholat yang kedua adalah gerakan sholat. Gerakan ini mulai dari sikap berdiri yang sempurna, posisi tangan saat bertakbir, bersedekap, rukuk, i'tidak, sujud, duduk di antara dua sujud, duduk iftirasy, duduk tawaruk, hingga salam.

Seperti yang kita ketahui, dalam sholat gerakan adalah salah satu aspek penting yang menjadi dasar bagi sempurnanya sholat.

3. Bacaan Sholat

Kriteria ketiga yaitu kebenaran bacaan sholat. Apakah bacaan sholat kita harus benar? Tentu saja demikian. Terlebih lagi jika ini berkaitan dengan rukun-rukun sholat yang wajib dibaca seperti takbiratul ihram, surah Al-Fatihah, shalawat Nabi, hingga salam.

Maka darinya, bacaan sholat menjadi salah satu kriteria wajib yang harus ada dalam aspek penilaian praktik sholat, baik itu sholat fardhu munfarid, sholat berjamaah, hingga sholat jenazah.

4. Thuma'ninah

Dalam sholat, selain gerakan dan bacaan yang telah Guru Penyemangat sebutkan tadi, thuma'ninah juga menjadi poin wajib yang menentukan sah atau tidaknya sholat.

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa thuma'ninah adalah suatu keadaan di mana seseorang yang melakukan sholat bersikap tenang setelah melakukan gerakan sholat, dan semua anggota badan sudah diam pada tempatnya.

Sederhananya, yaitu menyempurnakan gerakan sholat terlebih dahulu, membaca bacaan di setiap gerakan, lalu berpidah ke gerakan selanjutnya. Karena idealnya, gerakan sholat sebaiknya disempurnakan, baru kemudian bacaannya disempurnakan pula.

*

Dari keempat kriteria penilaian praktik sholat di atas, Sobat dapat menentukan sendiri seperti apa dan berapa rentang nilainya. Apakah ingin menggunakan skala Likert yaitu angka 1-4, atau dengan angka 0-100 dalam setiap aspek penilaian yang kemudian diambil nilai rata-ratanya.

Contoh Format Penilaian Praktek Sholat
Contoh Format Penilaian Praktek Sholat. Dok. GuruPenyemangat.com

Guru Penyemangat secara khusus telah membuatkan contoh format penilaian praktik sholat yang simpel dalam format .doc (Word) maupun Excel lengkap dengan kolomnya.

Sobat hanya perlu menambah atau mengurangi kolom, atau bisa langsung mencetaknya setelah memasukkan kop instansi maupun sekolah.

Silakan klik tombol download berikut untuk mendapatkan filenya:

Contoh Format Penilaian Praktek Sholat .doc (Word)

Selain format Word, Guru Penyemangat juga sudah menyiapkan file unduhan format penilaian praktik sholat yang simpel dalam format Excel. File ini sudah aku setelkan rumusnya sehingga akan langsung didapat nilai rata-rata saat Sobat memasukkan nilainya seperti gambar berikut:

Contoh Format Penilaian Praktek Sholat Format Excel yang Sudah Lengkap dengan Rumus Perhitungan Rata-rata
Contoh Format Penilaian Praktek Sholat Format Excel yang Sudah Lengkap dengan Rumus Perhitungan Rata-rata. Dok. GuruPenyemangat.com

Dari file di atas, Sobat hanya perlu menambah atau mengurangi kolom, atau bisa langsung mencetaknya setelah memasukkan kop instansi maupun sekolah.

Silakan klik tombol download berikut untuk mendapatkan filenya:

Contoh Format Penilaian Praktek Sholat yang Simpel Format Excel

Boleh Baca: Contoh Pidato Tentang Shalat yang Lengkap dengan Dalilnya Serta Mudah Dihafal

Download Format Penilaian Praktek Sholat Lengkap 13 Rukun

Jika Sobat ingin format penilaian praktik sholat dengan kriteria yang lebih lengkap berupa 13 rukun mulai dari niat hingga salam, Guru Penyemangat punya menyiapkan format yang Sobat butuhkan.

Sebagaimana yang kita ketahui secara masyhur bahwa rukun sholat ada 13, dengan rincian sebagai berikut:

13 Rukun Sholat
13 Rukun Sholat. Designed by GuruPenyemangat.com

1. Niat

2. Berdiri Bagi yang Mampu

3. Takbiratul Ihram

4. Membaca Surat Al-Fatihah

5. Rukuk

6. I'tidal

7. Dua Kali Sujud

8. Duduk di Antara Dua Sujud

9. Membaca Tasyahud

10. Duduk Iftirasy ketika Membaca Tasyahud

11. Membaca Shalawat Atas Nabi Muhammad SAW

12. Salam

13. Tertib

Boleh Baca: Bacaan Zikir, Wirid, dan Doa Ringkas untuk Praktik di Sekolah

Berikut adalah contoh format penilaian ujian praktik sholat yang lengkap dengan 13 rukunnya:

contoh format penilaian ujian praktik sholat yang lengkap dengan 13 rukunnya
Contoh format penilaian ujian praktik sholat yang lengkap dengan 13 rukunnya. Dok. GuruPenyemangat.com

Untuk mengunduh file dokumen Word contoh format penilaian ujian praktik sholat yang lengkap dengan 13 rukunnya silakan klik tombol download berikut:

Contoh Format Penilaian Praktek Sholat Lengkap .doc (Word)

Selain itu Guru Penyemangat pula sudah menyediakan file contoh Format Penilaian Praktek Sholat lengkap dengan 13 rukun plus rumusnya di Microsoft Excel. Berikut tampilannya:

Contoh Format Penilaian Praktek Sholat Lengkap
Contoh Format Penilaian Praktek Sholat Lengkap. Designed by GuruPenyemangat.com

Dengan memiliki file di atas, Sobat hanya perlu memasukkan angka alias nilai dan nantinya nilai akhir akan tampil secara otomatis. Silakan klik tombol download berikut untuk mendapatkan filenya:

Contoh Format Penilaian Praktek Sholat Lengkap (Excel)

***

Untuk panduan download dokumennya, silakan simak video berikut:

Demikianlah seutas sajian GuruPenyemangat.com tentang contoh format penilaian praktik sholat yang lengkap dengan format Word maupun Excel tinggal download dan edit secara gratis.

Semoga bermanfaat
Salam.

Lanjut Baca: Tata cara dan Bacaan Sholat Tahajud dari Awal hingga Akhir Lengkap dengan Doa Mustajab

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Guru Profesional, Guru Penggerak, Blogger, Public Speaker, Motivator & Juragan Emas.

Posting Komentar untuk "Contoh Format Penilaian Praktek Sholat Lengkap Format Word dan Excel"