Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

22 Ide Lomba Class Meeting Online dan Offline, Cocok Digelar di SD, SMP maupun SMA

Sobat Guru Penyemangat, by the way, what's your idea about the english competition in the class meeting?

Sepertinya cukup seru ya bila sekolah menggelar berbagai lomba sembari menanti detik-detik menegangkan tentang pembagian rapor dan kenaikan kelas.

Ide Lomba Class Meeting Online dan Offline
Ide Lomba Class Meeting Online dan Offline. GuruPenyemangat.com

Hebatnya, di era digital seperti saat sekarang ini Sobat bisa menggelar kegiatan class meeting alias pertemuan kelas secara online maupun tatap muka, atau bisa pula kolaborasi antara keduanya.

Bila kita pandang dari sisi finansial, maka ragam lomba dalam mengisi kekosongan sekolah setelah ujian semester secara online lebih irit biaya, tapi sebenarnya hal tersebut dikembalikan lagi dengan bagaimana sistem manajemen keuangan panitia kegiatan sih. Hehehe.

Berikut ada macam-macam ide lomba class meeting baik secara online maupun online yang cocok digelar di SD, SMP dan SMA.

Mari disimak dan dipilih ya:

Macam-Macam Lomba Class Meeting Online yang Cocok Dilaksanakan oleh Sekolah

Macam-Macam Lomba Class Meeting Online
Macam-Macam Lomba Class Meeting Online. Dok. GuruPenyemangat.com

Keuntungan utama ketika menggelar class meeting sekolah secara online alias daring ialah hemat waktu, biaya, dan tidak memerlukan panggun khusus. Berikut rekomendasinya:

1. Lomba Membuat Komik

Buat komik di zaman sekarang tidak mesti harus dicetak dan dibagikan bentuk fisiknya sih. Kebetulan saat ini sudah tersedia banyak plaform untuk membuat desain komik dan hasilnya bisa dinikmati secara online.

Alhasil, lomba komik juga cocok dijadikan acara untuk meramaikan class meeting sekolah. Alur ceritanya tidak perlu panjang-panjang. Mungkin bisa ditetapkan oleh panitia batasnya 5-10 halaman saja.

Nah, langkah-langkah membuat komik online bisa dipelajari di sini: Cara Membuat Komik dan Kartun Pembelajaran di Canva

2. Lomba Membuat Infografis

Jarang-jarang lho ada perlombaan untuk membuat infografis secara online! Padahal belajar dengan infografis itu amat menyenangkan kok.

Ya, pasti banyak dari Sobat yang mengingat bagaimana metamorfosis kupu-kupu, rantai makanan, hingga proses turunnya hujan.

Kita cepat paham dan mengerti dengan hal-hal tersebut berkat sajian infografis yang menarik. Nah, agaknya dalam acara class meeting lomba ini boleh dicoba dong.

3. Lomba Rangking 1 Menggunakan Kahoot

Enggak seru kalo di SD, SMP, atau SMA tidak ada lomba rangking 1-nya. Banyak siswa bisa menjawab soal dengan benar dan tepat, tapi belum tentu semua siswa pintar bisa menjawab pertanyaan dengan benar secara cepat.

Nah, maka dari itulah, perlombaan Rangking 1 Menggunakan aplikasi Kahoot patut dicoba. Caranya amatlah gampang, bahkan peserta lomba bisa mengikuti perlombaan dari rumah tanpa perlu khawatir terkait adannya tidak kecurangan.

Para peserta lomba hanya perlu mengunduh aplikasi Kahoot di Google Playstore, lalu setelah itu dalam waktu bersamaan (bisa melalui layar zoom), semua peserta mengikuti lomba dalam satu waktu.

Siapa yang jawabannya paling banyak benar dan paling cepat, maka itulah pemenangnya.

4. Lomba Kuis Online Menggunakan Quizizz

Tidak jauh berbeda dengan rekomendasi ide kegiatan class meeting sebelumnya, lomba kuis online menggunakan platform Quizizz secara online juga cukup seru kok.

Nah, coba deh kumpulkan peserta terbaik di kelasmu untuk bersaing dengan kelas lain. Siapa tahu kan dapat juara umum.

5. Lomba Membuat Konten Edukatif di TikTok

Sobat sudah akrab banget dengan TikTok, kan? Memang sih, TikTok sekarang cukup identik dengan tampilan video jogat-joget dan ragam keseruan lainnya.

Karena TikTok saat ini sedang viral, maka tidak ada salahnya bagi panitia class meeting untuk memanfaatkan medsos ini untuk menggelar lomba konten edukatif.

Boleh Baca: Begini Cara Membuat Proposal Class Meeting, Lengkap dengan Contohnya

6. Lomba Membuat Desain Poster Pendidikan

Di Google sudah amat banyak kata-kata mutiara dan pesan kehidupan yang menyentuh hati, pun demikian dengan di sekolah. Tapi, siswa sebagai generasi penerus bangsa pasti punya gagasan tersendiri terkait motivasi pendidikan.

Nah untuk memanfaatkan hal tersebut, lomba membuat desain poster pendidikan secara online pun bisa menjadi rekomendasi ide kegiatan class meeting yang menyenangkan.

7. Lomba E-Sports

Tidak ada game rasanya kurang seru, kan? Nah, Sobat bisa kumpulkan pasukan gamers dengan mengadakan lomba E-Sports secara online di masa-masa class meeting.

Tangkai lombanya bebas sih, sesuai kesepakatan saja. Boleh adakan lomba Mobile Legends, PUBG, atau FIFA Mobile. Hehe

8. Lomba Solosong

Bakat-bakat nyanyi di sekolah Sobat pasti banyak, kan? Nah jikalau teman-teman di SD, SMP atau SMA agak deg-degan tampil di panggung, maka tidak ada salahnya kita coba adakan lomba solosong secara online.

Sistemnya, para peserta lomba merekam video sedang bernyanyi, lalu video tersebut bisa diunggah ke YouTube. Terserah mau YouTube peserta sendiri atau YouTube milik sekolah.

9. Lomba Baca Puisi

Seirama dengan solosong, lomba baca puisi secara online juga seru dan cocok menjadi bagian dari mata lomba acara class meeting. Toh lebih hemat biaya. Hehe. O ya, kumpulan puisi beraga tema bisa di akses di blog Guru Penyemangat lho.

10. Lomba Film Pendek

Nah, rekomendasi yang Guru Penyemangat sajikan kali ini sepertinya lebih cocok untuk digelar di acara class meeting sekolah tingkat SMP dan SMA. Bikin film pendek seru juga, kan?

Ide Lomba Class Meeting di Sekolah Secara Offline

Ide Lomba Class Meeting di Sekolah Secara Offline
Ide Lomba Class Meeting di Sekolah Secara Offline. Dok. GuruPenyemangat.com

Tidak seru rasanya kalau class meeting di sekolah hanya digelar secara online. Berikut rekomendasi kegiatan class meeting secara offline yang bisa menjadi rujukan:

1. Lomba Hafalan Teks Pembukaan UUD 1945

Nah, rekomendasi ide kegiatan class meeting yang pertama ini sangat cocok digelar di SD atau MI. Terang saja, menghafal teks pembukaan atau membaca teks pembukaan UUD 1945 adalah wujud dari kecintaan pelajar terhadap tanah air Indonesia.

2. Lomba Berbalas Pantun

Ada sih beberapa, tapi sekarang lomba berbalas pantun mulai jarang digelar di sekolah. Padahal Indonesia ini kebanyakan berasal dari ras Melayu, kan?

Lomba berbalas pantun amatlah banyak manfaatnya, apalagi jika tema pantunnya berkisar pada pantun nasihat dan pantun pendidikan. O ya, bisa gunakan tema pantun jenaka pula lho. Nah, pilihan pantunnya juga banyak lho di blog Guru Penyemangat.

3. Lomba Baca Puisi

Lomba baca puisi adalah salah satu kegiatan bidang seni dan budaya yang patut dilestarikan di sekolah, baik itu di jenjang SD, SMP maupun SMA. Nah, sembari menanti pekan sastra dan budaya, ada baiknya dilaksanakan lomba baca puisi pada kegiatan class meeting sekolah.

4. Lomba Menyanyi

Terserah mau nyanyi solosong, duet, atau bahkan membentuk band dadakan. Kalau di sekolah Sobat ada tempat khusus untuk menghias panggung, rasanya lomba menyanyi bisa dijadikan opsi kegiatan sekolah.

5. Lomba Cerdas Cermat

Lomba cerdas cermat tidak boleh ketinggalan dong! Ya, lomba edukasi pada acara class meeting secara offline di sekolah amatlah penting.

Adapun soal-soal untuk lomba cerdas cermat bisa berupa soal pengetahuan umum atau pun soal-soal agama.

Boleh Baca:

6. Lomba Pidato

Tidak kalah menarik, perlombaan pidato di acara class meeting jenjang SD dan SMP juga patut direkomendasikan. Tema-tema pidatonya sebaiknya berkisar tentang pendidikan.

Misalnya pidato bertema kenakalan remaja, pidato tema narkoba, hingga pidato tentang cinta tanah air.

Boleh Baca:

7. Lomba Bidang Keagamaan

Acara bidang seni sudah, bidang budaya juga sudah, nah jangan lupakan lomba di bidang keagamaan.

Kegiatan seperti lomba azan, MTQ, hifzil Qur’an, nasyid, hingga cerdas cermat Islam juga perlu diadakan untuk meramaikan acara class meeting.

Boleh Baca: Teks Pembawa Acara untuk Beragam Lomba Keagamaan untuk Siswa

8. Lomba Tebak Kata

Sekarang kalau Sobat lihat di media sosial sedang ramai video-video bertajuk tebak kata. Kegiatannya diadakan dengan berkelompok dalam satu barisan. Setiap orang bakal dilemparkan pertanyaan, dan jika jawabannya salah maka mukanya bakal disiram dengan tepung.

Cukup seru dan lucu, kan? Nah, ide lomba tebak kata ini juga cocok kok digelar di acara class meeting baik itu jenjang SD, SMP atau bahkan SMA. Tapi tepungnya sedikit saja ya. Wkwk

9. Lomba Meniup Bola Plastik

Lomba Class Meeting Seru, Meniup Bola

Perlombaan lainnya yang tidak kalah seru ialah lomba meniup bola plastik. Bola yang digunakan adalah bola pingpong yang dimasukkan ke dalam gelas air mineral berisi air.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan cara berkelompok di mana setiap anggota kelompok harus memindahkan bola pingpong dari gelas air mineral yang satu ke gelas air mineral berikutnya.

10. Lomba Bidang Olahraga

Ide kegiatan bidang keagamaan sudah, bidang seni juga sudah, maka jangan tinggalkan lomba di bidang olahraga.

Ya, Sobat bisa meramaikan kegiatan class meeting dengan mengadakan perlombaan catur, futsal, basket, voli, bulutangkis, tenis meja, dan sebagainya.

11. Lomba Pameran

O ya, klas miting itu biasanya digelar selama kurang lebih dua minggu kan Sobat? Nah jika iya, maka tidak ada salahnya di seminggu terakhir class meeting diadakan lomba pameran.

Jadi sistemnya itu setiap kelas diberikan satu  bilik atau ruangan kemudian memamerkan hasil karya mereka di sana. Seru, kan? Apalagi ditambah dengan rumah hantu. Wkwk

12. Lomba Masak

Nah, rekomendasi kegiatan class meeting secara offline yang terakhir adalah lomba masak. Kalau saran Guru Penyemangat, sebaiknya lomba masak diadakan pada hari pembagian rapor.

Jadi, sebelum deg-degan bagi rapor, kita makan-makan dulu. Hahaha

***

Boleh Baca: Hemat bin Irit! Inilah 10 Rekomendasi Hadiah untuk Lomba Class Meeting, Bermanfaat, Menarik dan Murah

Demikianlah tadi seutas sajian Guru Penyemangat tentang rekomendasi ide kegiatan yang bisa dilakukan demi meramaikan class meeting di sekolah, baik pada jenjang SD, SMP, hingga SMA.

Saranku, tidak perlu terlalu banyak kegiatan, yang penting disesuaikan terlebih dahulu dengan anggaran keuangan dan jumlah siswa dalam satu sekolah ya.

Atau mau mengundang sekolah lain sehingga acaranya seperti trofeo? Boleh-boleh saja. Yang penting panitia lapangan atau tim OSIS-nya bisa meng-handle acara dengan baik.

Semoga bermanfaat ya
Salam.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "22 Ide Lomba Class Meeting Online dan Offline, Cocok Digelar di SD, SMP maupun SMA"

Promo Cashback & Voucher Shopee