Widget HTML #1

Cara Membuat Proposal Class Meeting Agar Dana dari Sekolah Cepat Cair

Hai Sobat Guru Penyemangat, sudah menyiapkan proposal untuk kegiatan class meeting hari ini?

Ujian semester segera berlalu dan para siswa di sekolah biasanya sudah tidak sabar untuk mengikuti kegiatan pertemuan kelas. Apakah itu tentang perlombaan, seni dan pertunjukan, atau aktivitas lainnya tentu memerlukan anggaran dan perencanaan yang matang.

Maka dari itulah pihak panitia kegiatan seperti OSIS perlu mempelajari cara membuat proposal yang baik dan benar.

Cara Membuat Proposal Class Meeting
Cara Membuat Proposal Class Meeting. Dok. GuruPenyemangat.com

Berikut Guru Penyemangat sajikan cara membuat proposal class meeting secara lengkap agar dana dari sekolah cepat cair.

Mari disimak:

Langkah-langkah Membuat Proposal Class Meeting

1. Membuat Halaman Judul

Judul dalam calon proposal Sobat bisa ditulis dengan huruf kapital dan tebal. Apakah mau membuat “PROPOSAL KEGIATAN CLASS MEETING” atau bisa pula “PROPOSAL KEGIATAN TEMU KELAS”

Setelah selesai membuat judul, Sobat perlu menaruh logo sekolah atau lambang OSIS. Usahakan logonya tidak terlalu besar dan tidak pula terlalu kecil dengan posisi tepat di tengah-tengah.

Lanjut, di bawah logo cantumkanlah detail informasi sekolah sebagai berikut:

PEMERINTAH KABUPATEN [nama kabupaten sekolahmu]

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN [Atau boleh juga gunakan DINAS PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET DAN TEKNOLOGI]

SEKOLAH [nama sekolahmu]

ALAMAT SEKOLAH

TAHUN [Tahun pembuatan Proposal]

2. Halaman Pendahuluan

Setelah cover sudah dibuat, sekarang saatnya Sobat meracik pendahuluan. Isinya ialah tentang alasan mengapa Sobat ingin mengadakan class meeting (latar belakaang kegiatan) dan tujuan diadakannya class meeting.

3. Halaman Isi Proposal

Berlanjut ke tahap berikutnya, yaitu isi proposal. Nah, bagian isi proposal class meeting sebaiknya ditulis dengan detail, lengkap, padat, dan tidak bertele-tele. Soalnya Kepala Sekolah biasanya langsung fokus ke rangkaian acara.

Pada halaman isi proposal, Sobat harus menentukan tema kegiatan class meeting yang menarik, menguraikan jenis-jenis kegiatan alias mata lomba apa saja yang akan dilaksanakan, kapan waktu kegiatan, siapa saja peserta kegiatan.

O ya, jangan lupa sajikan pula susunan kepanitiaan dan prakiraan dana yang dibutuhkan. Nah, pada opsi estimasi biaya kegiatan ini bisa Sobat masukkan pada bagian isi namun bisa pula disajikan sebagai lampiran.

Mau ditaruh di bagian isi maupun di bagian lampiran sebenarnya sama saja, hal ini dikembalikan lagi pada selera sekolah, atau mungkin pihak sekolah punya aturan tersendiri terkait dengan peletakannya.

Walau begitu, terkait dengan penulisan anggaran biaya, sebaiknya Sobat membaginya menjadi beberapa bagian. Jangan digabungkan antara tabel biaya konsumsi dengan biaya perlengkapan.

Sebaiknya tabel-tabel tersebut dipisah, baru kemudian diakumulasikan.

Dan saran Guru Penyemangat, sebaiknya panitia kegiatan dan OSIS juga menganggarkan dana tak terduga, agar nanti bisa mengatasi masalah-masalah yang muncul di lapangan.

4. Halaman Penutup

Jika Sobat sudah selesai menyusun halaman isi, maka sekarang Sobat harus menulis halaman penutup proposal.

Adapun halaman penutup proposal kegiatan class meeting isinya singkat saja. Sekitar 1-2 paragraf yang berkisar tentang harapan panitia, dan permintaan dukungan sekolah untuk menyukseskan acara.

O ya, pada paragraf berikutnya jangan lupa cantumkan nama kota, tanggal-bulan-dan tahun penulisan proposal kemudian diikuti kolom tanda tangan dengan susunan sebagai berikut:

Nama Kota,     Juni 2022

Ketua Panitia   Bendahara

(TTD)                (TTD)

Pembina OSIS  Ketua OSIS

(TTD)                (TTD)

5. Menyusun Halaman Lampiran

Apa saja yang sebaiknya Sobat lampirkan dalam proposal kegiatan class meeting? Agar lebih mudah di-acc, maka lampirannya juga harus lengkap, dan biar lebih formal lagi, sebaiknya halaman lampiran disertai dengan kop sekolah atau kop OSIS.

Susunan lampiran proposal class meeting antara lain:

Versi 1:

  • Susunan Panitia
  • Rundown Kegiatan
  • Ketentuan Kegiatan
  • Brosur Kegiatan

Versi 2:

  • Rincian Anggaran
  • Susunan Panitia
  • Rundown Kegiatan
  • Ketentuan Kegiatan
  • Brosur Kegiatan

Jika Sobat sudah menyusun rangkaian halaman proposal class meeting sebagaimana yang Guru Penyemangat sajikan di atas, maka Sobat bisa memeriksanya kembali sebelum dijilid.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Membuat Proposal Class Meeting

Dalam membuat proposal class meeting, ada hal-hal penting yang kiranya tidak boleh luput dari perhatian. Apa saja?

1. Format Penulisan dan Jenis Font Proposal

Dalam membuat proposal kegiatan class meeting, disarankan agar Sobat memperhatikan format penulisan, jenis font-nya. Biasanya proposal ditulis menggunakan font Times New Roman dengan ukuran tulisan 12. Posisi kalimat adalah rata kanan-kiri.

Format penulisan yang seperti ini akan menjadikan tampilan proposal Sobat lebih rapi dan enak dipandang.

2. Penggunaan Kop Sekolah atau Kop OSIS

Menulis proposal class meeting tidaklah sama seperti menulis surat pribadi. Maka dari itu, bahasa proposal juga harus formal dan diusahakan tetap menggunakan kop sekolah terutama pada bagian bab proposal yang memerlukan tanda tangan.

3. Estimasi Anggaran Masih dalam Kadar “Wajar”

Nah, ini yang cukup krusial dan penting dalam pengajuan proposal. Meskipun kegiatan class meeting yang pihak panitia rencanakan cukup banyak dan memerlukan dana yang besar, usahakan pengajuan anggarannya juga masih dalam skala wajar dan menyesuaikan dengan kemampuan sekolah.

Sederhananya seperti ini; jika Sobat ingin memasang spanduk 4x1 meter dengan biaya asli Rp150.000-200.000, maka jangan Sobat anggarkan biaya spanduk lebih dari Rp250.000.

4. EYD dan Saltik

Penting dan sering disepelekan, inilah yang sering menjadikan Kepala Sekolah bermuka masam saat melihat proposal pengajuan kegiatan class meeting.Ya, penulisan dengan EYD yang amburadul dan banyaknya salah ketik harus sebisa mungkin dihindari.

Hal tersebut akan menjadi bukti bahwa Sobat sebenarnya serius membuat proposal pengajuan atau tidak.

***

Demikianlah tadi sajian Guru Penyemangat terkait langkah-langkah membuat proposal class meeting agar lebih mudah mendapat ACC dari pihak sekolah.

O ya, selain daripada ulasan di atas, sebaiknya Sobat membuat proposal dan mengajukannya ke pihak sekolah sejak jauh-jauh hari, karena seringkali dana kegiatan tidak langsung cair dalam waktu dekat.

Adapun contoh proposal class meeting yang sudah jadi dan bisa tinggal diedit, bisa Sobat download pada tautan berikut:

Semoga bermanfaat ya
Salam.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Guru Profesional, Guru Penggerak, Blogger, Public Speaker, Motivator & Juragan Emas.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Proposal Class Meeting Agar Dana dari Sekolah Cepat Cair"