Widget HTML #1

Contoh Teks Pidato Tentang Cinta Tanah Air Singkat dan Mudah Dihafal

Sobat Guru Penyemangat, apakah Sobat saat ini sedang mencari contoh pidato bertema Cinta Tanah Air?

Sejatinya perilaku cinta tanah air adalah salah satu hal penting dalam memajukan negara. Sebagaimana yang diketahui bahwa, tanpa adanya kepedulian terhadap NKRI, generasi penerus kita nantinya rawan rapuh.

Padahal semakin ke sini tantangan global semakin kompleks dan rumit. Dengan rasa kecintaan terhadap tanah air yang rendah, bangsa kita bisa saja dengan mudah dijajah dari dalam.

Contohnya? Seperti penjajahan berupa budaya-budaya asing, menjalarnya produk-produk luar negeri, hingga semakin ramainya penggunaan bahasa keminggris alias Indonesia campur Inggris di acara-acara formal.

Maka dari itulah, gaungan semangat cinta tanah air perlu digaungkan oleh semua pihak baik dalam pidato, sambutan, atau pun kegiatan pembelajaran.

Berikut Gurupenyemangat.com sajikan contoh teks pidato bertema cinta tanah air.

Contoh naskah pidato tentang cinta tanah air ini ditulis singkat, mudah dihafal anak SD, dan cocok untuk sambutan maupun amanat upacara.

Mari disimak ya:

Pidato Tema Cinta Tanah Air: Pentingnya Sikap Cinta Tanah Air dalam Kehidupan Sehari-hari

Contoh Teks Pidato Tentang Cinta Tanah Air
Contoh Teks Pidato Tentang Cinta Tanah Air. Dok. Gurupenyemangat.com

Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh
Selamat pagi dan salam bahagia untuk kita semua

Yang terhormat, Bapak/Ibu Kepala Sekolah…
Yang terhormat, Bapak/Ibu Dewan Guru…
Serta teman-teman yang saya banggakan;

Pertama-tama, marilah kita bersyukur kepada Allah SWT atas segala nikmat sehingga kita bisa berkumpul di ruangan ini dalam keadaan sehat wal ‘afiat.

Shalawat berhiaskan salam tidak lupa kita sampaikan kepada Nabi Muhammad SAW. Semoga dengan seringnya bershalawat, kita akan mendapatkan pertolongan beliau di Hari Kiamat nanti.

Bapak, Ibu, serta teman-teman yang berbahagia;

Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan menyampaikan pidato singkat tentang pentingnya sikap cinta tanah air dalam kehidupan sehari-hari.

Teman-teman yang saya banggakan, sebenarnya seberapa cinta kalian dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia ini? Saya yakin jawabannya adalah kita semua cinta NKRI, cinta Indonesia, cinta terhadap Bumi Pertiwi.

Namun, kecintaan tersebut sejatinya tidaklah cukup dengan kata-kata atau sekadar ucapan sekali lewat, melainkan juga harus diikuti dengan sikap dan perbuatan.

Salah satu sikap dan perbuatan yang menjadi bukti bahwa kita adalah generasi penerus yang mencintai Tanah Air Indonesia ialah dengan mengamalkan Pancasila.

Dengan menjadi pribadi dan generasi yang cinta tanah air, maka kita sedang ikut serta sekaligus berpartisipasi aktif untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan Indonesia.

Teman-teman yang saya banggakan;

Ada beberapa sikap cinta tanah air yang perlu kita lakukan dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Pertama, bersemangat mempelajari sejarah perjuangan para pahlawan kemerdekaan.

Teman-teman yang berbahagia, sebenarnya mengapa kita harus repot-repot belajar tentang sejarah perjuangan para pahlawan kemerdekaan?

Jawabannya tidak lain tidak bukan ialah untuk menghargai jasa para pahlawan. Tanpa perjuangan para pahlawan, rasanya mustahil kita bisa berdiri tegak dengan aman, tenteram, dan damai di sini.

Mungkin kita malah sibuk berperang dengan penjajah, sehingga tidak memiliki kesempatan untuk belajar, bersekolah, hingga bermain bersama teman.

Hebatnya, di zaman milenial era Merdeka Belajar saat ini kita tidak lagi perlu repot-repot membawa bambu runcing atau tombak. Yang harus kita lakukan hari ini ialah berperang melawan kemalasan diri agar terhindar dari kebodohan dan ketertinggalan zaman.

Teman-teman yang berbahagia;

Adapun sikap cinta tanah air yang berikutnya adalah semangat kita dalam mengikuti upacara bendera hari Senin maupun hari-hari besar nasional.

Dari upacara, kita bisa mengenal bendera Merah Putih, lagu-lagu nasional, para pahlawan nasional, hingga simbol-simbol negara. Semua itu adalah wujud dari kecintaan kita terhadap Bumi Pertiwi.

Ketika mengikuti upacara, kita diajarkan untuk menjadi pribadi yang disiplin, rapi, dan pekerja keras. Selain itu, jangan lupa bahwa kita pula diajarkan untuk senantiasa menghormati orang lain, baik orang yang lebih tua maupun rekan-rekan sebaya.

Teman-teman yang berbahagia;

Perilaku cinta tanah air sejatinya tidaklah cukup hanya dengan melaksanakan kegiatan seremonial belaka.

Sesungguhnya ada banyak sikap dan perilaku lain yang berkaitan dengan cinta tanah air yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya terbatas pada lingkungan sekolah namun juga bisa diterapkan di lingkungan keluarga maupun masyarakat.

Apa contohnya?

Contohnya seperti menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar pada acara resmi, mewujudkan ketertiban dan ketentraman di lingkungan sekitar, belajar dengan sungguh-sungguh untuk mengharumkan nama bangsa dan negara Indonesia, hingga mengapreasiasi karya anak bangsa dengan berbelanja produk-produk dalam negeri.

Teman-teman yang berbahagia;

Tanpa ada sikap dan perilaku cinta tanah air, maka percayalah bahwa suatu hari nanti negara kita akan hancur karena dipimpin oleh generasi penerus yang kurang peduli.

Maka darinya, mari kita tingkatkan kepedulian dan kecintaan terhadap tanah air dengan memulainya dari diri sendiri, dengan semangat pantang menyerah dan rela berkorban.

Bapak, Ibu, serta teman-teman yang berbahagia;

Demikianlah pidato singkat yang bisa saya sampaikan pada kesempatan ini. Mohon maaf atas segenap khilaf dan salah.

Saya akhiri; Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Boleh Baca: Contoh Pidato Semangat Belajar dan Kerja Keras

Download Pidato Tema Cinta Tanah Air PDF

Untuk memudahkan kegiata Sobat Guru Penyemangat, berikut telah disediakan file PDF yang berisi  naskah pidato tentang Cinta Tanah Air yang bisa diunduh secara gratis.

Sobat Guru Penyemangat bisa memanfaatkan contoh pidato berikut untuk kebutuhan pembelajaran di sekolah, referensi tugas anak SD, dan sebagainya.

Silakan klik tombol download lalu tunggu beberapa saat untuk mendapatkan file teks pidato Cinta Tanah Air:

Pidato Cinta Tanah Air 119kb

***

Demikianlah sajian Guru Penyemangat tentang contoh teks pidato bertema Cinta Tanah Air yang bisa menjadi referensi dalam sambutan maupun tugas sekolah.

Semoga bermanfaat ya
Salam.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Guru Profesional, Guru Penggerak, Blogger, Public Speaker, Motivator & Juragan Emas.

Posting Komentar untuk "Contoh Teks Pidato Tentang Cinta Tanah Air Singkat dan Mudah Dihafal"