Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Pidato Persuasif Tentang Narkoba Singkat: Jangan Dekati Narkoba

Contoh Pidato Persuasif Tentang Narkoba
Contoh Pidato Persuasif Tentang Narkoba. Dok. Gurupenyemangat.com

Setop Narkoba!

Yaaap. Sebagai pelajar sekaligus generasi muda penerus bangsa, jangan sekali-kali kita mendekati narkoba.

Narkoba alias Narkotita, Psikitoprika, dan Zat Adiktif lainnya ialah bahan sekaligus zat berbahaya yang mampu mengancam bahkan meruntuhkan masa depan seorang remaja.

Maka dari itu, kita perlu memiliki ilmu pengetahuan dan belajar tentang materi narkoba seraya mengingatkan kepada teman-teman, keluarga, serta sanak saudara terkait bahaya narkoba dan akibat bagi para penggunanya.

Dan dalam kesempatan kali ini, Gurupenyemangat.com bakal menghadirkan contoh pidato persuasif bertema narkoba, bahaya narkoba, serta anjuran bagi pelajar dan remaja untuk tidak mendekati zat berbahaya ini.

Langsung disimak saja, ya.

Contoh Pidato Persuasif Tentang Narkoba 1: Jangan Dekati Narkoba

Contoh Pidato Persuasif Tentang Narkoba 1 Jangan Dekati Narkoba
Contoh Pidato Persuasif Tentang Narkoba 1: Jangan Dekati Narkoba. Dok. Gurupenyemangat.com

Assalamu’alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh

Selamat Pagi dan Salam Bahagia untuk Kita Semua

Alhamdulillahirobbil ‘alamin. Assalatu wassalamu ala asyrofil anbiya iwal mursalin, wa ala alihi wasohbihi ajma’in.

Yang Saya hormati, Bapak Kepala SD/SMP Negeri/Swasta Beserta Wakilnya

Yang Saya hormati, Bapak/Ibu Dewan Guru Beserta Staff dan Karyawan

Yang Saya hormati, Bapak/Ibu Wali Murid (jika ada)

Serta teman-teman seperjuangan yang senantiasa berbahagia.

Puji dan syukur kita lantunkan atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kita begitu banyak nikmat, terutama nikmat kesehatan sehingga kita bisa berkumpul di aula/gedung/lapangan ini dalam rangka melaksanakan kegiatan penyuluhan dan sosialisasi narkoba.

Shalawat berbingkaikan salam kita sampaikan kepada Nabiyullah Muhammad SAW. Semoga dengan seringnya bershalawat, kita akan mendapat syafaat beliau di Hari Kiamat Nanti.

Bapak, Ibu, serta teman-teman yang berbahagia. Berdirinya Saya di sini tiada lain ialah untuk menyampaikan pidato berjudul “Jangan Dekati Narkoba”.

Berbicara tentang narkoba, rasanya sudah kita ketahui bersama bahwa zat adiktif yang satu ini sangat berbahaya. Tidak hanya berbahaya bagi mereka yang ingin mencobanya, melainkan juga berbahaya bagi siapa saja yang dekat-dekat dan berurusan dengan narkoba.

Bukan tanpa alasan. Dalam pasal 127 ayat 1 Undang-Undang Narkotika dinyatakan bahwa:

(1) Setiap Penyalah Guna:

  • Narkotika Golongan I bagi diri sendiri dipidana dengan pidana penjara paling lama 4 (empat) tahun;
  • Narkotika Golongan II bagi diri sendiri dipidana dengan pidana penjara paling lama 2 (dua) tahun; dan
  • Narkotika Golongan III bagi diri sendiri dipidana dengan pidana penjara paling lama 1 (satu) tahun.

Dengan demikian, setiap pelaku narkoba alias narkotika, psikotropika, dan obat terlarang bakal diancam pidana dan denda. Lebih daripada itu, sifat zat adiktif yang mampu membuat seseorang mengalami halusinasi dan ketergantungan juga lambat laun bakal merusak jasmani dan rohani kita.

Teman-teman yang berbahagia;

Atas ancaman, denda, serta akibat lain terkait dengan penyalahgunaan narkoba, sudah semestinya kita perlu membentengi diri agar tidak dekat-dekat dengan zat kimia terlarang ini.

Selain itu, kita pula perlu menambah pengetahuan lebih lanjut terkait narkoba dengan cara mengikuti seminar, pelatihan, serta sosialiasi seperti yang diadakan sekarang.

Dan terakhir, mari kita gaungkan pula semangat anti narkoba pada generasi muda dengan cara yang lebih kreatif. Misalnya dengan membuat poster anti narkoba untuk pelajar, poster bahaya narkoba, serta poster stop narkoba.

Sadarilah bahwa narkoba hanyalah menawarkan nikmat sesaat bagi para penggunanya. Maka dari itu, selain mempelajari ilmu dan pengetahuan, kita juga perlu menguatkan iman dan takwa kepada Allah SWT.

Bapak, Ibu, serta teman-teman yang Saya Banggakan;

Kiranya demikian dulu pidato yang bisa Saya sampaikan pada kesempatan yang berbahagia ini. Ke depannya, marilah kita berupaya untuk tetap sehat, tetap semangat belajar, sekaligus menggaungkan semangat anti narkoba demi masa depan yang lebih cerah.

Banyak maaf, Saya akhiri;

Wassalamu’alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh

Salam Bahagia

Boleh Baca: Contoh Pidato Semangat Belajar di Masa Pandemi

Pidato Persuasif Tentang Narkoba Singkat: Narkoba Meruntuhkan Masa Depan

Pidato Persuasif Tentang Narkoba Singkat Narkoba Meruntuhkan Masa Depan
Pidato Persuasif Tentang Narkoba Singkat Narkoba Meruntuhkan Masa Depan. Dok. Gurupenyemangat.com

Assalamu’alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh

Selamat Siang dan Salam Semangat untuk Kita Semua

Yang Saya hormati, Bapak Kepala SD/SMP Negeri/Swasta Beserta Wakilnya

Yang Saya hormati, Bapak/Ibu Dewan Guru Beserta Segenap Staf dan Karyawan

Yang Saya hormati, Bapak/Ibu Wali Murid (jika ada)

Serta teman-teman seperjuangan yang senantiasa bersemangat.

Puji syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat kesehatan dan nikmat semangat sehingga kita bisa berkumpul di tempat ini dalam rangka melaksanakan kegiatan penyuluhan dan sosialisasi narkoba.

Shalawat berlantuntkan salam kita sampaikan kepada Nabi penutupnya para Nabi, Muhammad SAW. Semoga dengan seringnya bershalawat, kita akan mendapat syafaat beliau di Hari Kiamat Nanti.

Bapak, Ibu, serta teman-teman yang berbahagia. Pada kesempatan kali ini Saya ingin menyampaikan pidato berjudul “Narkoba Meruntuhkan Masa Depan”.

Sebelum itu, apakah benar narkoba mampu meruntuhkan masa depan seorang pelajar dan generasi muda?

Pastinya, ya. Narkoba alias Narkotika, Psikitoprika, dan Zat Adiktif lainnya memiliki pengaruh yang besar terhadap keberlanjutan kehidupan para penggunanya.

Sebagaimana yang dilansir dari situs HaloSehat, utamanya siapa saja yang menggunakan narkoba bakal mengalami 4 dampak buruk kesehatan:

Pertama, dampak depresan; yaitu keadaan di mana pemakai narkoba menjadi tidak sadarkan diri walaupun organ tubuhnya sedang bekerja.

Kedua, dampak halusinogen; yaitu keadaan di mana seorang pengguna narkoba berhalusinasi atau melihat sesuatu yang nyatanya tidak ada.

Ketiga, dampak stimulan; yaitu keadaan di mana seorang pengguna narkoba akan merasa lebih bertenaga dan bersemangat karena organ tubuhnya dipacu oleh zat adiktif. Namun, lambat laun organ tubuh manusia akan segera rusak karena kerjanya dipaksa.

Dan Keempat, dampak adiktif; yaitu keadaan ketika pengguna narkoba akan mengalami kecanduan alias sakaw. Mereka bakal ketagihan dengan narkoba, dan jika tidak dipenuhi maka tubuhnya akan kesakitan.

Teman-teman yang berbahagia;

Lebih daripada 4 dampak utama tadi, masih banyak pula bahaya narkoba lainnya yang mengancam bahkan meruntuhkan masa depan seorang pelajar.

Sebut saja seperti ganggguan sistem pernapasan, gangguan sistem reproduksi, gangguan pada hati, gangguan pada sistem peredaran darah, hingga perubahan fungsi otak. Narkoba yang hanya menawarkan kesenangan sesaat malah berakibat fatal bagi keselamatan diri seseorang.

Maka dari itulah, untuk menggapai cita-cita dan masa depan yang cerah kita perlu menjauhi narkoba. Jangan sekali-kali menggunakan narkoba apalagi hanya untuk kesenangan. Sadarilah bahwa kesenangan akan didapat oleh semua orang andai mereka mau berusaha dan berikhtiar.

Selain itu, dalam kehidupan sehari-hari kita pula perlu untuk senantiasa berpikir positif. Bertemanlah dengan orang-orang yang baik, dan berusahalah untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Dan terakhir, sadari pula bahwa masa muda kita ini terjadi cuma satu kali saja. Apa yang terjadi di masa lalu tidak bisa kita ulang lagi. Maka dari itu, mari kita lebih serius dan peduli dengan masa depan dengan cara bersemangat belajar dan menjauhi narkoba sejak hari ini.

Bapak, Ibu, serta teman-teman yang Saya banggakan;

Demikianlah pidato yang bisa Saya sampaikan dalam kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan mampu mencerahkan kita semua, terutama diri Saya pribadi. Banyak maaf, saya akhiri dengan pantun:

Ada gambar perahu di atas kertas
Ingin digambar silakan kau coba
Siapa anak pintar dan cerdas?
Ialah mereka yang menjauhi narkoba

Wassalamu’alaykum Warahmatullah Wabarakatuh

*

Boleh Baca: Gambar Kata-Kata Mutiara Semangat Belajar

Untuk mengunduh dokumen pidato persuasif bertema narkoba di atas, silakan klik link unduhan berikut:

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Contoh Pidato Persuasif Tentang Narkoba Singkat: Jangan Dekati Narkoba"

--