Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Teks Pidato Tentang Kenakalan Remaja, Singkat dan Mudah Dihafal

Contoh Teks Pidato Tentang Kenakalan Remaja
Contoh Teks Pidato Tentang Kenakalan Remaja. Dok. Gurupenyemangat.com

Dear Sobat Guru Penyemangat, kenakalan remaja atau yang istilah kerennya disebut juvenile delinquency merupakan adalah suatu perbuatan yang melanggar norma, aturan, etia, atau hukum dalam masyarakat yang dilakukan pada usia remaja atau transisi masa anak-anak ke dewasa.

Sederhananya, kenakalan remaja aktivitas pengabaian sosial yang berujung pada perilaku menyimpang.

Apakah hal tersebut berbahaya?

Tentu saja. Tidak hanya berbahaya bagi masa depan, perilaku bertajuk kenakalan remaja bahkan bisa membahayakan kesehatan dan keselamatan diri seorang remaja.

Maka dari itulah kita perlu terus menyuarakan pidato, sambutan, serta upaya-upaya persuasif dalam rangka mencegah terjadinya perilaku kenakalan remaja.

Berikut teks pidato singkat tentang kenakalan remaja di era sekarang beserta solusinya. Cocok untuk sambutan, ujian praktik, atau bahan belajar.

Mari disimak ya:

Teks Pidato Singkat Tentang Kenakalan Remaja di Era Sekarang Beserta Solusinya

Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh
Selamat Pagi dan Salam Sehat untuk Kita Semua

Alhamdulillah. Assalatu wassalamu ‘ala rasulillah, wa ‘ala alihi wasohbihi wa mawwalah. Allahumma sholli ‘ala Muhammad, wa ‘ala ali Sayyidina Muhammad.

Yang terhormat, Bapak/Ibu Kepala Sekolah……
Yang saya hormati, Bapak Ibu Dewan Guru……
Serta teman-teman seperjuangan yang berbahagia;

Pertama dan yang paling utama, marilah kita bersyukur kepada Allah atas segala nikmat, terutama nikmat sehat dan kesempatan sehingga pada hari ini kita bisa saling bertegur sapa, bisa menuntut ilmu, dan meningkatkan tali silaturahmi.

Shalawat dan salam mari kita hadiahkan kepada Rasulullah Teladan Umat, Muhammad SAW. Semoga dengan seringnya bershalawat kita akan mendapat pertolongan beliau di hari kiamat nanti.

Bapak, Ibu, serta teman-teman yang berbahagia;

Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya ingin menyampaikan pidato tentang kenakalan remaja di era sekarang beserta solusinya.

Teman-teman yang saya banggakan;

Sadarkah kita bahwa berbeda era, maka berbeda pula kenakalan remaja yang terjadi?

Kenyataannya demikian. Jikalau di era dulu perilaku kenakalan remaja berkisar pada aktivitas bolos sekolah, membohongi orang tua, melawan kepada guru, hingga tidak mematuhi tata tertib sekolah, maka zaman sekarang contoh perilaku menyimpang malah bertambah.

Ya, di era digital, jenis-jenis kenakalan remaja tidak hanya ada di dunia nyata namun ramai pula di dunia maya.

Bisa kita lihat dan saksikan bersama bahwa di media sosial sekarang banyak berita-berita hoaks, saling caci-mencaci antara remaja yang satu dengan remaja lainnya, saling ribut dengan bergantian memosting tulisan Facebook yang berisi ujaran kebencian, pacaran di media sosial, judi online dan lain sebagainya.

Atas perilaku-perilaku di luar batas kewajaran sebagai seorang remaja berpendidikan yang saya sebutkan tadi, tidak jarang berakhir menjadi tawuran, pertengkaran, pernikahan dini, hamil di luar nikah, serta pencemaran nama baik.

Bagi seorang remaja sekaligus generasi penerus bangsa, sungguh hal tersebut sangatlah merugikan.

Teman-teman yang saya banggakan;

Beragam contoh perilaku kenakalan remaja yang terjadi pada era globalisasi sekaligus digitalisasi seperti sekarang ini tentu disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari faktor internal dan eksternal.

Faktor internal yang memengaruhi munculnya tindakan penyimpangan di kalangan remaja seperti adanya krisis identitas dan lemahnya kontrol emosi pada diri seorang remaja.

Adapun faktor eksternalnya seperti; kuranganya perhatian dan kasih sayang dari orang tua, rendahnya pemahaman remaja tentang agama dan nilai-nilai Pancasila, pengaruh lingkungan, pergaulan bebas, hingga aktivitias media sosial yang tidak sehat.

Teman-teman yang saya berbahagia;

Apakah ada solusi yang bisa kita lakukan sebagai seorang remaja agar tidak terjerumus ke dalam jurang yang bernama kenakalan remaja?

Nah, beberapa solusi yang bisa kita lakukan yakni;

Pertama, Fokus kepada Pendidikan dan Masa Depan

Ya, hal pertama yang harus kita sadari sebagai seorang remaja ialah “kita adalah pelajar”. Itulah identitas dan jati diri kita.

Maka dari itu, sebagai seorang remaja yang cerdas kita wajib menuntut ilmu, menambah keterampilan, mendalami ilmu agama, serta fokus menggapai masa depan.

Dengan bersekolah dan menuntut ilmu, pelan-pelan kita akan menyadari mana yang haq dan mana yang batil, mana yang benar dan mana yang salah, mana perilaku benar dan mana perilaku yang menyimpang.

Solusi Kedua, Lebih dekat dengan Orang Tua

Teman-teman yang saya banggakan;

Terkadang awal mula kemunculan perilaku kenakalan remaja ialah karena kurangnya perhatian orang tua kepada anak.

Maka darinya, mari kita pangkas hubungan renggang antara anak dan orang tua, tidak menutup-nutup masalah serta berbicara terbuka kepada mereka jika ada persoalan.

Solusi Ketiga, Membatasi Pergaulan

Masa-masa remaja adalah momentum yang rawan. Ibarat ilalang, remaja itu masih lemah jati dirinya dan mudah untuk terombang-ambing ketika ditiup angin. Jika angin bertiup ke selatan, kita akan condong ke selatan, jika angin bertiup ke utara, kita pun membengkok ke utara.

Maka dari itulah, cara terbaik untuk menghindari kenakalan remaja ialah dengan membatasi pergaulan. Pilihlah teman yang berkualitas, karena kebaikan itu bisa menular.

Teman-teman yang saya banggakan;

Solusi Keempat, Bijak dalam Bermedia Sosial

Kita sama-sama menyadari bahwa media sosial itu ibarat dua mata pedang yang sama-sama tajam. Jika kita manfaatkan dengan baik, maka banyak kebaikan yang bisa didapat dari medsos.

Sebaliknya? Media sosial pula bisa merusak masa depan atau bahkan menghancurkan hidup seseorang bila dimanfaatkan dengan cara yang salah.

Maka darinya, mari kita bijak di media sosial, patuhi etika berkomunikasi di dunia digital, dan lebih serius di dunia nyata.

Bapak, Ibu, serta teman-teman yang berbahagia;

Di luar daripada solusi yang saya sampaikan tadi, tentu masih banyak opsi yang bisa kita lakukan dalam rangka mengatasi dan meminimalisasi perilaku kenakalan remaja.

Pada dasarnya, yang terpenting saat ini adalah bagaimana cara kita agar bisa menjaga diri, membentengi diri, serta fokus untuk menggapai cita-cita dan masa depan.

Nah, demikianlah pidato yang bisa saya sampaikan pada kesempatan yang mulia ini. Mohon maaf atas segala khilaf dan salah.

Saya akhiri;
Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Boleh Baca: Contoh Cerpen Tentang Kenakalan Remaja Singkat

Download Pidato Kenakalan Remaja PDF

Untuk membantu keperluan Sobat, berikut Guru Penyemangat sudah siapkan contoh teks pidato tentang kenakalan remaja yang singkat dan mudah dihafal dalam format PDF.

Contoh pidato ini bisa Sobat jadikan bahan referensi belajar, materi sambutan, atau materi pidato untuk memenuhi tugas ujian praktik.

Silakan klik tombol download lalu tunggu beberapa saat untuk mendapatkan dokumen PDF pidato bertema kenakalan remaja:

Pidato Kenakalan Remaja 203kb

***

Demikianlah tadi seutas sajian Guru Penyemangat tentang contoh teks pidato bertema kenakalan remaja khususnya di era sekarang yang singkat dan mudah dihafal.

Semoga bermanfaat ya
Salam.

Lanjut Baca: Teks Pidato Semangat Belajar dan Bekerja Keras

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Contoh Teks Pidato Tentang Kenakalan Remaja, Singkat dan Mudah Dihafal"