Widget HTML #1

Download Buku PAI SMP Kelas 8 Kurikulum 2013 PDF untuk Pegangan Siswa dan Guru (Revisi Terbaru)

Download Buku PAI SMP Kelas 8 Kurikulum 2013 PDF
Download Buku PAI SMP Kelas 8 Kurikulum 2013 PDF.

Hai Sobat Guru Penyemangat, sudah punya buku pegangan utama mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti hari ini?

Dalam pembelajaran di kelas terutama pada jenjang SMP, kehadiran buku ajar rasa-rasanya merupakan hal yang mutlatk bahkan wajib untuk dipenuhi.

Tidak hanya siswa, guru pun dirasa sangat perlu untuk memiliki buku ajar supaya desain pembelajaran menjadi lebih tertata dan mampu mengajar sesuai target dan panduan Kurikulum 2013.

Nah, kalau soal target sebenarnya tinggal disesuaikan saja sih. Tidak harus disuapi siswanya, tidak harus dipaksa pula mereka supaya bisa menuntaskan berjubel Komptensi dalam waktu singkat.

Yang penting siswa mau dan mampu untuk mendalami, menyelami, mempraktikkan dalam kehidupan sehari-hari, hingga memberikan sintesa, analisa, dan evaluasi.

Terang saja, materi PAI pada jenjang SMP kelas 8 itu sangat dekat dengan keseharian siswa. Selain itu, dalam lingkup agama mereka sangatlah memerlukan pemahaman dan praktik yang benar supaya tidak terjerumus ke dalam perkara keji dan mungkar.

Nah, pada postingan kali ini Gurupenyemangat.com telah menyiapkan file unduhan dokumen buku PAI.

File unduhan dokumen buku PAI jenjang SMP kelas 8 berikut disusun berdasarkan Kurikulum 2013 untuk pegangan siswa dan guru.

Mari disimak ya:

Buku PAI Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru untuk Siswa

Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti jenjang SMP kelas 8 untuk siswa revisi terbarunya ialah keluaran Kemendikbud tahun 2017.

Buku ini terdiri atas 14 bab dengan total 263 halaman. Dengan demikian, dalam satu semester, siswa bakal menghabiskan setidaknya 7 bab.

Atau, jika memungkinkan guru juga bisa memberikan 8 bab di semester pertama dan 6 bab materi ajar di semester kedua. Meski begitu, lagi-lagi ditekankan bahwa tidak harus mengejar target ketercapaian Kurikulum sampai kelabakan. Hehe.

Berikut rincian materi pelajaran yang tertuang dalam Buku PAI Siswa Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi Tahun 2017:

Bab 1: Meyakini Kitab-kitab Allah, Mencintai Al-Qur’an

Bab 2: Menghindari Minuman Keras, Judi, dan Pertengkaran

Bab 3: Mengutamakan Kejujuran dan Menegakkan Keadilan

Bab 4: Lebih Dekat Kepada Allah dengan Mengamalkan Śalat Sunnah

Bab 5: Jiwa Lebih Tenang dengan Banyak Melakukan Sujud

Bab 6: Pertumbuhan Ilmu Pengetahuan pada Masa Umayyah

Bab 7: Rendah Hati, Hemat, dan Sederhana Membuat Hidup Lebih Mulia

Bab 8: Meneladani Sifat-Sifat Mulia dari Rasul Allah SWT

Bab 9: Hormat dan Patuh Kepada Orang Tua dan Guru

Bab 10: Menghiasi Pribadi dengan Berbaik Sangka dan Beramal Saleh

Bab 11: Ibadah Puasa Membentuk Pribadi yang Bertakwa (Boleh Baca: Kumpulan Pertanyaan Tentang Puasa di Bulan Ramadan)

Bab 12: Mengonsumsi Makanan dan Minuman yang Halal dan Menjauhi yang Haram

Bab 13: Pertumbuhan Ilmu Pengetahuan pada Masa Abbasiyah

Bab 14: Hidup Sehat dengan Makanan dan Minuman yang Halal serta Bergizi

Bila kita cermati, ada beberapa materi ajar yang memiliki keterpautan alias hubungan yang sangat dekat. Contohnya seperti bab 12 dan 14.

Keduanya berfokus kepada materi pembelajaran tentang makanan dan minuman yang halal dan haram, dan pada bab 14 diterangkan lebih lanjut tentang manfaat dari makanan halal tersebut.

Dengan demikian, akan sangat baik bagi guru maupun siswa untuk mempelajari kedua bab tersebut secara berurutan dan berkesinambungan.

Selain itu, buku pegangan siswa mata pelajaran PAI dan BP kelas 8 ini muatannya cukup lengkap. Selain menyajikan ilustrasi gambar yang menarik, tersedia pula mutiara khazanah, dialog islami, kisah renungan, mutiara akhlak, rangkuman, hingga latihan soal.

Hadirnya kelengkapan tersebut akan memudahkan siswa dalam mengulang pelajaran PAI kelas 8 di rumah baik secara mandiri, kelompok, maupun dengan bimbingan orang tua.

Buku PAI Kelas 8 SMP Kurikulum 2013 untuk Guru

Buku PAI Kelas 8 SMP Kurikulum 2013 untuk Guru
Buku PAI Kelas 8 SMP Kurikulum 2013 untuk Guru

Tidak jauh berbeda, buku PAI kelas 8 pegangan guru juga diperuntukkan untuk memudahkan para pengajar mapel PAI dalam merencanakan, melaksanakan, dan melakukan penilaian terhadap proses pembelajaran PAI.

Di dalam buku pegangan guru ini sudah tersedia Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, Tujuan Pembelajaran, Proses Pembelajaran, Penilaian, Pengayaan, Remedial, hingga Interaksi Orang Tua.

Kehadiran Buku Guru mapel PAI untuk jenjang SMP kelas 8 dapat membantu memudahkan guru dalam menentukan target mengajar, alokasi waktu materi dalam setiap bab, hingga menyediakan waktu khusus untuk melakukan refleksi pembelajaran.

Selain daripada itu, bersandar pada proses pembelajaran yang tertuang di buku, selain menjadi panduan guru juga bisa mengembangkan metode ajar, strategi ajar, hingga pendekatan pembelajaran demi menyukseskan pembelajaran PAI.

Lebih khusus daripada itu, dipersilakan pula bagi guru untuk mengembangkan teknik evaluasi yang disesuaikan dengan kondisi, situasi, dan kemampuan siswa kelas 8 di SMP maupun MTs tempat guru mengajar.

Download Buku PAI Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru PDF

Guru Penyemangat telah menyediakan link unduhan dokumen buku PAI kelas 8 SMP baik untuk pegangan siswa maupun guru.

Secara umum, buku-buku ini bisa diunduh di laman resmi Kemendikbud, sedangkan Guru Penyemangat hanya membantu Sobat agar lebih mudah dalam mendapatkan dokumen PDF-nya.

Buku PAI kelas 8 SMP ini biasanya sudah dicetak secara massal, namun dokumen PDF-nya akan sangat bermanfaat bagi siswa saat belajar di rumah. Pun demikian pula bagi guru.

Untuk mendapatkan dokumennya, silakan klik tombol download berikut:

Buku PAI Siswa Kelas 8 PDF

Buku PAI Guru Kelas 8 PDF

***

Demikianlah tadi seutas sajian Guru Penyemangat tentang dokumen Buku PAI kelas 8 SMP Kurikulum 2013 revisi terbaru untuk siswa dan guru yang bisa diunduh dalam format PDF.

Semoga bermanfaat ya
Salam.

Lanjut Baca:

Download Buku PAI Kelas 7 SMP PDF (Untuk Siswa dan Guru)

Download Buku PAI Kelas 8 SMP PDF (Untuk Siswa dan Guru)

Download Buku PAI Kelas 9 SMP PDF (Untuk Siswa dan Guru)

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Guru Profesional, Guru Penggerak, Blogger, Public Speaker, Motivator & Juragan Emas.

Posting Komentar untuk "Download Buku PAI SMP Kelas 8 Kurikulum 2013 PDF untuk Pegangan Siswa dan Guru (Revisi Terbaru)"