Widget HTML #1

Download Buku PAI SMP Kelas 7 Kurikulum 2013 PDF Revisi Terbaru (Pegangan Siswa dan Guru)

Download Buku PAI SMP Kelas 7 Kurikulum 2013 PDF Revisi Terbaru
Download Buku PAI SMP Kelas 7 Kurikulum 2013 PDF Revisi Terbaru

Bismillah, hai Sobat Guru Penyemangat. Apakah Sobat sudah menyiapkan administrasi belajar PAI?

Salah satu administrasi belajar-mengajar yang utama ialah buku teks alias buku pegangan siswa maupun guru setiap mata pelajaran, tidak terkecuali mata pelajaran PAI dan BP.

Berbeda dengan jenjang SD, pelajaran PAI di jenjang SMP kelas 7 semester 1 dan semester 2 mulai merambah ke hal-hal kompleks.

Selain itu, siswa juga diharapkan mampu melakukan praktik, menyelesaikan proyek, serta menerapkan praktik-praktik fikih yang sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari sekaligus kesempurnaan beribadah.

Maka dari itulah, buku PAI SMP kelas 7 yang disusun oleh tim Kemendikbud berdasarkan Kurikulum 2013 revisi terbaru dirasa perlu untuk dimiliki oleh siswa dan guru baik dalam bentuk cetakan.

Nah, untuk membantu keperluan siswa dan guru, Gurupenyemangat.com telah menyiapkan dokumen buku PAI kelas 7 dengan format PDF.

Dokumen buku PAI SMP kelas 7 Kurikulum 2013 revisi terbaru berikut bisa diunduh secara gratis baik untuk siswa maupun guru.

Mari disimak terlebih dahulu ya:

Buku PAI SMP Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru untuk Siswa

Hingga saat ini, revisi terbaru dari buku PAI jenjang SMP untuk kelas 7 berdasarkan Kurikulum 2013 ialah terbitan dan cetakan tahun 2017.

Semenjak Mas Nadiem menduduki tahta Mendikbud, belum ada lagi revisi terbaru buku pegangan siswa mata pelajaran PAI jenjang SMP kelas 7.

Meski begitu, tahun demi tahun perubahan teks buku sebenarnya tidaklah signifikan. Yang berubah hanyalah tahun cetak, beberapa kesalahan ejaan, serta perpindahan bab.

Adapun terkait dengan buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas 7 SMP K-13 revisi terbaru ini memuat 13 bab.

Dengan demikian, pelajaran PAI untuk siswa kelas 7 selama semester 1 akan menghabiskan 7 bab, dan sisanya adalah 6 bab untuk materi ajar semester 2.

Berikut rincian bab yang tertuang dalam buku PAI kelas 7 SMP Kurikulum 2013 Revisi Terbaru:

Bab 1. Lebih Dekat dengan Allah SWT yang Sangat Indah Nama-Nya

Bab 2. Hidup Tenang dengan Kejujuran, Amanah, dan Istiqamah (Boleh Baca: Soal Materi Jujur dan Menepati Janji + Quiz)

Bab 3. Semua Bersih, Hidup Jadi Nyaman

Bab 4. Indahnya Kebersaman dengan Berjamaah

Bab 5. Selamat Datang Nabi Kekasihku

Bab 6. Dengan Ilmu Pengetahuan Semua Menjadi Lebih Mudah

Bab 7. Ingin Meneladani Ketaatan Malaikat-Malaikat Allah SWT

Bab 8. Berempati Itu Mudah, Menghormati Itu Indah

Bab 9. Memupuk Rasa Persatuan pada Hari yang Kita Tunggu

Bab 10. Islam Memberikan Kemudahan melalui Salat Jamak dan Qasar

Bab 11. Hijrah ke Madinah, Sebuah Kisah yang Membanggakan

Bab 12. Al-Khulafau Ar-Rasyidµn Penerus Perjuangan Nabi Muhammad SAW

Bab 13. Hidup Lebih Damai dengan Ikhlas, Sabar, dan Pemaaf

Bila kita cermati secara mendetail, bab 1 dan bab 7 adalah pelajaran khusus Aqidah. Bab 2, bab 8, dan bab 13 adalah pelajaran tentang akhlak. Bab 3, bab 4, bab 9 dan bab 10 adalah materi fikih. Bab 6 materi Al-Qur’an dan hadis. Sedangkan bab 5, bab 10, dan bab 11 adalah materi SKI.

Untuk lebih jelas dan detailnya, Sobat Guru Penyemangat bisa memeriksa tiap bab, karena secara lebih khusus ada pula pelajaran tajwid dan tahsin yang tersemat pada tiap-tiap bab.

Dalam buku PAI pegangan siswa kelas 7 Kurikulum 2013 revisi terbaru ini termuat materi renungan, ajakan untuk mencermati dialog, gambar dan fenomena, pemahaman materi, rangkuman, hingga soal-soal latihan.

Dengan adanya rangkaian pembelajaran tersebut diharapkan siswa kelas 7 bisa lebih mudah dan terbantu dalam memahami tiap-tiap poin pelajaran Agama Islam sesuai dengan kompetensi yang diharapkan.

Buku PAI SMP Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru untuk Pegangan Guru

Buku PAI SMP Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru untuk Pegangan Guru
Buku PAI SMP Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru untuk Pegangan Guru

Selain buku siswa, ada pula buku PAI pegangan guru untuk jenjang SMP kelas 7 berdasarkan Kurikulum 2013 revisi terbaru.

Buku pegangan guru berikut berisikan KI, KD, tujuan pembelajaran, proses pembelajaran, hingga detail khusus tentang evaluasi pembelajaran yang disesuaikan dengan bab-bab materi di buku siswa.

Guru diperbolehkan untuk menjadikan buku pegangan sebagai rujukan dalam merancang pembelajaran, tapi juga diberikan kemerdekaan untuk mengembangkan metode dan strategi mengajar PAI untuk siswa kelas 7.

Ya, lagi-lagi buku teks hanyalah panduan agar guru bisa mengajar lebih mudah, tertata, terarah, serta menyesuaikannya dengan Kurikulum yang berlaku secara nasional.

Karena pelajaran PAI di jenjang SMP memiliki cakupan yang meluas dan melebar, maka diharapkan guru mampu bersikap arif dan bijaksana dalam menghadapi kemungkinan adanya perbedaan pendapat dan pengamalan (khilafiyah) yang muncul di kalangan siswa.

Misalnya seperti perbedaan gerakan shalat, perbedaan bacaan doa iftitah, Shalat Jumat dengan sekali dan dua kali azan, serta permasalahan khilafiyah yang semisalnya.

Download Buku PAI SMP Kelas 7 Kurikulum 2013 PDF untuk Siswa dan Guru

Untuk memudahkan siswa dan guru dalam rangka menyukseskan kegiatan belajar mengajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti, Guru Penyemangat telah menyiapkan dokumen buku PAI.

Dokumen buku PAI untuk jenjang SMP kelas 7 berikut sudah sesuai dengan Kurikulum 2013 dan merupakan dokumen PDF revisi terbaru yang cocok untuk pegangan siswa maupun guru.

Silakan klik tombol download berikut untuk mendapatkan file buku PAI SMP Kelas 7:

Buku PAI SMP Kelas 7 untuk Siswa PDF

Buku PAI SMP Kelas 7 untuk Guru PDF

***

Demikianlah tadi secarik sajian Guru Penyemangat tentang link download buku PAI SMP kelas 7 Kurikulum 2013 revisi terbaru sebagai pegangan bagi siswa maupun guru.

Semoga bermanfaat ya
Salam.

Lanjut Baca:

Download Buku PAI Kelas 7 SMP PDF (Untuk Siswa dan Guru)

Download Buku PAI Kelas 8 SMP PDF (Untuk Siswa dan Guru)

Download Buku PAI Kelas 9 SMP PDF (Untuk Siswa dan Guru)

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Guru Profesional, Guru Penggerak, Blogger, Public Speaker, Motivator & Juragan Emas.

Posting Komentar untuk "Download Buku PAI SMP Kelas 7 Kurikulum 2013 PDF Revisi Terbaru (Pegangan Siswa dan Guru)"