Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Belajar yang Efektif dan Efisien di Rumah Maupun di Sekolah Saat Pandemi Corona

Cara Belajar yang Efektif dan Efisien di Rumah Maupun di Sekolah
Cara Belajar yang Efektif dan Efisien di Rumah Maupun di Sekolah. Dok. Gurupenyemangat.com

Hai, Sobat Guru Penyemangat, masihkah dirimu semangat belajar hari ini? Semoga senantiasa dan selalu semangat ya.

Entah itu belajar dari rumah maupun belajar di sekolah, semangat diri harus terus membuncah. Jika kita bosan, jenuh, dan malas, akan semakin banyak waktu yang terbuang.

Nyatanya hidup akan terus berlanjut dan waktu yang berlalu tiada dapat diulang lagi. Maka dari itulah kita harus memanfaatkan kesempatan belajar dengan sebaik mungkin.

Ada banyak cara belajar yang efektif dan efisien baik saat kita menimba ilmu di rumah maupun di sekolah pada situasi pandemi corona.

Mau tahu? Baiklah, simak ulasan Gurupenyemangat.com berikut ya:

Cara Belajar Efektif dan Efisien di Rumah

Cara Belajar Efektif dan Efisien di Rumah
Cara Belajar Efektif dan Efisien di Rumah. Dok. Gurupenyemangat.com

1. Tetapkan Waktu Belajar Rutin

Semua orang bisa belajar, tapi tidak banyak yang mampu belajar secara efektif terutama saat di rumah.

Dengan demikian, cara belajar yang efektif ialah dengan menetapkan waktu belajar rutin disertai dengan konsistensi.

Maksudnya begini; dalam satu hari minimal kita sudah meluangkan waktu untuk belajar. Misalnya pada waktu pagi setelah Subuh dan sore hari.

Biarpun hanya sebentar, yang penting kita merasa butuh dan rutin sehingga waktu belajar yang digunakan lebih efisien.

Sadarilah bahwa orang-orang yang sedang butuh ilmu bakal serius untuk menguasainya.

2. Ciptakan Suasana Rumah yang Menyenangkan

Sadar atau tidak, kita belajar itu terkadang bergantung kepada mood. Kadang semangat, kadang loyo, kadang mengantuk, kadang pula jenuh. Terus-terusan begitu.

Boleh Baca: Kumpulan Poster Motivasi Semangat Belajar

Untuk mendapatkan cara belajar yang efektif di rumah, sebenarnya kita hanya perlu menciptakan suasana yang bakal membuat kegiatan pembelajaran menjadi lebih efektif.

Yup, salah satu hal terpenting yaitu suasana rumah yang menyenangkan.

Adapun hal-hal kecil di rumah yang mampu mendongkrak semangat belajar efektif misalnya menyetel meja belajar, merapikan buku-buku, belajar sambil mendengarkan musik, atau belajar sembari mengonsumsi cemilan.

3. Mendesain Materi Pelajaran

Di masa pandemi corona kita sebagai siswa dituntut untuk lebih giat belajar secara mandiri. Karena aktivitas sehari-hari lebih banyak di rumah, maka agar lebih efektif kita perlu mendesain materi pelajaran.

Yup. Tidak perlu menghapal banyak materi karena kegiatan tersebut bakal membuat dirimu jenuh.

Salah satu hal terbaik yang bisa kita tempuh adalah meringkas atau merangkum materi pelajaran sembari memindahkannya ke buku tulis.

Agar lebih efektif dan efisien, berbagai materi pelajaran bisa kita buatkan poin-poin penting alias kata kunci untuk memahaminya, diwarnai dengan stabilo, atau bisa pula dibuatkan peta pikiran.

Dengan cara itu materi pelajaran kita terlihat lebih simpel dan menarik untuk dibaca maupun diingat.

4. Memanfaatkan Berbagai Media Belajar

Jika dirimu bosan belajar menggunakan media buku, maka tidak ada salahnya bagi kita untuk mulai belajar dari berbagai media. Bisa dari televisi edukasi, radio edukasi, hingga YouTube.

Mulailah dengan niat yang fokus agar kita tidak terjerembab ke dalam jurang kelalaian.

Takutnya begini; tadi dirimu niatnya cari materi belajar di YouTube, eh baru sebentar menjelajah langsung betah nonton anime. Kan kuotamu bakal hanyut. Eh. Wkwk

5. Meminta Bimbingan kepada Orang Tua, Guru, atau Teman

Belajar mandiri dan efektif di rumah itu sesungguhnya tidak seindah teori. Hahaha. Jangankan anak SD, anak SMP maupun SMA saja masih sangat sulit untuk belajar mandiri.

Tambah lagi ketika kita sedang menemui kebuntuan. Jika kita kebanyakan bengong, maka waktu belajar di rumah menjadi tidak efisien. Bahkan kita sendiri malah tidak semangat.

Boleh Baca: Apa Saja Faktor yang Membuat Kita Tidak Semangat Belajar?

Untuk itulah, jangan malu untuk meminta orang tua mendampingi, berdiskusi dengan guru via media perpesanan, dan boleh pula belajar kelompok dengan teman.

Cara Belajar yang Efektif dan Efisien di Sekolah

Cara Belajar yang Efektif dan Efisien di Sekolah
Cara Belajar yang Efektif dan Efisien di Sekolah. Dok. Gurupenyemangat.com

Sejatinya suasana belajar di rumah dengan di sekolah itu cukup berbeda. Sekilas, mungkin kegiatan belajar di sekolah lebih efektif dan menyenangkan.

Tapi nyatanya? Tidak sesederhana itu, Teman. Ada banyak siswa yang bersekolah, tapi mereka tidak belajar.

Ya, seperti saat situasi pandemi sekarang ini. Tidak sedikit siswa yang ingin datang ke sekolah hanya untuk melepas penat, malas dan lelah dengan aktivitas di rumah saja.

Boleh Baca: 15 Cara Mengatasi Kemalasan Belajar

Maka dari itulah, sebagai seorang pelajar kita perlu menempuh 5 cara belajar yang efektif dan efisien saat di sekolah. Berikut sajiannya:

1. Menyiapkan Bahan Pelajaran

Penting bagi kita untuk selalu menyiapkan bahan pelajaran sebelum berangkat ke sekolah. Dirimu mungkin bisa mencontoh Upin & Ipin yang selalu diminta oleh Kak Ros untuk menyiapkan bahan pelajaran esok hari.

Atau, dirimu pula bisa mencontoh Sizuka dan Dekisugi yang rutin mengerjakan tugas sepulang sekolah.

Pada dasarnya menyiapkan bahan pelajaran itu merupakan cara belajar efektif dan efisien yang pertama.

Sebagai seorang guru, Admin Guru Penyemangat menyadari betul bahwa siswa yang buku pelajarannya ketinggalan akan sulit fokus belajar. Hemm, padahal sudah capek-capek datang ke sekolah, kan?

2. Fokus Menyimak Penjelasan Guru

Di era digital seperti hari ini kita bisa belajar di mana saja, kapan saja, dengan siapa saja, serta menggunakan media apa saja.

Banyaknya ilmu laksana bintang-bintang yang menghiasi langit. Tapi kita perlu ingat bahwa cara belajar yang efektif utamanya bisa ditempuh dengan cara fokus menyimak penjelasan guru.

Mengapa? Karena guru itu bak mataharinya ilmu. Matahari memang cuma satu, tapi ketika ia bersinar, maka jutaan bintang-bintang di langit akan kalah terang dengan matahari.

Apa artinya? Bahwa belajar dari guru itu tetap sangat penting biarpun kita bisa belajar sendiri.

Agar waktu belajar di sekolah menjadi lebih efisien, maka fokuskanlah diri kita terutama di saat guru menjelaskan materi pelajaran. Sering kali materi yang dijelaskan guru dijadikan soal ujian.

Eh, tapi diam-diam saja, ya. Ini rahasia dari guru untuk siswa. Ehem

3. Berani Bertanya

Sudah susah-susah datang ke sekolah, tapi ketika duduk di kelas siswa hanya diam saja tanpa mau berkata-kata. Adakah yang begitu di antara kalian?

Nah, semoga tidak, ya.

Sebagaimana peribahasa yang mengatakan bahwa; “Malu bertanya sesat di jalan”, maka semakin dirimu malu bertanya tentang pelajaran, semakin tidak efektiflah cara belajarmu.

Lebih dari itu, waktu sekolah yang kita gunakan jadi tidak efisien karena hanya sedikit ilmu dan pengetahuan yang bisa didapatkan.

Maka dari itulah, jangan pernah malu untuk bertanya kepada guru. Jika dirimu merasa sulit dalam menyusun kalimat pertanyaan, silakan catat di rumah dan nanti bacakan kepada guru saat kelas belajar dimulai.

4. Mau Berdiskusi Bersama Teman

Sejatinya kita bisa belajar sendiri, bisa belajar dari pengalaman, dan bisa pula mendapatkan ilmu baru saat berdiskusi dengan teman sekelas.

Ya, karena berdiskusi memang merupakan salah satu cara belajar efektif untuk meningkatkan daya analisis, berpikir kritis, serta berpikir ala problem solving.

Biasanya tidak sedikit siswa yang agak tertutup dan segan berbicara dengan guru, tapi saat mengutarakan pendapatnya kepada sesama teman, eh ternyata lancarnya bukan main.

Jadi, berdiskusi dan berdialog bersama teman sekelas saat di sekolah juga bisa menjadi salah satu cara belajar yang efektif dan efisien, kan? 

5. Catatlah Ilmu dan Pengetahuan Baru

Imam Syafi’i pernah mengatakan bahwa ilmu itu laksana binatang buruan, dan aktivitas menulis adalah jalan terbaik untuk mengikat ilmu.

Apa artinya? Untuk mendulang kegiatan belajar yang efektif, kita jangan bosan untuk mencatat ilmu dan pengetahuan baru.

Syahdan, bagaimana cara mencatat materi pelajaran yang efisien?

Nah, kita tidak perlu mencatat semua kata-kata yang ada di buku. Rangkum saja kalimat yang dirasa penting dan tulislah di buku catatanmu dengan gaya semenarik mungkin.

Kamu bisa buatkan peta pikiran, rangkuman berupa poin-poin, dan sebagainya. Dengan cara tersebut, buku catatanmu terlihat lebih berwarna dan enak untuk dibaca ulang.

***

Nah, demikianlah tadi sajian Guru Penyemangat tentang cara belajar yang efektif dan efisien baik di rumah maupun di sekolah selama pandemi corona.

Pada dasarnya banyak cara untuk belajar, tapi semuanya dikembalikan kepada diri kita masing-masing. Sebutuh apa kita terhadap pelajaran, seserius itu pula kita akan menempuhnya.

Maka dari itu, lakukanlah yang terbaik dan jalani aktivitas belajarmu dengan semangat.

Salam.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Cara Belajar yang Efektif dan Efisien di Rumah Maupun di Sekolah Saat Pandemi Corona"

--