Widget HTML #1

Langkah-Langkah Mengatasi Kemalasan dalam Belajar di Masa Pandemi, Tempuh 15 Cara Ini!

15 Langkah dan Cara Mengatasi Kemalasan Belajar
15 Langkah dan Cara Mengatasi Kemalasan Belajar. Dok. Gurupenyemangat.com

Malas? Aih. Rasa-rasanya kata “malas” adalah alasan termudah nan sederhana yang bisa diucapkan oleh siapa saja ketika dirinya sedang tidak mood atau malah bosan dalam belajar.

Terang saja, tidak semua materi pelajaran itu menyenangkan, tidak semua guru mengasyikkan, juga tidak setiap waktu kita punya motivasi belajar yang membuncah.

Terlebih lagi dengan suasana alias situasi di masa pandemi seperti saat sekarang ini. Corona sedikit demi sedikit menghadirkan keruwetan dalam dunia pendidikkan, terutama dari sistem belajar.

Imbasnya, muncul berbagai sikap kemalasan belajar karena rasa bosan. Guru Penyemangat pikir, rasa malas yang terlalu lama dibiarkan akan berbahaya dan mengganggu penggapaian cita-cita.

Maka dari itulah, di sini Gurupenyemangat.com akan menghadirkan segenap cara untuk mengatasi kemalasan belajar di masa pandemi.

Mari disimak, siapa tahu cocok untukmu, ya:

Langkah-Langkah Mengatasi Kemalasan dalam Belajar di Masa Pandemi

Langkah-Langkah Mengatasi Kemalasan dalam Belajar di Masa Pandemi
Langkah-Langkah Mengatasi Kemalasan dalam Belajar di Masa Pandemi. Dok. Gurupenyemangat.com

Dirimu pasti menyadari bahwa tidak ada langkah pasti untuk mengusir kemalasan belajar dari kediaman hati, bukan?

Tentu saja, karena kerap kali keengganan belajar itu bisa muncul kapan saja dan tidak semua orang suka move on dari kemalasan dengan cara yang teoritis maupun tersistem.

Walau begitu, jangan galau bin ambyar, untuk membangkitkan semangat belajar dari dalam diri, kita bisa menempuh 15 langkah berikut:

1. Hadirkan Suasana Nyaman

Menurut Guru Penyemangat, faktor utama yang menjadi penyebab mengapa kemalasan belajar itu timbul ialah gara-gara suasana yang kurang nyaman.

Bukan tanpa alasan, apa yang tak sedap dilihat bisa jadi biang panas hati, dan apa yang tak enak didengar pula bisa menjadi penyebab timbulnya sakit hati.

Syahdan? Suasana mood-mood-an pun timbul hingga akhirnya diri ini merasa tidak nyaman untuk melanjutkan akitivitas belajar.

Alhasil, langkah pertama agar rasa malas belajar pergi ialah dengan menghadirkan suasana nyaman. Gurupenyemangat.com yakin bahwa dirimulah yang paling tahu bagaimana rasa nyaman itu.

2. Setel Ruang Belajarmu Seindah Mungkin

Nah, barangkali langkah berikut adalah jawaban dari pertanyaan tentang “bagaimana menciptakan rasa nyaman”.

Sadar atau tidak, suasana kamar maupun ruang belajar yang kurang rapi alias berantakan menjadi penyebab hadirnya rasa bosan yang berujung malas.

Untuk mengantisipasinya, dirimu perlu menyetel meja belajar, lampu belajar, susunan buku belajar, letak tas, hingga ATK lainnya secara teratur.

Jikalau alas meja belajarmu kotor, silakan dicuci atau boleh juga diganti dengan yang baru. Guru Penyemangat yakin, sedikit atau banyak hal tersebut akan berpengaruh kepada peningkatan belajar.

3. Bersihkan Badan dan Hatimu

Yup, malas belajar itu pasti ada sebabnya. Tidak mungkin tiba-tiba dirimu enggan menambah ilmu padahal di hari kemarin semangat masih membuncah.

Boleh Baca: 7 Faktor yang Membuat Kita Tidak Semangat Belajar

Mungkin ada yang salah dengan badanmu, barangkali ada yang salah dengan isi hatimu. Eaaa.

Maksudku begini; mungkin badanmu gerah karena belum mandi atau mengenakan baju yang sudah berkeringat, dan mungkin pula hatimu sedang galau gara-gara ada masalah di hari kemarin.

Bersihkan terlebih dahulu badan dan hatimu, lalu setel kembali semangat belajar.

4. Cobalah untuk Merasa Butuh dengan Pelajaran

Utamanya, siapa pun orang di dunia ini bisa jadi enggan untuk pedekate dengan ilmu jikalau dirinya merasa tidak butuh.

Misalnya begini. Katakanlah Guru Penyemangat adalah laki-laki ganteng, tapi belum lama ini diberikan hadiah gamis untuk perempuan. Apakah diriku membutuhkannya? Ternyata tidak.

Tanpa ada perbedaan, aktivitas belajar pula demikian.

Sebelum penyakit malas menjadi akut, cobalah untuk merasa butuh dengan suatu pelajaran. Pasti ada bab atau materi khusus yang kita inginkan.

5. Tetapkan Tujuan dan Ambisi Belajar

Langkah kelima untuk mengatasi kemalasan belajar adalah dengan menentukan tujuan dan ambisi.

Sederhananya, dengan belajar A dirimu mau jadi apa, apa yang mau didapat dari materi tersebut, atau apa yang ingin Kamu capai dalam kurun waktu tertentu.

Asalkan tujuan dan ambisi sudah terpatri di dalam hati dan pikiran, kemalasan belajar bakal segera pergi dari kediamanmu. Ya, walau suasananya sedang pandemi sekali pun.

6. Siapkan Tenaga Sebelum Belajar

Tidak ada yang mau belajar ketika sedang lapar dan haus. Barangkali beberapa orang masih sanggup menimba ilmu dengan keadaan tersebut, tapi apakah bisa fokus?

Tentu saja tidak.

Maka darinya, rutinlah sarapan dan makan makanan sehat yang bergizi seimbang agar tubuh, pikiran, dan hatimu siap menerima pelajaran.

7. Gunakan Metode Belajar yang Bervariasi

Hari ini mencatat, besok meringkas buku, lusa mencatat lagi. Coba saja satu bulan penuh aktivitas belajarmu hanya begitu-begitu saja, bosan, kan? Ujung-ujungnya muncullah kemalasan belajar.

Untuk mengantisipasinya, gunakan metode belajar yang bervariasi. Pendek kata, ada selingan metode.

Misalnya hari mencatat, besok belajar dari video edukatif, lusanya belajar dari slide pendidikan, dan sebagainya.

8. Selingi dengan Hiburan

Kemampuan Seseorang dalam Konsentrasi Belajar
Kemampuan Seseorang dalam Konsentrasi Belajar Sesuai Usia. Diolah oleh Ozy V. Alandika/Gurupenyemangat.com

Hehehe. Masing-masing dari kita tidak begitu mampu menjaga konsentrasi belajar dalam waktu yang lama. Coba saja cermati grafis di atas, lalu lihat di mana posisimu berdasarkan usia.

Tambah lagi suasananya sekarang sedang pandemi, kan? Konsentrasi belajar bisa jadi semakin tidak optimal. Jadi, agar malas enggan bertamu, selingilah aktivitas belajar dengan hiburan.

Bisa nonton video YouTube, senam penyemangat, sembari mendengar musik, dan sebagainya. Silakan pilih hiburan yang membuatmu terhibur dan bisa kembali fokus belajar.

9. Cobalah untuk Mencari Sesuatu yang Bisa Membuatmu Makin Fokus Belajar

Apa, ya? Namanya juga sesuatu. Mungkin itu benda seperti pena kesukaan, buku bacaan favorit, hingga pakaian-pakaian tertentu.

Pernahkah dirimu merasa semangat belajar ketika didampingi dengan barang atau benda favorit? Nah, sadar atau tidak, sebenarnya begitulah caramu untuk mengusir kemalasan belajar.

10. Belajar di Luar Rumah

Bosan belajar di dalam ruangan yang penat, sesak, dan penuh keriuhan? Oke. Ambil bukumu, lalu cobalah untuk keluar rumah.

Carilah tempat yang sejuk dengan pemandangan hijau memesona. Biasanya, dari sana timbul semangat belajar yang beriringan dengan rasa syukur atas indahnya alam ciptaan Tuhan.

11. Olahraga Sejenak

Duduk di kursi belajar jangan terlalu lama, teman. Oke, aku anggap dirimu bisa fokus dalam waktu yang cukup lapang, tapi dari kelapangan tersebut tidak jarang menimbulkan rasa bosan dan malas.

Yup. Misalnya begini; dirimu pusing mencari jawaban dari sebuah persoalan. Terus mencari ide tapi tak kunjung menemukan jawaban.

Daripada pusing tujuh keliling, cobalah tinggalkan tugas belajar itu sejenak lalu mari kita olahraga. Gerakkan badan sebisa dan semampu upaya.

12. Bentuk Kelompok Belajar

Ada orang yang sangat fokus dan semangat saat belajar sendiri, tapi ada pula orang yang kurang termotivasi bahkan rawan jenuh ketika belajar seorang diri.

Sebelum badai kemalasan menerpa, tidak ada salahnya bagimu untuk membentuk tim alias kelompok belajar. Aku yakin, pasti seru, kok. Selain belajar, kita juga bisa berbagi pengalaman.

13. Siapkan Cemilan dan Minuman

Makan sudah, belajar juga mulai fokus. Tapi jika durasi belajarnya cukup lama, cobalah untuk menyiapkan cemilan dan minuman segar.

Sadar atau tidak, seorang siswa saat di sekolah akan berkurang semangat belajarnya ketika belum mendapat uang jajan.

Kamu pasti setuju, kan? Jadi, cemilan itu penting, teman. Tapi karena sekarang sedang pandemi, mungkin dirimu lebih sering belajar di rumah, ya. Bolehlah masak cemilan yang unik dan enak.

14. Sempatkan untuk Beristirahat

Belajar itu penting, tapi belajar terus-menerus tanpa jeda itu malah tiada berguna.

Lha, mengapa kok Gurupenyemangat.com kali ini sok kejam? Bukan kejam. Soalnya setiap hari kita butuh istirahat.

Durasi belajar yang terlampau diporsir juga tidak akan berdampak signifikan terhadap hasil belajar. Jadi, mendingan belajar yang sedikit tapi rutin, ya teman.

15. Buatlah Jadwal Belajar Rutin

Yup, sebagai penutup langkah-langkah alias cara mengatasi kemalasan belajar, penting bagi kita semua untuk meracik jadwal belajar secara rutin.

Aku tidak bicara bahwa dirimu harus belajar dari jam 04.00-05.00 subuh setiap hari melainkan buatlah jadwal rutin dengan setelan waktu yang kamu senangi.

Maksudku begini; terserah mau jam berapa belajarnya, asalkan sudah tersedia durasi khusus dan dirimu menikmati waktu tersebut.

***

Oke, demikianlah tadi ulasan lengkap dari Guru Penyemangat tentang 15 langkah mengatasi kemalasan belajar terutama di masa pandemi seperti saat sekarang ini.

Di mana pun dan kapan pun marilah kita senantiasa meninggikan semangat belajar karena pendidikan adalah investasi masa depan.

Salam.

Lanjut Baca: Kumpulan Poster Semangat Belajar di Masa Pandemi Corona

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Guru Profesional, Guru Penggerak, Blogger, Public Speaker, Motivator & Juragan Emas.

Posting Komentar untuk "Langkah-Langkah Mengatasi Kemalasan dalam Belajar di Masa Pandemi, Tempuh 15 Cara Ini!"