Widget HTML #1

Ide Bisnis Sampingan Untuk Guru Honorer Zaman Now, Tidak Butuh Modal

Hai Sobat Guru Honorer, apakah Sobat saat ini sedang pusing mencari pekerjaan sampingan? Atau, Sobat ingin memulai bisnis?

Tidak terpungkiri bahwa gaji guru honorer itu hanyalah "seadanya" dan "secukupnya". Angka dua ratus ribu, tiga ratus ribu, hingga lima ratus ribu per bulan adalah hal yang sudah sangat sering kita dengar.

Pemerintah mungkin seakan tutup mata, dan kepala sekolah juga terkadang tidak bisa bilang apa-apa karena kondisi keuangan sekolah yang kembang-kembang kempis.

Ide Bisnis Sampingan Untuk Guru Honorer Zaman Now, Tanpa Modal
Ide Bisnis Sampingan Untuk Guru Honorer Zaman Now, Tanpa Modal. Designed by GuruPenyemangat.com

Maka dari itulah, tidak sedikit guru honorer yang banting setir untuk mencari pekerjaan tambahan. Ada yang merangkap sebagai tukang ojek, mengajar di beberapa sekolah, hingga menjadi karyawan rumah makan pada malam harinya.

Namun, di zaman now ada beberapa rekomendasi ide alias peluang bisnis yang bisa dipilih guru honorer untuk mencukupi kebutuhan hidupnya.

Apa saja? Mari kita simak:

Rekomendasi Ide Bisnis Sampingan Untuk Guru Honorer

1. Jualan Pulsa/Kuota Internet

Sobat Guru Penyemangat, seperti kata istriku; zaman sekarang kuota internet sama halnya seperti beras. Ya, kouta maupun pulsa sudah menjadi kebutuhan mendasar manusia dari berbagai jenis pekerjaan, profesi, maupun jenjang umur.

Alhasil, tidak ada salahnya bagi guru honorer untuk mencoba membuka usaha/bisnis sampingan berupa jualan pulsa dan kuota internet.

Lebih daripada itu, Sobat bisa pula membuka agen bayar listrik maupun PAM. Mungkin banyak saingan, tapi di zaman sekarang semua orang pada ingin instan, kan?

Aku sendiri pernah beberapa bulan jualan pulsa dengan promosi cukup di media sosial WhatsApp saja. Hasilnya? Lumayan banyak keuntunganku. Selengkapnya simak di: Pengalaman Saya Jual Pulsa di GoPay, LinkAja, dan Payfazz

Kenapa tidak aku teruskan? Karena aku ingin fokus di usaha sampingan/bisnis lain. Hehe

2. Jasa Scan, Edit Dokumen

O ya, bagi Sobat guru honorer yang di rumahnya punya printer scan maupun aplikasi scanner berbayar, tidak ada salahnya bagi Sobat untuk mencoba bisnis di bidang jasa scan. Terlebih lagi di desa, bisnis scan maupun edit dokumen sangat besar peluangnya.

Bahkan, saat momentum yang pas, kita bisa mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda. Momentum seperti apa yang kumaksud? Misalnya moment pendaftaran tes CPNS dan PPPK.

Sekalian, kan? Siapa tahu guru honorer juga ingin ikutan tes.

3. Jasa Membuat Makalah/Karya Ilmiah

Bagi Sobat guru honorer yang hobi menulis, maka jasa pembuatan makalah dan karya ilmiah adalah pilihan bisnis yang menguntungkan.

Di zaman sekarang barangkali makalah bisa dibuat dengan AI, tapi harap Sobat ketahui pula bahwasannya AI juga ada situs pendeteksinya sehingga jasa pembuatan makalah maupun karya ilmiah akan terus dicari orang.

Terlebih lagi jika Sobat bisa membuat jurnal ilmiah. Tidak jauh beda seperti makalah, lembarannya cuma belasan lembar, tapi bayarannya bisa menyentuh di angka lebih dari lima ratus ribu rupiah. Wah, mantap, kan? Bisa melewati gaji bulanan guru honorer.

4. Jasa Membuat PPT Guru

Di zaman sekarang, banyak guru-guru yang super sibuk, terlebih lagi guru PNS maupun P3K. Selain karena tuntutan kurikulum dan pengembangan diri bidang profesional, guru juga perlu mencari materi ajar kekinian.

Maka dari itulah tidak sedikit para pendidik yang membeli PPT di internet. Bukan karena si guru tidak bisa membuat, melainkan karena si guru tidak punya waktu untuk membuatnya sendiri.

Dengan demikian, jasa ini bisa Sobat Guru Penyemangat jadikan pilihan bisnis di era kekinian. Promosinya? Cukup dari mulut ke mulut, dan juga media sosial kepunyaan Sobat.

5. Jasa Editing Video Pembelajaran

Bila Sobat Guru Penyemangat suka mengedit video, misalnya di Canva, CapCut hingga Kinemaster, mengapa Sobat tidak jadikan bisnis saja?

Ya, di era sekarang video pembelajaran seakan jadi menu wajib yang perlu disiapkan oleh guru. Bukan hanya demi kelancaran pembelajaran melainkan juga sebagai wujud dari adaptasi guru dalam menghadapi era Merdeka Belajar.

Dengan demikian, untuk memulai bisnis ini Sobat tidak memerlukan alat tambahan selain Smartphone maupun laptop.

Bahkan jika perlu kuota internet dan online, kita bisa memanfaatkan WiFi sekolah, kan? Hehe.

6. Pelatih Ekstrakulikuler

Boleh dibilang bisnis, boleh juga tidak. Kalau aku sih, pelatih ekstrakulikuler juga bisa dikatakan sebagai ladang bisnis bagi guru honorer yang hobi dan berkompeten.

Contohnya? Lihat saja pelatih pramuka, kesenian, drum band, hingga kaligrafi. Mereka kebanyakan tidak melatih di satu sekolah saja, kan? Nah inilah peluang mantap. Selain menambah isi kantong, juga bertambah pengalaman dan kenalan.

7. Jualan Cireng

Ehem. Siapa dari Sobat yang di sekolahnya muridnya cukup banyak dan tersedia kantin? Nah jika ada, maka inilah salah satu peluang bisnis sederhana yang punya keuntungan ala sultan.

Ya, Sobat bisa berjualan cireng atau makanan ringan buatan sendiri lainnya dengan menitipkannya ke kantin sekolah. Atau jika boleh, Sobat sekalian buka kantin juga.

Lumayan lho. Soalnya temanku yang di sekolahnya ada sekitar 200 murid bisa mendapat keuntungan hingga Rp3 juta per bulan. Keren, kan? Bisa berkali-kali lipat dari gaji guru honorer.

8. Ternak Lele dengan Wadah Ember

Ternak Lele dalam Ember
Ternak Lele dalam Ember. Image by Ratagram.com

Sobat suka memelihara ikan namun tidak punya kolam dan lahan untuk membuat kolam? Tenang. Sekarang sudah banyak ide-ide kreatif baru supaya bisa berternak dengan minim modal namun hasilnya maksimal.

Ya, Sobat guru honorer bisa memulai ternak lele dengan wadah ember. Selain itu, di atas ember bisa kita tanam kangkung. Kangkung panen, lele pun gemoy-gemoy.

9. Bertani Modern

Guru honorer ikut merangkap sebagai petani, boleh, kan? Boleh dong. Di zaman sekarang ini bertani tidak lagi perlu memiliki lahan atau kaveling yang luas. Kita juga bisa bertani di depan rumah, walaupun hanya memanfaatkan pekarangan rumah.

Ada yang namanya bertani modern ala-ala hidroponik. Atau jika dirasa ribet, kita cukup memanfaatkan pekarangan dengan menanam sayur-mayur dengan wadah polybag mini, bekas wadah pop mie, atau karung.

10. Jualan Online

Nah, rekomendasi bisnis sampingan untuk guru honorer yang satu ini agaknya sangat digemari oleh mayoritas pendidik.

Jualan online. Di zaman sekarang apa pun bisa dijual. Tapi inti dari segala inti supaya Sobat ingin berjualan yang menguntungkan adalah; menjual produk yang dibutuhkan orang.

11. Shopee Affiliate

Sobat ingin berjualan, tapi males pesan-pesan produk? Ya sudah, mendingan kita join ke Shopee Affiliate saja. Cukup promosikan barang melalui link di medsos, ketika orang membeli, kita yang dapat komisi.

Mau tahu bagaimana caranya? Bisa simak di: Pengalaman Saya Mengikuti Shoppe Affiliate

12. Freelancer

Sobat suka menulis? Tidak ada salahnya Sobat mengikuti jejakku sebagai penulis di blog maupun penulis lepas.

Kita bisa menulis di blog pribadi, menulis di media online seperti Kompasiana, serta bisa pula mengikuti lomba menulis. Lumayan lho, soalnya aku hari ini baru saja menyelesaikan jobdesk writer di Kompasiana dengan bayaran Rp450 ribu. Lumayan, kan? Hehe

13. Berternak Sapi/Kambing

Sedikit bercerita, dulu saat masih menjadi guru honorer aku juga berternak kambing di rumah. Apakah menguntungkan?

Tentu saja. Namun aku dulu triknya begini; aku hanya mencari kambing jantan dengan harga Rp1 juta – 1,5 juta, kupelihara, lalu kujual saat Hari Raya Idul Adha tiba.

Toh kita tidak terlalu sulit untuk menyabit rumput, jikalau di desa ya. Dan keuntungannya juga bisa tembus hingga 3 kali lipat dari harga beli.

14. Les Private

Apa lagi ya bisnis yang menguntungkan?

Izinkan aku kembali bercerita. Sebulan lalu, saat membeli kulkas baru di sebuah toko China, aku dan istriku diceritakan oleh si pemilik toko yang baru saja selesai mendapatkan guru private.

Iya, si pemilik toko baru saja mendapatkan guru private Bahasa Inggris dan IPA. Sobat mau tahu berapa bayarannya untuk 1 guru private? Rp3 juta/bulan.

Sontak aku kaget! Iya sih, orang-orang kaya memang tidak pandang bulu dengan ilmu. Mereka rela bayar malah untuk sebuah kualitas. Alhasil, hal ini bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan bagi guru, kan? Tambah lagi jika di rumah Sobat bisa buka bimbel.

Boleh Baca: Pengalaman Saya Membuka Bimbel di Rumah

15. MC Hajatan

Oke Sobat, rekomendasi terakhir dari GuruPenyemangat.com terkait dengan bisnis sampingan yang layak dicoba ialah menjadi MC.

Hal ini khusus bagi Sobat guru honorer yang suka berbicara, percaya diri, dan mau belajar menjadi MC, ya.

Meski namanya MC hajatan, namun peluang ini bukanlah main-main. Terkadang di satu hajatan seorang MC bisa mendapatkan bayaran hingga Rp500 ribuan lho!

Kisah Guru Honorer yang Sukses Jadi Pebisnis

Izinkan aku kembali bercerita tentang seorang guru honorer yang sukses jadi pembisnis. Ya, dia adalah rekan kerjaku di SMP Negeri saat kami sama-sama honorer, tepatnya sebelum aku pindah tahun 2019.

Temanku, sebut saja namanya Angga, dia adalah guru prakarya yang juga menggeluti dunia MC. Ia sering MC di acara hajatan baik itu di desa maupun di kota.

Seiring dengan keseriusannya menggeluti hobi sekaligus bisnis sebagai seorang MC, saat ini ia sudah menjadi MC kondang di kabupaten.

Alhasil setiap ada acara peringatan Hari Guru Nasional, Hari Pendidikan Nasional, HUT PGRI, hingga acara-acara pemerintahan, temanku selalu dipanggil menjadi MC.

Keren, kan?

***

Demikianlah Sobat sajian tentang ide bisnis sampingan untuk guru honorer yang bisa menjadi rekomendasi. Pada intinya bisnis itu butuh perjuangan, keseriusan, kerja keras, dan konsistensi.

Di zaman sekarang tidak sedikit orang merasa susah untuk memulai bisnis, padahal sebenarnya memulai itu tidak sulit. Yang sulit adalah konsisten berbisnis, dan kembali survive meskipun ada badai ujian yang melanda.

Tetap semangat
Salam.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Guru Profesional, Guru Penggerak, Blogger, Public Speaker, Motivator & Juragan Emas.

Posting Komentar untuk "Ide Bisnis Sampingan Untuk Guru Honorer Zaman Now, Tidak Butuh Modal"