Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Pidato Calon Ketua OSIS SMP/SMA Lengkap dengan Visi Misi untuk Kampanye

Hai Sobat Guru Penyemangat, sudah menyiapkan contoh naskah pidato singkat sebagai calon ketua OSIS di sekolahmu?

Ya, pidato untuk calon ketua OSIS baik itu di SMP, SMA, SMK, atau MA biasanya disertai dengan kampanye dan penyampaian visi misi.

Gaya berpidatonya pun terkadang mirip-mirip dengan orasi. Hal ini tiada lain dan tiada bukan bertujuan untuk memengaruhi massa.

Maka dari itulah, para calon ketua OSIS perlu berpidato dengan gaya, intonasi, serta mimik wajah yang bisa mempengaruhi massa, yaitu para siswa yang nantinya menjadi peserta pemilihan OSIS.

Nah berikut ada contoh pidato untuk calon ketua OSIS SMP/SMA yang singkat, lengkap dengan visi misi untuk kampanye.

Mari disimak ya:

Pidato Calon Ketua OSIS Singkat

Contoh Pidato Calon Ketua OSIS
Contoh Pidato Calon Ketua OSIS. Dok. GuruPenyemangat.com

Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh
Selamat pagi dan salam bahagia untuk kita semua

Yang terhormat, Bapak/Ibu Kepala Sekolah Beserta Wakilnya
Yang saya hormati, Bapak/Ibu Dewan Guru Beserta Staf Tata Usaha
Yang saya banggakan, rekan-rekan kandidat Ketua OSIS
Serta teman-teman seperjuangan yang berbahagia;

Pada suasana yang sejuk nan cerah ini, marilah kita panjatkan puji serta syukur atas kehadirat Allah SWT. Bersyukur atas segala nikmat, terutama nikmat sehat dan sempat hingganya kita bisa berkumpul di lapangan sekolah ini dalam keadaan bahagia.

Sholawat dan salam mari kita sanjungkan kepada Nabi Pemimpin Umat. Nabi Muhammad SAW. Semoga dengan seringnya bershalawat kita akan mendapatkan pertolongan beliau di Hari Akhir nanti.

Bapak, Ibu, serta teman-teman yang berbahagia;

Perkenalkan, nama saya: *Guru Penyemangat*

Saya biasanya dipanggil: *Guru*
Saya sekarang duduk di kelas ….jurusan….

Pada kesempatan ini saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Bapak/Ibu Dewan guru, pengurus OSIS serta teman-teman yang telah merekomendasikan saya untuk menjadi kandidat atau calon Ketua OSIS periode 2022/2023.

Kita menyadari bersama bahwa untuk menjadi pemimpin itu tidaklah mudah. Tidak hanya dibutuhkan keberanian, melainkan juga sikap dan jiwa kepemimpinan yang menjunjung tinggi kebijaksanaan.

Pada akhirnya, tujuan akhir dari adanya pemilihan ketua OSIS ini ialah untuk memajukan sekolah kita secara umum, mendukung kegiatan-kegiatan di sekolah, serta menjadi ruang bagi penyaluran bakat dan minat para pelajar.

Bapak, Ibu, serta teman-teman yang berbahagia;

Visi saya sebagai kandidat Ketua OSIS yaitu menjadikan OSIS sebagai organisasi yang bermutu, berkualitas, bersumber daya manusia yang berakhlak mulia sehingga mampu mengharumkan nama baik sekolah baik di berbagai bidang.

Untuk menggapai visi yang mulia ini, ada beberapa misi yang bakal dijalankan, antara lain:

  • Meningkatkan disiplin dan semangat kerja antar sesama pengurus OSIS
  • Membuka ruang komunikasi yang seluas-luasnya antara pihak OSIS dengan para siswa.
  • Menampung aspirasi dari dewan guru dan para siswa untuk kemajuan sekolah baik di bidang akademik maupun non-akademik.
  • Mendukung aktif berbagai kegiatan akademik maupun ekstrakulikuler dalam rangka meningkatkan prestasi sekolah di kancah nasional dan internasional.
  • Mewujudkan lingkungan sekolah yang asri, nyaman, dan aman untuk belajar.

Boleh Baca: Contoh Proposal Kegiatan Class Meeting Tinggal Edit

Teman-teman yang saya banggakan;

Untuk mencapai visi dan misi tadi, diperlukan perjuangan bersama dan kekompakan antar sesama warga di lingkungan sekolah.

Sebagus dan semantap apa pun rencana, tiadalah bisa akan tergapai bila yang berjuang hanya saya sendiri, hanya Bapak/Ibu dewan guru, atau hanya pengurus OSIS.

Visi dan misi ini bisa sukses dengan adanya kerja sama, rasa saling peduli, saling empati, kekompakan, serta rasa saling memiliki sekolah ini.

Karena biar bagaimana pun, setiap hari kita datang ke sekolah ini bukan sekadar untuk menuntut ilmu, melainkan juga untuk memajukan sekolah.

Sekolah dan lingkungan belajar yang nyaman akan memudahkan kita untuk menyerap ilmu, menimba pengalaman, mengasah keterampilan, serta terus berkarya.

Boleh Baca: Cara Membuat Struktur Organisasi OSIS yang Mudah dan Cepat Menggunakan Microsoft Word

Bapak, Ibu, serta teman-teman yang berbahagia;

Sebelum pidato ini ditutup, saya ingin mengutip perkataannya presiden Amerika Serikat, Ronald Reagan. Ia pernah berkata seperti ini:

“Pemimpin terbesar belum tentu orang yang melakukan hal terbesar, Dia adalah salah satu yang mencari dan menemukan orang untuk melakukan hal-hal besar.”

Hal-hal besar untuk kemajuan sekolah ini senantiasa tidak selalu datang dari kepala sekolah, atau juga ketua OSIS. Hal-hal yang besar bisa jadi datang dari para siswa yang punya keinginan untuk terus maju.

Demikianlah pidato yang bisa saya sampaikan pada kesempatan yang mulia ini. Semoga Allah senantiasa merahmati kegiatan pemilihan ketua OSIS hingganya bisa berjalan dengan tertib, aman, damai, serta menghasilkan kebermanfaatan yang bisa dirasakan oleh semua warga sekolah.

Mohon maaf atas segala khilaf dan salah. Saya akhiri;

Wabillahi taufik wal hidayah, war ridho wal inayah
Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Boleh Baca: Contoh Pidato Tentang Kepemimpinan yang Singkat dan Mudah untuk Dihafal

***

Demikianlah tadi sajian GuruPenyemangat.com tentang contoh pidato untuk calon Ketua OSIS di SMP, SMA atau SMK yang dilengkapi dengan penyampaian visi misi.

Sobat bisa menjadikan contoh pidato di atas sebagai referensi. Silakan sesuaikan dengan nama sekolah Sobat, serta visi-misi apa saja yang ingin ditambah.

Semoga bermanfaat ya
Salam.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Contoh Pidato Calon Ketua OSIS SMP/SMA Lengkap dengan Visi Misi untuk Kampanye"

Promo Cashback & Voucher Shopee