Widget HTML #1

24 Ide dan Tema Kegiatan MPLS di SD, SMP, SMA dan SMK Tahun 2023 yang Seru dan Berkesan

Hai Sobat Guru Penyemangat. Sudah siap melangsungkan kegiatan MPLS? Acaranya online atau offline?

Apapun jenis kegiatannya, sejatinya MPLS memiliki tujuan untuk mengenalkan kepada siswa tentang lingkungan sekolah, tata tertib sekolah, budaya sekolah, serta sistem belajar yang bakal mereka ikuti.

Maka dari itulah, MPLS perlu diisi dengan kegiatan-kegiatan edukatif, menarik, namun tetap seru agar para peserta didik baru semakin semangat.

Meski demikian, pada Masa Pengenalan Lingkungan sekolah, siswa SD, SMP, SMA, atau SMK perlu menyiapkan hal-hal penting seperti bekal, buku catatan, jadwal kegiatan, hingga kesehatan.

Harapannya ialah agar mereka bisa mengikuti kegiatan MPLS alias MOS hingga selesai.

Ide dan Tema Kegiatan MPLS yang Berkesan
Ide dan Tema Kegiatan MPLS yang Berkesan. Dok. GuruPenyemangat.com

Berikut ada ragam inspirasi ide dan tema kegiatan MPLS yang seru dan berkesan di SD, SMP, SMA/SMK baik online maupun offline.

Mari disimak ya:

Ragam Ide Kegiatan MPLS Secara Online dan Offline

Untuk menyukseskan MPLS di sekolah, Kakak OSIS bersama dewan guru dan pihak sekolah perlu merumuskan kegiatan yang seru, edukatif, dan bermanfaat.

Nah berikut GuruPenyemangat.com sajikan beberapa rekomendasi kegiatan MPLS di SD, SMP, SMA, MAN atau SMK yang bisa digelar secara daring maupun tatap muka:

1. Pengenalan Dewan Guru dan Warga Sekolah

Kegiatan pertama yang masuk dalam kategori wajib untuk menyukseskan MPLS ialah memperkenalkan warga sekolah mulai dari Kepala Sekolah, Wakil, Bapak/Ibu Dewan Guru, Staf, Karyawan, hingga penjaga sekolah.

Hal ini bisa dilakukan baik secara online maupun online dengan sajian yang menarik. Bagaimana biar menarik? Kakak OSIS atau panitia MPLS bisa menghimpun terlebih dahulu nama-nama guru, hobi, beserta kata-kata motivasi dari mereka.

Dijamin pasti ada yang unik dan lucu. Hehehe.

2. Pengenalan Visi, Misi, dan Keunggulan Sekolah

Pilihan aktivitas yang kedua untuk menyukseskan MPLS di SD, SMP, SMA dan SMK adalah mengenalkan kepada peserta didik baru mengenai visi, misi, dan keunggulan sekolah.

Barangkali acara yang satu ini terkesan cukup formal bahkan membosankan. Maka dari itu, perlu diselipkan game-game pendek seperti ice breaking.

3. Berkunjung ke Sekitar Lingkungan Sekolah

Nah, ini nih yang cukup seru. Selain mengenali warga sekolah, para siswa baru juga wajib untuk berkeliling melihat lingkungan sekolah.

Mulai dari melihat ruang guru, perpustakaan, tempat ibadah, ruang OSIS, ruang kelas, hingga pagar-pagar yang bisa diterobos jikalau ingin bolos sekolah. Eh, sory, yang terakhir salah ketik ya Sobat. Uhuk.

4. Pengenalan Tata Tertib dan Peraturan Sekolah

Kegiatan keempat ini termasuk kepada kegiatan inti dalam MPLS. Siswa baik ia laki-laki maupun perempuan, baik datangnya dari anak pejabat atau rakyat jelata, semuanya wajib mengetahui tata tertib dan peraturan yang ada di sekolah.

Hal ini amat penting supaya peserta didik baru memahami apa saja batasan-batasan perilaku serta sangsi yang mungkin bakal mereka terima jika melakukan pelanggaran.

5. Penyampaian Materi Kedisiplinan, Kepemimpinan, dan Kewirausahaan

Masuk sekolah baru, maka suasananya juga baru. Begitu pula dengan tantangannya. Maka dari itu, sebagai upaya menuju proses pendewasaan diri, diperlukan adanya workshop sederhana, pelatihan, atau bahkan webinar mengenai nilai-nilai kedisiplinan, kepemimpinan, dan kewirausahaan.

Atau biar lebih keren dan mantap lagi, panitia MPLS bisa mengundang anggota TNI, Kepolisian, atau aparat semisalnya untuk menyukseskan kegiatan ini.

Boleh Baca: Kumpulan Yel-Yel MPLS yang Seru, Lucu, Menghibur, dan Bikin Semangat

6. Pengenalan Ekstrakulikuler di Sekolah

Kegiatan berikutnya yang tidak boleh ketinggalan dalam acara MOS atau MPLS adalah mengenalkan ragam ekstrakulikuler yang ada di sekolah.

Untuk acara yang satu ini biasanya bisa kita setel seperti pensi alias pesta seni, atau bisa pula berupa pameran. Nah, untuk pameran, masing-masing ekskul bisa menampilkan foto dan video aktivitas, program kegiatan, serta prestasi yang berhasil dicapai.

7. Kegiatan Sosial dan Kerja Bakti di Sekolah

Agar lebih berkesan dan bermakna, tidak ada salahnya bagi panitia MPLS untuk menyelipkan kegiatan sosial dan kerja bakti.

Entah itu di SD, SMP, SMA, MAN atau bahkan SMK, rasanya di akhir kegiatan MPLS perlu dihadirkan kegiatan sosial seperti peduli anak yatim, sumbangan untuk orang yang kurang mampu, serta kegiatan kerja bakti seperti membersihkan sekolah.

8. Penanaman 100 Pohon di Sekolah

Baru masuk sekolah tapi sudah mulai gerah dengan suasana kelas? Nah, jika iya maka bolehlah sesekali panitia OSIS dan MPLS menghadirkan kegiatan penanaman 100 pohon di sekolah.

Ya, harapannya lingkungan sekolah menjadi asri, hijau, sejuk, dan nyaman digunakan untuk belajar di luar kelas. Meski begitu, Sobat perlu melakukan musyawarah dulu ya dengan pihak sekolah.

9. Membuat Taman Bunga Mini di Sekolah

Salah satu kreasi yang mantap dan mampu membangkitkan kekompakan para peserta didik baru ialah kegiatan membuat taman bunga mini di sekolah.

Untuk menyukseskannya, para siswa boleh membawa bibit bunga dari rumah, sedangkan panitia MPLS menyiapkan tempat atau lokasi yang cocok untuk ditanami bunga. O ya, boleh pula ditambahkan tanaman apotik hidup ya.

10. Game Edukatif dan Menarik

Adalah sesuatu yang membosankan bila kegiatan MPLS hanya berkisar tentang materi saja. Sobat panitia dirasa perlu untuk menghadirkan beberapa tangkai permainan. Harapannya permainan tersebut adalah permainan edukatif, menarik, sekaligus menghibur.

11. Diskusi Konseling dan Pemantapan Profil Pelajar Pancasila

Karena sekarang kita sudah berada di era Merdeka Belajar dan berbasis Kurikulum Merdeka, maka penguatan nilai-nilai dan profil pelajar Pancasila perlu dilakukan.

Nah, untuk kegiatan yang satu ini, para panitia MPLS bisa secara mandiri menyampaikan materi nilai-nilai Pancasila dengan sistem konseling kepada peserta didik baru secara berkelompok.

Ya, tak usah lama-lama. Waktunya sekitar 10-15 menit saja. Atau jika ingin lebih keren, atur kegiatannya seperti pesantren kilat. Jadi, tiap-tiap kelompok akan mendatangi pemateri dan berkonseling secara bergiliran.

12. Membuat Karangan Pengalaman Bersekolah

Untuk mendapatkan gambaran atas hasil kegiatan MPLS, tidak ada salahnya bagi Sobat untuk meminta para siswa baru membuat karangan tentang pengalaman bersekolah.

Dalam kegiatan ini, siswa baru bisa diminta untuk menuliskan kesan mereka ketika berada di sekolah yang baru, kemudian diikuti dengan harapan, kritik, dan saran.

13. Kegiatan Renungan dan Motivasi

Nah, agaknya kegiatan renungan dan motivasi bisa kita selipkan di akhir hari MPLS, kan? Biar makin seru, Sobat panitia bisa terlebih dahulu mengadakan lomba yel-yel.

Setelahnya, kita bisa menutup kegiatan MPLS dengan melakukan renungan, penyampaian motivasi belajar, dan doa bersama.

14. Melatih Kekompakan dengan Permainan Tradisional

Akan menjadi keseruan tersendiri bila Sobat Guru Penyemangat menghadirkan permainan tradisional asli Indonesia. Pasti berkesan deh.

Sobat bisa pilih mau bermain Hompimpa atau Gambreng, Lompat Karet, Engklek, Gundu, Layang-Layang, Congklak, Ular Naga, Kuda Loncat, Tebak Wajah, Kereta Api, Injit-injit Semut, Gasing, Egrang, Petak Umpet, hingga Gobag Sodor. Let's Go to try!

Boleh Baca: Contoh Surat Ucapan Terima Kasih untuk Kakak OSIS MPLS

Tema Kegiatan MPLS yang Menarik dan Berkesan

Kurang menarik rasanya blia kegiatan MPLS tidak dibarengi dengan tema yang berkesan dan penuh makna.

Nah berikut GuruPenyemangat.com hadirkan beberapa pilihan tema MPLS yang cocok untuk SMP, SMA, MAN, dan SMK baik digelar secara online maupun online:

1. Menumbuhkan kreativitas, inovasi, dan sportivitas di Era Kekinian

2. Melalui MPLS, Kita Wujudkan Pelajar Pancasila yang Berdedikasi Tinggi dan Berakhlak Mulia

3. MPLS (Nama Sekolah), Kuatkan Tali Persaudaraan, Satukan Visi, Lakukan Misi, untuk Hidup yang Lebih Berkemajuan

4. Melalui MPLS, Kita Wujudkan Generasi Z yang Kreatif, Inovatif, Mandiri, dan Berakhlak Mulia.

5. MPLS 2023. Sudahi Rebahanmu! Mari Kita Perbanyak Ilmu dan Tebarkan Kebermanfaatan.

6. MPLS 2023, Mendaur Ulang Semangat Solidaritas, Toleransi, dan Kekompakan di Kalangan Pelajar Zaman Now

7. Melalui MPLS, Kita Gali Potensi Diri untuk Menjadi Pelajar yang Berkualitas.

8. Today a learner. Tomorrow a leader. (Hari ini adalah seorang pembelajar. Besok adalah seorang pemimpin)

9. MPLS 2023. Knowledge is power. Power is Character. (Pengetahuan adalah kekuatan. Kekuatan adalah karakter)

10. MPLS 2023. Let’s Think Globally, Act Locally.

***

Demikianlah seutas sajian Guru Penyemangat tentang kumpulan ide dan tema kegiatan untuk menyukseskan MPLS di SD, SMP, SMA, MAN, hingga SMK baik secara daring maupun tatap muka.

Semoga bermanfaat ya
Salam.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Guru Profesional, Guru Penggerak, Blogger, Public Speaker, Motivator & Juragan Emas.

Posting Komentar untuk "24 Ide dan Tema Kegiatan MPLS di SD, SMP, SMA dan SMK Tahun 2023 yang Seru dan Berkesan"