Widget HTML #1

Foxit Reader vs Adobe Reader, Mana yang Lebih Baik?

Hai Sobat, Sobat Guru Penyemangat sukanya pake Foxit Reader, atau malah hingga saat ini masih betah dengan Adobe Reader untuk membuka dokumen PDF?

Saat ini penggunaan Portable Document Format atau PDF sudah menjadi standar internasional dengan format dokumen yang aman dan reliable.

Terlebih lagi untuk pertukaran dan juga distribusi dokumen secara digital di seluruh dunia. Pada umumnya, Sobat mengenal dan mungkin juga menggunakan Adobe Reader untuk membaca dokumen dengan format PDF.

Namun, ada juga aplikasi Foxit Reader yang menjadi pilihan banyak orang, lalu Foxit Reader vs Adobe Reader, mana yang lebih baik?

Foxit Reader vs Adobe Reader
Foxit Reader vs Adobe Reader. Dok. GuruPenyemangat.com

Besarnya ukuran file instalasi Adobe Reader dan pemakaian memori cukup banyak saat running membuat banyak orang mencari alternatif software yang lebih ringan. Namun, tetap menawarkan fitur serta fungsi tak kalah baik dan bermanfaat. 

Sobat pastinya mencari aplikasi pembaca PDF yang sudah satu paket untuk membaca, mengedit, menyimpan, dan membagikan file dokumen PDF.

Selain itu mungkin juga kamu membutuhkan aplikasi yang ukuran instalasinya cukup kecil agar bisa menghemat penyimpanan dan kerja perangkat.

Ada dua aplikasi atau software yang sering digadang-gadang aplikasi pembaca PDF, yakni Foxit Reader dan Adobe Reader. 

Di antara Foxit Reader vs Adobe Reader, mana yang lebih baik? Keduanya tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Maka berikut ini ulasan tentang kedua software tersebut untuk Sobat. Agar nanti bisa mempertimbangkan software mana yang cocok dan pas untuk Sobat. 

Deskripsi Singkat Software Pembuka PDF

Kedua aplikasi ini merupakan aplikasi yang berbeda dengan fitur serta kelebihan kekurangannya. Untuk Sobat yang tengah bingung antara kedua aplikasi ini, berikut deskripsi singkat keduanya. 

Foxit Reader merupakan alat pembaca, pencari, dan juga pencetak dokumen PDF yang multilingual. 

Perangkat lunak yang satu ini dapat memungkinkan penggunanya untuk mendesain form PDF secara interaktif, memasukkan gambar, menambahkan keterangan pada PDF, menambah jaringan, mengirim PDF, dan lain sebagainya. 

Sedangkan, Adobe Reader ini merupakan salah satu perangkat lunak yang berasal dari keluarga Adobe Acrobat dan dikembangkan oleh Adobe Systems. 

Adobe Reader ini dahulunya bernama Acrobat Reader dan penggunanya bisa membaca, mencari, memberi notasi, verifikasi, dan juga mencetak data dengan format PDF. 

Kedua aplikasi ini tersedia secara cuma-cuma dan bisa Sobat gunakan untuk kepentingan yang berkaitan dengan Portable Document Format. Sehingga kebutuhan akan PDF bisa terpenuhi baik dengan bermacam fitur serta kelebihan yang ada di dalamnya.

Keduanya juga memiliki spesifikasi kebutuhan sistem yang cukup berbeda. Jadi, antara Foxit Reader vs Adobe Reader, mana yang lebih oke? 

Kelebihan Foxit Reader vs Adobe Reader

Berikut ini sejumlah kelebihan dari software Foxit Reader dan Adobe Reader. 

Kelebihan Foxit Reader 

  • Software ini memiliki ukuran yang sangat ringan dibandingkan dengan software lainnya. Ukurannya hanya sekitar 32 MB dan tidak akan memakan banyak RAM. 
  • Terdapat keamanan dan juga privacy yang tinggi, karena Foxit Reader tidak akan menghubungkan ke jaringan internet tanpa sepengetahuan penggunanya. Dibandingkan dengan aplikasi lain yang mungkin akan menghubung ke internet sendiri dan akan merugikan penggunanya. Sehingga aplikasi ini sangat cocok untuk Sobat yang ingin lebih tenang dalam pengetikan atau membaca PDF karena tidak akan terganggu oleh software yang tiba-tiba mengunduh versi baru. 
  • Foxit dapat membuka file dengan sangat cepat, dan sudah ada banyak yang membuktikan jika software ini sangat cepat dalam membuka sebuah file. 
  • Fitur yang lengkap dan juga tampilan yang sangat ideal untuk semua pengguna. 
  • Tidak hanya untuk membuka file, tetapi juga bisa digunakan untuk mengedit file PDF. 
  • Software ini juga bisa di download secara gratis dan juga dapat membuka file PDF lebih cepat karena ukurannya yang ringan daripada aplikasi pembaca PDF lainnya.

Kelebihan Adobe Reader 

  • Aplikasi ini merupakan aplikasi yang mudah untuk digunakan di laptop dan juga komputer Sobat. 
  • Adobe Reader juga sudah populer di kalangan pengguna PDF laptop atau komputer. 
  • Menjadi aplikasi global yang dapat digunakan untuk semua file berformat PDF. 
  • Aplikasi bisa digunakan tidak hanya sekedar membaca file, tetapi juga bisa digunakan untuk menulis, verifikasi, mencetak, digital sign, dan juga melakukan kolaborasi dengan file PDF lainnya. 

Jika dilihat dari kelebihannya, Foxit Reader vs Adobe Reader, mana yang lebih baik? Tentunya Sobat harus melihat dahulu apa saja kekurangan dari kedua software ini. 

Kekurangan Software Foxit Reader vs Adobe Reader

Selain memiliki kelebihan sebagai nilai tambah, kedua aplikasi ini juga memiliki kekurangan. Berikut kekurangannya. 

Kekurangan Foxit Reader 

  • Kekurangan yang pertama adalah memberikan hasil yang kurang maksimal jika dibandingkan dengan aplikasi reader yang lainnya. Terutama jika Sobat membuka file PDF yang banyak. 
  • Lalu di dalam aplikasi ini tampilannya kurang menarik. 
  • Tidak memberikan hasil yang maksimal, jika dibandingkan dengan menggunakan Adobe Reader. terutama saat Sobat membuka file yang di dalamnya terdapat banyak animasi.

Kekurangan Adobe Reader 

  • Aplikasi ini memiliki ukuran file yang cukup stSobatr, sehingga akan menguras memori internal dan penyimpanan RAM. 
  • Meskipun memiliki ukuran yang cukup stSobatr, Adobe Reader juga memiliki standar ukuran spesifikasi laptop atau komputer Sobat. Jika spesifikasi perangkat yang Sobat miliki di bawah kriteria yang disarankan, bisa jadi perangkat menjadi lebih lemot. 
  • Semakin aplikasi di-upgrade, maka beberapa perangkat laptop atau komputer akan merasakan aplikasi ini semakin berat untuk dioperasikan. 
  • Meski memiliki tampilan menu terbaru, aplikasi ini tetap sangat praktis dan efisien. Meski cukup berat, tetapi fitur dan fungsi yang ada di dalamnya sangat mumpuni. 

Jadi, Foxit Reader vs Adobe Reader, mana yang lebih baik? Semua tergantung dengan penggunaan dan kebutuhan Sobat. Sehingga bisa memilih mana yang sekiranya cocok.

Guru Penyemangat sendiri saat ini di laptop sudah mengoperasikan kedua software ini dan keduanya berjalan dengan baik. Namun untuk selera, diriku lebih suka menggunakan Foxit Reader karena tampilannya lebih sederhana dan mudah me-minimize notifikasi yang muncul.

Semoga bermanfaat ya
Salam.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Guru Profesional, Guru Penggerak, Blogger, Public Speaker, Motivator & Juragan Emas.

Posting Komentar untuk "Foxit Reader vs Adobe Reader, Mana yang Lebih Baik?"