Widget HTML #1

Ragam Kelebihan dan Kekurangan CamScanner, Aplikasi Pemindah Dokumen Terbaik

Hai Sobat, sudah akrab dengan CamScanner? Atau Sobat sudah berlangganan bulanan?

GuruPenyemangat.com sendiri sudah beberapa bulan ini menginstal CamScanner di Android, bahkan sudah berlangganan paket bulanan seharga Rp24ribuan.

Ketika memerlukan scan untuk mendokumentasikan nota atau dokumen penting lainnya tidak perlu lagi memakai komputer dengan alat scannernya.

Hanya dengan menginstall aplikasi CamScanner di Android, maka ponsel bisa berubah menjadi scanner. Namun, selayaknya aplikasi biasa, terdapat kelebihan dan kekurangan CamScanner pada Android.

Kelebihan dan Kekurangan CamScanner
Kelebihan dan Kekurangan CamScanner. Dok. GuruPenyemangat.com

Pada prinsip dasarnya, aplikasi ini memakai kamera telepon untuk digunakan sebagai scanner dengan mengatur kontras warna. Sehingga nantinya tulisan yang di scan bisa lebih terlihat.

CamScanner dapat mengubah file hasil jepretan kamera menjadi PDF dan untuk versi premiumnya terdapat fitur OCR atau Optical Character Recognition.

Review CamScanner

Aplikasi CamScanner bisa digunakan untuk pelajar atau pegawai yang berfungsi sebagai scanner pada ponsel Android.

Aplikasi ini juga memiliki fungsi seperti perangkat scanner pada umumnya, tetapi dalam bentuk portable karena bisa sobat lakukan langsung dari ponsel. Untuk sobat pengguna iPhone juga bisa menggunakan aplikasi ini. 

Aplikasi ini juga bisa dikatakan menjadi salah satu aplikasi scanner Android terbaik yang cukup handal dengan banyak kelebihan serta fitur.

CamScanner juga cukup populer karena kemudahannya dalam melakukan pemindahan dokumen. Untuk menggunakannya juga hanya perlu mengunduh aplikasi dan menggunakannya. 

CamScanner menjadi semakin meningkat dan juga terus ditingkatkan, sehingga kualitas layanan semakin bagus secara signifikan.

Aplikasi ini juga sudah mendapatkan pembaruan versi terbaru dan kualitas hasil scan semakin meningkat.

Namun tetap terdapat kelebihan dan kekurangan CamScanner, untuk sobat yang membutuhkan aplikasi praktis untuk scan dokumen juga cocok.

Boleh Baca: 4 Alat untuk Memperkecil Ukuran PDF Terbaik dan Gratis 

Fitur dan Cara Menggunakan Aplikasi CamScanner 

Sebelum masuk ke pembahasan kelebihan dan kekurangan CamScanner, sobat juga perlu tahu fitur dan cara menggunakan aplikasinya. Berikut ini beberapa fiturnya. 

Scan dokumen, seperti KTP, bukti pembayaran, materi belajar, kartu pelajar, dan lain sebagainya. Kemudian nanti dapat disimpan dalam bentuk PDF atau JPG. 

Share PDF ataupun JPG, sehingga nanti hasil scan bisa langsung di share ataupun dikirim dengan mudah melalui berbagai cara dan media. 

Crop dan optimasi image dengan beberapa mode yang tersedia melakukan pengoptimalan gambar, yakni Original, Auto, Lighten, Magic Color, Gray Mode, dan B&W atau hitam putih. 

Terdapat fitur OCR atau Optical Character Recognition yang dapat merubah tulisan dari foto menjadi teks yang dapat diedit seperti copy paste dari buku tanpa mengetik. 

Penggunaan aplikasi ini cukup mudah dan bahkan sederhana. Sebelum menggunakannya sobat harus download aplikasinya terlebih dahulu. Berikut caranya:

  1. Pertama-tama buka Play Store atau App Store lalu ketik CamScanner di kolom pencarian. 
  2. Lalu klik aplikasi CamScanner dan klik Download atau Unduh. 
  3. Setelah itu tunggu beberapa saat hingga aplikasi berhasil diinstal. 
  4. Selanjutnya buka aplikasi lalu login dan siap digunakan untuk scanning dokumen. '
  5. Untuk menggunakannya klik ikon kamera untuk mengambil dokumen yang terdiri single mode dan batch mode. 
  6. Setelah posisi subjek pas ketuk ikon centang untuk ke tahap berikutnya. Lalu atur rotasi serta area yang akan sobat potong. 
  7. Sesuaikan juga warna kontras gambar dan setelah semua pas klik ikon centang atau save. File tersebut sudah tersimpan dan bisa digunakan.

Kelebihan Aplikasi CamScanner

Kelebihan yang dimiliki CamScanner menjadi alasan kenapa banyak orang menggunakannya. Meskipun dengan demikian tetap ada kelebihan dan kekurangan CamScanner. Berikut ini kelebihannya. 

  1. Aplikasi yang mudah digunakan hanya dengan perlu mengunduhnya di Play Store atau App Store. Setelah terpasang bisa langsung dibuka dan digunakan. 
  2. Meskipun hanya menggunakan kamera ponsel, hasilnya tetap baik dengan dukungan kamera ponsel yang sudah dilengkapi dengan resolusi cukup tinggi. 
  3. Di dalamnya terdapat fitur crop yang dapat digunakan oleh pengguna untuk menyesuaikan gambar yang sudah dipotret kamera. Dengan demikian aplikasi akan memastikan gambar yang di scan hanya yang benar-benar dibutuhkan. 
  4. Bisa Sobat bagikan ke berbagai media mulai dari email, aplikasi chatting, dan lain sebagainya. Sobat juga bisa menyimpan hasil scan secara pribadi di galeri ponsel. 
  5. Aplikasi yang ringan dan tersedia penyimpanan cloud, sehingga tidak akan membuat ponsel sobat lemot.
  6. Mampu menjadikan foto seperti hasil scan asli, sehingga gambar menjadi jelas dan bisa terbaca.

Kekurangan Aplikasi CamScanner

Namun, aplikasi ini memiliki kekurangan selain adanya kelebihan yang memudahkan pengguna CamScanner.

Kelebihan dan kekurangan CamScanner bisa menjadi bahan pertimbangan untuk menggunakan aplikasi ini. Berikut ini kekurangannya:

  1. Untuk versi gratisnya setiap hasil dari aplikasi CamScanner terdapat watermark. 
  2. Fitur OCR atau Optical Character Recognition hanya terdapat di versi premium saja. 
  3. Untuk mendapatkan berbagai fitur lengkap dan akses lebih banyak harus berlangganan dahulu dengan berbayar. 
  4. Sayangnya aplikasi tidak mensupport file PDF ke text biasa. Sehingga agak menyulitkan untuk menyalin semua tulisan di dalam gambar jika teksnya banyak. 
Lebih daripada itu CamScanner ini kadang membuat penggunanya kesal karena terlalu banyak iklan saat proses penggunaan. Iklan tersebut pula sulit untuk ditutup sehingga tidak sedikit pengguna yang memilih untuk meninggalkan aplikasi tersebut.

CamScanner bisa menjadi aplikasi yang mendukung dan memudahkan pekerjaan sehari-hari. Aktifitas yang padat dan membutuhkan mobilitas tinggi, terkadang tidak memungkinkan untuk selalu dapat mengakses scanner yang terhubung dengan laptop atau PC. Sehingga membawa scanner portable rasanya tidak efisien dan praktis saat ada aplikasi CamScanner. 

Boleh Baca: Cara Convert Dokumen Word dan Gambar ke PDF

Aplikasi CamScanner versi biasa memang membatasi pergerakan penggunanya. karena tidak akan menemukan fitur terbaik yang seharusnya bisa digunakan dengan baik.

Alhasil, sobat bisa beralih ke premium untuk mendapatkan berbagai fitur. Namun, semua tergantung dengan sobat yang membutuhkan aplikasi seperti apa. 

Demikianlah informasi tentang cara menggunakan, fitur, kelebihan dan kekurangan CamScanner sebagai aplikasi scan yang praktis dan mudah.

Aplikasi ini banyak diminati karena kekurangan akan dirasakan untuk mereka yang menggunakan aplikasi dengan gratis. Namun, jika sobat menggunakan aplikasi yang premium pasti akan mendapatkan kelebihan sangat banyak.

Semoga bermanfaat
Salam

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Guru Profesional, Guru Penggerak, Blogger, Public Speaker, Motivator & Juragan Emas.

Posting Komentar untuk "Ragam Kelebihan dan Kekurangan CamScanner, Aplikasi Pemindah Dokumen Terbaik"