Widget HTML #1

Ragam Kelebihan dan Kekurangan WPS Office, Aplikasi Pengolah Kata dan Data Terbaik

Hai Sobat Guru Penyemangat, apakah Sobat sudah menginstal APK WPS Office?

Kelebihan dan kekurangan WPS Office perlu untuk para Sobat ketahui. Aplikasi WPS Office memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan dalam penggunaannya. Aplikasi tersebut bisa mempermudah segala kegiatan sehari-hari manusia.  

Berbagai kegiatan seperti pekerjaan kantoran dan berbagai kegiatan pendidikan akan membutuhkan aplikasi tersebut sebagai penunjangnya.

Kelebihan dan kekurangan WPS Office
Kelebihan dan kekurangan WPS Office. Dok. GuruPenyemangat.com

WPS Office memiliki fungsi yang sama seperti aplikasi pengolah kata lainnya. Penggunaan aplikasi juga tidak membutuhkan banyak penyesuaian dan bisa dengan mudah untuk pengoperasiannya.

Sekilas Tentang WPS Office yang Bisa Diketahui

WPS Office merupakan sebuah aplikasi yang memiliki berbagai layanan seperti writer, snapseed, dan presentation. Sebelum menggunakan nama WPS Office, aplikasi tersebut bernama Kingsoft Office. 

Aplikasi ini memiliki berbagai dukungan seperti Microsoft, Windows, iOS, Linux, dan juga Android. Dalam penggunaannya WPS Office memiliki karakteristik yang hampir sama dengan Microsoft Office yang sudah terinstall pada laptop.  

Beberapa fitur yang ada pada aplikasi ini memiliki kesamaan Microsoft Office. Tetapi, yang membedakan yaitu WPS Office bisa Sobat gunakan secara gratis. Sedangkan Microsoft Office belum bisa digunakan secara gratis.  

Apabila sobat pengguna laptop atau PC dengan spesifikasi yang tidak terlalu tinggi dan kapasitas penyimpanan tidak terlalu besar WPS Office menjadi pilihan yang tepat. Aplikasi ini tidak akan membebani perangkat saat digunakan.

Dengan ruang kurang lebih 350 MB, sobat sudah bisa menggunakan WPS Office secara lancar. 

Bagi yang sudah terbiasa menggunakan Microsoft Office sebagai pengolah kata dan data tidak akan kesulitan saat menggunakan WPS Office.

Tampilan antarmuka yang ada pada aplikasi ini hampir sama dengan Microsoft Office. Sehingga sobat bisa dengan mudah beradaptasi menggunakan aplikasi tersebut.

Kelebihan dari Aplikasi WPS Office

Kelebihan dan kekurangan WPS Office bisa menjadi bisa menjadi tolak ukur dalam menggunakan aplikasi. WPS Office memiliki berbagai kelebihan yang bisa dirasakan pengguna saat memakainya. 

Tentunya kelebihan tersebut bisa membantu sobat dalam penggunaan aplikasi lebih mudah. Berikut merupakan berbagai kelebihan yang ada pada aplikasi WPS Office: 

  1. Memiliki ukuran kecil yang bisa membantu bagi pemilik ruang penyimpanan kecil.
  2. Penggunaan RAM minim yang bisa memperlancar penggunaan aplikasi.
  3. Bisa digunakan dalam berbagai platform termasuk Android, iOS, Windows, dan Linux.
  4. Memiliki fitur yang mirip seperti Microsoft Office.
  5. Bisa membuka dan menyimpan file dalam berbagai format.
  6. Memiliki tampilan sederhana yang bisa mempermudah pengguna baru.
  7. Bisa langsung melakukan convert dokumen ke PDF.
  8. Menyediakan integrasi dengan penyimpanan cloud seperti Dropbox dan Google Drive.
  9. Memiliki fitur reading dengan tampilan layout yang bisa sobat scroll atau sebaliknya.
  10. Memiliki model flip yang bisa pengguna manfaatkan untuk membaca artikel dengan membalik halaman seperti buku.
  11. Kemudahan dalam pengaturan Bullet dan Numbering pada versi Android.
  12. Harga aplikasi premium lebih terjangkau.
  13. Aplikasi memiliki dukungan beberapa bahasa.

Kelemahan dari Aplikasi WPS Office

Kelebihan dan kekurangan WPS Office bisa menjadi bahan pertimbangan bagi para pengguna. Selain kelebihan WPS Office juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut merupakan beberapa kekurangan dari aplikasi WPS Office: 

  1. Dalam fitur Visio dan Project WPS Office tidak dengan Microsoft Office.
  2. Dalam beberapa fitur yang lebih kompleks tidak stabil seperti Microsoft Office.
  3. Berapa gambar yang tidak dibuka pada WPS Office presentation.
  4. Tidak menyediakan dukungan telepon atau chat secara langsung karena hanya menyediakan dukungan melalui email atau forum.
  5. WPS Office tidak sepopuler Microsoft Office.

Beberapa Layanan Aplikasi WPS Office

Aplikasi WPS Office memiliki berbagai layanan yang bisa sobat gunakan. Berbagai layanan tersebut tentu bisa digunakan dengan mudah. Bahkan bagi pengguna yang masih baru tidak akan kesulitan saat menjalankan aplikasi. Berikut merupakan beberapa layanan dalam aplikasi WPS Office:

1. Layanan WPS Writer

Layanan aplikasi WPS Office yang pertama yaitu WPS Writer. WPS Writer merupakan layanan pengolah kata pada WPS Office yang memiliki karakteristik dan fungsi mirip dengan Microsoft Word. 

Secara umum, penggunaan aplikasi tersebut memiliki kemiripan dengan Microsoft Word dari segi fitur dan tampilan.  

WPS Writer bisa menyimpan berbagai file dengan jenis docs yang bisa Sobat buka menggunakan layanan lain seperti Microsoft Word. Terdapat pelayanan import PDF to Word dan picture to text yang bisa sobat gunakan dalam WPS Writer.

2. Layanan WPS Spreadsheets

WPS Spreadsheets merupakan layanan pengolah angka pada WPS Office. Layanan WPS Spreadsheets ini mirip seperti Microsoft Office dari segi tampilan.

Kemiripan tampilan tersebut bisa memudahkan sobat untuk membiasakan diri dalam penggunaan aplikasi. Terdapat beberapa fitur yang ada pada WPS Spreadsheets yang bisa pengguna memanfaatkan.  

Berbagai fitur tersebut yaitu insert banyak row dan juga kolom yang bisa Sobat lakukan dengan cepat tanpa harus melakukan berulang kali.

File yang tersimpan dalam WPS Spreadsheets akan memiliki format xlsx yang bisa dibuka dengan berbagai aplikasi pengolah angka lainnya.

3. Layanan WPS Presentation

Layanan WPS Office selanjutnya yaitu WPS Presentation. WPS presentation merupakan layanan pembuat presentasi yang bisa pengguna memanfaatkan. Penggunaan WPS Presentation memiliki fitur yang hampir mirip seperti Microsoft PowerPoint. 

Para pengguna bisa membuat presentasi dengan mudah menggunakan WPS Presentation. Format file yang tersimpan pada WPS Presentation yaitu pptx. Sehingga para pengguna bisa mudah membuka menggunakan aplikasi yang lain.

Nah, itu dia ulasan tentang kelebihan dan kekurangan WPS Office yang bisa Sobat ketahui. Dengan beberapa kelebihan dan kekurangan tersebut bisa menjadi bahan pertimbangan dalam penggunaan. 

Melihat kelebihan aplikasi lebih banyak, WPS Office bisa menjadi pilihan yang tepat dalam membantu kegiatan seputar ketik-mengetik.

Boleh Baca: Kelebihan dan Kekurangan Microsoft PowerPoint

Semoga bermanfaat
Salam.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Guru Profesional, Guru Penggerak, Blogger, Public Speaker, Motivator & Juragan Emas.

Posting Komentar untuk "Ragam Kelebihan dan Kekurangan WPS Office, Aplikasi Pengolah Kata dan Data Terbaik"