Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Microblog di Canva yang Menarik dan Elegan

Dear Sobat Guru Penyemangat, di era serba digital seperti saat sekarang ini, microblog rasa-rasanya mulai menjadi konten wajib untuk dibagikan ke media sosial oleh para konten kreator maupun influencer.

Bukan tanpa alasan, microblog merupakan konten singkat yang berisi poin-poin, langkah-langkah, hingga pengetahuan tertentu dan mampu meningkatkan engagement maupun interaksi di media sosial.

Kita bisa menyaksikan sendiri baik di Facebook maupun Instagram, banyak netizen menyukai, mengomentari, serta membagikan konten-konten dengan muatan seperti microblog.

Secara tidak langsung, konten singkat nan bermanfaat tersebut mampu meningkatkan jumlah follower, hingga meramaikan fanspage media sosial yang awalnya sepi.

Maka dari itulah saat ini konten berbasis microblog ramai dibuat oleh para brand untuk mempromosikan barang dagangannya, para pemilik akun fanspage, hingga konten kreator.

Tapi apakah membuat microblog itu sulit?

Berikut Guru Penyemangat sajikan cara membuat microblog yang menarik dan elegan di Canva secara gratis dan cepat.

Mari disimak ya:

Cara Membuat Microblog di Canva

Cara Membuat Microblog di Canva
Cara Membuat Microblog di Canva. Dok. Gurupenyemangat.com

Sebelum membuat microblog alias blog mini di Canva, sebaiknya Sobat Guru Penyemangat terlebih dahulu menyiapkan materi alias informasi yang bakal dijadikan konten.

Sebaikny konten di microblog adalah konten yang berupa langkah-langkah, tips, daftar rekomendasi, daftar alasan, review, daftar manfaat, dan informasi lain yang bisa dijabarkan.

Berikut langkah-langkah membut microblog di Canva:

1. Buka Canva.com

Langkah pertama, Sobat langsung saja mengakses Canva.com melalui browser di laptop. Sobat juga bisa membuka aplikasi Canva melalui platform dengan terlebih dahulu mengunduh aplikasinya di Google Playstore.

Namun, saran Guru Penyemangat, sebaiknya kita membuat microblog di Canva menggunakan laptop atau macbook saja. Hal ini agar Sobat tidak kesulitan saat memilih, memindahkan, atau mendesain elemen untuk mempercantik microblog.

Nanti setelah desainnya selesai, Sobat bisa mengunduh konten microblog di Canva melalui Smartphone saja karena desain yang kita buat di Canva akan tersimpan otomatis.

2. Masukkan Kata Kunci “Microblog” di Canva

Setelah halaman Canva tampil, Sobat Guru Penyemangat langsung saja memasukkan kata kunci “Microblog” di laman pencarian Canva. Hal ini berguna bagi kita untuk mencari template-template berbasis konten singkat.

3. Pilih Template Microblog yang Dibutuhkan

Sobat Guru Penyemangat ingin membuat konten microblog untuk menyampaikan informasi apa saja?

Jika informasi seputar kesehatan, maka pilihlah template microblog tema kesehatan. Jika informasi seputar pendidikan, maka pilihnya template microblog bertema edukasi. Atau, Sobat juga bisa menyesuaikan template sesuai keinginan.

4. Kostumisasi Microblog di Canva

Setelah template berhasil dipilih, Sobat Guru Penyemangat langsung saja melakukan kegiatan desain. Mulai dari memasukkan judul microblog, informasi penting dalam mini blog, hingga ilustrasi atau gambar yang mendukung informasi.

5. Masukkan Informasi Media Sosial di Microblog

Untuk mempercantik microblog dan meningkatkan engagement di media sosial, maka Sobat perlu memasukkan informasi berupa nama akun medsos Sobat mulai dari Facebook, Instagram, Channel YouTube, TikTok hingga WhatsApp.

5. Gunakan Tombol Shift untuk Salin-Tempel Banyak Elemen di Canva Sekaligus

Microblog biasanya terdiri atas beberapa halaman. Maka dari itu, akan sangat repot nan rumit bila Sobat harus membuat ulang elemen-elemen yang sama seperti logo medsos.

Nah, untuk mempercepat langkah yang satu ini, Sobat Guru Penyemangat bisa melakukan dua opsi.

Opsi pertama, kita bisa menduplikasikan template yang sudah ditaruh banyak elemen seperti icon-icon akun medsos.

Opsi kedua, kita memilih elemen yang ingin disalin-tempel. Caranya yaitu dengan menekan tombol SHIFT di laptop sembari meng-klik elemen yang ingin di-copy satu demi satu. Setelah itu klik PASTE di halaman microblog selanjutnya atau lokasi yang diinginkan.

Boleh Baca: Tips dan Trik Membuat Desain dan Presentasi di Canva

6. Download Microblog Lalu Bagikan ke Media Sosial

Setelah aktivitas desain-mendesain selesai, Sobat bisa mengunduh konten microblog secara gratis. Caranya ialah dengan memilih menu “Bagikan” yang ada di pojok kanan atas, lalu pilih menu “Unduh”.

Setelah diunduh, maka Sobat bisa membagikan konten singkat karya Sobat ke media sosial seperti Instagram, Twitter, hingga Facebook.

*Tutorial membuat microblog di Canva via video, simak di sini:

Boleh Baca: 3 Cara Mendapatkan Akun Canva Pro, Gratis!

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membuat Microblog

1. Ukuran Microblog

Mayoritas microblog digunakan untuk meningkatkan personal branding maupun nama merek dagang di Instagram. Maka dari itu, ukuran microblog yang bisa Sobat gunakan yakni ukuran segi empat atau bujur sangkar.

Agar postingan microblog berkualitas, gunakanlah dimensi minimal 1000x1000 piksel.

2. Kualitas Informasi dalam Microblog

Apa pun cara promosi dan sistem marketing, jangan pernah lupa bahwa kualitas informasi yang disampaikan adalah hal yang paling penting.

Selain mencantumkan informasi penting, jangan lupa pandang pula sisi kebermanfaatan dan sesuaikan pula dengan kebutuhan audien.

3. Kualitas Gambar dan Ilustrasi

Berbeda dengan artikel atau postingan blog, microblog memiliki lebih banyak gambar dan ilustrasi dibandingkan dengan tulisan. Maka darinya, gunakanlah gambar yang berkualitas, dan ilustrasi yang sesuai dengan topik yang dibahas.

4. Mencantumkan Akun Medsos

Pada setiap halaman microblog, jangan lupa cantumkan nama akun media sosial yang Sobat punya. Mulai dari Facebook, Email, Instagram, Twitter, WhatsApp hingga nama Website.

5. Menambahkan Call-to-Action pada Microblog

Apa tujuan utama Sobat membuat microblog? Apa pun itu, pasti ada call-to-action yang Sobat inginkan. Apakah itu tentang pembelian produk, engagement, penggunaan jasa, hingga saran, masing-masing darinya perlu Sobat selipkan di akhir postingan.

6. Gunakan Tagar yang Sama Saat Membagikan Konten Microblog

O ya, sebaiknya Sobat gunakan tagar yang sama saat membagikan microblog di media sosial. Jangan lupa gunakan pula tagar-tagar viral.

Jika Sobat ingin mendapat engagement yang lebih mantap, maka manfaatkanlah berita viral dan jadikan konten edukatif dari sisi pandang yang berbeda dalam bentuk microblog.

***

Demikianlah tadi sajian Guru Penyemangat tentang langkah-langkah membuat microblog di Canva yang menarik dan elegan, lengkap dengan hal-hal yang perlu diperhatikan.

Mudah-mudahan bermanfaat ya
Salam.

Lanjut Baca: Cara Membuat Desty Page Gratis untuk Bio IG

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Microblog di Canva yang Menarik dan Elegan"

Promo Cashback & Voucher Shopee