Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Bilangan Pangkat dan Rumus di Canva dengan Cepat

Hai Sobat Guru Penyemangat, apakah Sobat saat ini sedang kesulitan untuk menyisipkan bilangan pangkat, rumus matematika, kimia, atau yang lainnya saat membuat presentasi di Canva?

Ya, kita ketahui bersama bahwa seiring berjalannya waktu platform Canva terus melakukan perbaikan dan pembaruan.

Meski begitu, hingga artikel ini ditulis dan ditayangkan, Canva belum memiliki fitur khusus untuk memasukkan rumus layaknya fitur Equation yang ada di Microsoft Word.

Karena ketiadaan fitur tersebut, walau kita melakukan copy rumus yang ada di Word maupun PowerPoint ke Canva, maka format rumus yang di-paste nantinya hanya berupa huruf dan angka saja.

Cara Membuat Bilangan Pangkat dan Rumus di Canva
Cara Membuat Bilangan Pangkat dan Rumus di Canva. Dok. GuruPenyemangat.com

Maka dari itulah diperlukan trik khusus agar kita semua tetap bisa membuat rumus dan bilangan pangkat di Canva.

Berikut disajikan cara mudah membuat bilangan pangkat, rumus Matematika hingga Kimia di presentasi Canva.

Mari disimak ya Sobat:

Cara Membuat Bilangan Pangkat dan Rumus di Canva

Untuk membuat presentasi Canva khusus pelajaran Matematika dan Sains diperlukan trik khusus, terutama saat kita menyisipkan rumus. Nah, cara tercepatnya ialah melakukan salin-tempel.

Begini langkah-langkah membuat bulangan pangkat dan rumus di Canva:

1. Buka Canva.com

Langkah pertama, Sobat langsung saja membuka Canva.com atau Canva Desktop melalui laptop/notebook Sobat.

GuruPenyemangat.com sarankan agar Sobat menggunakan laptop saja karena untuk menyisipkan bilangan pangkat dan rumus akan sangat sulit bila harus menggunakan Smartphone.

2. Pilih Template Presentasi

Setelah tampil laman Canva, silakan Sobat pilih template presentasi sesuai dengan materi yang bakal Sobat buat. Sobat bisa memilih template tinggal edit dengan memasukkan keyword “Matematika” “Pendidikan” atau “Pembelajaran” di kolom pencarian pada fitur Canva yang ada di sisi kiri tampilan.

3. Pilih Bilangan Pangkat atau Rumus yang Dibutuhkan

Sebelum memasukkan rumus atau bilangan pangkat ke desain Canva, Sobat perlu terlebih dahulu menyiapkannya di dokumen lain.

Sobat bisa membuat rumus secara manual dengan menggunakan fitur Equation di Microsoft Word. Selain itu, Sobat juga bisa memilih bilangan pangkat atau rumus lain yang ada pada dokumen PDF.

Nah setelah bilangan pangkat dan rumus Matematika, Kimia, maupun Fisika yang ingin dicantumkan ke presentasi Canva sudah siap, maka Sobat bisa melakukan copy secara manual pada rumus tersebut.

Caranya ialah tekan tombol WINDOWS+SHIFT+S pada keyboard laptop secara bersamaan, lalu tunggu beberapa saat.

Copy-Paste Secara Cepat

Setelah tanda plus muncul pada layar laptop, silakan blok-tahan untuk memilih rumus atau bilangan pangkat yang yang ingin di-copy, lalu lepaskan.

Opsi lain, Sobat bisa melakukan screenshot pada layar laptop dengan menekan tombol PrtSc Sysrq yang ada pada keyboard laptop, atau fitur Snapshot yang ada pada daftar menu di aplikasi pembuka PDF. Namun, menurut GuruPenyemangat.com lebih simpel cara pertama sih. Hehe

4. Tempelkan Screenshot Bilangan Pangkat dan Rumus ke Desain Canva

Ketika bilangan pangkat atau rumus sudah dipilih, maka Sobat langsung saja beralih ke halaman desain Canva. Kemudian tekan tombol CTRL+V pada laptop, atau klik kanan lalu pilih PASTE untuk menempelkan gambar rumus yang tadi sudah disalin.

Terapkan langkah 3 dan 4 secara berulang bila Sobat perlu memajang beberapa rumus senyawa, rumus Matematika, atau bilangan pangkat ke Canva.

5. Manfaatkan Fitur Penghapus Background

Bila Sobat menginginkan agar bilangan pangkat maupun rumus di presentasi Canva dihilangkan background-nya, maka gunakanlah fitur penghapus latar belakang Canva. Namun perlu diketahui bahwa fitur ini hanya berlaku bagi pengguna Canva Pro atau Canva For Education.

Baca Lebih Lanjut di:

👉Cara Menghapus Background Gambar atau Logo di Canva

👉Begini Cara Daftar Akun Canva For Education

👉3 Cara Mudah Mendapatkan Akun Canva Pro Secara Gratis

6. Percantik Presentasi Canva dengan Fitur Elemen

Belum selesai sampai di langkah 5, bila Sobat ingin mempercantik presentasi Canva, maka jangan lupa untuk menambahkan elemen-elemen seperti Shape, garis, gradien, hingga ilustrasi menarik lainnya.

Boleh Baca: Cara membuat Mind Mapping di Canva dengan Menggunakan Template Aesthetic

7. Download atau Bagikan Presentasi Canva

Jika desain dirasa sudah cukup, maka Sobat bisa mengunduh presentasi bilangan pangkat dan rumus di Canva dalam format gambar, PDF, atau Microsoft PowerPoint.

Caranya, silakan Sobat klik tombol “Bagikan” yang ada pada pojok kanan atas Canva, lalu pilih opsi “Unduh”. Setelah itu, pilihlah opsi unduhan sesuai format yang Sobat inginkan.

Jika tidak ingin mengunduh, maka Sobat bisa membagikan desain Canva via link untuk nantinnya dipresentasikan secara online.

Caranya; klik tombol BAGIKAN, lalu copy link (tautan) untuk kemudian di-share ke WhatsApp, Facebook, atau media sosial lain yang Sobat inginkan.

SELESAI! Sobat telah berhasil membuat presentasi Canva yang berisikan materi bilangan pangkat, rumus Matematika, atau rumus Kimia.

Bila cukup kesulitan mengikuti langkah-langkah di atas, Sobat juga bisa menonton video tutorial yang sudah Guru Penyemangat buatkan berikut ini:

***

Boleh Baca: Download Video di Canva Kok Lama? Begini Solusinya

Demikianlah tadi seutas sajian GuruPenyemangat.com tentang langkah-langkah membuat bilangan pangkat dan rumus di Canva untuk keperluan desain presentasi dalam dunia pembelajaran maupun bisnis.

Mudah-mudahan ke depannya di Canva ada fitur Equation hingganya kita bisa lebih leluasa dalam membuat rumus ya Sobat.

Semoga bermanfaat
Salam.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Bilangan Pangkat dan Rumus di Canva dengan Cepat"