Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mudah! Begini Cara Menyimpan PPT dari Canva, Slide PowerPoint Tidak Berubah

Cara Menyimpan PPT dari Canva
Cara Menyimpan PPT dari Canva. Dok. Gurupenyemangat.com

Canva? Aih, siapa yang tidak kenal dengan platform multiguna yang satu ini. Kehadirannya sangat membantu banyak orang terutama dalam soal desain-mendesain.

Terang saja, platform desain grafis yang didirikan oleh Melanie Perkins, Cameron Adams, Cliff Obrecht di Australia sejak 2012 menghadiahkan berbagai macam fitur bagi para penggunanya.

Cukup dengan membuat akun lalu login via email, kita bisa menikmati ribuan bahkan jutaan fitur untuk membuat slide presentasi PPT, video pembelajaran, logo, kartu ucapan, hingga kebutuhan promosi bisnis.

Alhasil, kegiatan mengedit yang kemarin membutuhkan waktu lama dengan menggunakan software seperti Corel Draw dan Photoshop, sekarang jadi lebih cepat bahkan bisa selesai dalam waktu beberapa menit saja.

Tidak terkecuali, membuat dokumen PPT alias slide presentasi di Canva juga begitu.

Kita hanya tinggal pilah-pilih template yang disukai, tambahkan elemen, efek, dan animasi, lalu sesudahnya bisa diunduh secara gratis.

Iya, benar. Free Download, kok!

Baik dirimu maupun diriku bisa menyimpan hasil desain grafis olahan Canva di laptop, di HP, atau langsung membagikannya ke media sosial seperti Facebook, Linkedin, hingga YouTube.

Yang paling sering Gurupenyemangat.com cermati adalah pembuatan slide presentasi PPT baik untuk keperluan pembelajaran, tugas makalah, tugas kuliah hingga keperluan bisnis.

Selama ini, yang biasa bahkan masyhur di kalangan pelajar, pengajar, serta pebisnis adalah membuat slide PPT menggunakan software Microsoft PowerPoint.

Hanya saja, dalam meracik presentasi yang apik dan menarik, beberapa dari kita sering kerepotan karena minimnya template serta elemen presentasi yang bagus.

Maka dari itulah, tidak sedikit dari kita yang akhirnya rela men-download template PowerPoint gratisan di internet lalu mengeditnya di Microsoft PowerPoint.

O ya, terkadang ada yang sampe beli paket PPT tinggal edit, lho!

Hal tersebut sungguh bukanlah masalah. Yang jelas, ada satu kesimpulan kita bahwa di saat ini slide presentasi menarik sangat dibutuhkan banyak orang dari berbagai jenis profesi.

Beruntungnya, Canva hadir sebagai platform yang memudahkan. Dikaruniai banyak fitur, segenap tools yang ada di aplikasi pengeditan ini cukup simpel untuk digunakan.

Kita hanya memerlukan rumus drop and drag, costumize, lalu tinggal download atau dipublikasikan.

Hebatnya lagi, semua kelebihan Canva ini bisa kita unduh secara gratis. Termasuk pula slide PPT.

Tapi, jikalau Sahabat Guru Penyemangat ingin mendapatkan fitur yang lebih banyak dan berkualitas premium, maka kalian bisa langsung upgrade akun Canva yang profesional.

Apakah berbayar? Ada yang berbayar, tapi untuk guru dan para pembelajar, kita bisa mendaftarkan akun pro bernama Canva For Education secara gratis.

Simak caranya di sini: Cara Mengaktifkan Akun Canva For Education, Gratis

Cara Membuat Slide PPT Menarik di Canva

Cara Membuat Slide PPT Menarik di Canva
Cara Membuat Slide PPT Menarik di Canva. Dok. Gurupenyemangat.com

Kalian sudah sering membuat slide presentasi di Canva? Wah, kalau sering, berarti sudah pro alias mahir, ya!

Slide untuk keperluan apa pun itu, membuat dan meraciknya menjadi sangat mudah bila kita kerjakan di Canva.

Dirimu tidak perlu ribet cari foto karena Canva sudah bekerja sama dengan platform penyedia stok photo gratis seperti Pixabay dan Pexels.

Nah, jika teman-teman belum terbiasa membuat slide PPT di Canva, silakan ikuti langkah-langkah berikut:

1. Login ke Canva.com.

Jika belum ada akun, silakan mendaftar dengan menggunakan email. Bisa email pribadi, email bisnis, dan juga bisa menggunakan akun belajar.id.

2. Pada halaman beranda Canva, silakan klik menu Presentasi.

Akan tampil 5 pilihan fitur slide mulai dari Presentasi, Presentasi Berbicara, Presentasi untuk Seluler, Presentasi (4:3), dan Presentasi Tukar Pikiran dengan resolusi rata-rata 1920x1080 piksel.

3. Setelah memilih jenis Presentasi, silakan edit dan racik PPT sesuai seleramu.

  • Terkait dengan fitur, di sebelah kiri atas ada fitur Template alias pilihan tema yang bisa kamu edit.
  • Selanjutnya Ada pula menu elemen untuk mempercantik PPT dengan ilustrasi, shape, baik berupa animasi diam maupun animasi bergerak.
  • Ada fitur unggahan. Di sini kamu bisa mengunggah foto dan video yang ada di HP maupun laptopmu.
  • Fitur Foto bisa digunakan untuk mencari gambar yang sesuai dengan presentasi PPT. Jika kamu adalah pengguna akun gratis, pilihlah foto atau gambar yang tidak ada label “Pro”.
  • Fitur Teks. Ada banyak sekali pilihan font awesome. Kamu bisa memilih jenis font, mengatur ukuran font, warna, spasi, hingga efek. O ya, bisa unggah font juga kok.
  • Fitur Audio. Canva sudah menghadirkan fitur audio yang bisa kita pajang sebagai iringan latar.
  • Fitur Video. Selain template presentasi yang berbentuk gambar dan ilustrasi, Canva juga sediakan template Video.
  • Latar Belakang. Jika kamu bingung memilih foto apa yang bagus untuk background, gunakan saja fitur latar belakang. Di sana tersedia banyak latar mulai dari basis warna, gradien, hingga gambar ilustrasi.
  • Lainnya. Masih tersedia banyak fitur di Canva mulai dari setting gaya, bagan, folder, hingga berbagai aplikasi dan integrasi yang meliputi Pexels, Pixabay, Penyematan, Emoji, Giphy, Google Maps, Facebook, QR Code, Instagram, Google Drive, hingga Dropbox.
  • Pada bagian atas tampilan slide presentasimu juga ada fitur efek, filter, sesuaikan, pangkas, balik, animasi, durasi, salin gaya, transparasi, tombol kunci, hingga menu hapus. Manfaatkan fitur tersebut untuk menghasilkan desain PPT yang menarik dan inspiratif.

4. Jika dirimu membuat slide PPT secara manual, gunakan fitur tambah halaman atau duplikat halaman dengan cara klik tanda titik tiga (---) yang ada di samping slide.

Boleh Baca: Cara Membuat Komik dan Kartun Pembelajaran di Canva

Cara Menyimpan PPT dari Canva dalam Bentuk PowerPoint

Mengapa kita perlu menyimpan slide PPT Canva dalam bentuk dan format PowerPoint?

Hal ini dilakukan jika kamu ingin mempresentasikan PPT secara offline di laptop. Begini langkah-langkahnya:

1. Agar slide PPT Canva tidak berubah saat dibuka di Microsoft PowerPoint, usahakan elemen dan gambar diedit tidak melewati halaman presentasi.

Seret Elemen PPT Canva Agar Tidak Keluar dari Layar Halaman
Seret Elemen PPT Canva Agar Tidak Keluar dari Layar Halaman. Tangkapan layar Canva oleh Gurupenyemangat.com

2. Jika slide PPT sudah selesai, klik tanda titik tiga (---) di samping tombol unduh yang ada di sisi kanan atas lalu klik “Microsoft PowerPoint”.

Save PPT Canva ke Microsoft PowerPoint
Save PPT Canva ke Microsoft PowerPoint. Tangkapan Layar Canva, diolah oleh Gurupenyemangat.com

3. Sebelum mendownload, kamu bisa memilih halaman slide secara manual atau semuanya. Jika sudah dipilih, klik unduh.

4. Pada tampilan di kanan bawah akan tampak progress unduhan slide dengan format PPTX. Tunggu sampai selesai dan slide PPT secara otomatis akan tersimpan di folder unduhan perangkatmu.

***

Boleh Baca: Cara Membuat Twibbon Sendiri di Canva

Itulah tadi rangkaian cara step by step untuk menyimpan PPT dari Canva. Perlu diketahui, semua elemen, gambar, dan ilustrasi yang sudah diedit akan ikut terunduh, tapi tidak dengan animasinya.

Animasi huruf, template, dan halaman bisa ikut terunduh jika kita menyimpannya dalam bentuk gif maupun video.

Nah, silakan langsung dipraktikkan saja, ya. Jika masih bingung, di sini sudah aku sediakan tutorial via Video. Boleh ditonton, kok. Berikut videonya:

Lanjut Baca: Cara Mengubah Dokumen PDF ke Word, Tulisannya Tetap Rapi

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Mudah! Begini Cara Menyimpan PPT dari Canva, Slide PowerPoint Tidak Berubah"