Widget HTML #1

Cara Membuat Poster Hari Guru Nasional Tahun 2023, Lengkap dengan Contoh Desain Tinggal Edit

Hai Sobat Guru Penyemangat, sebentar lagi kita bakal menyapa HGN yang ke-78 ya? Selamat Hari Guru Nasional!

Gara-gara tanggal 25 November akan tiba, Guru Penyemangat jadi ingat dengan para pengajar di seluruh penjuru Bumi Pertiwi.

Jasa mereka memang tiadalah tertandingi. Meskipun mereka adalah pahlawan tanpa tanda jasa, namun sungguh peran para guru sangatlah vital bagi kemajuan diri seseorang, hingga banyak orang.

Maka darinya, ketika Hari Guru Nasional tiba, banyak dari kita yang berlomba-lomba untuk menghadiahkan kado terbaik dan unik untuk Hari Guru. Entah itu poster, buket, kartu ucapan, hingga yang lainnya.

Eits…!

Kado terbaik tentu bukanlah dilihat dari harganya, melainkan dari ketulusan hati si pemberi dan pembuatnya. Toh guru pun akan sangat menghargai pemberian, termasuk ketika Sobat membuat poster.

Cara Membuat Poster Hari Guru
Cara Membuat Poster Hari Guru. Dok. GuruPenyemangat.com

Mengapa poster? Ya, karena poster Hari Guru Nasional tidak sulit untuk dibuat dan bisa dihias sesuka hati. Kita pun bisa berkirim lewat online atau pun mencetaknya syahdan diberikan secara tatap muka.

Apakah membuat poster itu mudah?

Nah berikut disajikan cara membuat poster Hari Guru Nasional menggunakan Canva beserta contoh desain tinggal edit.

Mari disimak ya:

Langkah-langkah Membuat Poster Hari Guru di Canva

Mengapa harus Canva? Tidak harus, kok. Namun dengan Canva Sobat bisa membuat beragam desain secara lebih mudah, termasuklah ketika kita ingin membuat poster Hari Guru.

Penting untuk diketahui bahwa poster biasanya dipajang di tempat umum. Dengan demikian poster Hari Guru bisa dipajang di mading sekolah, atau di tempat lain yang kira-kira bisa dipandang oleh guru.

Nah, berikut Guru Penyemangat sajikan langkah-langkah membuat poster Hari Guru di Canva:

1. Buka Canva.com

Langkah pertama, Sobat langsung aja buka situs Canva.com melalui laptop maupun notepad. Jika Sobat ingin membuat desain poster lewat HP, maka download terlebih dahulu aplikasi Canva di Google Playstore, kemudian install.

2. Pilih Template “Poster Hari Guru”

Template Hari Guru
Template Hari Guru. Screenshot Canva

Setelah laman beranda alias dashboard Canva terbuka, silakan langsung saja ketik kata kunci “Poster Hari Guru”. Ketika sudah tampil tulisan “Template yang Disarankan”, maka klik tulisan lihat lainnya.

Tunggu beberapa saat, dan nantinya Sobat bisa memilih ragam desain poster Hari Guru tinggal edit sesuai kebutuhan. Sobat bisa memilih ukuran potrait, juga landscape.

3. Desain Poster Sesuai Kebutuhan

Setelah template berhasil dipilih, sekarang Sobat bisa melakukan aktivitas desain-mendesain poster. Sobat bisa mengakses beragam elemen dan ilustrasi melalui fitur elemen. Sobat juga bisa mengunggah gambar lalu menghapus background-nya jika diperlukan.

Saat sedang proses mendesain, perlu diketahui bahwa Sobat bisa menggunakan gambar, audio, video, hingga elemen premium maupun gratis.

Bila Sobat belum memiliki akun Canva Pro, maka silakan gunakan elemen, gambar, serta ilustrasi yang ketika diarahkan kursornya ada tulisan gratis.

4. Unduh atau Bagikan Poster

Langkah terakhir setelah kegiatan mengedit ialah Sobat bisa mengunduh poster untuk kemudian dicetak. Bila ingin mengunduh, silakan klik unduh dan aku sarankan bagi Sobat untuk memilih format PDF atau PNG. Hal ini supaya desain poster nantinya tidak pecah.

Jika tidak ingin mengunduh, Sobat bisa membagikan link poster. Sobat pula bisa melakukan proses pengeditan bersama teman dengan cara membagikan tautan poster.

Caranya yaitu klik tombol “Bagikan”, lalu pada dekat logo gembok dan tulisan “Hanya Anda yang dapat Mengakses” klik tanda “v” kemudian pilih opsi “hanya Tim…” atau “Yang Punya Tautan”. Setelah itu, salin tautan lalu bagikan kepada si doi, eh temanmu.

Boleh Baca: Kumpulan Puisi Indah dan Menyentuh Hati untuk Guru di Hari Guru Nasional

Contoh Desain Poster Hari Guru Tahun 2023 Tinggal Edit

Guru Penyemangat menyadari bahwa mendesain poster Hari Guru bukanlah kegiatan yang “sat-set sat-set” lalu selesai. Terkadang kita malah disibukkan dengan aktivitas memilih desain mana yang terbaik.

Namun Sobat tidak perlu khawatir karena di sini Guru Penyemangat telah menghadirkan beberapa contoh desain poster Hari Guru aesthetic tinggal edit.

Setelah mengklik tombol edit desain, Sobat akan langsung tertuju pada laman Canva.

Nah, silakan dipilih yang cocok ya Sobat:

Contoh Desain Poster Hari Guru 1

Abu-abu Putih Ucapan Hari Guru Poster oleh Ozy Alandika

Contoh Desain Poster Hari Guru 2

Cerita Instagram Ucapan Hari Guru Nasional Ilustratif Beige Coklat Merah oleh Ozy Alandika


***

Boleh Baca: Inilah 10 Inspirasi Hadiah Terbaik untuk Guru dari Orang Tua Murid

Demikianlah sajian GuruPenyemangat.com tentang langkah-langkah membuat poster Hari Guru yang dilengkapi dengan contohnya tinggal edit melalui Canva.

Semoga bermanfaat ya
Salam.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Guru Profesional, Guru Penggerak, Blogger, Public Speaker, Motivator & Juragan Emas.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Poster Hari Guru Nasional Tahun 2023, Lengkap dengan Contoh Desain Tinggal Edit"