Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Teks Pidato Tentang Kepemimpinan yang Singkat dan Jelas

Sobat Guru Penyemangat, bukankah tiap-tiap kita ingin sekali dipimpin oleh seorang pemimpin yang hebat?

Ya, rasanya masing-masing dari Sobat memiliki pandangan yang cukup berbeda ketika kita berkisah tentang "a Good Leader". Meski demikian, kita semua pasti setuju bahwa hal utama yang wajib dimiliki oleh seorang pemimpin adalah akhlak/karakter yang mulia.

Istilah kerennya yaitu "A Positive Attitude", yang berarti tidak hanya memiliki akhlak yang baik secara pribadi melainkan juga mampu menularkan sikap-sikap positif sembari merangkul orang banyak.

Di sisi lain perilaku percaya diri, sense of humor, kemampuan menyelesaikan masalah secara bijaksana, growth mindset hingga kemampuan untuk menjawab permasalahan yang dimulai dari kata "how" juga tidak bisa dilepaskan dari apsek-aspek vital dunia kepemimpinan.

Maka dari itulah sebenarnya memilih seorang pemimpin tidaklah semudah mengedipkan mata. Karena ada amanah yang harus diperjuangkan, juga karena ada segunung hal penting yang harus diperjuangkan.

Ini ada contoh teks pidato tentang kepemimpinan singkat dan jelas yang cocok disampaikan jelang pemilihan pemimpin organisasi atau OSIS.

Mari disimak ya:

Pidato Tentang Kepemimpinan

Contoh Teks Pidato Tentang Kepemimpinan
Contoh Teks Pidato Tentang Kepemimpinan. Dok. GuruPenyemangat.com

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Selamat pagi dan salam semangat untuk kita semua,

Yang saya hormati, Bapak/Ibu Kepala SD/MI/SMP/MTs/SMA/MA Negeri/Swasta Kabupaten/Kota
Yang saya hormati, Bapak/Ibu Dewan Guru
serta siswa-siswi yang saya banggakan

Mengawali pagi hari yang cerah ini, marilah kita bersama-sama mengucapkan puji syukur alhamdulillah atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan nikmat dan karunia kepada kita semua. 

Sholawat serta salam semoga senantiasa mengiringi junjungan kita Nabi Agung Muhammad SAW sebagai tokoh pemimpin yang yang telah menunjukkan suri teladan yang baik bagi peradaban umat manusia. 

Hadirin yang saya hormati,

Adakah sosok pemimpin yang Bapak atau Ibu idolakan? Bagaimana rekam jejak beliau selama memimpin?

Kita tentu saja merasa kagum dan bangga pada seseorang yang dinobatkan sebagai pemimpin yang mampu mengayomi, senantiasa memperjuangkan hak-hak atau aspirasi rakyat, bekerja dengan hati dan penuh tanggung jawab, siap dalam keadaan apapun, serta rela mengerahkan waktu, materi, dan tenaganya dengan harapan dapat mencapai kepentingan bersama. 

Jika dilihat dari pemilihan kepemimpinan dalam ranah organisasi, seorang pemimpin akan mengarahkan dan memberikan contoh kepada anggota organisasinya dalam upaya mencapai tujuan organisasi sesuai aturan yang telah disepakati.

Ya, karena kepemimpinan adalah salah satu faktor penting yang akan membawa keberhasilan bagi suatu organisasi.

Para pemimpin yang sukses dalam ranah bisnis juga tidak jauh berbeda. Mereka memiliki kemampuan untuk melihat peluang masa depan pada perusahaan dan membuat tujuan yang mampu diimplementasikan dengan mantap.

Caranya ialah dengan beradaptasi dan menerapkan strategi baru sehingga model bisnis berkembang guna menjawab tantangan zaman.

Hadirin yang saya hormati,

Kepemimpinan diperlukan agar kita lebih fokus pada tujuan sehingga para pemimpin menggunakan pengaruhnya untuk memimpin para anggota dan mendorong mereka untuk mencapai tujuan tersebut, serta membantu menciptakan suatu kerja sama yang baik.

Yang paling utama dari seorang pemimpin hendaknya memiliki karakter yang kuat, menepati janji, berkomunikasi secara terbuka, jujur, berintegritas.

Di samping itu, ditunjang dengan adanya keterampilan berpikir kritis, siap menerima ketidakpastian, memiliki kecerdasan sosial dan emosional, serta keinginan dan tekad untuk maju sehingga pemimpin akan dihargai dengan loyalitas, kepercayaan diri, dan rasa hormat.

Boleh Baca: Contoh Teks Pidato Tentang Kedisiplinan

Hadirin yang dirahmati Allah,

Berbicara tentang kepemimpinan biasanya memang sangat lekat dengan citra laki-laki. Namun, ternyata menurut Indonesia Business Coalition for Women Empowerment (IBCWE) mengungkapkan bahwa Indonesia menduduki peringkat keempat yang memiliki pemimpin perempuan terbanyak di dunia dengan persentase sebanyak 37%. 

Namun sayangnya, berdasarkan data dari The Gender Social Norms Index, UNDP pada 2020 menunjukkan hampir 90% laki-laki dan perempuan memiliki semacam bias terhadap perempuan. 

Selain itu, Badan Pusat Statistik (BPS), dari jumlah Indeks Pemberdayaan Gender mencatat perempuan sebagai tenaga profesional di Indonesia pada tahun 2019 masih berada pada kisaran antara 35% hingga 55%.

Dari rangkaian data tersebut, tergambar cukup kecilnya keterwakilan peran perempuan membuat institusi atau organisasi kurang memiliki sudut pandang perempuan, sehingga berpengaruh pada penyusunan kebijakan yang kurang berpihak pada perempuan dan berdampak pada rendahnya kesadaran akan kesetaraan gender.

Padahal, saat perempuan dan laki-laki memiliki kesempatan yang sama untuk aktif dalam berbagai ranah kehidupan ekonomi, sosial hingga politik.

Dari sana diharapkan dapat muncul kebijakan yang lebih adil dan inklusif untuk mencapai pembangunan yang lebih merata. 

Perempuan juga merupakan pihak yang mengetahui kebutuhan, masalah dan solusi dari isu-isu yang dihadapi oleh kaum perempuan.

Oleh karena itu, perempuan juga sama-sama mengemban sikap pemimpin. Sejatinya, kepemimpinan perempuan juga sangat esensial bagi kesejahteraan bangsa bahkan dunia. 

Hal ini perlu kita luruskan sehingga dapat mengubah bias persepsi yang berkembang di dalam masyarakat terhadap citra perempuan yang dipandang lemah, rendah, dan berada di bawah derajat laki-laki. 

Sebagaimana contoh suri teladan yang telah dikisahkan pada masa kepemimpinan Nabi Muhammad SAW yang didampingi dan didukung oleh sang istri yaitu Khadijah binti Khuwailid.

Selain itu, tokoh perempuan berjasa bernama Nusaibah binti Ka'ab yang merupakan wanita perkasa yang dijuluki Perisai Rasulullah karena keberaniannya di medan pertempuran dan masih banyak lagi peran kepemimpinan perempuan yang perlu kita teladani.

Boleh Baca: Contoh Teks Pidato Tentang Ajakan Gemar Membaca

Hadirin sekalian yang saya banggakan,

Dalam Islam telah mengatur para pemimpin untuk berlaku jujur, amanah, dan berani menyuarakan kebenaran dan keadilan.

Dalam salah satu hadis disebutkan bahwa;

"Sesungguhnya kepemimpinan merupakan sebuah amanah, di mana kelak di hari kiamat akan mengakibatkan kerugian dan penyesalan. Kecuali mereka yang melaksanakannya dengan cara baik, serta dapat menjalankan amanahnya sebagai pemimpin." (HR. Muslim).

Terlebih lagi bagi para Ulil Amri yang berarti pemimpin dalam suatu negara atau seseorang atau sekelompok orang yang mengurus kepentingan-kepentingan umat dengan mewujudkannya melalui kepemimpinan dan kekuasaan.

Adapun kriteria 4 sifat Rasulullah yang membuat beliau bergelar Uswatun Hasanah yaitu Rosul yang dapat menjadi suri tauladan yang baik bagi kita semua sehingga dapat dijadikan acuan oleh para pemimpin yaitu sifat Siddiq (jujur), Amanah (dapat dipercaya, Tabligh (menyampaikan), dan Fatanah (cerdas).

Beliau begitu abadi dikenang sebagai pemimpin paripurna yang memimpin manusia dari zaman kegelapan menuju peradaban yang gemilang.

Sikap pemimpin tidak hanya berupaya menjalin hubungan baik kepada semua pihak, melainkan juga mampu memanfaatkan pengaruhnya dengan baik, serta memiliki kemampuan membuat keputusan yang tepat.

Akan tetapi yang terakhir dan yang paling penting adalah manfaat yang diberikan dari seorang pemimpin. 

Sebelum mengakhiri pidato, saya juga ingin menegaskan bahwa pemimpin itu bukan yang melulu bergelimang kekayaan, kekuasaan, jabatan, dan punya banyak bawahan.

Pada hakikatnya masing-masing dari kita merupakan seorang pemimpin bagi diri sendiri ketika menjalankan peran sebagai manusia di kehidupan dunia ini sebagaimana hadis yang menyebutkan bahwa;

“Setiap kalian adalah pemimpin, dan setiap pemimpin akan dimintai pertanggungjawaban atas yang dipimpinnya.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

Saya tutup pidato hari ini dengan permohonan maaf yang sebesar-besarnya bila ada salah kata dan tindakan yang kurang berkenan. Semoga pidato yang saya sampaikan bermanfaat bagi kita semua. Aamiin Ya Robbal Alamiin.

Saya akhiri,
Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh.

***

Boleh Baca: Contoh Pidato Tentang Pergaulan Bebas Masa Kini dan Solusinya

Demikianlah tadi contoh teks pidato tentang kepemimpinan yang singkat dan jelas baik untuk bidang organisasi maupun bidang lainnya.

Pidato bertema kepemimpinan di atas rasanya cocok untuk disampaikan jelang pemilihan pemimpin seperti ketua kelas, ketua OSIS, direktur baru, hingga pejabat pemerintahan.

Semoga bermanfaat ya
Salam.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Contoh Teks Pidato Tentang Kepemimpinan yang Singkat dan Jelas"

Promo Cashback & Voucher Shopee