Widget HTML #1

Contoh Proposal Kegiatan Class Meeting Sekolah Tahun 2023 Tinggal Edit [Word]

Hai Sobat Guru Penyemangat, sudah bersiap menyambut kegiatan class meeting di sekolah pada tahun ini?

Agar tidak bosan, tidak ada salahnya bagi sekolah untuk menggelar kegiatan class meeting atau pertemuan kelas. Entah itu berbasis online maupun offline, kegiatan class meeting amat bermanfaat.

Tidak hanya sekadar mengisi kekosongan waktu jelang penerimaan rapor namun juga menjadi sarana untuk meningkatkan solidaritas, sportivitas, kreativitas, hingga mencari bibit-bibit unggul berupa siswa baru yang terampil.

Nantinya, dalam setiap acara pada kegiatan class meeting, setiap kelas bakal diuji kekompakannya, dan kalau panitia OSIS dan sekolah punya dana lebih, maka ada piala dan uang pembinaannya juga.

Ya lumayan. Setidaknya untuk jajan bakso. Eh. Hhehe.

Berikut disajikan contoh proposal kegiatan Class Meeting di sekolah tinggal edit yang bisa dipedomani oleh OSIS di SMP atau SMA.

Dokumen proposal kegiatan ini sudah tersaji dengan rapi mulai dari halaman judul, latar belakang, draft susunan panitia hingga rincian anggaran.

Sobat panitia OSIS maupun kegiatan hanya perlu menyesuaikan acara-acara apa saja yang bakal diadakan pada class meeting dan menyesuaikan dananya dengan kesanggupan sekolah.

Oke, mari disimak ya:

Contoh Proposal Class Meeting SMP/SMA

Contoh Proposal Kegiatan Class Meeting
Contoh Proposal Kegiatan Class Meeting. Dok. GuruPenyemangat.com

Berikut Sobat bisa cermati contoh proposal kegiatan class meeting yang bisa dijadikan pedoman bagi OSIS di jenjang SMP maupun SMA.

PROPOSAL KEGIATAN
CLASS MEETING SEKOLAH


KOP SEKOLAH ATAU KOP OSIS


PEMERINTAH KABUPATEN [NAMA KABUPATEN]
DINAS PENDIDIKAN KEBUDAYAAN RISET DAN TEKNOLOGI
SMP/SMA NEGERI/SWASTA [NAMA SEKOLAH]
TAHUN 2023

A. Latar Belakang Proposal

Class meeting adalah salah satu kegiatan intra sekolah yang biasanya diadakan setelah ujian semester. Baik itu semester ganjil maupun semester genap, waktu yang tersedia jelang penerimaan rapor di sekolah cukup panjang. Kira-kira 10 sampai 14 hari.

Untuk memanfaatkan waktu luang tersebut, kegiatan pembelajaran di kelas online maupun kelas offline tidak lagi jadi opsi.

Terang saja, materi pelajaran telah habis seiring dengan digelarnya ulangan semester. Hanya beberapa siswa dengan nilai yang belum cukup memenuhi KKM yang perlu mengikuti remedial.

Maka darinya, kegiatan class meeting bisa menjadi opsi bagi pihak sekolah untuk membangkitkan motivasi belajar dan semangat siswa.

Seusai ujian, sebagian siswa mungkin cukup khawatir dengan hasil ujian. Barangkali usaha mereka kurang maksimal, atau keresahan lain yang terkait dengan pencapaian rangking.

Namun hal itu sebenarnya tidaklah terlalu penting. Nilai bukanlah segalanya, dan setiap siswa tidak mungkin bisa dipaksa untuk mendapat angka yang tinggi di semua pelajaran.

Selain itu, obsesi terhadap nilai lambat laun bakal mengubah mindset siswa dari yang tadinya ingin meningkatkan pengetahuan dan keterampilan menjadi fokus kepada hasil pembelajaran.

Kegiaan class meeting di sekolah adalah salah satu sarana utama yang bisa meningkatkan kekompakan siswa, menguatkan tali silaturahmi terhadap sesama warga sekolah, serta memupuk kembali semangat, sportivitas dan solidaritas siswa terutama semenjak peralihan pembelajaran di era pandemi.

Maka dari itu kami selaku panitia berencana untuk mengadakan class meeting dengan berbagai tangkai perlombaan yang menarik, seru, berkesan dan bermanfaat bagi semua siswa baik dari segi akademik maupun keterampilan.

B. Tema Kegiatan

“Melalui kegiatan class meeting, kita wujudkan pelajar yang menjunjung tinggi sportivitas dan solidaritas dalam berkreasi.

Tema lain yang berkesan, simak di: Kumpulan Tema Kegiatan Class Meeting Online dan Offline Beserta Maknanya

C. Tujuan Kegiatan

Berikut tujuan diadakannya kegiatan class meeting sekolah:

  1. Meningkatkan kekompakan antar sesama siswa
  2. Meningkatkan tali persaudaraan antar sesama warga sekolah
  3. Menumbuhkan sikap sportivitas, kreativitas dan solidaritas para pelajar
  4. Mencari bibit-bibit unggul untuk kegiatan perlombaan dengan tingkat kabupaten, tingkat provinsi, tingkat nasional hingga tingkat internasional
  5. Meningkatkan rasa percaya diri dan mengasah keterampilan siswa

D. Nama Kegiatan

Adapun nama kegiatan ini adalah “Class Meeting” yang digelar untuk memanfaatkan waktu jelang penerimaan rapor akhir semester.

E. Jenis Kegiatan

Jenis kegiatan class meeting tahun 2023 meliputi lomba di bidang keagamaan, bidang akademik, bidang olahraga dan bidang seni budaya.

Pilihan Kegiatan Menarik Lainnya, Simak di: Kumpulan Ide Lomba Class Meeting di Sekolah yang Seru dan Berkesan, Bisa Offline dan Online

F. Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Waktu dan tempat pelaksanaan dari kegiatan Class Meeting adalah:

Hari, Tanggal : 06-17 Juni Tahun 2023
Waktu : 08.00 WIB – selesai
Tempat : Lapangan dan Ruang Kelas Sekolah

G. Pelaksana

Kegiatan Class Meeting Tahun 2023 dilaksanakan oleh panitia OSIS yang berkolaborasi dengan beberapa ekstrakulikuler di sekolah.

H. Peserta

Siswa-siswi di sekolah.

I. Sumber Dana

  1. Dana BOS
  2. Kas OSIS
  3. Sponsor/Donatur

J. Susunan Panitia

-Terlampir I

K. Rincian Dana

-Terlampir II

L. Penutup

Penyelenggaraan kegiatan Class Meeting Sekolah Tahun 2023 dalam rangka meningkatkan solidaritas, kreativitas dan solidaritas siswa diharapkan untuk didukung oleh semua pihak.

Semoga dengan ridho Allah SWT, kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik dengan didukung oleh bantuan dan partisipasi aktif dari semua pihak demi suksesnya rangkaian kegiatan. 

Demikianlah proposal ini kami buat agar dapat menjadi pertimbangan Bapak/Ibu.

Nama Kota,   Juni 2023

Panitia Pelaksana

Boleh Baca: Contoh Proposal Class Meeting Online, Tinggal Edit

Download Proposal Kegiatan Class Meeting Sekolah Format Word Tinggal Edit

Untuk memudahkan segenap panitia, Guru Penyemangat telah menyiapkan link alias tautan unduhan dokumen Word (.doc) proposal kegiatan Class Meeting Sekolah tinggal edit.

Di dalam proposal ini sudah tersusun urutan format proposal yang umum mulai dari latar belakang proposal Class Meeting, tema kegiatan hingga lampiran-lampiran mengenai estimasi biaya dan struktur panitia kegiatan.

Namun bila menurut Sobat Guru Penyemangat rincian anggarannya terlalu besar, maka silakan sesuaikan dengan kondisi pendanaan dan sekolah.

Adapun biaya anggaran proposal yang bisa ditekan salah satunya ialah hadiah perlombaan. Karena Class Meeting adalah acara intra sekolah dan sekadar hiburan yang bermanfaat, maka hadiahnya bisa diganti dengan buku dan piagam.

Lebih dari pada itu, settingan kertasnya pula sudah diatur dengan margin kiri 3 dan sisanya 2.5 dengan format kertas A4.

Tersedia pula kolom tanda tangan panitia sekaligus pembina OSIS yang sudah dibuat secara rapi menggunakan tabel. Dengan demikian Sobat Guru Penyemangat hanya perlu menambahkan kop sekolah maupun kop OSIS. Sebaiknya cantumkan pula kop panitia pada setiap lampiran ya.

Silakan klik tombol download berikut dan tunggu beberapa saat untuk mendapatkan dokumen Word proposal kegiatan Class Meeting Tahun 2023:

Proposal Class Meeting OSIS 74kb

***

Boleh Baca: Hemat! Inilah 10 Rekomendasi Hadiah untuk Lomba Class Meeting, Bermanfaat, Menarik dan Murah

Demikianlah tadi sajian Guru Penyemangat tentang contoh proposal kegiatan Class Meeting dalam rangka memanfaatkan waktu luang jelang penerimaan rapor di sekolah.

Proposal ini bisa Sobat gunakan untuk pengajuan dana, memberikannya kepada donatur, hingga musyarawah kegiatan baik pada jenjang SMP, MTs, SMA, maupun SMK.

Semoga bermanfaat dan semoga sukses ya.
Salam.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Guru Profesional, Guru Penggerak, Blogger, Public Speaker, Motivator & Juragan Emas.

Posting Komentar untuk "Contoh Proposal Kegiatan Class Meeting Sekolah Tahun 2023 Tinggal Edit [Word]"