Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Begini Cara Menghapus Background Video di Canva, Mudah, Cepat dan Rapi!

Hai Sobat Guru Penyemangat, tahukah Sobat bahwa sekarang di Canva sudah ada fitur baru dengan nama remover background untuk desain video?

Ya, seiring dengan berjalannya waktu, platrom desain grafis online seperti Canva melakukan pembaharuan fitur.

Melanie Perkins dan suaminya, Cliff Obrecht selaku pendiri Canva pasti memanfaatkan momentum pengguna Canva yang melimpah supaya aplikasi ini bisa berkompetisi dengan platform desain grafis lainnya seperti Adobe, Kinemaster, CapCut, dan lain sebagainya.

Bila Sobat adalah pengguna Canva, artinya Sobat mungkin sering membuat desain, terutama desain presentasi, logo, hingga keperluan bisnis.

Selama ini kita bisa menikmati fitur Canva yang sangat canggih, yaitu fitur penghapus background foto.

Boleh Baca Detailnya di sini: Cara Menghapus Background Foto, Gambar, dan Logo di Canva dengan Sekali Klik

Cara Menghapus Background Video di Canva
Cara Menghapus Background Video di Canva. Dok. GuruPenyemangat.com

Nah sekarang Guru Penyemangat bakal menyajikan cara mudah menghapus background video di canva supaya rapi dan cepat.

Fitur ini sangat bermanfaat bagi Sobat yang ingin membuat video pembelajaran, video tutorial, video bisnis, hingga kolase video.

Bagaimana langkah-langkahnya? Simak selengkapnya ya:

Cara Menghapus Latar Belakang Video di Canva dengan Cepat dan Rapi

Belum lama semenjak artikel ini ditulis, Canva baru saja merilis program beta berupa fitur baru yang diberi nama “Penghapus Latar Belakang.”

Uniknya, fitur ini sangat canggih karena bisa menghapus background video cukup dengan sekali klik saja.

Bagaimana caranya?

Berikut langkah-langkah menghapus background video di Canva:

1. Buka Canva

Langkah pertama yaitu Sobat langsung saja mengakses Canva. Silakan kunjungi Canva.com bila Sobat menggunakan ChromeBook, laptop, dan Notepad. Dan silakan buka Canva App bila Sobat ingin mengedit video via Smartphone.

Bila belum memiliki aplikasi Canva, silakan download dan install terlebih dahulu melalui Google Playstore. Dan jika Sobat sudah punya aplikasi Canva, silakan lakukan pembaruan alias update aplikasi supaya nanti fitur remover video background Canva muncul.

O ya, untuk antisipasi, setelah halaman Canva terbuka usahakan langsung lakukan login. Hal ini agar data dan proses desain kita tersimpan secara otomatis.

2. Pilih Template Video

Setelah berhasil membuka laman Canva dan melakukan login, silakan Sobat pilih template video sesuai dengan kebutuhan.

Pada dashboard Canva, tepatnya di bawah kolom pencarian, klik menu video. Nantinya akan muncul ragam pilihan mulai dari Video, Video Facebook, Pesan Video, Video Seluler, Video YouTube, Kolase Video, Iklan Video di YouTube, Video Iklan di Feed, Reel, TikTok dan sebagainya seperti tampilan berikut:

Template Video Canva

Pilihlah jenis desain video sesuai dengan kebutuhan Sobat. Atau jika Sobat merasa ukurannya kurang pas, silakan Sobat pilih saja template video dengan desain kosong, lalu gunakanlah fitur ukuran khusus. Nanti masukkan berapa pixels rasio ukuran video sesuai keinginan.

3. Unggah Video

Setelah template berhasil dipilih, sekarang silakan Sobat upload video yang ingin dihapus latar belakangnya. Fitur unggah video ada di sebelah kiri tampilan laman Canva via dekstop dan sebelah bawah pada tampilan Canva App.

Saat mengunggah video, disarankan untuk tidak meninggalkan tab atau me-minimize halaman agar nanti proses upload bisa berjalan lebih cepat.

4. Gunakan Fitur Penghapus Latar Belakang

Video sudah berhasil diunggah, sekarang Sobat bisa memasukkan video unggahan tersebut ke laman desain kemudian menghapus latar belakangnya.

Caranya: Klik video, kemudian pilih opsi “Edit Video” yang ada di pojok tengah kiri atas, lalu pilih fitur “Penghapus Latar Belakang.”

Fitur Penghapus Latar Belakang Canva

Setelah itu, tunggu proses penghapusan berjalan hingga 100%. Apakah prosesnya lama? Bergantung kepada durasi video Sobat dan juga kecepatan sinyal internet.

O ya, sebagai tips agar proses hapus background video berjalan dengan cepat dan rapi, sebaiknya Sobat menggunakan video dengan pencahayaan yang bagus, berlatar belakang hijau atau warna solid lainnya, dan usahakan durasi video jangan terlalu panjang.

Jikalau nantinya Sobat punya video dengan durasi 20-30 menit, cobalah untuk membagi video tersebut menjadi beberapa bagian, kemudian baru dihapus satu per satu. Hal ini bertujuan agar proses remove background lebih cepat.

5. Kostumisasi Desain Video Sesuai Keinginan

Setelah background video berhasil dihapus dan diganti, sekarang saatnya Sobat melakukan kegiatan desain-mendesain.

Bila video yang Sobat buat adalah video pembelajaran atau bisnis, maka Sobat bisa menambahkan elemen-elemen dan ilustrasi menarik, tulisan dengan font yang ciamik, serta bisa pula menambah backsound berupa audio.

Baik video maupun audio di Canva bisa dipotong durasinya sesuai dengan kebutuhan Sobat.

Boleh Baca: Kumpulan Kata Kunci untuk Mencari Elemen Tersembunyi di Canva

6. Download atau Bagikan Desain Video

Ketika proses desain Sobat dianggap sudah selesai, sekarang Sobat bisa mengunduh atau membagikan desain tersebut kepada teman, kerabat, siswa, hingga rekan bisnis.

Caranya ialah dengan memilih opsi “Bagikan” yang ada di pojok kanan atas laman Canva, kemudian pilih opsi unduh.

Tunggu proses unduhan hingga selesai, dan usahakan jangan berpindah tab atau me-minimize laman Canva agar proses download tidak gagal dan tidak terlampau lama.

Boleh Baca: Inilah Ragam Alasan Mengapa Download Video di Canva Lama, Lengkap dengan Solusinya

Pengalaman Guru Penyemangat saat menggunakan fitur ini, hasil dari video yang dihapus background-nya rapi dan tidak mengorbankan resolusi video asli.

Nah jika Sobat masih bingung dengan tutorial di atas, silakan tonton langkah-langkahnya via video berikut ya:

***

Demikianlah sajian GuruPenyemangat.com tentang bagaimana caranya menghapus background video dengan menggunakan Canva.

Perlu diketahui bahwa fitur Penghapus Latar Belakang Video di Canva adalah program beta yang baru rilis, sehingga mungkin saja ada beberapa akun Canva yang fiturnya belum muncul.

Selain itu, fitur ini hanya bisa digunakan oleh pengguna dengan akun Canva Premium, akun Canva Pro, dan akun Canva For Education.

Boleh Baca:

👉3 Cara Mendapatkan Akun Canva Pro Secara Gratis dan Legal

👉Cara Mengaktifkan Akun Canva For Education

Semoga bermanfaat ya
Salam.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Begini Cara Menghapus Background Video di Canva, Mudah, Cepat dan Rapi!"

Promo Cashback & Voucher Shopee