Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat PPT di Canva Lengkap dengan Tips dan Triknya [Dilengkapi Daftar Keyword Elemen Tersembunyi]

Cara Membuat PPT di Canva Lengkap dengan Tips dan Triknya
Cara Membuat PPT di Canva Lengkap dengan Tips dan Triknya. Dok. Gurupenyemangat.com

Hai, Sobat Guru Penyemangat, seberapa sering kamu membuat slide presentasi?

Di dunia digital saat ini, agaknya minat desain-mendesain Powerpoint Presentation alias PPT semakin membuncah, ya. Tidak hanya guru, siswa, dosen, hingga mahasiswa melainkan juga keperluan bisnis dan sharing di media sosial.

Beruntungnya, hari ini sudah ada platform desain grafis yang boleh dibilang sangat lengkap dan begitu memudahkan pekerjaan kita.

Selama ini kita hanya membuat ppt di Microsoft PowerPoint dan selama itu pula kita harus mengunduh template menarik, gambar menarik, hingga font huruf yang menarik.

Gara-gara hal tersebut waktu kita jadi terkuras sehingga membuat PPT terpaksa harus menghabiskan waktu yang tidak sedikit.

Berangkat dari sini, Gurupenyemangat.com merasa perlu untuk mengenalkan teman-teman dengan platform Canva.

Dengan Canva kita bisa membuat PPT yang menarik. Ditambah dengan tips dan trik, pekerjaan kita sebagai pemula akan lebih cepat selesai.

Nah, langsung disimak saja ya:

Belajar Canva untuk Pemula

Belajar Canva untuk Pemula
Belajar Canva untuk Pemula. Dok. Gurupenyemangat.com

Perlu diketahui, Canva adalah buah karya Melanie Perkins, Cameron Adams, dan Cliff Obrecht yang perusahaannya sudah berdiri di Perth (Australia) sejak tahun 2013 lalu.

Dengan belajar menggunakan Canva, seorang pemula pun bisa membuat slide PPT, video pembelajaran, komik, animasi GIF, RPP pembelajaran, silabus kuliah, logo, poster, dan berbagai kebutuhan desain grafis lainnya dengan modal klik~seret~copy~paste.

Boleh Baca: Cara Membuat Komik dan Kartun Pembelajaran di Canva

Canva juga tersedia versi web di Canva.com dan aplikasi berformat apk yang bisa diunduh di playstore. Ada ribuan elemen, template, serta pilihan fitur yang bisa kita gunakan dan kolaborasikan.

Cara Mendesain PPT yang Cantik dan Menarik di Canva

Cara Mendesain PPT yang Cantik dan Menarik di Canva
Cara Mendesain PPT yang Cantik dan Menarik di Canva. Dok. Gurupenyemangat.com

Bagaimana cara membuat PPT di Canva agar terlihat cantik, menarik dan elegan?

Gampang. Tapi sebelum itu, Guru Penyemangat ingin terlebih dahulu bertanya; hasil PPT-nya ingin diunduh atau tetap dibagikan dari platform Canva saja?

Jika PPT-nya ingin diunduh, terlebih dahulu kita harus mendaftarkan akun di Canva. Mudah kok, kalian cuma harus membuka Canva.com, lalu cari tulisan Sign Up di pojok kanan atas, kemudian masukkan email dan password-nya.

Boleh Baca: Cara Daftar Akun Canva Pro Gratis untuk Guru

Apakah tutorial ini boleh dilewatkan? Boleh saja, sih. Tapi konsekuensinya, kamu cuma bisa mengedit dan membagikan hasil desainmu. Kalau kita sudah daftar dan login akun Canva yang gratis, kita bisa mendownload foto, template, video, serta desain secara gratis.

Oke, berikut cara membuat PPT di Canva yang menarik, cantik, dan elegan:

1. Buka Canva.com

Setelah nanti tampak layar beranda Canva, sebaiknya kamu langsung login ke akun kamu. Jika belum, silakan daftar terlebih dahulu. Daftar akun Canva yang gratis saja tidak apa-apa.

2. Pilih Menu Presentation

Karena maunya kita adalah membuat slide PPT, silakan langsung pilih menu presentasi. Terserah kamu mau buat desain baru atau mengedit template presentasi yang sudah tersedia di Canva.

Tapi jika ingin cepat, pilih saja template PPT Canva yang ada di sebelah kiri untuk dikostumisasikan. O ya, jangan lupa pilih yang ada tulisan gratisnya.

3. Kreasikan Desain PPT Sesuai dengan Keinginan dan Kebutuhanmu

Langsung deh cari foto, elemen, gambar, ilustrasi, hingga teks yang elegan menurut matamu. Membuat slide PowerPoint di Canva bisa gesit karena kita tinggal klik dan seret.

Jika ingin menambahkan gambar sendiri, silakan manfaatkan fitur unggah yang ada di pojok kiri tengah layar laptopmu.

Dan kalau kamu ingin mengunduh PPT Canva dalam bentuk video atau langsung membagikannya secara online, kamu bisa gunakan fitur “Animation” alias animasi gambar dan teks. O ya, kamu juga bisa menggunakan latar musik lho.

Sekali lagi, gunakanlah fitur yang tidak ada lambang mahkota raja alias tulisan pro agar nanti kamu mudah untuk klik download.

4. Bagikan atau Download Hasil Desainmu

Jika kamu tidak ingin mendownload alias bakal melakukan presentasi secara online, tidak perlu diunduh PPT-nya.

Cukup manfaatkan fitur “Bagikan” yang ada di Canva. Dengan mengeklik “---” alias titik tiga di bagian pojok kanan platform Canva kita bisa membagikan hasil desain ke LMS, Twitter, Linkedin, Instagram, grup Facebook, hingga ke situs Web.

Tapi jika khawatir nanti bakal mati lampu atau sinyal internet hilang timbul, Guru Penyemangat sarankan agar kamu mengunduh hasil desainmu. Caranya? Silakan baca di: Cara Menyimpan PPT dari Canva, Slide PowerPoint Tidak Berubah

Tips dan Trik Membuat PPT di Canva, Manfaatkan Keyword Elemen Tersembunyi

Tips dan Trik Membuat PPT di Canva
Tips dan Trik Membuat PPT di Canva. Dok. Gurupenyemangat.com

Butuh tips dan trik agar membuat slide presentasi di Canva agar lebih cepat selesai, lebih gampang, dan lebih-lebih yang lainnya? Oke, inilah pembahasan inti kita. Hahaha.

Berikut Tips dan Trik Membuat PPT di Canva yang bisa kamu praktikkan:

1. Gunakan Elemen Bingkai dan Kisi untuk Mengubah Bentuk Gambar dan Foto

Ingin memajang fotomu di samping kanan atau kiri desain PPT? Boleh dong, biar slide presentasi kita makin elegan layaknya poster workshop atau webinar, kan.

Nah, kalau begitu, gunakanlah fitur elemen “Bingkai” atau “Kisi” di Canva. Sebelum memilih foto, klik terlebih dahulu bingkai berbentuk lingkaran, segitiga, atau bentuk lainnya. Setelah itu, silakan seret foto atau gambar tepat ke bingkai tadi dan lepaskan saat sudah tampil bayangannya.

Dengan begitu, foto atau gambarmu akan berubah bentuk sesuai dengan bingkai yang dipilih.

Boleh Baca: Cara Membuat Spanduk di Canva Gratis

2. Tekan CTRL + ] atau CTRL + [ untuk Memindahkan Elemen dan Gambar

Sering menekan tombol back atau CTRL + Z gara-gara elemen/gambar yang kamu desain ditimpa elemen lain? Jangan khawatir, di Canva ada fitur untuk memindahkan elemen maupun gambar.

Cara biasanya ialah dengan melakukan “Klik Kanan” lalu Klik “Pindahkan ke 1 Lapisan Bawah/Atas”, tapi itu terlalu repot bila harus kita lakukan lebih dari dua kali.

Nah, triknya, kamu bisa gunakan tombol di laptop yaitu tekan CTRL + ] untuk memindahkan elemen ke bagian paling depan berkali-kali, dan tekan CTRL + { untuk memindahkan elemen ke bagian paling belakang dengan cepat.

3. Tekan Tombol SHIFT + Klik Gambar/ Elemen untuk Memilih Beberapa Elemen Sekaligus

Kamu pernah ingin menggandakan beberapa gambar atau elemen dalam PPT namun repot gara-gara harus di-copas satu per satu?

Tenang, Guru Penyemangat pula solusi yang lebih jitu dan lebih cepat. Untuk memilih lebih dari satu elemen, kita bisa menekan tombol SHIFT sembari melakukan klik pada beberapa elemen/gambar.

Jangan lepaskan tombol SHIFT sebelum semua elemen yang ingin dipilih sudah diklik.

Jika sudah, silakan tekan CTRL + C alias salin elemen dan gambar yang sudah dipilih. Saat kamu paste di halaman PPT berikutnya, elemen yang kamu pilih tadi akan tertempel semua dan posisinya akan sama persis dengan posisi elemen aslinya.

4. Gunakan Keyword Elemen Canva yang Tersembunyi

Perlu diketahui, ada beberapa elemen Canva yang jarang atau bahkan sulit untuk kita temukan jika mencarinya dengan Bahasa Indonesia.

Dan perlu diketahui pula, ada beberapa keyword alias alias kata kunci elemen Canva yang tersembunyi.

Berikut 25 daftar keyword elemen Canva yang perlu kamu coba untuk menghasilkan PPT yang lebih menarik, cantik dan indah seperti Watercolor, Ripper paper, Aesthetic, Psychedelic, dan sebagainya.

Keyword Elemen Canva yang Tersembunyi
Keyword Elemen Canva yang Tersembunyi. Dok. Gurupenyemangat.com diolah dari sumber: shemeansblogging.com

*

Nah, demikianlah tadi sajian Guru Penyemangat tentang cara membuat PPT di Canva yang lengkap dengan tips dan triknya.

Langsung dicoba dan dipraktikkan saja, ya. Kuharap sajian ini bisa membantu. Jika ingin menyimak video tutorialnya, silakan tonton di link berikut:

Semoga bermanfaat.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat PPT di Canva Lengkap dengan Tips dan Triknya [Dilengkapi Daftar Keyword Elemen Tersembunyi]"

Promo Cashback & Voucher Shopee