Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenapa Download Video di Canva Lama? Begini Solusi dan Cara Mengatasinya

Apakah Sobat sudah sering membuat video animasi, video pembelajaran, dan video presentasi di Canva?

Ya, sebagai salah satu platform desain grafis online yang sedang hits, Canva sangat bermanfaat bagi semua kalangan. Baik pelajar, guru, mahasiswa, dosen, pebisnis, hingga masyarakat secara umum bisa mengakses Canva dan membuat desain grafis dengan beberapa klik.

Namun, Canva hanyalah aplikasi sekaligus platform berbasis online yang kadangkala mengalami bug atau kendala.

Dari kendala tersebut, barangkali bakal menyusahkan aktivitas Sobat Guru Penyemangat terutama dalam mengedit desain hingga mengunduh video di Canva.

Apakah Sobat pernah mendapatkan kendala berupa lambatnya mengunduh video di Canva?

Berikut disajikan penyebab mengapa download video di Canva itu lama dan lemot beserta cara mengatasinya. InsyaAllah sukses.

Mari disimak ya:

Penyebab Download Video di Canva Lama bin Lemot

Kenapa Download Video di Canva Lama
Kenapa Download Video di Canva Lama. Dok. GuruPenyemangat.com

Guru Penyemangat secara pribadi sudah cukup sering menemui kendala berupa lambatnya mengunduh video di Canva. Sontak saja cara trial and error segera diaplikasikan dan didapatkanlah segenap penyebab mengapa unduhan video di Canva berjalan lambat:

1. Koneksi Internet Tidak Stabil

Sebenarnya untuk mendesain video secara online baik di Canva maupun platform lainnya diperlukan koneksi internet yang stabil.

Berbeda seperti membuka Facebook, WhatsApp atau jenis media sosial lainnya, platform Canva lebih banyak memerlukan kecepatan sinyal internet karena sistem penyimpanannya yang berbasis Cloud.

Maka dari itulah, kalau koneksi internet masih 2G atau 3G, proses download video di Canva akan sangat lambat dan bahkan sering gagal.

2. Laptop Sedang dalam Mode Not Responding

Ketika Sobat sudah menghidupkan laptop dalam waktu yang cukup lama, maka mesinnya pun akan menjadi panas. Hal ini biasanya juga bakal berefek pada kelancaran sistem operasi.

Jika sistem operasi laptop maupun Smartphone mulai menurun, maka bisa jadi laman Canva pun ikut berada di mode not responding. Hal inilah yang bakal menyusahkan Sobat untuk mengunduh video.

3. Durasi Video Canva Terlalu Panjang

Berapa menit durasi desain video yang Sobat buat di Canva? Karena merupakan platform berbasis online, maka semakin panjang durasi video yang ingin Sobat unduh, maka semakin lama pula waktu yang diperlukan untuk mengunduhnya.

Pengalaman Guru Penyemangat, untuk video Canva berdurasi 3 menit diperlukan waktu antara 5-10 menit hingga proses unduhannya sukses.

Boleh Baca: Simak 2 Cara Membuat Header Google Form di Canva

4. Ukuran Video Canva Terlalu Besar

Di Canva sudah tersedia fitur ukuran khusus sehingga Sobat bisa membuat desain video denga ukuran dan rasio berapa pun.

Namun perlu diingat bahwa jikalau rasio videonya lebih dari 1920x1080 maka video akan sangat lambat untuk diunduh.

5. Terlalu Banyak Elemen dalam Video Canva

Untuk membuat video yang menarik, kita memang perlu menyisipkan elemen-elemen tertentu. Meski begitu, elemen yang terlalu banyak di dalam satu halaman desain Canva akan membuat proses unduhan berlangsung lebih lama.

6. Halaman Canva Di-minimize

Nah, masalah yang keenam ini seringkali tidak disadari oleh para pengguna Canva. Ketika halaman Canva di-minimize atau kita berpindah ke Tab lain, proses download video akan berjalan sangat lambat atau malah berhenti sama sekali.

7. Browser untuk Mengakses Situs Canva Belum Di-update

Bila Sobat menggunakan browser Microsoft Edge, Chrome, Mozilla Firefox atau Opera namun merasa sulit sekali untuk mengunduh video Canva, bisa jadi browser tersebut belum diperbaharui dan versinya sudah jadul.

8. Sistem Canva Sedang Eror dalam Beroperasi

Jika Sobat merasa tidak mengalami satu atau beberapa masalah sebagaimana penyebab yang Guru Penyemangat sampaikan di atas, maka bisa dipastikan bahwa sistem operasional Canva sedang mengalami gangguan. Biasanya hal ini terjadi hanya sementara waktu.

Boleh Baca: Cara Membuat Mind Mapping Kreatif di Canva

Cara Download Video Canva Agar Lebih Cepat

Cara Download Video Canva Agar Lebih Cepat
Cara Download Video Canva Agar Lebih Cepat. Dok. GuruPenyemangat.com

Berikut Guru Penyemangat hadirkan beberapa solusi untuk mengatasi proses unduhan video di Canva yang lama:

1. Jangan Keluar dari Tampilan Halaman Canva

Solusi pertama yang bisa Sobat lakukan agar bisa men-download video Canva lebih cepat ialah tetap berada di halaman desain Canva. Jangan berpindah ke tab lain, dan usahakan jangan pula me-minimize browser yang digunakan untuk mengakses situs Canva.

2. Jangan Terlalu Banyak Membuka Tab Baru di Browser

Membuka banyak tab baru di browser seringkali mengakibatkan pemuatan data menjadi lambat dan pada akhirnya laptop bakal masuk ke mode not responding. Sebaiknya bukalah maksimal 2-4 tab baru dalam satu browser.

3. Pastikan Koneksi Internet Stabil

Tidak masalah apakah Sobat menggunakan jaringan WiFi atau sekadar tethering internet dari Handphone dalam mengakses Canva, namun pastikanlah koneksi internet tetap stabil.

Jikalau beberapa saat koneksi internet sempat terputus, kadangkala proses unduhan video di Canva pun terhenti atau bahkan gagal. Jika sudah seperti ini, Sobat perlu mengunduh ulang.

4. Buatlah Video Canva dengan Durasi Maksimal 30 Menit

Bila Sobat memiliki video dengan durasi yang cukup panjang, Guru Penyemangat sarankan agar Sobat membaginya menjadi beberapa desain dengan halaman yang berbeda.

Atau jika memang Sobat ingin mengunduh video dalam satu waktu, usahakan durasi maksimal desain video Canva tidak lebih dari 30 menit.

5. Kecilkan Rasio Video Canva

Biasanya rasio atau ukuran video untuk keperluan presentasi itu tidak lebih dari 1920x1080 piksel. Sebaiknya rasio video yang Sobat buat di Canva tidak lebih dari ukuran tersebut.

Boleh Baca: Inilah 8 Kelebihan dan Kekurangan Canva

6. Update Browser dan Hapus Cache

Lakukanlah pembaruan terhadap browser yang Sobat gunakan ketika mengakses situs Canva. Jika browser mulai terasa lambat beroperasi, bersihkanlah history penelusuran dan Cache.

Dilansir dari laman technical requirements Canva, ada beberapa persyaratan teknis terkait berapa minimal spesifikasi browser, sistem Android, sistem dekstop hingga sistem IPhone agar bisa mengakses Canva dengan maksimal.

Selengkapnya silakan simak di sini 

7. Unduh Ulang Video Canva

Bila Sobat sudah berada di depan laptop lebih dari 15 menit namun proses unduhan di Canva tidak kunjung berjalan, maka sebaiknya Sobat periksa kembali sinyal internet dan cobalah download ulang.

Kalau perlu, tutup dahulu browser Canva, klik refresh di laptop beberapa kali, baru kemudian buka kembali situs Canva untuk mengunduh desain video.

***

Boleh Baca: Cara Membuat Microblog yang Menarik di Canva

Demikianlah tadi sajian Guru Penyemangat tentang penyebab kenapa proses download video di Canva sangat lama yang lengkap dengan solusi atau cara mengatasinya.

Semoga bermanfaat ya
Salam.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

1 komentar untuk "Kenapa Download Video di Canva Lama? Begini Solusi dan Cara Mengatasinya"

Berkomentarlah sesuai dengan postingan artikel. Mohon maaf, link aktif di kolom komentar tidak akan disetujui.

Diperbolehkan mengutip tulisan di blog Guru Penyemangat tidak lebih dari 30% dari keseluruhan isi (1) artikel dengan syarat menyertakan sumber. Mari bersama-sama kita belajar menghargai karya orang lain :-)

Promo Cashback & Voucher Shopee