Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Amanat Pembina Upacara Tentang Semangat Belajar, Cocok Disampaikan di SD, SMP, dan SMA

Hai Sobat Guru Penyemangat, sudah menyiapkan materi amanat untuk disampaikan pada upacara hari Senin besok?

Nah, salah satu tema amanat upacara bendera yang bisa kita sampaikan kepada siswa-siswi ialah tentang Semangat Belajar.

Sehari-hari siswa datang ke sekolah tujuan utamanya adalah belajar. Meski begitu, kadang mereka malah lebih banyak bermain dan bercanda dibandingkan dengan mengikuti kegiatan pembelajaran dengan efektif.

Hal tersebut bisa jadi muncul karena mereka menganggap bahwa bermain dan bercanda itu lebih penting dan lebih seru dibandingkan dengan belajar.

Apa yang salah di sini?

Amanat Pembina Upacara Tentang Semangat Belajar
Amanat Pembina Upacara Tentang Semangat Belajar. Dok. GuruPenyemangat.com

Sebenarnya tidak ada yang salah, hanya saja ada yang kurang. Apa yang kurang? Ialah semangat belajar.

Nah berikut ada contoh amanat pembina upacara hari Senin tentang pentingnya semangat belajar di SD, SMP, maupun SMA yang singkat.

Mari disimak ya:

Amanat Upacara Tentang Semangat Belajar Singkat

Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh
Selamat Pagi dan Salam Sehat untuk Kita Semua

Alhamdulillahirobbil’alamin, assalatu wassalamu ‘ala asyirofil anbiya iwal mursalin wa ‘ala alihi wasohbihi ajma’in.

Yang terhormat, Bapak/Ibu Kepala SD/SMP/SMA Beserta Wakilnya
Yang saya hormati, Bapak Ibu Dewan Guru Beserta Staf Tata Usaha
Dan yang kami banggakan, anak-anak (nama Sekolah)

Pertama-tama marilah kita bersyukur kepada Allah SWT atas segala nikmat yang senantiasa diberikan kepada kita, mulai dari nikmat sehat, nikmat sempat, hingga nikmat semangat hingganya kita semua bisa hadir dan berdiri tegap dalam rangka melaksanakan upacara bendera setiap hari senin.

Sholawat dan salam tiada lupa dan tiada bosan-bosannya mari kita kirimkan kepada Nabi Besar Muhammad SAW. Semoga dengan seringnya bershalawat kita akan mendapatkan pertolongan beliau di Hari Akhir nanti.

Bapak, Ibu, serta anak-anak yang berbahagia;

Pada kesempatan yang mulia ini, sebelum menyampaikan amanat, saya ingin mengomentari jalannya upacara bendera. Dari para peserta, sejauh ini terlihat barisannya sudah rapi, pakaiannya juga rapi, bersih, dan seragam.

Hanya saja ketika dimulainya upacara ada beberapa siswa yang terlihat kurang siap dan terlihat saling mengobrol.

Adapun dari sisi para petugas, dari mulai pemimpin upacara, pemimpin barisan, petugas bendera, protokol upacara, hingga pembaca pembukaan UUD 1945 hari ini sudah tampil dengan baik.

Mudah-mudahan untuk ke depannya bisa lebih baik lagi, lebih kompak, dan upacara yang kita laksanakan lebih hikmat.

Mengapa kita harus hikmat dan tertib dalam melaksanakan upacara bendera hari Senin? Alasannya tiada lain dan tiada bukan ialah sebagai bentuk keseriusan kita sebagai warga negara Indonesia dalam menjunjung tinggi rasa nasionalisme dan patriotisme terhadap NKRI.

Boleh Baca: Contoh Amanat Pembina Upacara Singkat Tentang Disiplin

Bapak, Ibu, serta anak-anak yang berbahagia;

Adapun tema besar amanat yang akan saya sampaikan pada kesempatan ini ialah mengenai pentingnya Semangat Belajar.

Anak-anak yang saya banggakan, setujukah kalian bahwa kalau belajar itu harus semangat?

Ya, bila kalian ingin bicara jujur, maka bakal banyak dari siswa di sekolah ini yang sesekali mengeluh bahwa belajar itu terkadang melelahkan, membosankan dan bikin jenuh.

Hal tersebut memang tidak bisa dimungkiri. Itulah kenyataan, dan kenyataan tersebut akan terus kita hadapi ketika kita ingin belajar.

Dulu, ketika kalian masih bayi, butuh berapa tahun bagi kalian untuk bisa belajar berlari? 1 tahun? Dua tahun? Bahkan lebih.

Rasanya tidak terhitung lagi berapa kali kalian terjatuh, berapa kali kalian menangis, dan berapa kali kalian tersandung lalu terluka.

Meski demikian, nyatanya saat ini kalian bisa berlari dengan cepat, bisa tertawa, dan juga bisa melakukan segala sesuatu dengan bahagia, kan?

Anak-anak yang saya banggakan;

Begitulah sejatinya hakikat belajar. Entah ilmu yang kita pelajari itu dirasa sulit, atau entah kita yang sering terjatuh dan menemui kegagalan saat belajar, maka tetaplah semangat.

Kalian pasti menyadari bahwa setiap orang memiliki energi dan kemampuan yang berbeda-beda, namun dengan semangat niscaya energi tersebut kian bertambah.

Tapi, bagaimana caranya agar energi semangat terus bertambah ketika kita belajar?

Salah satu cara terbaik ialah dengan menjadikan kegiatan belajar sebagai kebutuhan. Nah kembali kepada si bayi tadi. Bayi merasa butuh dengan mainan, makanya ia belajar merangkak, berjalan, kemudian berlari.

Sedangkan kalian para pelajar? Kalian butuh kesuksesan, butuh dengan penggapaian cita-cita dan impian. Maka di saat kalian punya impian dan cita-cita, di sanalah poin penting dan titik fokus untuk menumbuhkan semangat belajar.

Pada akhirnya, pembelajaran terbaik yang bikin semangat ialah pembelajaran sesuai dengan apa yang kalian butuhkan.

Boleh Baca: Contoh Pidato Tentang Jangan Buang Sampah Sembarangan

Anak-anak yang berbahagia;

Saat ini kita sudah memasuki era Merdeka Belajar sekaligus era Digitalisasi. Apa artinya? Artinya ialah semua siswa berhak belajar sesuai dengan bakat, minat, dan kebutuhannya masing-masing.

Di saat sekarang ini, nilai bukan lagi menjadi patokan kesuksesan, juga bukan semata-mata menjadi faktor penentu kecerdasan. Yang paling penting di hari ini ialah karakter, dan semangat belajar adalah salah satunya.

Selain Merdeka Belajar, sekarang juga kita sedang berada di era Digitalisasi. Era Digitalisasi menandakan bahwa semua informasi bisa diakses dengan cepat, mudah, bahkan lebih cepat dari kedipan mata.

Alhasil, beruntunglah kalian duhai anak-anak generasi penerus bangsa. Ilmu di saat ini sangat mudah dicari, tinggal kalianlah lagi yang menumbuhkan semangat dan motivasi.

Terakhir, agar semangat belajar kalian terus terjaga dan tertata, maka belajarlah dari hati dan tanamkan di dalam hati kita bahwa setiap pembelajaran itu adalah kebaikan, dan setiap kebaikan pasti ada balasannya.

Pelajarilah segala sesuatu yang bermanfaat, sebagaimana yang dikatakan oleh Imam Syafi’i;

“Ilmu itu adalah yang memberi manfaat, dan bukanlah sekadar dihafal.”

Bapak, Ibu, serta anak-anak yang berbahagia;

Demikianlah amanat yang bisa saya sampaikan pada kesempatan upacara bendera hari ini. Semoga bisa dipetik kebaikan-kebaikannya sebagai motivasi agar senantiasa menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Mohon maaf atas segala khilaf dan salah;

Saya akhiri;

Wabillahi taufik wal hidayah
Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Boleh Baca: Apa Saja Faktor-faktor yang Menyebabkan Siswa Tidak Semangat dalam Belajar?

***

Demikianlah seutas sajian GuruPenyemangat.com tentang contoh amanat pembina upacara hari Senin tentang Semangat Belajar.

Semoga bermanfaat ya
Salam.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Amanat Pembina Upacara Tentang Semangat Belajar, Cocok Disampaikan di SD, SMP, dan SMA"

Promo Cashback & Voucher Shopee