Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Amanat Pembina Upacara Tentang Disiplin untuk SD, SMP dan SMA

Hai Sobat Guru Penyemangat, sudah menyiapkan materi amanat pembina upacara hari Senin dengan tema perilaku disiplin?

Ya, disiplin adalah salah satu dari sekian banyak karakter yang wajib dimiliki oleh para siswa baik itu siswa SD, SMP, hingga SMA.

Bahkan bukan hanya siswa saja, para guru, orang tua, serta semua orang di dunia ini semestinya perlu memiliki sikap disiplin.

Orang yang terbiasa disiplin maka hidupnya akan tertata dan teratur. Bila mereka disiplin waktu, maka setiap menit waktu yang berlalu akan sangat rugi untuk disia-siakan.

Tapi bagaimana dengan para pelajar saat ini?

Contoh Amanat Pembina Upacara Tentang Disiplin
Contoh Amanat Pembina Upacara Tentang Disiplin. Dok. GuruPenyemangat.com

Agar siswa-siswi di sekolah kedisiplinannya semakin meningkat, maka kita perlu menghadirkan manfaat dan kebaikan dari perilaku disiplin kepada mereka.

Berikut ada contoh amanat pembina upacara hari Senin tentang disiplin beserta manfaatnya. Cocok disampaikan di SD, SMP, maupun SMA.

Mari disimak ya:

Amanat Pembina Upacara Tentang Disiplin Singkat

Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh
Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua

Alhamdulillahirobbil’alamin, assalatu wassalamu ‘ala asyrofil anbiya iwal mursalin wa ‘ala alihi wasohbihi ajma’in.

Yang terhormat, Bapak/Ibu Kepala Sekolah Beserta Wakilnya
Yang saya hormati, Bapak/Ibu Dewan Guru Beserta Staf Tata Usaha
Serta siswa-siswi yang kami banggakan;

Puji dan syukur marilah kita panjatkan atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kita begitu banyak nikmat, terutama nikmat kesehatan dan kesempatan hingganya pada saat ini kita semua bisa berkumpul di lapangan (Nama Sekolah) dalam rangka melaksanakan kegiatan rutin, Upacara Bendera Setiap Hari Senin.

Sholawat berhiaskan salam marilah kita sampaikan kepada Nabi Muhammad SAW. Semoga dengan seringnya bershalawat kita akan mendapatkan pertolongan beliau di Hari Akhir nanti.

Bapak, Ibu, serta siswa-siswi yang berbahagia;

Sebelum memulai amanat upacara hari ini, saya terlebih dahulu mengomentari jalannya upacara. Dari segi kesiapan para peserta dan petugas, semuanya sudah tampak baik. Hanya ada beberapa peserta yang beberapa kali kelihatan kurang siap dan kurang hikmat dalam mengikuti jalannya upacara.

Harapannya untuk kegiatan upacara bendera pada hari Senin depan, kesiapan para peserta dan petugas upacara bisa ditingkatkan dan lebih baik lagi.

Sejatinya upacara bendera setiap hari senin yang kita laksanakan hari ini bukanlah sekadar seremonial belaka, atau pun sekadar berbaris dengan rapi lalu kemudian mengibarkan bendera merah putih.

Lebih daripada itu, bahwa upacara yang kita laksanakan hari ini adalah wujud kecintaan kita terhadap Tanah Air Indonesia, sekaligus membangkitkan semangat untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan yang telah gugur di masa lampau.

Boleh Baca: Contoh Pidato Tentang Gemar Membaca, Cocok untuk Amanat Upacara

Siswa-siswi yang Bapak/Ibu Banggakan;

Salah satu karakter terpenting dalam hidup ini baik bagi anak-anak, pelajar, mahasiswa, hingga orang dewasa adalah kedisiplinan.

Apakah kalian tahu dengan apa itu disiplin?

Ya, pakaian rapi yang kalian kenakan hari ini, barisan rapi yang kalian terapkan hari ini, serta datang tepat waktu ke sekolah sebagaimana yang kalian lakukan hari ini ialah wujud dari kedisiplinan.

Disiplin artinya menaati atau mematuhi tata tertib. Jika kita di sekolah, maka disiplin artinya menaati tata tertib dan aturan-aturan di sekolah. Tidak hanya kalian para siswa, namun juga kami para guru.

Tidak jauh berbeda, perilaku disiplin di rumah pula demikian; yang berarti bahwa kita harus menaati tata tertib yang ada di rumah. Contohnya? Sebut saja seperti membantu meringankan pekerjaan orang tua, mengerjakan PR, serta mengulang pelajaran.

Anak-anak yang Bapak/Ibu sayangi;

Apakah kedisiplinan hanya sebatas itu? Sejatinya salah satu hal yang paling penting dari perilaku disiplin adalah disiplin waktu. Ya, disiplin waktu ialah bagaimana caranya kita menghargai dan memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya.

O ya, Imam Hasan Al Bashri pernah berkata bahwa waktu itu laksana hari. Ia akan terus maju ke depan, sedangkan hari kemarin tidak bisa diulang kembali walaupun hanya sedetik saja. Alhasil, yang ada di hari kemarin hanyalah penyesalan, penyesalan, dan penyesalan.

Tapi, bila dibandingkan dengan kami para guru, kalian sebagai para pelajar sungguh lebih beruntung. Mengapa saya katakan lebih beruntung?

Karena kalian masih muda, masih punya banyak ruang untuk berkembang, punya semangat yang menjulang, serta punya kemampuan dalam mendapatkan ilmu layaknya melukis di atas batu.

Dengan berbagai kelebihan yang kalian miliki, maka bukanlah hal yang sulit untuk menjadi pribadi yang disiplin sejak dini.

Bila terbiasa untuk berperilaku disiplin, tentu saja bakal ada segunung manfaat yang kalian rasakan.

Hidup kalian akan menjadi lebih teratur, lebih nyaman, lebih tenang, pekerjaan bisa diselesaikan tepat waktu, bahkan kalian pula akan menjadi pelajar yang mandiri dan percaya diri.

Boleh Baca: Contoh Pidato Tentang Kejujuran, Jujur Kunci Kesuksesan

Siswa-siswi yang kami banggakan;

Mumpung kalian punya kesempatan untuk bersekolah di sekolah ini, mumpung kalian punya kesempatan untuk memetik ilmu dari Bapak/Ibu guru, dan mumpung kalian punya kesempatan untuk memantapkan karakter dengan profil pelajar Pancasila, maka manfaatkanlah kesempatan tersebut dengan sebaik-baiknya.

Cara menggapai kesempatan ialah dengan disiplin, bekerja keras, serta bersungguh-sungguh untuk mencapai cita-cita dan impian kalian.

Sebagai penutup, perlu Bapak/Ibu sampaikan bahwa di dunia ini tidak ada yang namanya keberuntungan. Jangan terlalu percaya dengan hal tersebut. Mengapa? Karena keberuntungan adalah milik orang-orang yang punya persiapan dan senantiasa disiplin untuk menggapainya.

Bapak, Ibu, serta siswa-siswi yang berbahagia;

Demikianlah amanat upacara yang bisa saya sampaikan pada kesempatan ini. Mohon maaf atas segala khilaf dan salah. Saya akhiri;

Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

***

Demikianlah sajian GuruPenyemangat.com tentang amanat pembina upacara hari Senin bertema kedisiplinan. Contoh amanat di atas cocok disampaikan di sekolah dengan berbagai jenjang mulai dari SD, MI, SMP, MTs, hingga SMA, SMK/sederajat.

Semoga bermanfaat ya
Salam.

Lanjut Baca: Contoh Pidato Tentang Pentingnya Pendidikan

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Contoh Amanat Pembina Upacara Tentang Disiplin untuk SD, SMP dan SMA"

Promo Cashback & Voucher Shopee