Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Proposal Tentang Class Meeting Untuk Pengajuan Dana Tinggal Edit

Hai, Sobat Guru Penyemangat. Mau mengadakan kegiatan apa saja untuk memeriahkan kegiatan class meeting di sekolah pada tahun ini?

Sembari menanti pengumuman dan pembagian hasil ujian (rapor), rasanya cukup seru bagi siswa untuk mengikuti kegiatan class meeting di sekolah. Ya, apalagi kalau banyak mata lomba yang meriah, pasti lebih seru dan menimbukan kesan yang wow kan?

Tapi memang, kadangkala acara class meeting menjadi tidak maksimal karena terkendala oleh waktu, kondisi, dan anggaran keuangan.

Proposal Tentang Class Meeting Untuk Pengajuan Dana
Proposal Tentang Class Meeting Untuk Pengajuan Dana. Dok. GuruPenyemangat.com

Meski begitu, Sobat Guru Penyemangat tak perlu terlalu risau karena inti utama dari acara pertemuan antar kelas itu ialah keseruan dan kemeriahannya.

Adapun terkait hadiah, rasanya hadiah berupa buku dan piagam sudah cukup mengobati lelahnya perjuangan siswa dalam mengikuti beragam tangkai perlombaan terutama di jenjang SD, MI, SMP atau MTS.

Nah, berikut disajikan contoh proposal pengajuan dana untuk kegiatan class meeting dengan anggaran biaya rendah tinggal download.

Mari disimak terlebih dahulu rinciannya ya:

Contoh Proposal Pengajuan Dana Kegiatan Class Meeting di SD dengan Dana Minim

Berikut Guru Penyemangat sajikan contoh proposal pengajuan dana kegiatan untuk menyukseskan kegiatan class meeting yang lengkap mulai dari cover, latar belakang kegiatan, tema, mata perlombaan, hingga rincian anggaran yang diperlukan.

PROPOSAL PENGAJUAN DANA
KEGIATAN CLASS MEETING SEKOLAH

KOP SD atau MI

PEMERINTAH KABUPATEN [NAMA KABUPATEN]
DINAS PENDIDIKAN KEBUDAYAAN RISET DAN TEKNOLOGI
SD/MI NEGERI/SWASTA [NAMA SEKOLAH]
TAHUN 2022

A. Latar Belakang Proposal

Pada setiap tahunnya setelah melaksanakan kegiatan Penilaian Akhir Semester (PAS) maupun Penilaian Akhir Tahun (PAT) hampir selalu diselenggarakan kegiatan class meeting.

Kegiatan pertemuan kelas ini berisikan acara lomba, pameran, hingga seni pertunjukan yang wajib diikuti oleh semua siswa.

Masing-masing siwa akan diminta untuk mengikuti kegiatan class meeting mewakili kelasnya, dan di saat yang sama panitia kegiatannya juga oleh siswa. Baik itu dari organisasi OSIS atau organisasi intra dan ekstrakulikuler di sekolah.

Adapun terkait detail acara, kegiatan class meeting di berbagai jenjang diharapkan untuk senantiasa menyertakan lomba-lomba di berbagai bidang.

Masyhurnya ialah bidang akademis seperti lomba cerdas cermat, debat, kuis, hingga pembacaan UUD 1945, bidang olahraga seperti lomba futsal, sepakbola, badminton, bidang keagamaan seperti lomba MTQ, Hifzil Qur’an, hingga azan, serta Class Meeting bidang seni dan pertunjukan seperti solosong, baca puisi, hingga film pendek.

Sudah menjadi keseruan tersendiri bagi siswa dalam mengikuti class meeting karena sejatinya penantian pembagian rapor biasanya cukup lama. Yaitu sekitar 10 hari hingga 2 minggu setelah pelaksanaan ujian.

Di sisi yang sama, kegiatan class meeting dengan ragam acaranya bisa memotivasi siswa untuk lebih semangat dalam belajar, menjunjung tinggi sportivitas, hingga meningkatkan tali persaudaraan dalam kekompakan.

Mengingat pentingnya manfaat kegiatan tersebut, kami selaku panitia kegiatan berencana untuk menggelar acara Class Meeting di sekolah dengan beragam lomba yang menarik.

B. Tema Kegiatan

“Melalui kegiatan class meeting, mari kita Bina Hati, Bina Raga, dan Bina Ilmu untuk menjadi pelajar yang berkarakter.”

Pilihan Tema Menarik Lainnya, Simak di: Kumpulan Tema Class Meeting yang Berkesan, dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris

C. Tujuan Kegiatan

Berikut tujuan diadakannya kegiatan class meeting sekolah:

  1. Meningkatkan kreativitas siswa
  2. Meningkatkan rasa percaya diri siswa sehingga berani tampil di muka umum
  3. Memupuk semangat gotong royong dan kecintaan terhadap tanah air
  4. Menumbuhkembangkan karakter pelajar Pancasila sejak dini
  5. Meningkatkan tali persaudaraan antar sesama siswa dan warga sekolah
  6. Meningkatkan kreativitas, solidaritas, dan keterampilan siswa
  7. Meningkatkan kemampuan akademis siswa agar mereka lebih berani dalam berkarya.

D. Nama Kegiatan

Adapun nama kegiatan ini adalah “Class Meeting” yang digelar dalam rangka mengasah kreativitas dan karakter siswa sebagai generasi muda masa depan.

E. Jenis Kegiatan

Jenis kegiatan class meeting tahun 2022 meliputi beragam tangkai perlombaan dalam berbagai bidang, antara lain:

Class Meeting Bidang Akademik:

  1. Lomba Menghafal Pembukaan UUD 1945
  2. Lomba Pidato Bertema Pendidikan
  3. Lomba Cerdas Cermat
  4. Lomba Tebak Kata

Class Meeting Bidang Keagamaan:

  1. Lomba Azan
  2. Lomba Hafalan Surah Pendek
  3. Lomba MTQ
  4. Lomba Cerdas Cermat Islam

Class Meeting Bidang Seni dan Budaya:

  1. Lomba Baca Puisi
  2. Lomba Menulis Cerpen
  3. Lomba Solosong
  4. Lomba Stand up Comedy

Class Meeting Bidang Olahraga:

  1. Lomba Futsal
  2. Lomba Badminton
  3. Lomba Catur
  4. Lomba Meniup Bola dalam Air

F. Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Waktu dan tempat pelaksanaan dari kegiatan Class Meeting adalah:

Hari, Tanggal: 06-16 Juni Tahun 2022
Waktu: 08.00 WIB – selesai
Tempat: Lapangan, Panggung dan Ruang Kelas Sekolah

G. Pelaksana

Kegiatan Class Meeting Tahun 2022 dilaksanakan oleh panitia yang dibentuk melalui ketua kelas pada masing-masing rombel siswa.

H. Peserta

Siswa-siswi di sekolah.

I. Sumber Dana

  1. Dana BOS
  2. Sponsor/Donatur

J. Susunan Panitia

- Terlampir I

K. Rincian Dana

- Terlampir II

L. Penutup

Penyelenggaraan kegiatan Class Meeting Sekolah Tahun 2022 dalam rangka meneumbuhkan rasa solidaritas, kreativitas dan solidaritas siswa diharapkan mendapat dukungan dari semua pihak, terutama pihak sekolah dan wali murid.

Semoga dengan ridho Allah SWT, kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik dengan didukung oleh bantuan dan partisipasi aktif dari semua pihak demi suksesnya rangkaian kegiatan serta perlombaan. 

Demikianlah proposal ini kami buat agar dapat menjadi pertimbangan Bapak/Ibu.

Nama Kota,   Juni 2022  

Panitia Pelaksana

Boleh Baca: Download Contoh Proposal Class Meeting OSIS di SMP dan SMA Gratis Tinggal Edit

Download Proposal Class Meeting .doc

Untuk memudahkan kegiatan Sobat, berikut sudah Guru Penyemangat siapkan dokumen Word proposal tentang class meeting untuk kebutuhan pengajuan dana di sekolah.

Contoh proposal class meeting berikut sudah memenuhi kaidah sistematika proposal dan sudah dilengkapi dengan lampiran tabel-tabel estimasi biaya, walaupun dengan anggaran yang minim.

Untuk mendapatkan dokumen proposal pengajuan dana kegiatan class meeting, silakan klik tombol download lalu tunggu beberapa detik:

Proposal Class Meeting .Doc 774kb

***

Demikianlah seutas sajian Guru Penyemangat tentang contoh proposal tentang class meeting untuk pengajuan dana ke pihak sekolah dengan format .doc yang bisa diunduh secara gratis.

Semoga bermanfaat ya
Salam.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Proposal Tentang Class Meeting Untuk Pengajuan Dana Tinggal Edit"