Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kumpulan Tema Kegiatan Class Meeting yang Menarik dan Berkesan, Online dan Offline

Kumpulan Tema Kegiatan Class Meeting
Kumpulan Tema Kegiatan Class Meeting. Dok. GuruPenyemangat.com

Hai Sobat Guru Penyemangat, sudah bersiap untuk mengikuti kegiatan class meeting di sekolah jelang pembagian rapor?

Agaknya acara class meeting adalah acara yang dinanti-nanti oleh para siswa ya, terutama bagi Sobat yang saat ini sedang deg-degan apakah nilai rapornya akan meningkat, tetap, atau bahkan menurun.

Tapi harapan dan doa Guru Penyemangat, semoga Sobat semua mendapat nilai yang memuaskan pada semester ini ya. Kalau soal peringkat itu tak terlalu jadi masalah.

Toh tidak mungkin kan siswa yang ada di kelas mendapat rangking 1 semua?

Kecuali siswanya memang cuma Sobat seorang. Hehe.

Nah, berikut Guru Penyemangat sajikan kumpulan tema kegiatan class meeting di sekolah secara online maupun online yang berkesan.

Mari disimak ya:

Contoh Tema Kegiatan Class Meeting yang Menarik dan Berkesan

Contoh Tema Kegiatan Class Meeting
Contoh Tema Kegiatan Class Meeting. Dok. GuruPenyemangat.com

Tema kegiatan class meeting di sekolah itu harus disajikan dengan kalimat yang menarik dan berkesan lho. Jika temanya biasa-biasa saja, nanti semangat siswanya juga setengah hati. Ehem.

Berikut pilihan tema kegiatan class meeting yang seru untuk SD, SMP, SMA maupun SMK

1. Semangat Boleh Gembar-gembor, tapi Sportivitas Jangan Kendor!

Nah, tema class meeting di sekolah yang pertama ini cukup satire dan lucu. Meski begitu, maknanya sangat mendalam, terutama berkaitan dengan sportivitas.

2. Class Meeting Seru dengan Ilmu, Class Meeting Bahagia dengan Seni dan Olahraga

Bila Sobat Guru Penyemangat mengadakan kegiatan class meeting dengan merangkup beragam bidang perlombaan, maka tema yang satu ini rasanya cukup bisa mewakilinya.

Dari tema di atas, sudah terbayang oleh para pembaca bahwa dalam kegiatan pertemuan kelas ada lomba di bidang pembelajaran, di bidang seni dan pertunjungan, serta di bidang jasmani olahraga dan kesehatan.

3. Class Meeting: Mari Gapai Prestasi Tinggi dengan Cara yang Luar Biasa

Apakah Sobat penasaran dengan seperti apa “cara luar biasa” yang aku sampaikan pada tema kegiatan di atas?

Nah, pasti pembaca bakal penasaran. Para panitia kegiatan dan kepala sekolah mungkin memiliki argumen tersendiri. Cara tersebut bisa dengan bersungguh-sungguh, tetap menjaga sportivitas, dan lain sebagaimana.

4. Bina Hati, Bina Ilmu, Bina Raga, Bina Suasana

Tema kegiatan klas miting yang keempat ini cukup simpel namun memiliki makna yang cukup mendalam.

Mengapa Guru Penyemangat mulai dari bina hati? Karena semangat dan kemauan itu berawal dengan niat.

Selain itu, bina ilmu mewakili kegiatan perlombaan class meeting di bidang pendidikan, bina raga mewakili bidang olahraga dan seni, sedangkan bina suasana mewakili harapan dari kegiatan class meeting itu sendiri, yaitu semua siswa senang dan ceria.

5. Gali Potensi Diri dengan Semangat “Apa Lagi”

Hayo, kira-kira Sobat bisa menebak apa maksud dari tema di atas atau belum? Ya, tema kegiatan class meeting kelima ini cukup unik dan menarik.

Maksudnya ialah, pelajar yang mengikuti class meeting diharapkan mampu menggali potensi diri dengan semangat untuk menemukan “Apa lagi” kompetensi, kemampuan, dan keterampilan yang mereka kuasai dan yang ingin diasah.

6. Memetik Makna dalam Kebersamaan, Memetik Manfaat dalam Keterampilan

Pada tema kegiatan class meeting yang satu ini, makna yang ditekankan adalah kegiatan gotong-royong dan segenap mata perlombaan yang mengutamakan keterampilan.

Jadi, biasanya kegiatannya lebih banyak diikuti siswa secara berkelompok daripada individu. Bagaimana, cukup menarik dan berkesan, kan?

7. Siapa Saja Bisa Menjadi Nomor Satu

Karena kegiatan class meeting di sekolah baik itu pada jenjang SD, SMP maupun SMA lebih banyak berkutat pada perlombaan, maka tema ketujuh ini bisa menjadi sandaran motivasi.

Ya, semua siswa pasti ingin menang dan mendapat juara satu. Tinggal keseriusan dan perjuanganlah yang akan menentukan hasilnya.

8. Jangan Malu Berekpresi, Jangan Takut untuk Berkarya, Mari Buat Indonesia Bangga

Nah, untuk tema yang satu ini rasanya akan sangat cocok digunakan dalam kegiatan class meeting dengan peserta undangan dari beberapa sekolah.

Nantinya akan ada mata lomba yang berkaitan dengan ekspresi seperti seni dan pertunjungan, kemudian juga kegiatan berkarya seperti membuat cerpen, puisi, film pendek, komik, hingga karya ilmiah.

9. “Akulah Pelajar Kreatif, Menjunjung Tinggi Semangat Sportivitas dan Solidaritas”

Untuk menghasilkan kegiatan class meeting yang menarik diperlukan kreativitas tinggi baik sebagai individu maupun sebagai tim.

Selain itu, semangat sportivitas dalam mengikuti lomba juga harus dijunjung tinggi. Sportivitas dan solidaritas sudah menjadi satu kesatuan yang saling berhubungan yang wajib menjadi karakter generasi penerus bangsa.

10. Melalui Kegiatan Class Meeting, Kita Hadirkan Semangat Kebersamaan dalam Kebahagiaan

Rekomendasi tema kegiatan yang kesepuluh ini memiliki tuangan makna bahwa apa pun kegiatan yang dilakukan di sekolah harus diiringi dengan semangat kebersamaan, gotong-royong, dan kekompakan.

Boleh Baca: Kumpulan Ide Lomba Class Meeting di Sekolah, Bisa Online dan Bisa Offline

Rekomendasi Tema Class Meeting Online yang Seru Beserta Maknanya

Tema Class Meeting Online yang Seru
Tema Class Meeting Online yang Seru. Dok. GuruPenyemangat.com

Selain mengadakan pertemuan tatap muka di sekolah, kegiatan class meeting juga cukup seru dan menarik walau hanya digelar secara online.

Berikut rekomendasi tema kegiatan class meeting online:

1. Akulah Pelajar yang Cerdas, Terampil dan Berkarakter

Fokus dari tema di atas adalah kegiatan class meeting yang menekankan aspek pembelajaran, terampil dalam bidang karya, seni, dan olahraga, serta ragam kegiatan yang memiliki nilai-nilai karakter.

2. Melalui Kegiatan Class Meeting, Mari Kita Bahagiakan Diri, Bahagiakan Teman, dan Bahagiakan Semua Orang

Adapun tema yang kedua ini adalah tema yang cocok untuk kegiatan class meeting dengan rangkaian lomba-lomba unik dan seru.

Tujuan utamanya adalah untuk menghibur, dan hiburan ini adalah untuk membahagiakan semua siswa setelah berjuang mengerjakan ujian semester di sekolah.

3. Berakit Kita ke Hulu, Berenang Kita ke Tepian. Pangkaslah Rasa Malu, Ikut Class Meeting Agar Tak Kesepian

Nah, tema ketiga ini cukup unik dan lucu, kan? Kolaboras pantun dengan diksi-diksi sederhana diyakini dapat meningkatkan minat dan partisipasi siswa di sekolah, entah itu jenjang SMA, SMK, SMP, atau SD.

4. Mari Kita Bangun Sportivitas, Ayo Kita Kuatkan Tali Persaudaraan

Salah satu harapan dan motivasi utama menghadirkan kegiatan class meeting ialah untuk membangun sportivitas dan meningkatkan hubungan tali pertemanan antara siswa dengan siswa, adik kelas dan kakak kelas, serta siswa terhadap gurunya.

Jadi tema yang satu ini bisa mewakilinya kan?

5. Kreativitas Tinggi Menuju Pelajar yang Berkualitas

Kreatif itu penting, terutama agar siswa tidak terbiasa untuk menyontek, apalagi sampai mencuri karya orang lain. Alhasil, kualitas ditentukan dari bagaimana seseorang bisa meningkatkan kreativitias diri.

6. Pandemi Boleh Pergi, tapi Jangan Runtuhkan Semangat Diri

Nah, tema yang satu ini cocok untuk kegiatan class meeting di masa pandemi corona. Pandemi memang sudah mulai pergi, tapi Indonesia sedang berjuang untuk kembali pulih.

Dengan demikian, dibutuhkan semangat tinggi untuk memperjuangkannya.

7. Build Your Solidarity and Creativity

O ya, pake tema class meeting di sekolah dengan kalimat Bahasa Inggris boleh dong? Biar lebih keren, bermakna, dan juga elegan. Ehem.

8. You Can Dream It, You Can Do It

Kamu bisa memimpikan itu, kamu bisa melakukan itu. Ya, jika siswa ingin memenangkan perlombaan dalam class meeting, maka ia harus optimis dalam melakukannya.

9. It always seems imposibble until it's done

Nah, tema yang satu ini amat cocok untuk para siswa yang pesimis. Tema class meeting dalam Bahasa Inggris di atas artinya” Suatu hal selalu tampak mustahil hingga ia selesai.

Makna dari tema tersebut yaitu kita tidak boleh menyerah sebelum bertanding, tidak boleh pesimis sebelum berusaha.

10. Strive to be a winner, strive to be of value

O ya, tema kegiatan class meeting online yang terakhir ini memiliki makna yang mendalam dan menyentuh hati lho.

Arti dari kalimat Bahasa Inggris di atas yaitu: Berusaha keras untuk menjadi seorang pemenang, berusaha keras untuk menjadi seorang yang bernilai.

Menang tidak harus nomor satu, kan? Karena menjadi pelajar yang bernilai dan berkarakter itulah yang utama.

***

Demikianlah tadi seutas sajian Guru Penyemangat tentang kumpulan tema kegiatan class meeting di sekolah yang menarik, seru dan berkesan.

Ada ragam tema class metting yang bisa digunakan untuk kegiatan offline, dan ada juga tema kegiatan online dengan Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris.

Semoga bermanfaat ya
Salam.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Kumpulan Tema Kegiatan Class Meeting yang Menarik dan Berkesan, Online dan Offline"

Promo Cashback & Voucher Shopee