Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Proposal Class Meeting Online Tinggal Edit, Cocok untuk Kegiatan di SD, SMP, atau SMA

Hai Sobat Guru Penyemangat. By the way, ada kegiatan apa saja yang bakal Sobat ikuti di sekolah setelah pelaksanaan ujian akhir semester? Class meeting tahun ini bakal seru atau enggak, ya?

Harusnya lebih seru, ya, kan.

Jikalau tidak bisa secara tatap muka, maka tidak ada salahnya bagi OSIS dan segenap panitia kegiatan sekolah menggelar kegiatan class meeting secara online.

Toh kita bisa memanfaatkan platform seperti Google Meet, Zoom, YouTube, TikTok, Quizizz, Kahoot, hingga ragam sarana online lainnya untuk menyukseskan kegiatan.

Proposal Class Meeting Online
Proposal Class Meeting Online. Dok. GuruPenyemangat.com

Yang lebih hebat dan untung jikalau menggelar class meeting online ialah; panitia bisa menghapus biaya konsumsi, biaya dekorasi panggung, bahkan biaya administrasi dan kesekretariatan.

Paling-paling nanti kitanya tinggal membelikan kuota internet untuk para juri saat menilai perlombaan. Ehem.

Nah, berikut ada contoh proposal class meeting online yang cocok untuk pengajuan dana kegiatan sekolah baik di SD, SMP, SMK atau SMA.

Mari disimak ya:

Proposal Class Meeting Online Lengkap

Berikut contoh proposal kegiatan class meeting berbasis online yang lengkap mulai dari halaman judul, latar belakang, tema dan jenis kegiatan, hingga penutup. Adapun terkait dengan estimasi anggaran sudah terlampir di dalam file unduhan.

PROPOSAL KEGIATAN
CLASS MEETING ONLINE

KOP SEKOLAH ATAU OSIS

PEMERINTAH KABUPATEN [NAMA KABUPATEN]
DINAS PENDIDIKAN KEBUDAYAAN RISET DAN TEKNOLOGI
SD/SMP/SMA NEGERI/SWASTA [NAMA SEKOLAH]
TAHUN 2022

A. Latar Belakang Proposal

Dua tahun ke belakang, eksistensi wabah pandemi cukup sangar dan mengerikan hingga akhirnya proses pembelajaran dan pendidikan sempat terhambat cukup lama.

Di sisi yang sama, kegiatan belajar-mengajar pun terpaksa harus dimulai dari rumah dan lebih banyak berbasis daring dengan menggunakan beragam platform online.

Semenjak digelar Pembelajaran Jarak Jauh, mayoritas pelaksanaan ujian akhir semester dilaksanakan secara daring menggunakan platform Google Form, aplikasi WhatsApp hingga Google Classroom. Sarana tersebut menjadi andalan demi memutus mata rantai pandemi Covid-19.

Agak berbeda dengan kisah tersebut, pada tahun ajaran 2022 kali ini pandemi sudah mulai surut dan sekolah-sekolah secara umum sudah diizinkan untuk menggelar pembelajaran tatap muka, baik dengan skala terbatas maupun skala penuh dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Karena durasi waktu antara seusai pelaksanaan penilaian akhir semester dengan penerimaan rapor cukup panjang (sekitar 1-2 minggu), maka menggelar class meeting menjadi salah satu kegiatan yang bisa membangkitkan semangat siswa di sekolah, serta mengisi hari-hari di sekolah dengan melakukan hal-hal yang bermanfaat.

Seiring dengan kemajuan teknologi, kegiatan class meeting tidak hanya bisa dilakukan secara tatap muka alias offline melainkan juga bisa diselenggarakan secara online dengan memanfaatkan beragam platform edukasi pendukung.

Di sisi yang sama, kegiatan class meeting online juga mampu menekan pengeluaran pembiayaan terutama dari segi konsumsi, perlengkapan, dan desain panggung.

Memanfaatkan momentum yang baik ini, kami selaku OSIS dan segenap panitia berencana menggelar kegiatan class meeting online dengan ragam perlombaan yang menarik dan bermanfaat untuk menumbuhkan kreativitas, solidaritas, dan tali persaudaraan sesama siswa.

B. Tema Kegiatan

“Melalui kegiatan class meeting, mari kita tingkatkan kreativitas, solidaritas, dan semangat kebersamaan untuk menjadi pelajar yang berkarakter.”

Kumpulan Tema Class Metting Online lainnya simak di: Kumpulan Tema Class Meeting yang Menarik

C. Tujuan Kegiatan

Berikut tujuan diadakannya kegiatan class meeting online:

  1. Meningkatkan kreativitas siswa dari rumah
  2. Mengisi hari-hari jelang penerimaan rapor dengan aktivitas edukatif
  3. Meningkatkan rasa percaya diri siswa-siswi dalam berkarya dan berkreasi
  4. Menguatkan tali persaudaraan dan persahabatan antar sesama siswa
  5. Meningkatkan kekompakan antar kelas
  6. Menumbuhkan semangat solidaritas dan menjunjung tinggi sportivitas
  7. Meningkatkan karakter pantang menyerah dan semangat untuk berusaha di kalangan para pelajar

D. Nama Kegiatan

Adapun nama kegiatan ini adalah “Class Meeting Online” yang digelar secara daring dalam rangka mengasah kreativitas, solidaritas, dan karakter siswa di era digital.

E. Jenis Kegiatan

Jenis kegiatan class meeting online tahun 2022 meliputi beragam tangkai perlombaan yang meliputi:

  1. Lomba Membuat Komik Pembelajaran Online di Canva
  2. Lomba Ranking 1 Menggunakan Kahoot
  3. Lomba Kuis Online Menggunakan Quizizz
  4. Lomba Video Baca Puisi
  5. Lomba Film Pendek Tema Pendidikan
  6. Lomba Membuat Konten Edukatif di TikTok
  7. Lomba E-Sport
  8. Lomba Membuat Poster Pendidikan
Ide lomba online yang menarik untuk class meeting lainnya bisa simak di: Kumpulan Ide Lomba Class Meeting Online yang Seru dan Berkesan

F. Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Waktu dan tempat pelaksanaan dari kegiatan Class Meeting adalah:

Hari, Tanggal: 07-16 Juni Tahun 2022

Waktu: 08.00 WIB – selesai

Tempat: Secara Virtual via Zoom, Google Meet, TikTok, dan YouTube

G. Pelaksana

Kegiatan Class Meeting Tahun 2022 dilaksanakan oleh Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) yang bekerja sama dengan ketua kelas pada masing-masing rombel siswa.

H. Peserta

Siswa-siswi di sekolah.

I. Sumber Dana

  1. Dana BOS
  2. Sponsor/Donatur

J. Susunan Panitia

- Terlampir I

K. Rincian Dana

- Terlampir II

L. Penutup

Penyelenggaraan kegiatan Class Meeting berbasis Online Tahun 2022 dalam rangka menumbuhkan rasa percaya diri, kreativitas dan solidaritas siswa diharapkan mendapat dukungan dari semua pihak..

Semoga dengan ridho Allah SWT, kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik dan mendapatkan banyak manfaat dengan didukung oleh bantuan dan partisipasi aktif dari semua pihak demi suksesnya rangkaian kegiatan serta perlombaan. 

Demikianlah proposal ini kami buat agar dapat menjadi pertimbangan Bapak/Ibu.

Nama Kota,   Juni 2022  

Panitia Pelaksana

Boleh Baca: Contoh Proposal Tentang Class Meeting untuk Pengajuan Dana Tinggal Edit

Download Proposal Class Meeting Online Tinggal Edit

Untuk memudahkan Sobat para panitia kegiatan, berikut GuruPenyemangat.com siapkan link unduhan dokumen Word (.doc) proposal class meeting berbasis online yang bisa dijadikan pedoman pengajuan dana di sekolah, baik di SD, SMP, SMA maupun SMK.

Contoh proposal class meeting berbasis virtual ini bisa diubah sesuai kebutuhan dan kondisi finansial sekolah.

Silakan klik tombol download lalu tunggu beberapa saat untuk mendapatkan dokumennya secara gratis:

Proposal Class Meeting Online 74kb

***

Demikianlah segenap sajian Guru Penyemangat tentang contoh proposal Class Meeting Online yang lengkap dari mulai halaman cover, latar belakang, hingga lampiran rincian pendanaan.

Semoga bermanfaat ya
Salam.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Contoh Proposal Class Meeting Online Tinggal Edit, Cocok untuk Kegiatan di SD, SMP, atau SMA"

Promo Cashback & Voucher Shopee