Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Contoh Hadiah untuk Juara Kelas Saat Pembagian Rapor di Sekolah

Hai Sobat Guru Penyemangat, sudahkah Sobat menyiapkan hadiah untuk siswa para juara kelas pada saat pembagian rapor nanti?

Bisa jadi sekarang adalah masa-masa sibuk Sobat para guru dan pihak sekolah. Ya, sibuk mengolah nilai, menentukan kelulusan siswa, hingga menentukan peringkat kelas.

Contoh Hadiah untuk Juara Kelas
Contoh Hadiah untuk Juara Kelas. Dok. GuruPenyemangat.com

Penerimaan rapor biasanya digelar pada minggu terakhir, dan 3-4 hari sebelum rapor dibagikan, pihak sekolah sudah melakukan rapat dan menentukan siapa-siapa saja juara kelas.

Lebih khusus daripada itu, baik wali kelas maupun sekolah sudah jauh-jauh hari menyiapkan anggaran untuk dibelikan hadiah sebagai wujud apresiasi mereka terhadap prestasi siswa.

Nah, berikut ada segenap contoh hadiah untuk juara kelas saat pembagian rapor di sekolah yang cocok untuk SD, SMP, maupun SMA.

Apa saja rekomendasinya? Mari kita simak ya:

Hadiah untuk Siswa yang Mendapat Juara Kelas di Sekolah

Entah itu di semester ganjil atau bahkan di semester genap, puncak pembagian rapor tidak jauh-jauh dari pengumuman pemeringkatan kelas dan pembagian hadiah.

Sejatinya hadiah untuk siswa para juara kelas dan juara umum di sekolah tidaklah selalu berbentuk benda atau barang yang mahal, karena kita sesuaikan juga dengan dana yang ada di sekolah.

Berikut beberapa pilihan hadiha yang cocok untuk juara kelas dengan budget yang tidak menguras anggaran sekolah.

1. Piala Juara 1-3 dan Juara Umum

Hadiah untuk Siswa yang Mendapat Juara Kelas
Hadiah untuk Siswa yang Mendapat Juara Kelas. Dok. Canva

Rekomendasi hadiah utama yang amat cocok untuk siswa para juara kelas ialah piala penghargaan. Sobat bisa membeli piala satu tingkat, dua tingkat, atau yang sesuai dengan budget sekolah.

Jika Sobat membeli piala tingkat 1 untuk juara kelas, maka piala tingkat 2 bisa kita belikan juga khusus untuk juara umum di sekolah. Pas kan? Karena satu set terdiri atas 3 piala.

Atau bila dirasa dananya sangat terbatas, tidak ada salahnya bila Sobat menempa plakat. Hanya saja, plakat memerlukan waktu pembuatan yang sedikit lebih lama dibandingkan piala yang tinggal tempel stiker.

2. Piagam Penghargaan Beserta Bingkainya

Tidak ada piala sebenarnya tidak apa-apa, karena hadiah berupa piagam penghargaan sudah cukup memuaskan bagi para siswa juara kelas baik di tingkat SD, SMP, maupun SMA.

Namun, jika kas sekolah memungkinkan, sebaiknya piagam penghargaan yang diberikan sudah satu paket dengan bingkainya. Ya, bingkai tidak perlu beli yang mahal-mahal, karena banyak pula bingkai bagus dengan harga di bawah Rp30.000.

3. Paket Alat Tulis

Adapun inspirasi hadiah untuk juara kelas yang ketiga ialah paket alat tulis. Hadiah yang satu ini memang sudah masyhur diterapkan di sekolah-sekolah dengan berbagai jenjang.

Selain murah meriah, paket alat tulis yang berisikan beberapa buah buku, pena, pensil, penghapus, hingga buku gambar amatlah bermanfaat bagi siswa terutama untuk bekal sekolah di tahun ajaran baru.

4. Medali Emas Harga Rp40ribuan

Medali Emas untuk Juara Kelas
Medali Emas untuk Juara Kelas. Dok. GuruPenyemangat.com

Ingin hadiah yang lebih elegan dan dikenang oleh siswa? Maka tidak ada salahnya Sobat sekolah menyediakan hadiah berupa medali emas.

Duh, sudah seperti lomba olimpiade saja, kan? Agaknya logam mulia apalagi yang 24 Karat itu terdengar mahal. Jutaan cuy!

Tapi tidak perlu khawatir ya Sobat. Saat ini sudah ada logam mulia dengan gramasi kecil mulai dari 0.025 gram dan bisa didapat dengan harga di bawah Rp50.000-an.

Misalnya emas EOA Gold yang berbentuk koin bulat, sehingga cocok untuk dijadikan medali. Bagaimana, cukup menarik, kan Sobat?

5. Perlengkapan Ibadah

Nah, rekomendasi hadiah yang kelima ini agaknya sangat cocok diterapkan di sekolah terpadu atau sekolah berbasis agama seperti RA, TKIT, SDIT MI, MTs, MA, Pesantren dan semisalnya.

Hadiah berupa perlengkapan ibadah untuk juara kelas bukan hanya bermanfaat sebagai sarana beribadah melainkan juga bisa menjadi amal jariyah bagi pihak sekolah. MasyaAllah!

Boleh Baca: 10 Inspirasi Hadiah untuk Guru dari Orang Tua Murid

6. Buku Bacaan

Di zaman milenial seperti saat sekarang ini, literasi adalah sesuatu yang sangat ditekankan dan perlu untuk terus dibiasakan. Caranya tiada lain dan tiada bukan ialah dengan membaca.

Maka dari itulah, adalah opsi yang sangat baik bagi pihak sekolah jika ingin menghadiahkan kado berupa buku bacaan untuk anak-anak para juara kelas.

Bukan buku bacaan yang berat melainkan buku bacaan yang enak dibaca, dan sesuai dengan jenjang sekolah.

7. Buku Gambar dan Pensil Warna

Apakah hadiah berupa buku gambar dan pensil warna cukup cocok dihadiahkan kepada para juara kelas pada saat pembagian rapor?

Tentu saja ya Sobat. Meski bukan hadiah utama, namun buku gambar dengan paket lengkap beserta pensil warna bisa dijadikan hadiah alternatif untuk juara 2, juara 3, atau juara kelas favorit.

Selain harganya yang cukup aman bagi kas sekolah, buku gambar dan pensil warna adalah dua benda yang pasti bakal dimanfaatkan oleh siswa setelah berada di semester baru.

Boleh Baca: 10 Rekomendasi Hadiah Online untuk Teman yang Baru Lulus Sekolah

8. Jam Waker (Alarm Clock)

Sesekali hadiah berupa jam waker sepertinya bisa dijadikan rekomendasi untuk para juara kelas. Ya, harganya tidak mahal, dan manfaatnya bisa dirasa oleh siswa terutama mereka yang sulit bangun pagi. Ehem.

9. Baju Olahraga

Nah, rekomendasi hadiah yang cocok untuk para juara kelas berikutnya ialah baju olahraga. Sobat bisa menyiapkan hadiah berupa kaos dengan logo sekolah, training, atau baju olahraga dengan motif yang sama.

Hal ini amat bermanfaat bagi siswa bila nanti ada acara seperti jalan sehat, senam sehat, bakti sosial, dan kegiatan lain di luar sekolah. Toh, hal tersebut juga bakal menjadi branding bagi sekolah, kan?

Boleh Baca: Inilah Inspirasi Hadiah Perpisahan Sekolah, Cocok untuk Guru

10. Uang Pembinaan

Nah, bila Sobat Guru Penyemangat pihak sekolah sedang buru-buru untuk menyiapkan hadiah pada saat pembagian rapor, maka cukup siapkan saja amplop yang kemudian diisi dengan beberapa lembar uang pembinaan.

Ya, tidak sedikit pula siswa-siswi juara kelas yang menginginkan hadiah dan kemudian bisa dibelanjakan. Lumayan, kan? Hehe

***

Demikianlah tadi seutas sajian Guru Penyemangat tentang contoh inspirasi hadiah yang cocok untuk para juara kelas saat pembagian rapor di sekolah.

Selain daripada pilihan di atas tentu ada hadiah lain yang bisa dijadikan inspirasi. Intinya, tetap sesuaikan dengan anggaran sekolah Sobat ya.

Semoga bermanfaat
Salam.

Lanjut Baca: 10 Pilihan Hadiah yang Cocok dan Bermanfaat untuk Anak SD

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "10 Contoh Hadiah untuk Juara Kelas Saat Pembagian Rapor di Sekolah"