Widget HTML #1

Download Buku PAI SD Kelas 1 Kurikulum Merdeka Terbaru untuk Siswa dan Guru

Hai Sobat Guru Penyemangat. Sudah punya buku PAI kelas 1 jenjang SD Terbitan Kemendikburistek yang berbasis Kurikulum Merdeka?

Buku PAI SD Kurikulum terbaru ini disiapkan oleh Pemerintah dalam rangka pemenuhan kebutuhan buku pendidikan yang bermutu, murah, dan merata sesuai dengan amanat dalam UU No. 3 Tahun 2017.

Buku ini disusun dan ditelaah oleh berbagai pihak di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi serta Kementerian Agama.

Download Buku PAI SD Kelas 1 Kurikulum Merdeka Terbaru
Download Buku PAI SD Kelas 1 Kurikulum Merdeka Terbaru.

Buku PAI Kelas 1 SD merupakan dokumen hidup yang senantiasa diperbaiki, diperbaharui, dan dimutakhirkan sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman.

Berikut disajikan link unduhan buku PAI SD Kelas 1 Kurikulum Merdeka terbaru untuk siswa maupun untuk guru yang bisa di-download secara gratis.

Buku PAI SD Kelas 1 Kurikulum Merdeka untuk Siswa

Sebagaimana yang diterangkan oleh Direktur Pendidikan Agama Islam, buku ini disusun sebagai upaya untuk menyiapkan peserta didik agar menjadi insan yang religius dan berbudi pekerti merujuk pada amanat Pasal 3 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Di sana diterangkan bahwa tujuan pendidikan adalah berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Demi mencapai sasaran di atas, maka sudah selayaknya kita mendukung Visi dan Misi Presiden untuk mewujudkan Indonesia Maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terbentuknya Pelajar Pancasila.

Pelajar Pancasila adalah perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, dengan enam ciri utama, yaitu beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. 

Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk siswa kelas 1 SD ini disusun sesuai dengan Peta Jalan Pendidikan Nasional 2020–2035 bahwa peningkatan kualitas pendidikan nasional dilakukan dengan memperbaiki kurikulum nasional, pedagogi, dan penilaian.

Materi yang diajarkan dalam buku ini sejalan dengan upaya untuk pengembangan peserta didik, yaitu nilai-nilai dan ajaran Islam yang sangat mulia dan luhur untuk dijadikan suatu habbit dalam penanaman sikap, memperluas wawasan dan pengetahuan, serta mengembangkan keterampilan peserta didik agar menjadi muslim yang kaaffah.

Buku ini juga menghadirkan nilai-nilai moderasi beragama yang perlu diserap oleh peserta didik. Penguatan moderasi beragama di Indonesia saat ini penting dilakukan karena bangsa Indonesia adalah bangsa yang majemuk dengan bermacam suku, bahasa, budaya dan agama.

Indonesia merupakan negara yang memandang penting nilai-nilai agama, walaupun bukan merupakan suatu negara yang berdasarkan pada agama tertentu.

Moderasi beragama penting untuk digaungkan dalam konteks global di mana agama menjadi bagian penting dalam perwujudan peradaban dunia yang bermartabat.

Moderasi beragama diperlukan sebagai upaya untuk senantiasa menjaga agar tafsir dan pemahaman terhadap agama tetap sesuai dengan koridor berbangsa dan bernegara sehingga tidak memunculkan cara beragama yang ekstrim.

Kementerian Agama dalam kesempatan ini menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Pusat Kurikulum dan Perbukuan yang telah bekerja dengan sungguh-sungguh bersama Tim Penulis dalam menyiapkan buku ini.

Buku PAI SD Kelas 1 Kurikulum Merdeka Terbaru untuk Siswa
Buku PAI SD Kelas 1 Kurikulum Merdeka Terbaru untuk Siswa

Adapun isi buku siswa mapel PAI untuk jenjang SD kelas 1 berbasis Kurikulum Merdeka terdiri atas 10 bab yang meliputi:

BAB 1 Aku Cinta Al-Qur’an

BAB 2 Mengenal Rukun Iman

BAB 3 Aku Suka Membaca Basmalah dan Hamdalah

BAB 4 Mengenal Rukun Islam

BAB 5 Nabi dan Rasul Panutanku

BAB 6 Al-Qur'an Pedoman Hidupku

BAB 7 Kasih Sayang terhadap Sesama

BAB 8 Aku Suka Berterima Kasih dan Disiplin

BAB 9 Membiasakan Hidup Bersih

BAB 10 Nabi Adam a.s. Manusia Pertama

Silakan klik tombol download untuk mendapatkan dokumen buku siswa mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti khusus kelas 1 SD terbitan terbaru sesuai dengan Kurikulum Merdeka.

Buku PAI SD Kelas 1 Kurikulum Merdeka untuk Guru

Untuk menunjang suksesnya pembelajaran PAI berbasis Kurikulum Merdeka, Kemendikbudristek secara khusus telah menyiapkan buku khusus pegangan guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas 1.

Adapun sapaian pembelajaran peserta didik kelas 1 SD terdapat pada fase A yaitu, kelas 1 sampai dengan kelas 2 jenjang SD.

Pada fase tersebut, dalam aspek Al-Qur’an dan hadis peserta didik dapat mengenal huruf hijaiah dan harakatnya, huruf hijaiah bersambung, dan mampu membaca surah-surah pendek Al-Qur’an dengan baik.

Pada aspek akhlak, peserta didik terbiasa mempraktikkan nilai-nilai baik dalam kehidupan sehari-hari, seperti melalui ungkapan-ungkapan positif, baik untuk dirinya maupun sesama manusia, terutama orang tua dan guru.

Buku PAI SD Kelas 1 Kurikulum Merdeka untuk Guru
Buku PAI SD Kelas 1 Kurikulum Merdeka untuk Guru

Peserta didik juga memahami pentingnya tradisi memberi dalam ajaran agama Islam. Mereka mulai mengenal norma yang ada di lingkungan sekitarnya.

Peserta didik juga terbiasa percaya diri mengungkapkan pendapat pribadinya dan belajar menghargai pendapat yang berbeda.

Peserta didik juga terbiasa melaksanakan tugas kelompok serta memahami pentingnya mengenali kekurangan diri dan kelebihan temannya demi terwujudnya suasana saling mendukung satu sama lain.

Dalam bidang akidah, peserta didik mengenal rukun iman kepada Allah melalui nama-namanya yang agung (Asmaulhusna) dan mengenal para malaikat dan tugas yang diembannya.

Dalam aspek ibadah, peserta didik juga mampu menerapkan tata cara bersuci dan tata cara salat fardu serta puasa dengan baik.

Dalam pemahamannya tentang sejarah, peserta didik mampu menceritakan kisah beberapa nabi yang wajib diimani serta menceritakan secara sederhana masa kanak-kanak Nabi Muhammad SAW.

Nah, silakan klik tombol download untuk mendapatkan dokumen buku PAI SD Kelas 1 Kurikulum Merdeka untuk pegangan guru.

***

Demikianlah sajian GuruPenyemangat.com tentang buku PAI jenjang SD Kelas 1 Kurikulum Merdeka terbaru yang bisa digunakan untuk pegangan siswa maupun guru.

Semoga bermanfaat ya
Salam.

Lanjut Baca:

👉Download Modul Ajar PAI dan BP Kelas 1 Per Bab Lengkap

👉Download RPP PAI Kelas 1 Bab 1 Kurikulum Merdeka

👉Download RPP PAI Kelas 1 Bab 2 Kurikulum Merdeka

👉Download RPP PAI Kelas 1 Bab 3 Kurikulum Merdeka

👉Download RPP PAI Kelas 1 Bab 4 Kurikulum Merdeka

👉Download RPP PAI Kelas 1 Bab 5 Kurikulum Merdeka

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Guru Profesional, Guru Penggerak, Blogger, Public Speaker, Motivator & Juragan Emas.

1 komentar untuk "Download Buku PAI SD Kelas 1 Kurikulum Merdeka Terbaru untuk Siswa dan Guru"

Comment Author Avatar
Jazakumulloh khairan untuk ilmu dan share buku ini

Berkomentarlah sesuai dengan postingan artikel. Mohon maaf, link aktif di kolom komentar tidak akan disetujui.

Diperbolehkan mengutip tulisan di blog Guru Penyemangat tidak lebih dari 30% dari keseluruhan isi (1) artikel dengan syarat menyertakan sumber. Mari bersama-sama kita belajar menghargai karya orang lain :-)