Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Follow Guru Penyemangat di Google News agar tidak ketinggalan tulisan terbaru tentang edukasi, materi belajar, dunia keislaman, soal ujian, motivasi, investasi emas, kesehatan dan fiksi. Klik di sini.
Gulir ke bawah untuk membaca artikel.

Awas, Inilah 5 Bahaya Langsung Tidur Setelah Sahur Bagi Kesehatan

O ya, setelah selesai menyantap makanan sahur, apa yang biasa Sobat Guru Penyemangat lakukan

Mungkin sebagian besar akan menjawab tidur kembali. Tetapi, siapa sangka, bahwa kebiasaan tidur kembali setelah sahur dapat mengakibatkan beberapa dampak negatif bagi kesehatan tubuh.

Setelah semua makanan sahur masuk ke dalam perut, maka lambung akan bekerja dengan cara mencerna makanan tersebut menjadi sari-sari makanan yang akan diserap oleh tubuh untuk diubah menjadi energi.

Sistem pencernaan memerlukan kurang lebih 2 jam untuk mengolah makanan hingga menjadi sari makanan. Nah, dalam proses ini sistem pencernaan membutuhkan suplai darah yang jumlahnya tak sedikit.

Oleh karena itu, kita tidak direkomendasikan untuk beraktivitas berat setelah makan. Tidak boleh beraktivitas berat bukan berarti boleh langsung tidur.

Jika Sobat tidur, maka hampir seluruh fungsi organ tubuh berhenti bekerja sementara, terkecuali organ jantung, otak, dan paru-paru.

Tidur setelah makan sahur tidak akan memberikan waktu yang cukup bagi sistem pencernaan dalam memecah makanan. Pada akhirnya, makanan tersebut menjadi tertimbun sia-sia di dalam perut.

Makanan yang dikonsumsi tidak akan tercerna dengan baik saat tidur, yang ada malah bisa mengakibatkan berbagai bahaya kesehatan seperti berikut:

Bahaya Langsung Tidur Setelah Sahur Bagi Kesehatan

Bahaya Langsung Tidur Setelah Sahur Bagi Kesehatan

Bahaya Langsung Tidur Setelah Sahur Bagi Kesehatan. Dok. Tribunnews.com

1. Obesitas

Makanan yang sudah masuk ke dalam tubuh dan belum tercerna dengan baik maka akan mengakibatkan kalori dari makanan tersebut akan disimpan menjadi lemak.

Jika dilakukan dalam waktu yang lama, kebiasaan langsung tidur setelah makan dapat menyebabkan lemak tubuh semakin menumpuk, apalagi jika makanan yang dikonsumsi merupakan makanan tinggi karbohidrat dan lemak.

Selain itu, tidur setelah makan sahur juga bisa membuat perut menjadi cepat merasa lapar. Rasa lapar yang berlebihan bisa membuat Sobat makan lebih banyak ketika waktu berbuka.

Makan terlalu banyak juga dapat membuat Sobat malas untuk melanjutkan aktivitas. Sehingga semakin banyak lemak yang akan ditimbun.

Jika dibiarkan kondisi ini bisa meningkatkan risiko obesitas apabila Sobat tidak mengubah kebiasaan buruk ini.

Boleh Baca: Tidak Hanya Obesitas, Inilah Dampaknya Jika Seorang Anak Kelebihan Asupan Protein

2. Asam Lambung Naik

Maag biasanya terjadi akibat seseorang sering telat makan. Meskipun bisa membaik dengan sendirinya, kondisi maag juga bisa bertambah parah.

Ini dapat menjadi bahaya apabila Sobat punya kebiasan buruk seperti langsung tidur setelah makan sahur. Soalnya, sistem pencernaan tidak dapat mencerna makanan dengan baik.

Secara otomatis lambung akan meningkatkan produksi asam lambung untuk mempercepat prosesnya.

Di samping itu, saat Sobat tidur, gaya gravitasi akan melonggarkan klep lambung sehingga menyebabkan asam lambung di perut mengalir kembali menuju kerongkongan.

Asam lambung yang naik dapat mengikis lapisan dinding kerongkongan dan bisa menimbulkan luka di kerongkongan.

Hal tersebut bisa menyebabkan perut menjadi mulas, rasa nyeri di ulu hati, dan panas perih seperti terbakar pada bagian dada hingga tenggorokan.

3. Gastroesophageal Reflux Disease (GERD)

Kebiasaan langsung tidur setelah sahur dapat membuat jumlah produksi asam lambung tubuh meningkat.

Selain dapat menimbulkan masalah asam lambung naik (heartburn), kondisi ini juga dapat berkembang menjadi GERD (gastroesophageal reflux disease) atau refluks asam lambung.

GERD adalah kelanjutan dari asam lambung yang naik dan terjadi setidaknya lebih dari dua kali dalam seminggu.

Gerd terjadi karena klep pemisah antara lambung dan tenggorokan tidak tertutup sempurna sehingga terdapat celah yang membuat asam lambung mengalir balik ke kerongkongan.

Asam lambung bisa melukai tenggorokan dan mengakibatkan berbagai gejala lainnya seperti perut kembung, mual, muntah, kesulitan menelan, sendawa, suara serak, dan nyeri dada ketika berbaring.

4. Sembelit

Normalnya, tubuh mencerna makanan membutuhkan waktu dua jam hingga lambung menjadi kosong. Sisa-sisa makanan akan menuju ke usus untuk dipadatkan menjadi feses.

Tetapi, langsung tidur setelah sahur akan melambatkan proses pencernaan makanan, sehingga makanan tersebut akan terlalu lama di dalam lambung.

Timbunan makanan yang berada di perut dan tidak kunjung dicerna dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti sembelit.

Hal ini karena usus akan menyerap banyak cairan dari feses sehingga membuat feses menjadi padat dan kering. Feses yang terlalu keras akan lebih susah untuk  mengeluarkannya dari dalam tubuh.

Ditambah selama bulan puasa, risiko terhadap sembelit akan menjadi  lebih besar, karena tubuh kekurangan asupan cairan dari hari-hari biasanya.

Boleh Baca: Ragam Manfaat Mengonsumsi Pepaya, Salah Satunya Mencegah Sembelit

5. Stroke

Tidur setelah sahur membuat sistem pencernaan menjadi lebih sulit untuk mencerna makanan, sehingga sistem pencernaan membutuhkan asupan darah yang lebih banyak untuk memperlancar kerjanya.

Padahal, otak juga tetap membutuhkan darah yang stabil walaupun keadaan tubuh sedang tertidur.

Darah yang menuju perut ini dapat membuat otak kekurangan oksigen. Dalam jangka waktu yang lama, kebiasaan buruk ini tetap dilakukan, otak bisa mengalami stroke.

Selain itu, setelah makan dalam tubuh akan terjadi perubahan kadar gula darah, kolesterol, dan tekanan darah yang mungkin bisa berdampak pada peningkatan risiko stroke.

Efek buruk dari tidur setelah sahur tidak bisa dianggap remeh. Jadi, jangan jadikan hal ini sebagai kebiasaan yang dapat merugikan kesehatan Sobat.

Alangkah baiknya setelah sahur melakukan hal yang bermanfaat, seperti membaca Alqur'an dan berdzikir sembari menunggu adzan subuh berkumandang. Mari, tetap menjaga kesehatan tubuh pada bulan puasa ini.

Boleh Baca: Ternyata Minyak Alpukat Bisa Menurunkan Risiko Stroke!

Semoga bermanfaat
Salam.
Ditulis oleh: Anita Putri Kirana

Referensi:

  • Harvard Health Publishing Harvard Medical School. Are You Tired from…Too Much Sleep?
  • Chumari A. HealthXchange Singapore. Healthy Ramadan Fasting.
  • Mayo Clinic (2018). Diseases & Conditions. Gastroesophageal Reflux Disease (GERD).
  • WebMD (2018). Physical Side Effects of Oversleeping.
  • West, H. Healthline (2019). How to Fast Safely: 10 Helpful Tips.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

2 komentar untuk "Awas, Inilah 5 Bahaya Langsung Tidur Setelah Sahur Bagi Kesehatan"

  1. berarti minimal ga langsung mapan gitu ya mas ozy kalau habis sahur itu. Harusnya minimal melek atau posisi duduk sekian menit supaya makanan yang habis dikonsumsi ga jadi lemak, apalagi sampai asam lambung naik dan gerd...nanti malah semakin parah ya. makasih sharing ilmunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngopi aja Mbak. Biar tahan banting matanya. 🤭🤭🤭
      Tengkyu hadirnya Mbak.

      Hapus

Berkomentarlah sesuai dengan postingan artikel. Mohon maaf, link aktif di kolom komentar tidak akan disetujui.

Diperbolehkan mengutip tulisan di blog Guru Penyemangat tidak lebih dari 30% dari keseluruhan isi (1) artikel dengan syarat menyertakan sumber. Mari bersama-sama kita belajar menghargai karya orang lain :-)