Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah 6 Manfaat Minyak Alpukat untuk Kesehatan, Salah Satunya Menyehatkan Kulit

Manfaat Minyak Alpukat untuk Kesehatan
Manfaat Minyak Alpukat untuk Kesehatan. Illustrated by scitechdaily.com

Hai Sobat Guru Penyemangat. Sebagaimana kita ketahui bahwa buah alpukat merupakan salah satu buah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Tak hanya buahnya saja yang lezat di makan, tetapi minyaknya juga dapat kita manfaatkan. 

Meskipun minyak alpukat belum terlalu populer, tetapi kenyataannya banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari minyak alpukat untuk kesehatan tubuh.

Belum lagi, rasa dari minyak ini pun tidak kalah lezat apabila dibandingkan dengan jenis minyak lainnya, sehingga sangat cocok untuk dicampur ke berbagai hidangan makanan.

Seperti namanya, minyak alpukat dibuat dari ekstrak buah alpukat. Minyak ini mengandung asam oleat, yaitu jenis asam lemak omega-9.

Asam oleat adalah salah satu jenis minyak sehat yang baik untuk menjaga kesehatan. Asam oleat dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol tinggi.

Selain mengandung asam oleat, minyak alpukat juga mengandung vitamin A dan vitamin E, dan lutein, yang memiliki manfaat sangat baik bagi kesehatan kulit dan mata.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa manfaat dari minyak alpukat untuk kesehatan:

Manfaat Minyak Alpukat untuk Kesehatan

Manfaat Minyak Alpukat
Manfaat Minyak Alpukat. Gambar oleh Seksak Kerdkanno dari Pixabay

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Minyak alpukat yang memiliki kandungan asam oleat dapat membantu meningkatkan kolesterol High Density Lipoprotein (kolesterol baik) dan menurunkan kadar kolesterol Low Density Lipoprotein (kolesterol jahat).

Tak hanya itu, minyak alpukat juga dapat menurunkan kadar trigliserida dalam darah dan tekanan darah tinggi.

Jadi, dengan rutin mengonsumsi minyak alpukat dalam jumlah yang cukup, tentu dapat membantu menurunkan risiko terjadinya penyakiit kardiovaskular, seperti serangan jantung dan stroke. 

2. Meredakan Peradangan Psoriasis dan Eksim

Kandungan vitamin E dan antioksidan dalam minyak alpukat dapat membantu meredakan gejala psoriasis dan eksim.

Minyak alpukat memiliki manfaat untuk mengatasi iritasi, kekeringan, dan sisik pada kedua penyakit kulit tersebut.

Walaupun terdapat manfaat, tetapi tidak semua orang dapat menggunakan minyak alpukat ini. Karena, sebelum menggunakannya ke bagian kulit yang bermasalah, lebih baik untuk tes alergi terlebih dahulu.

Untuk mengetes alergi minyak alpukat, kita bisa mengoleskannya ke siku dan diamkan selama kurang lebih 24 jam.

Apabila tidak ada efek negatif yang muncul, berarti minyak ini cukup aman untuk meredakan psoriasis atau eksim yang kita derita.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Mengonsumsi minyak alpukat secara rutin dapat mencegah gangguan mata, seperti katarak dan degenerasi makula.

Hal ini karena kandungan lutein, vitamin E, dan zeaxanthin  yang ada di dalam minyak alpukat memiliki sifat antioksidan yang dapat menjaga kesehatan mata.

Boleh Baca: Cek! Inilah Sederet Tips Merawat Kesehatan Mata Anak

4. Meringankan Gejala Radang Sendi

Gejala radang sendi yang tiba-tiba muncul tentu bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Nah, untuk mengatasinya, kamu bisa coba rutin mengonsumsi minyak alpukat.

Sejumlah penelitian membuktikan, minyak yang diektraksi dari alpukat ini dapat mengurangi rasa sakit dan kekakuan akibat osteoarthritis.

5. Menyehatkan Kulit

Mengonsumsi minyak alpukat secara rutin juga dapat merawat kesehatan kulit. Hal ini karena dalam minyak alpukat mengandung vitamin E dan lutein yang dapat membantu memperbaiki dan menjaga kesehatan kulit. 

Selain menjaga kesehatan kulit, minyak alpukat juga dapat mempercepat dalam penyembuhan luka.

Hal ini dibuktikan dalam sebuah penelitian dari jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine pada tikus. 

Kandungan asam lemak esensial dan asam oleat dalam minyak alpukat dapat mempercepat sintesis kolagen yang berfungsi untuk membantu menutup luka terbuka, dengan begitu, luka bisa lebih cepat sembuh seperti semula.

Boleh Baca: Tidak Hanya untuk Menyehatkan Kulit, Ternyata Ini Manfaat Lain dari Berjemur di Pagi Hari

6. Mencegah Berbagai Penyakit Kronis

Sejumlah nutrisi yang terkandung dalam minyak alpukat juga dapat menjaga kesehatan tubuh dan menurunkan risiko terjadinya penyakit kronis, seperti diabetes dan kanker.

Penelitian juga menyebutkan bahwa kandungan pada minyak alpukat dapat menurunkan risiko kerusakan ginjal pada penderita diabetes.

Itulah beberapa manfaat minyak alpukat untuk kesehatan. Sobat Guru Penyemangat bisa menggunakan minyak alpukat sebagai pengganti minyak zaitun atau minyak lainnya untuk menggoreng makanan. 

Walaupun aman dan memiliki banyak manfaat, pastikan juga untuk tidak mengonsumsi minyak alpukat yang berlebihan.

Selain itu, lebih baik hindari penggunaan minyak alpukat apabila kamu alergi terhadap buah alpukat.

Apabila ragu, sedang mengalami penyakit tertentu atau ingin menggunakan minyak alpukat untuk mengatasi masalah kesehatan, kita dapat berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu supaya mendapatkan petunjuk yang sesuai dengan kondisi tubuhmu.

Boleh Baca: Selain Alpukat, Inilah Jus yang Cocok untuk Penderita Tekanan Darah Rendah

Semoga bermanfaat
Salam

Ditulis oleh: Anita Putri Kirana

Referensi:

  • de Oliveira, A. P., Franco, E., Rodrigues Barreto, R., Cordeiro, D. P., de Melo, R. G., de Aquino, C. M., … Maia, M. B. (2013). Effect of semisolid formulation of persea americana mill (avocado) oil on wound healing in rats.
  • Furlan, et al. (2017). Inclusion of Hass Avocado-Oil Improves Postprandial Metabolic Responses to a Hypercaloric-Hyperlipidic Meal in Overweight Subjects. Journal of Functional Foods. 38, pp. 349–354.
  • Lin, T. K., Zhong, L., & Santiago, J. L. (2017). Anti-Inflammatory and Skin Barrier Repair Effects of Topical Application of Some Plant Oils. International Journal of Molecular Sciences. 19(1), pp. 70.
  • Ortiz-Avila, et al. (2017). Avocado Oil Induces Long-Term Alleviation of Oxidative Damage in Kidney Mitochondria from Type 2 Diabetic Rats by Improving Glutathione Status. Journal of Bioenergetics and Biomembranes. 49(2), pp. 205–214.
  • Palsdottir, H. Healthline (2021). 8 Evidence-Based Health Benefits of Avocado Oil.
  • Simental‐Mendía, et al. (2019). Efficacy and Safety of Avocado‐Soybean Unsaponifiables for The Treatment of Hip and Knee Osteoarthritis: A Systematic Review and Meta‐Analysis of Randomized Placebo‐Controlled Trials. International Journal of Rheumatic Diseases. 22(9), pp. 1607–1615.
  • WebMD (2020). Avocado Oil: Is It Good for You?

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Inilah 6 Manfaat Minyak Alpukat untuk Kesehatan, Salah Satunya Menyehatkan Kulit"

Promo Cashback & Voucher Shopee